Tubuh Anda Bermasalah? Begini Cara Memperbaiki Pencernaan yang Rusak!

Cara memperbaiki pencernaan yang rusak tanpa obat
Cara memperbaiki pencernaan yang rusak tanpa obat

Haidunia.com – Cara memperbaiki pencernaan yang rusak ini akan menjadi informasi yang sangat berguna bagi Anda yang sering mengeluhkan perihal Buang Air Besar (BAB) tidak lancar.

Dr. Zaidul Akbar telah membagikan tips atau cara memperbaiki pencernaan yang rusak tanpa obat. Semoga tips yang beliau bagikan dapat dijadikan rekomendasi positif bagi Anda yang merasa memiliki saluran pencernaan bermasalah.

Cara memperbaiki pencernaan tanpa obat ini mudah-mudah dapat dijadikan sebagai ikhtiar kita bersama. Bagaimana pun organ pencernaan adalah bagian yang amat penting di tubuh kita, dan jangan sampai dibiarkan masalahnya berkembang tanpa perawatan.

Mengenal Organ Pencernaan Manusia

Ibarat kendaraan bermotor, organ pencernaan itu bisa diserupakan dengan saluran bensin. Maka kita pun bisa membayangkan seperti apa situasi dan kondisi kendaraan kita ketika selang bensinnya tersumbat.

Sekarang kita bisa membayangkan kiranya langkah pertama seperti apa yang akan ditempuh. Bagaimana pula jika ternyata selang bensinnya bocor.

Sistem pencernaan tubuh yang berada di perut kita sudah pasti jauh lebih mahal nilainya dari pada sekadar komponen bahan bakar supercar sekalipun.

Maka sudah semestinya manusia menyayangi bagian tubuhnya dan memberikan perhatian lebih. Sekarang mari kita kenali terlebih dahulu penyebab dari rusaknya organ pencernaan.

Sejak di bangku sekolah tentunya kita sudah diperkenalkan dengan 12 12 organ manusia yang berperan melaksanakan proses pencernaan makanan.

Secara umum sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan bagian atas, yaitu mulai dari rongga mulut, esophagus & lambung.

Baca Juga:  Yuk Kenali Obat Asam Lambung Alami Tradisional, Cobain!

Kemudian setelah turun dari lambung, makanan yang masuk ke tubuh akan diolah oleh saluran pencernaan bagian bawah, yang terdiri dari usus halus, usus besar, rektum dan anus.

Semua organ memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Jika salah satunya saja terganggu, sudah pasti dampaknya juga akan sistemik.

Badan akan merasakan tidak nyaman bahkan harus terbaring di rumah sakit.

Cara kerja mereka juga dibagi dua, bekerja secara mekanik dan bekerja secara kimiawi. Perlu juga dipahami, jika sistem pencernaan ini tak pernah berhenti bekerja.

Mereka terus beroperasi selama 24 jam sehari. Jadi, betapa teledornya kita jika tidak memperhatikan proses pemeliharaannya agar tetap dapat bekerja secara prima sepanjang hayat kita.

Penyebab Organ Pencernaan Bermasalah

Gangguan sistem pencernaan bisa terjadi pada salah satu organ saja, bisa juga terjadi pada beberapa organ secara bersamaan. Beberapa gejala yang ditimbulkan pun bisa beragam.

Mulai dari sulit menelan, heartburn (dada seperti terbakar), mual, muntah, perut kembung, sakit maag, sakit perut, diare, sembelit, muntah darah atau BAB berdarah, berat badan naik atau malah turun.

Jadi cukup beragam keluhan yang sering terjadi akibat gangguan sistem pencernaan. Ada pun diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling sering terjadi.

Gangguan pencernaan paling sering disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang asupan buah dan sayur, mengkonsumsi alkohol, dan punya riwayat maag.

Tetapi jika penyebab gangguan ini sudah bisa kita hindari, maka hari-hari kita cukup aman. Kecuali ada hal khusus yang menyebabkan perut jadi sakit.

Sekarang kita cek apa saja tips memperbaiki pencernaan yang pernah disampaikan dr Zaidul Akbar.

Cara Memperbaiki Pencernaan yang Rusak Tanpa Obat

Cara memperbaiki pencernaan yang rusak tanpa obat ini sebenarnya adalah hal yang ringan untuk kita lakukan. Kita hanya perlu menghindari beberapa hal yang menjadi sebab timbulnya masalah dalam sistem pencernaan.

Pertama, jangan sering minum antibiotik, karena antibiotik menurut dr. Zaidul Akbar akan menguras enzim pencernaan.

Jadi jangan mengkonsumsi antibiotik terkecuali sudah dalam kondisi darurat banget, begitu yang beliau sarankan.

Kedua, hindari produk-produk yang mengandung gluten. Gluten adalah satu jenis protein yang terdapat di dalam gandum dan jelai (barley).

Pada makanan gluten berfungsi sebagai pengembang yang menghasilkan tekstur kenyal dan elastis.

Gluten perlu dihindari karena mengandung glukosa yang sangat tinggi. Jika hendak mengkonsumsi tepung dan sagu carilah yang non gluten sebagaimana dijelaskan dr. Zaidul Akbar.

Ketiga, hindari makanan yang bisa menyebabkan intoleransi. Intoleransi makanan adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak dapat mencerna zat tertentu yang dikandung dalam makanan dan minuman.

Hal tersebut adalah bentuk reaksi kimia antara zat makanan dengan kondisi pencernaan. Gejala yang timbul kadang baru dirasakan setelah beberapa jam mengkonsumsi makanan tertentu.

Misal seseorang yang perutnya selalu trouble setelah mengkonsumsi masakan bersantan. Maka pencernaan orang tersebut dikatakan intoleransi terhadap santan.

Jadi agar aman identifikasi dulu makanan yang akan masuk, termasuk yang bersahabat dengan atau intoleransi.

Salah satu cara menjaga pencernaan adalah hindari produk yang mengandung gluten.

Tips Merawat Sistem Pencernaan 

Beberapa tips yang perlu dicoba agar sistem pencernaan kita semakin baik juga sudah direkomendasikan oleh dr. Zaidul Akbar.

Agar sistem pencernaan kita semakin bagus beliau menyarankan beberapa hal berikut:

Baca Juga:  Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Psikolog, Sini Yang Lagi Galau!

Pertama, sering mengkonsumsi probiotik. Probiotik adalah mikro organisme yang dapat memberikan efek baik. Contoh probiotik yang paling populer dan merakyat adalah tempe.

Maka saran dr. Zaidul Akbar; “Sesering mungkin untuk makan tempe namun dalam kondisi mentah, karena jika digoreng probiotiknya akan rusak. Dan akan menjadi paket kesehatan yang lengkap bagi sitem pencernaan jika tempe dikolaborasikan dengan kurma dan madu”.

Kedua, sesering mungkin berolahraga sampai berkeringat.

Ketiga, banyak mengkonsusmsi protein nabati.

Keempat, mulai sering mengkonsumsi resistant starch (RS). Resistant starch merupakan makanan yang banyak memberikan manfaat  bagi kesehatan.

RS di usus besar berfungsi sebagai makanan bagi bakteri usus, dan juga sumber energi bagi sel-sel usus besar. Contoh RS adalah kurma dan bekatul.

Kelima, kunyahlah makan anda. Selain mengunyah adalah bagian dari sunah Nabi, juga akan memudahkan kerja organ pencernaan.

Praktek mengunyah makanan selain sunah Nabi juga akan mempermudah kerja organ pencernaan

Keenam, tidurlah sesuai yang dilakukan oleh Rasululloh SAW, yaitu mulai bakda isya dan harus tidur dalam keadaan gelap, dengan total durasi waktu 6-8 jam perhari.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara memperbaiki sistem pencernaan yang rusak, serta tips agar sistem pencernaan kita semakin baik. Anda juga kami sarankan untuk membaca pembahasan kami yang lain mengenai Jam Sarapan Pagi yang Sehat. Karena materi ini juga akan mendukung kesehatan saluran pencernaan kita. Salam!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *