Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021, Terbaru dari Tahap I

Soal kompetensi sosial kultural P3K Guru 2021 dan jawabannya
Soal kompetensi sosial kultural P3K Guru 2021 dan jawabannya
banner 468x60
banner 468x60

Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021 dan Jawabannya – Hallo rekan-rekan pejuang ASN PPPK guru 2021! Bagi yang belum lulus Tahap I, kami doakan dalam keadaan sehat selalu dan mari kita persiapan kembali untuk tes kompetensi tahap II. Tetap semangat dan jangan menyerah! Dan bagi Anda yang telah dinyatakan lulus pada 08 Oktober 2021 lalu, kami ucapkan selamat!

Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021 dan Jawabannya ini sengaja kami sajikan untuk membantu Anda yang akan bertarung di seleksi kompetensi II,  yaitu pada tanggal 7 s.d 10 Desember 2021. Soal sosio kultural P3K guru ini pastinya sangat penting. Mengapa?

Read More
banner 300x250

Ya, karena jika Anda telah memiliki sertifikat pendidik (serdik), maka Anda tinggal beradu kemampuan dengan para pesaing yang mendapatkan afirmasi 100% dalam kompetensi teknis, yaitu bertarung di wilayah kompetensi manajerial dan kompetensi sosio kultural. Kami doakan bagi Anda semua yang membuka laman ini bisa lulus dengan mudah.

Dalam pembahasan kita kali ini, tentu tidak perlu lagi membahas materinya apa saja. Tidak perlu juga membahas penyesuaian passing grade dengan tiga kategori yang terbaru. Tugas Anda saat ini adalah berlatih sebanyak mungkin penguasaan soal. Terutama soal kompetensi manajerial dan soal kompetensi sosio kultural!

Jumlah soal kompetensi sosio kultural P3K guru
Jumlah soal kompetensi sosio kultural P3K guru

Sebelum membahas soal kompetensi sosial kultural P3K Guru, coba Anda ingat kembali apa tujuan dari diadakannya tes kompetensi sosio kultural?

“Uji kompetensi sosio kultural dimaksudkan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki olah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas jabatan.”

Maka, dalam laman ini kami juga akan lebih fokus menyampaikan soal kompetensi sosio kultural P3K guru. Soal Kompetensi Sosial Kultural P3K guru ini kami himpun dari para peserta tes seleksi P3K guru tahap I. Kami menghimpunnya dari beberapa group diskusi telegram maupun dari hasil wawancara.

Okey, tidak perlu berpanjang kalam lagi. Sebagai pemanasan kami sajikan 5 nomor soal kompetensi teknis guru, 5 nomor soal kompetensi manajerial. Baru setelahnya kami sajikan 20 nomor soal kompetensi sosio kultural P3K guru 2021. Silahkan Anda cermati dengan seksama!

Contoh Soal Kompetensi Teknis P3K Guru

Contoh soal kompetensi teknis juga menjadi tak terpisahkan dari keberhasilan Anda lulus tes PPPK Guru 2021 ini. Silahkan Anda pahami 5 soal yang kami bawakan berikut ini!

Soal nomor 1:
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ….

A. Memberikan tambahan sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam

D. Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar

E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya

Jawaban: E

Soal nomor 2:
Dalam kegiatan penilaian autentik banyak model yang dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Hal ini merupakan penilaian autentik yang berbentuk ….

A. Penilaian proyek.
B. Penilaian kinerja
C. Penilaian portofolio
D. Penilaian antar teman
E. Penilaian diri

Jawaban: B

Soal nomor 3:
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajar nya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedial. Dasar rancangan program remedial adalah ….

A. Proses remedial pada dasarnya adalah proses KBM biasa
B. Remedial bertujuan sama seperti tes diagnostik
C. Tujuan remedial adalah peningkatan capaian ketuntasan belajar siswa
D. Remidial adalah pembelajaran berbentuk tes ulang
E. Remidial adalah bentuk evaluasi manajemen pembelajaran guru

Jawaban: C

Soal nomor 4:
Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut….

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C. Menurunkan standar ketuntasan belajar

D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

E. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

Jawaban: D

Soal nomor 5:
Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah

D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan test remedial

Jawaban: D

Contoh Soal Kompetensi Manajerial P3K Guru

Soal kompetensi manajerial akan menjadi satu paket dengan soal kompetensi sosio kultural. Artinya akan dikerjakan menggunakan CAT dalam satu batasan waktu.

Soal akan memiliki 4 opsi jawaban, dan kesemuanya memiliki skor. Artinya tidak ada skor 0 selama Anda memilih salah satu jawaban. Berikut kami berikan 5 butir soal, silahkan untuk dicermati. Kunci jawaban kami berikan di bagian akhir soal ini.

Contoh soal 1: 
Saya adalah seorang guru berintegritas, karena ….

A. Kosisten antara tindakan dan norma serta nilai yang diyakini
B. Bekerja sesuai prinsip-prinsip kependidikan
C. Satunya kata dan perbuatan dalam keseharian
D. Hidup sejalan dengan agama yang dianut

Contoh soal 2:
Bentuk tanggung jawab guru terhadap hasil evaluasi belajar murid adalah ….

A. Menyampaikan rapor kepada wali murid
B. Memotivasi murid untuk meningkatkan prestasinya
C. Mendokumentasikan nilai ujian ke buku induk
D. Memberikan apresiasi terhadap murid berprestasi

Contoh soal 3:
Agar peserta didik memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap guru, maka sikap yang tepat dilakukan oleh guru adalah ….

A. Berjanji memberikan reward bagi murid yang aktif
B. Memberikan penilaian secara adil ke semua murid
C. Menyampaikan hasil ulangan ke semua murid
D. Menegur murid yang tidak disiplin

Contoh soal 4:
Sikap kejujuran seorang guru ditunjukkan oleh sikap ….

A. Tegas menentukan jenis hukuman bagi murid yang melanggar tata tertib
B. Merevisi materi yang kurang dari pertemuan sebelumnya
C. Tidak emosional dan objektif dalam memandang persoalan murid
D. Menunjukkan sikap religius pada jam pelajaran agama

Contoh soal 5:
Bacalah penggalan teks berikut!

SIAPA YANG MENGISI BENSIN

“Siapa yang mengisi bensin?”

“Pak Jaksa, Pak”

Itulah sedikit perdebatan antara Baharudin Lopa (mantan Jaksa Agung dan Menteri Kehakiman) dan sopirnya ketika melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan. Beliau tahu bahwa bensin mobil dinasnya tinggal sedikit. Ceritanya, ketika akan pulang, beliau mendapati jarum penunjuk bahan bakarnya berada di atas, artinya ada yang mengisi bensin mobil dinasnya. Tatkala sopirnya menyebut nama seseorang pejabat di kejaksaan negeri yang baru saja didatangi, sontak Baharudin Lopa naik pitam. Disuruhnya sang sopir kembali ke kantor kejaksaan yang sudah lama mereka tinggalkan. Jaksa yang memberi bensin diperintahkan untuk menyedot kembali bensin yang dimasukkannya, persis sejumlah yang dia masukkan. Baginya, uang jalan yang didapatnya harus dipergunakan sesuai kebutuhan, sesuai peruntukannya (Orange Juice, hal. 4-5)

Sosok konsisten dengan apa yang dikatakan dan yang dilakukan. Berdasarkan teks di atas, maka sikap integritas yang dapat kita contoh dari sosok Baharudin Lopa adalah seperti di bawah ini, kecuali ….

A. Sosok konsisten dengan apa yang dikatakan dan yang dilakukan

B. Berani menegur perbuatan yang tidak jujur

C. Patuh pada peraturan yang ada

D. Memanfaatkan dana perjalanan dinas dengan semestinya

Kunci jawaban soal kompetensi manajerial

No A B C D
1 4 1 3 2
2 4 3 2 1
3 1 4 2 3
4 2 4 3 1
5 1 4 3 2

Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021 dan Jawabannya

Soal kompetensi sosio kultural P3K guru 2021 ini bisa Anda jadikan rujukan utama. Silahkan Anda pelajari dengan seksama! Semua soal yang kami sajikan sudah disesuaikan dengan pengalaman peserta tes seleksi kompetensi I.

Soal kompetensi sosio kultural (1)
Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), pihak kepolisian setempat mengadakan sosialisasi mengenai tata-tertib berlalu-lintas kepada murid baru. Tindakan kepolisian tersebut menurut Anda ….

A. mendorong murid untuk berperilaku tertentu
B. sistem untuk menertibkan perilaku murid dalam berkendara
C. pedoman tingkah laku murid dalam masyarakat
D. alat pemersatu murid-murid baru
E. alat solidaritas bagi murid baru

Jawaban: 3-5-4-2-1

Soal kompetensi sosio kultural (2)
Setiap guru menginginkan muridnya menjadi pribadi yang baik. Oleh karena itu, jenjang sekolah dasar diajari berperilaku baik, misalnya tidak boleh berbohong. Maka guru dapat menganjarkan nilai sosial tersebut dalam bentuk ….

A. berbentuk aturan sosial
B. disalurkan melalui proses sosialisasi
C. memberikan pengaruh sosial di kelas
D. memberikan pengaruh secara individu
E. menunjukkan perilaku yang sudah dibawa sejak lahir
 Jawaban: 4-5-3-2-1

Soal kompetensi sosio kultural (3)
Menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS) peserta didik diberi arahan oleh guru untuk mengerjakan soal sesuai kemampuan masing-masing. Peserta didik larang menyontek atau pun bertanya kepada teman yang lain. Nilai sosial yang terkandung dalam anjuran tersebut adalah ….

A. Menyontek merupakan perbuatan yang tidak menunjukkan kejujuran

B. Menyontek mendidik diri untuk korupsi di masa depan

C. Menyontek tidak mencerminkan nilai yang sesungguhnya

D. Menyontek bisa mendapatkan nilai yang jelek

E. Menyontek dapat hukuman tidak naik kelas

Jawaban: 5-4-3-2-1

Soal kompetensi sosio kultural (4)
Seiring berkembangnya gadget mendorong masyarakat membuat peraturan berupa penetapan jam belajar masyarakat. Peraturan baru ini muncul sebagai upaya agar anak-anak dan remaja tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bermain gadget. Menurut Anda realitas ini menunjukkan ….

A. Norma sosial mampu menyesuaikan diri dengan perubahan

B. Norma sosial memberikan kebebasan dalam bertingkah laku

C. Norma sosial dapat dijalankan sesuai kebutuhan masyarakat

D. Norma sosial tidak seluruhnya mengatur kehidupan masyarakat

E. Norma sosial merujuk pada perilaku masyarakat terhadap lingkungannya

Jawaban: 5-1-3-2-4

Soal kompetensi sosio kultural (5)
Nilai vital merupakan nilai yang berguna bagi penunjang aktivitas manusia dan bersifat penting. Nilai tersebut terdapat dalam ….

(1) Buku bagi siswa
(2) Hairdryer untuk pekerja salon
(3) Saat hujan Andi perlu payung
(4) Kalkulator bagi akuntan
(5) Karena dingin Ibu memakai jaket

Pernyataan di atas yang menunjukkan nilai vital yakni terdapat pada nomor ….

A. Alat tulis bagi siswa
B. Buku ajar bagi guru
C. Payung agar tidak kehujanan saat ke sekolah
D. Kalkulator bagi murid jurusan akuntansi
E. Jaket almamater sebagai identitas sekolah

Jawaban: 5-4-2-3-1

Soal kompetensi sosio kultural (6)
Perhatikan beberapa contoh konflik sosial berikut:

(1) Konflik antar saudara yang melibatkan ketua RT dalam penyelesaiannya.

(2) Guru berhasil melerai dua siswa yang berkelahi kemudian memberikan skorsing

(3) Konflik antara tukang parkir dengan pedagang kaki lima melibatkan pihak RW setempat untuk melerainya

Penyelesaian konflik dengan cara arbitrasi bisa diterapkan pada contoh konflik di atas karena ….

A. bantuan pihak ketiga yang berfungsi sebagai penengah diantara pihak yang berkonflik

B. membiarkan kasus itu sampai lama agar memiliki kekuatan sanksi yang mengikat

C. diselesaikan di pengadilan agar memiliki kekuatan sanksi yang mengikat kepada pihak yang berkonflik

D. pihak yang kuat menekan yang lemah agar tidak ada hambatan dalam penyelesaian konflik

E. bantuan pihak ketiga dengan memberikan keputusan mengikat kepada yang berkonflik

Jawaban: 4-2-3-1-5

Soal kompetensi sosio kultural (7)
Konflik antara Desa Sukaraja dan Desa Sukamakmur diawali masalah sepele yaitu konflik antara individu dengan latarbelakang pertengkaran. Akan tetapi, konflik berkembang menjadi konflik etnik dan agama. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ….

A. Konflik sosial semakin besar apabila tidak ditangani oleh pihak kepolisian

B. Setiap konflik yang menjadi besar pasti dilatarbelakangi pertengkaran antar individu

C. Konflik di wilayah sempit berpotensi memperbesar apabila tidak segera ditangani

D. Konflik berpotensi menjadi besar apabila tidak mendapat penanganan secara cepat dan tepat dari pihak terkait

E. Semakin besar konflik semakin jelas akar permasalahan yang bertentangan oleh kelompok yang berkonflik

Jawaban: 3-1-4-5-2

Soal kompetensi sosio kultural (8)
Suatu ketika terjadi keributan antara Rino dengan Farhan di kelas, mereka berselisih paham tanpa alasan yang jelas. Kemudian mereka bertengkar sampai saling beradu fisik. Seketika Firman yang melihatnya melaporkan ke guru BK, akhirnya mereka yang terlibat perkelahian dipanggil dan keduanya diberikan sangsi. Bentuk penyelesaian konflik tersebut yang tepat adalah ….

A. mediasi
B. kompromi
C. koersi
D. arbitrasi
E. adjudikasi
Jawaban: 4-3-2-5-1

Soal kompetensi sosio kultural (9)
Masyarakat desa yang sebagian berprofesi yang sama (petani) dan berasal dari suku bangsa yang sama, akan mendorong proses integrasi yang lebih kuat dibandingkan dengan masyarakat kota. Faktor yang menentukan integrasi sosial pada masyarakat desa adalah…..

A. jumlah penduduk yang terbatas
B. mobilitas sosial antar warga
C. homogenitas masyarakat
D. heterogenitas masyarakat
E. gotong royong yang kuat
Jawaban: 2-3-5-1-4

Soal kompetensi sosio kultural (10)
Menjelang pelaksanaan lomba kebersihan kampung di kecamatan Sukasari, warga sepakat untuk kerja bakti dan menghias desa dengan penuh kreativitas. Semua warga saling bahu-membahu dan semangat untuk memperebutkan juara kampung terbaik. Akan tetapi ketika ada warga yang tidak mengikuti kerja bakti dikenakan sanksi berupa denda uang sebesar seratus ribu rupiah. Menurut Anda integrasi yang terjadi dalam masyarakat tersebut, karena ….

A. Adanya fungsi tertentu seorang anggota masyarakat

B. Adanya budaya gotong royong dalam masyarakat desa

C. Adanya norma masyarakat yang harus ditaati

D. Adanya kritik sosial jika tidak ikut kerja bakti

E. Adanya masyarakat yang bersifat akomodatif

Jawaban: 3-4-5-2-1

Soal kompetensi sosio kultural (11)
Menjelang lebaran masyarakat Indonesia sering disibukkan dengan fenomena mudik. Hal ini menunjukan sikap ….

A. Menganggap kampung halaman lebih nyaman untuk berlebaran

B. Menganggap ada hal yang unik saat lebaran di kampung halaman

C. Memegang teguh hal yang dibawa sejak lahir dan kecenderungan berkumpul dengan keluarga

D. Menunjukkan keberhasilan bekerja di luar kota

E. Gotong royong dan kebersamaan merayakan lebaran di kampung halaman

 Jawaban: 3-2-5-1-4

Soal kompetensi sosio kultural (12)
Salah satu bentuk tindakan yang mencerminkan sikap kerukunan antar umat beragama adalah ….

A. Ali yang beragama Islam mengizinkan Rama yang beragama Hindu untuk tinggal di rumahnya

B. Remaja masjid membantu menjaga ketertiban saat terdapat acara natal di gereja komplek mereka

C. Nadia berasal dari suku batak dan beragama kristen cenderung berkumpul dengan sesama orang dari Suku Batak

D. Ilma belajar menggunakan Bahasa Arab meskipun tidak beragama Islam

E. Ramdan berkunjung ke rumah temannya yang berbeda kepercayaan dengannya

Jawaban: 4-5-1-2-3

Soal kompetensi sosio kultural (13)
Menurut Anda masyarakat multikultural terbentuk karena ….

A. perbedaan topografi wilayah
B. masuknya pengaruh budaya asing
C. adanya sistem politik yang seragam
D. adanya perbedaan iklim antar daerah
E. perbedaan kondisi geografis wilayah

Jawaban: 4-5-1-2-3

Soal kompetensi sosio kultural (14)
Adit menganggap bahwa tarian daerahnya adalah yang terbaik. Ia menganggap rendah tarian dari daerah yang lain. Tindakan Adit tidak dibenarkan karena ….

A. Marga sendiri lebih baik
B. Daerah sendiri lebih maju
C. Tanah air sendiri lebih unggul
D. Etnosentrisme
E. Berlebihan mencintai daerah sendiri

Jawaban: 3-2-1-5-4

Soal kompetensi sosio kultural (15)
Faktor apa yang menyebabkan primordialisme atau ikatan sosial di Indonesia masih kuat sampai saat ini adalah ….

A. Adanya filter terhadap pengaruh budaya asing
B. Fanatisme terhadap budaya Barat
C. Kesetiaan terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir
D. Sistem norma masyarakat yang masih kuat
E. Sikap tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga

Jawaban: 3-2-5-4-1

Soal kompetensi sosio kultural (16)
Perbedaan suku bangsa di Indonesia tidak mengganggu keutuhan dan kesinambungan masyarakat. Hal ini karena adanya semangat ….

A. Etnosentrisme
B. Integralisme
C. Patriotisme
D. Heroisme
E. Nasionalisme
Jawaban: 1-4-3-2-5

Soal kompetensi sosio kultural (17)
Masyarakat Indonesia sering disebut etnik pluralistik, karena ….

A. Beraneka ragam adat istiadat
B. Persatuan suku bangsanya yang kuat
C. Terdiri atas beraneka ragam suku bangsa
D. Agama dan kepercayaan bervariasi
E. Terdiri atas berbagai ras
Jawaban: 3-2-5-1-4

Soal kompetensi sosio kultural (18)
Toleransi antar umat beragama bisa dilakukan dengan cara ….

A. Bertanggungjawab terhadap agama yang dianutnya

B. Menyiarkan ajaran agamanya masing-masing dengan baik

C. Berkewajiban menyatukan agama yang berbeda-beda di masyarakat

D. Saling menghormati antar sesama umat beragama

E. Menaati segala aturan agama dan menjauhi larangan-Nya

Jawaban: 3-4-1-5-2

Soal kompetensi sosio kultural (19)
Seorang aparatur sipil negara (ASN) diharuskan memiliki netralitas dalam proses pemilihan umum (Pemilu). Saat Anda diminta menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), maka rekan bertugas Anda adalah ….

A. Tokoh masyarakat
B. Tokoh agama
C. Akseptor
D. Masyarakat
E. Tokoh Parpol
Jawaban: 5-4-3-2-1

Soal kompetensi sosio kultural (20)
Hubungan kerja dapat terjalin dengan baik dan produktif karena ….

A. Hubungan kekeluargaan antar mitra kerja

B. Terdapat kesepakatan yang jelas antar para pihak yang bermitra

C. Keinginan yang kuat masing-masing pihak untuk memenuhi kewajiban

D. Kemampuan dan kecakapan dalam membangun sinergi antar individu

E. Adanya pekerjaan yang diperjanjikan dimasa mendatang

Jawaban: 2-3-5-4-1

Demikian bahasan kita mengenai soal kompetensi sosio kultural P3K guru. Tentunya masih banyak materi lain yang harus Anda pelajari selain Soal Kompetensi Sosial Kultural, seperti Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021Contoh Soal Kompetensi Manajerial PPPK (P3K) Guru 2021, Contoh Soal P3K Pilihan Ganda dan Jawabannya Untuk Guru 2021, dan sebagainya. Terakhir, kami doakan Anda semua sukses mendapatkan NIP di tahun ini.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.