Cara Membuat Stiker Gif WA, Agar Chattingan Tidak Lagi Membosankan!

Cara Membuat Stiker Gif WA, Agar Chattingan Tidak Lagi Membosankan! – WhatsApp menjadi salah satu media sosial paling populer. Walaupun tampilan WA nampak lebih simpel, namun banyak orang lebih suka menggunakannya daripada medsos yang lain. Akan tetapi, jika chatting dengan teks saja tentu membuat bosan juga. oleh karena itu, di sini telah dihadirkan cara membuat stiker gif WA yang bisa diikuti, agar chat bersama teman semakin asik, sebagai berikut:

Cara Membuat Stiker Gif WA Tanpa Aplikasi

Hal pertama yang akan dibahas adalah cara membuat stiker gif WA tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tentunya, caranya ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan yang tidak cukup melek teknologi. Pasalnya siapa saja sudah bisa memulai untuk membuat stiker gifnya sendiri, berikut ulasan lengkapnya:

1. Buka WhatsApp

Langkah pertama yang harus dilakukan saat memulai cara membuat stiker gif WA adalah membuka aplikasinya terlebih dahulu. Yakni dengan menekan logo aplikasi berwarna hijau yang ada di halaman utama ponsel. Atau mungkin juga di pintasan layar depan, karena aplikasi ini sering dianggap penting sehingga disematkan. 

2. Masuk Pada Chat Room

Setelah membuka aplikasi maka pengguna bisa masuk pada bagian ruang obrolan. Ini bisa di ruang obrolan pribadi ataupun grup. Sesudah masuk pada chat room, maka lihat pada kolom untuk menuliskan pesan. Pada bagian kiri, pengguna bisa tap bagian emojinya. Selanjutnya, sistem akan memunculkan keyboard dengan berbagai emoji.

3. Pilih Bagian Stiker

Apabila pengguna tersebut telah masuk pada chat room dan menekan pada bagian emoji di sebelah kanannya, maka pengguna bisa memperhatikan pada bagian bawah. Di sana ada tiga icon berurutan seperti emoji, gif dan stiker. Maka tap pada bagian stiker tersebut, dan secara otomatis akan muncul berbagai macam stiker atau gambar bergerak yang sebelumnya pernah diunduh.

Baca Juga:  Cara Membuat Link Google Form Menjadi bit.ly, gg.gg, Jadi Lebih Pendek!

4. Tentukan Stiker Yang Diinginkan

Ada banyak pilihan stiker yang disediakan oleh WA sebenarnya. Namun bagi pengguna yang belum pernah mengunduh sama sekali tidak perlu khawatir. Perhatikan pada bagian kiri, ada tanda (+). Tap bagian tersebut, kemudian sistem akan mengarahkan pada dua kolom.

Pertama semua stiker, di mana bagian ini terdapat banyak stiker gratis yang bisa didownload oleh para pengguna secara gratis. Sedangkan, bagian kolom kedua adalah stiker saya. Di mana artinya pada bagian tersebut untuk stiker dari pengguna WA lain yang pernah di download, dan tersimpan di memori aplikasi WA yang sedang digunakan.

5. Download Stiker Gift

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pihak pengembang WA telah menyiapkan banyak stiker bergerak khusus untuk para penggunanya. Oleh karena itu, bagi yang ingin menggunakan stiker tersebut bisa mendownloadnya

Adapun caranya sangat mudah, pertama pastikan telah memilih stiker yang diinginkan. Stiker tersebut dikelompokkan menjadi beberapa tema tertentu. Misalnya Happier Than Ever, Temanku Keluargaku dan lain-lain. Kemudian, pada sisi kanannya terdapat icon panah kevbawah. Jika pengguna tekan panah tersebut, otomatis stiker akan terunduh di HP.

Pengguna pun bisa langsung menggunakannya dalam aktivitas chatting.  Tidak hanya itu, jika pengguna ingin melakukan pratinjau dari stiker di sana juga bisa. Caranya tap bagian stiker yang ingin dipilih, maka secara otomatis sistem akan memperlihatkan bagaimana gerakan dari stiker tersebut.  

Cara Membuat Stiker Gif WA Dengan Aplikasi

Selain menggunakan stiker yang sudah disediakan oleh aplikasi WA sendiri. Pengguna juga bisa berkreasi dengan cara membuat stiker gif WA sendiri. Tentunya, untuk melakukan itu pengguna membutuhkan bantuan salah satu dari aplikasi iSticker, berikut langkah pembuatannya:

1. Unduh Aplikasi iSticker

iSticker

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara membuat stiker gif WA adalah aplikasi iSticker. Ketika ingin membuat stiker bergerak dengan menggunakan aplikasi ini, maka pastikan pengguna telah mendownload dan menginstallnya. 

Pengguna tidak perlu khawatir, pasalnya aplikasi ini merupakan aplikasi yang aman. Oleh karena itu pengguna bisa langsung mengakses dan mengunduh cuma-cuma via Play Store. Caranya mudah, dengan buka Playstore dan ketik pada kolom pencarian iSticker.  Dan klik download untuk memulai proses pengunduhan.

2. Kunjungi Situs ezgif.com

Cara Membuat Stiker Gif WA

Selanjutnya, setelah aplikasi berhasil didownload dan diinstall. Maka pengguna bisa meninggalkan aplikasi tersebut sejenak dan buka aplikasi Browser. Pada kolom pencarian search situs ezgif.com. Maka setelah itu layar akan dipenuhi beberapa menu. Pengguna bisa pilih menu Gif Resizer.

3. Pilih File Yang Hendak Diubah

Setelah, masuk pada menu Gif Resizer, pengguna bisa mencari file GIF yang akan diubah menjadi stiker bergerak. Pastikan ukuran file tersebut adalah width 512 dan bagian height juga 512. Selanjutnya bisa menekan bagian Resize Images.

4. Masuk Pada Bagian WebP Dan Download GIF

Lanjut setelah proses pengubahan ukuran file, masuk pada menu selanjutnya. Adapun menu tersebut adalah convert. Klik menu tersebut dan akan muncul banyak opsi, pengguna pilih Convert to WebP. Tunggu beberapa saat dan kemudian akan muncul tulisan untuk download GIF. 

Selanjutnya setelah muncul tulisan download GIF, maka saatnya mengunduh stiker bergerak yang telah dibuat. Adapun caranya sangat mudah dengan menekan pada bagian gambar dengan lebih lama. Selanjutnya, akan muncul beberapa opsi, dan klik bagian download Image.

5. Membuka Aplikasi iSticker

Setelah proses tersebut selesai, maka pengguna bisa kembali lagi pada aplikasi iSticker. Pertama buka aplikasi tersebut, selanjutnya buka gambar yang sebelumnya diunduh. Dan agar tampilan lebih baik, bisa potong gambar yang tidak diperlukan dengan cara crop. Lalu tidak lupa untuk menyimpannya ulang.

6. Membuka Folder Pada Aplikasi iSticker

Hasil dari gambar yang didownload tersebut akan masuk pada folder iSticker. Oleh karena itu, untuk proses selanjutnya, pengguna bisa masuk pada folder dan menemukan gambar stiker yang tadi. Bila sudah, lanjutkan dengan menyalin stiker dan rename dengan nama file yang mudah dikenali.

Selanjutnya, bisa mengkopi nama file pada bagian gambar GIF yang didownload sebelumnya. Dan jangan lupa untuk menyalin gambar pada folder iStiker. Baru kemudian masuk pada menu utama dan bisa tekan bagian Add to WhatsApp. Maka langkah ini menjadi langkah pamungkas untuk proses pembuatan stiker GIF WA dengan aplikasi khususnya iSticker.

7. Coba Mengaplikasikan Di Room Chat

Untuk melihat hasil dari apa yang sudah dibuat sebelumnya. Pengguna bisa membuka salah satu room chat, bisa grup atau pribadi. Caranya sama seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. Buka bagian stiker dan temukan hasil stiker yang telah dibuat. Kirim ke berbagai teman, keluarga atau rekan yang lain.

Tentunya dengan berbagi gif stiker atau stiker bergerak ini membuat room chat semakin seru dan tidak lagi membosankan. Ditambah dengan aktivitas seperti ini pengguna juga akan semakin kreatif dengan membuat stiker sendiri dan disesuaikan dengan keinginan.  

Demikianlah tadi, beberapa cara membuat stiker gif WA keren. Kamu juga dapat menikmati banyak stiker tambahan di unduhan Whatsapp GB 2022, baik dengan menggunakan ataupun tanpa adanya aplikasi tambahan. Selain metode memakai iSticker di atas sebenarnya masih ada jenis aplikasi lain yang bisa diunduh di Playstore. Dengan kelebihan fitur dan user  interface yang berbeda-beda tentunya!

Baca Juga:  Begini Cara Memperbarui GB WA (GBWhatsApp) yang Telah Kadaluarsa

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *