Cara Menyemai Benih Melon Dijamin Berhasil!

Cara Menyemai Benih Melon

Cara Menyemai Benih Melon Dijamin Berhasil! – Melon merupakan buah segar dan digemari masyarakat Indonesia, buah yang bisa dinikmati langsung atau diolah terlebih dahulu ini memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Serat sendiri merupakan bagian penting dalam peningkatan kesehatan pencernaan, serat turut andil dalam proses pencernaan supaya dapat bekerja lebih efektif.

namun manfaat yang baik ini sebanding dengan harga melon yang bisa dibilang lumayan tinggi, untuk melon lokal berkisar kurang lebih 15 ribu per kilo, sedangkan melon jenis Golden bisa sampai puluhan ribu per kilonya.

masa tanam melon sampai panen pertama berada pada 68 – 105 HST atau sekitar 2-3 bulan. Masa tanam yang tergolong singkat ini, apabila disiati maka dengan mempunyai kurang lebih 10 pohon, maka kita bisa menikmati melon hasil sendiri tiap minggunya, tanpa perlu membeli. Hal ini membuat beberapa orang ingin menanamnya  sendiri.

Cara Menyemai Benih Melon
Cara Menyemai Benih Melon

Caranya adalah dengan menanam satu pohon melon setiap minggunya, anggap saja kita menanam setiap hari senin, maka setelah 10 minggu, maka melon yang ditanam pada minggu pertama sudah dapat dipanen hasilnya, begitu seterusnya sampai ketemu pola panen tiap minggu.

Supaya berhasil maka kunci awalnya adalah penyemaian benih melon, berikut adalah tahapan penyemaian benih Melon.

Saatnya Praktek Menyemai Benih Melon

Ada beragam cara, paling umum biasanya adalah disemai menggunakan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 5:1, caranya

  1. Rendam benih melon (bisa beli di toko pertanian atau dari biji yang dijemur) selama kurang lebih 23 jam. Proses ini memudahkan benih menyerap air.
  2. Buang benih melon yang masih mengambang, karena benih tersebut mungkin sudah tidak baik atau rusak.
  3. Tancapkan benih melon ke dalam media semai, ujung benih (lancip) menghadap ke bawah, untuk mempermudah proses menancapnya akar ke dalam media semai.
  4. Setelah semua benih sudah ditancapkan, boleh ditutup dengan tanah lembut atau abu sekam.
  5. Setelah selesai, letakkan benih tersebut di tempat gelap. Biasanya kecambah akan mulai terlihat pada hari ke 3 atau 4.

Baca juga Cara semai Selada Hidroponik

Berdasar pada pengalaman yang pernah saya coba, ada cara lain untuk menumbuhkan tunas (sprout/kecambah) selain ditaruh di media semai, yaitu

  1. Tahapan 1 dan 2 masih sama dengan yang di atas
  2. Ambil wadah cekung yang telah terisi air (air cukup sedikit saja) kemudian letakkan kain basah di atasnya dan kain tersebut terbuka lebar dan terkena air tadi.
  3. letakkan benih melon di atas kain basah tersebut.
  4. Taruh di tempat gelap, setelah 3 atau 4 hari benih akan sprout (kecambah). Kemudian benih dipindah ke media semai.

Untuk masa pindah tanam, baiknya adalah ketika benih tadi berumur sekitar 6/7 hari, karena pada umur sekian, benih masih mendapatkan energi dari daun kotiledon, daun pada masa awal benih. apabila lewat masa tersebut, benih sudah mendapatkan energinya dari unsur hara yang ada pada media semai, jadi ketika pindah ke media tanam, biasanya rentan terjadi stress yang mengakibatkan layu atau bahkan mati.

Demikian tahapan cara menyemai benih melon yang dapat kita bagi, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan segera di lahan rumah masing-masing.

Baca Juga:  Ad Breaks Facebook, Upload Video di Facebook Dapat Uang, Yuk Cobain

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *