Cara Memberi Waktu Pada Google Form, Trik Membuat Batasan Waktu

cara memberi waktu pada google form

Cara Memberi Waktu Pada Google Form – Siapa yang tidak kenal sama produk google yang satu ini, ya namanya adalah google form, aplikasi dari google yang manfaatnya sudah dirasakan banyak orang baik untuk membuat survei online atau membuat Quizz (ujian online).

Anda bisa memanfaatkan google form untuk keperluan survei online, atau untuk ujian. Alasan kenapa google form banyak digunakan oleh pengguna internet adalah karena gratis dan untuk menggunakannya sangat mudah sekali, anda yang awam sekalipun pasti bisa mengoperasikannya.

Nah salah satu kelebihan google form adalah anda bisa menambahkan atau memberi waktu di google form, dengan memberi waktu pada google form anda bisa membatasi responden atau peserta ujian pada waktu yang anda tentukan.

Jadi setelah waktu yang anda tentukan selesai, para responden tidak dapat lagi mengirim survei mereka, dengan memberikan waktu pada google form akan membuat responden yang anda sasar menjadi lebih disiplin mengisi survei atau Quizz karena dibatasi waktu.

Cara Memberi Batasan Waktu di Google Form

cara memberi waktu pada google form

Untuk memberikan waktu pada google form caranya sangat mudah sekali, silahkan ikuti langkah-langkah yang sudah haidunia rangkum dibawah ini.

  1. Pertama silahkan akses Google Form anda, login menggunakan akun gmail yang sudah terdaftar
  2. Selanjutnya perhatikan tanda Titik Tiga yang tersusun secara vertikal di sebelah kanan atas
  3. Klik tanda titik tiga tersebut, lalu klik Add-on
  4. Lalu pilih Add-on yang berfungsi memberi batasan waktu, ada beberapa Add-on yang bisa anda manfaatkan, diantaranya adalah formLimiter, Quilgo Timify, Control Accepting Responses
  5. Saya biasa menggunakan Quilgo Timify untuk keperluan memberi batasan waktu pada google form
  6. Klik pada nama Add-on yang ingin anda tambahkan
  7. Kemudian klik Instal
  8. Akan muncul jendela pop-up yang isinya memerlukan izin, klik Lanjutkan
  9. Setelah itu akan muncul jendela pop-up baru, silahkan login menggunakan akun gmail anda saat ini
  10. Selanjutnya di laman permintaan izin silahkan klik Izinkan di bagian paling bawah
  11. Sampai sini selesai
BACA:  Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di HP Xiaomi, Vivo & Samsung

Untuk mengatur masing-masing Add-on silahkan klik ikon Add-on di bagian atas, disebelah ikon sesuaikan tema.

Berhubung saya menggunakan Timify untuk memberikan batasan waktu pada formulir yang saya bikin, sedikit saya singgung bagaimana cara kerja Quilgo Timify.

Add-on timify biasanya digunakan untuk keperluan memberi batasan waktu pada ujian online yang menggunakan media google form, dengan memberi batasan waktu tentunya siswa tidak ada kesempatan untuk membuang-buang waktu dan tidak ada pula kesempatan mencontek.

Selain itu Add-on ini juga bisa membatasi siswa untuk mengirim respon jawaban sekali saja, karena di banyak kasus responden mengirim lebih dari satu response untuk satu email yang sama.

Nah dengan menggunakan Add-on Timify ketika pengguna sudah mengisi semua formulir maka tidak ada tulisan “Kirim tanggapan lain”. 

Mungkin ini saja tips seputar cara memberi waktu pada google form, bagaimana mudah bukan? silahkan dicoba semoga bermanfaat.

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *