Cara Menjumlahkan dan Mengurangkan Tiga Pecahan, Mudah!

menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan

Contoh sederhana dari pecahan adalah sebagai berikut:

  • 1/2, yang berarti satu dari dua bagian yang sama besar.
  • 3/4, yang berarti tiga dari empat bagian yang sama besar.
  • 2/5, yang berarti dua dari lima bagian yang sama besar.

Pecahan juga dapat berupa pecahan campuran, yang terdiri dari bagian bilangan bulat dan bagian pecahan. Misalnya, 1 1/2 adalah pecahan campuran, yang berarti satu keseluruhan ditambah setengah bagian.

Read More

Pecahan digunakan dalam berbagai konteks dalam matematika dan kehidupan sehari-hari, seperti dalam pengukuran, persentase, perbandingan, dan banyak situasi lainnya di mana kita perlu menggambarkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan. Pemahaman tentang pecahan penting dalam pemecahan masalah, perhitungan, dan banyak aspek matematika lainnya.

1. Pecahan Biasa:

  • Pecahan Proporsi: 2/3, yang berarti dua dari tiga bagian yang sama besar. Misalnya, jika Anda memiliki pizza yang dibagi menjadi tiga potongan yang sama besar, maka Anda memiliki 2/3 dari pizza itu.
  • Pecahan Campuran: 1 1/4, yang berarti satu keseluruhan ditambah satu perempat. Misalnya, ini bisa mewakili 1 jam dan 15 menit dalam waktu.
Baca Juga:  Pentingnya Bahasa Arab Bagi Anak Kita

2. Pecahan Desimal:

  • Pecahan Desimal Biasa: 0.5 (atau 1/2 dalam bentuk pecahan), yang berarti setengah dari keseluruhan. Misalnya, jika Anda memiliki satu liter air dan menuangkan setengahnya, maka Anda memiliki 0.5 liter air.
  • Pecahan Desimal Terulang: 0.333… (atau 1/3 dalam bentuk pecahan), yang berarti sepertiga dari keseluruhan. Ini adalah contoh pecahan desimal yang tidak berakhir.

3. Persentase:

  • Persentase: 25%, yang setara dengan 1/4 dalam bentuk pecahan. Ini berarti seperempat dari keseluruhan. Misalnya, jika Anda mendapatkan nilai 25% dalam ujian, itu berarti Anda menjawab dengan benar seperempat dari semua soal.

4. Perbandingan:

  • Perbandingan: 2:5, yang berarti ada dua bagian dari satu jenis benda dibandingkan dengan lima bagian dari jenis benda yang lain. Misalnya, dalam kelompok 7 buah apel, dua di antaranya adalah apel merah dan lima sisanya adalah apel hijau.

5. Pengukuran:

  • Panjang: 3/4 meter, yang berarti tiga perempat dari satu meter. Misalnya, jika Anda memotong seutas tali sepanjang satu meter menjadi tiga bagian yang sama besar, setiap bagian akan memiliki panjang 3/4 meter.

Demikianlah beberapa contoh pecahan lengkap dalam berbagai bentuk dan konteks. Pecahan adalah alat matematika yang sangat berguna untuk merepresentasikan bagian-bagian dari suatu keseluruhan dalam berbagai situasi.

Menjumlahkan Tiga Pecahan

Menjumlahkan Tiga Pecahan: Untuk menjumlahkan tiga pecahan, Anda perlu menjumlahkan mereka satu per satu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan bahwa ketiga pecahan memiliki penyebut yang sama (denominator yang sama). Jika tidak, Anda perlu mencari penyebut yang sama terlebih dahulu dengan melakukan operasi yang disebut “penyamaan penyebut.”
  2. Setelah memiliki penyebut yang sama, tambahkan numeratori (pembilang) dari ketiga pecahan untuk mendapatkan hasilnya. Ini adalah langkah yang paling sederhana. Misalnya:

    Contoh: Jumlahkan 1/4, 2/3, dan 1/6.

    Terlebih dahulu, penyamakan penyebut, dan kita akan mendapatkan 6 sebagai penyebut yang sama.

    (1/4) + (2/3) + (1/6) = (3/6) + (4/6) + (1/6) = 8/6

    Kemudian, kita dapat menyederhanakan hasil ini jika perlu.

Mengurangkan Tiga Pecahan

Mengurangkan Tiga Pecahan: Untuk mengurangkan tiga pecahan, langkah-langkahnya hampir sama dengan penjumlahan:

  1. Pastikan ketiga pecahan memiliki penyebut yang sama.
  2. Selanjutnya, kurangkan numeratori (pembilang) dari pecahan satu dengan pecahan lainnya untuk mendapatkan hasilnya. Misalnya:

    Contoh: Kurangkan 5/8, 1/4, dan 3/16.

    Terlebih dahulu, penyamakan penyebut, dan kita akan mendapatkan 16 sebagai penyebut yang sama.

    (5/8) – (1/4) – (3/16) = (10/16) – (4/16) – (3/16) = 3/16

    Hasilnya adalah 3/16.

Demikianlah cara menjumlahkan dan mengurangkan tiga pecahan lengkap. Pastikan untuk selalu mencari penyebut yang sama sebelum melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan pecahan.

Semoga bermanfaat untuk sahabat haidunia.com!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *