Cara Membuat Bekatul Gampang, Pasti Berhasil!

Cara Membuat Bekatul Gampang

Cara Membuat Bekatul Gampang, Sekali Coba Langsung Berhasil! – Apa kabar sahabat Haidunia, bagaimana kabarnya semua? semoga selalu sehat dan semangat mengerjakan aktifitas harian. Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal apa itu Bekatul bagaimana cara membuatnya dan beragam manfaat yang bisa didapat darinya.

Dari beberapa sumber, masyarakat Indonesia belum banyak mengerti apa itu bekatul, biasanya dibilang kalau bekatul adalah limbah penggilingan padi, padahal bekatul setelah dikaji mempunyai beragam manfaat, mungkin kata ini familiar di kalangan peternak atau petani, karena bekatul sendiri adalah salah satu hasil olahan padi yang bisa diberikan pada hewan ternak untuk pakan.

Pengertian Bekatul

Sebelum ke proses cara membuat bekatul, kita pahami dulu bahwa padi setelah panen, masih terbungkus dengan kulitnya. beras apabila dilepas dari cangkangnya (sekam) mempunyai masih mempunyai lapisan (kulit) yang mana lapisan tersebut adalah dedak dan bekatul. Dedak adalah lapisan luar dari beras, sedangkan di bawah lapisan tersebut (lapisan dalam) terdapat bekatul.

Dua kandungan ini sebenarnya mempunyai kandungan yang sangat baik, diantaranya adalah

kandungan dedak bekatul
Source/Artikel Potensi Dedak dan… (Made Astyawan dan Andi Early

Masyarakat Indonesia ingin memisahkan antara beras (Endosperma) dari dedak dan bekatul karena warnanya yang coklat kurang memiliki nilai komersil dan kesannya tidak layak jual juga dapat memperpendek umur beras karena bau tengik yang dihasilkannya.

Cara Membuat Bekatul Dengan Mudah

Pada umumnya cara membuat Bekatul sudah termasuk dalam proses penggilingan padi, pada tahap pertama padi akan digiling menggunakan mesin untuk melepas cangkangnya tadi, setelah itu padi akan digiling kembali untuk melepaskan lapisan (kulit) dedak dan bekatulnya. Apabila ingin membuat Bekatul sendiri, berikut caranya:

  1. Pastikan anda mempunyai mesin penepung atau penggiling

    Siapkan beras yang sudah dilepas cangkangnya, kemudian masukkan ke mesin penggiling untuk proses penyosohan pertama, setelah beras keluar, maka ampas yang keluar adalah dedaknya.

    Source/Youtube/Resmel TV

    Penyosohan kedua

    Cara Membuat Bekatul Gampang
    Source/Youtube/Resmel TV

     

  2. Masukkan kembali beras ke dalam mesin, pada proses penyosohan kedua ini ampas yang dihasilkan adalah bekatul.

    Bekatul hasil penyosohan kedua

    Cara Membuat Bekatul Gampang
    Source/Youtube/Ramsel TV

    NB: biasanya pada penggilingan padi, proses penyosohan akan dilakukan begitu saja sehingga ampasnya tadi disebut bekatul atau dedak saja.

  3. Bekatul siap diolah, itu tadi adalah cara membuat bekatul gampang.

Tips Membebeli Dedak dan Bekatul

Apabila kita ingin lebih praktis mendapatkan bekatul, kita bisa membeli ke petani atau orang yang menggiling padi, tapi jangan lupa kita harus tau bedanya bekatul dan dedak berikut adalah tipsnya

  1. Bisa membeli ke tempat penggilingan padi yang sudah terpercaya, karena kita kenal orangnya atau sudah banyak yang membeli ke tempat tersebut
  2. Bandingkan harga yang dijual di tempat tadi dengan tempat lainnya, bisa jadi apabila bekatul yang dijualnya di bawah harga standar, artinya bekatulnya adalah campuran dengan dedak
  3. Tekstur serat kasar pada dedak lebih terasa, karena Bekatul mempunyai tekstur yang lebih lembut.

Sedikit tambahan, apabila ingin mengolah bekatul menjadi bahan olahan makanan atau minuman, sebaiknya umur bekatul masih 1×24 jam, karena apabila lebih dari itu biasanya baunya sudah tidak baik.

Baca Juga:  Mudah! Ini Cara Bikin Sim Online, Ngga Perlu Ngantri Lagi

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *