Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik 2022, Mudah, Cepat dan Berhasil!

Cara Verifikasi Akun PTK – Beberapa hari yamg lalu ada beberapa pesan yang masuk ke nomor WhatsApp admin terkait cara aktivasi akun PTK di Dapodik, saya balas oke akan segera saga buatkan tutorialnya. Dan nampaknya sekarang adalah waktu yang pas untuk menuliskan tutorial cara aktivasi akun PTK, mungkin sebagian besar dari anda juga penasaran bukan? yuk langsung aja cek infonya dibawah ini 😉

Apa Sih Akun PTK itu?

Nah sebelum lebih jauh mengupas secara tuntas cara verifikasi akun PTK ada baiknya mimin jelaskan dulu apa itu PTK, karena ternyata masih banyak sahabat haidunia yang masih asing dengan istilah ini apalagi yang baru saja berkecimpung dalam dunia pendidikan utamanya lagi yang baru masuk dunia PNS.

Read More

Akun PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah akun yang berfungsi untuk mengelola data sekolah, data guru/pendidik, tenaga kependidikan dan data siswa. Untuk dapat mengakses akun PTK guru harus memiliki akun PTK yang sudah terverifikasi. Nantinya ketika sudah memiliki akun PTK maka data pendidik atau tendik dapat diakses secara nasional dan tersusun rapi secara administratif.

Adapun akun PTK memiliki 2 fungsi utama yaitu untuk bisa masuk ke akun Dapodik (Data Pokok Pendidik) karena sebelum masuk akun Dapodik anda akan diminta login terlebih dahulu ke akun PTK. Dan fungsi yang kedua adalah untuk masuk ke akun ke GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan).

Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik 2022

cara verifikasi akun PTK di Dapodik

Setiap akun PTK harus terverifikasi di Dapodik, berikut langkah-langkah untuk mulai verifikasi akun PTK, caranya mudah banget kok.

  1. Buka Laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/Kemudian login menggunakan SSO atau menggunakan akun gmail yang sudah terdaftar.
  2. Setelah proses login berhasil, anda akan diarahkan ke halaman utama, dan disitu akan ditampilkan informasi nama-nama akun atah username yang belum terverifikasi
  3. Setelah muncul biodata klik akun PTK, nanti disitu akan muncul username yang belum terverifikasi. silahkan klik salah satu akun lalu klik VERIFIKASI SEKARANG
  4. Berikutnya klik LANJUTKAN, tapi harap diperhatikan sebelum klik lanjutkan pastikan email username yang tertera adalah email aktif dan bisa digunakan untuk kirim email, karena Dapodik secara otomatis akan mengirimkan kode untuk verifikasi via email tadi
  5. Cek email untuk melihat kode yang dikirimkan oleh Dapodik. Silahkan copy 4 kode digit yang dikirimkan via email, cek inbox atau jika masuk ke folder spam silahkan cek di bagian spam
  6. Setelah kode verifikasi dicopy silahkan kembali ke halaman dapodik untuk mempaste kode tadi dan akun anda akan segera terverifikasi.
  7. Selesai

Akhir Kata

Nah itulah beberapa langkah sederhana terkait cara verifikasi akun PTK di Dapodik. Melakukan verifikasi banyak sekali keuntungannya, salah satunya anda dapat mengedit data informasi guru atau tenaga kependidikan.

Akun PTK merupakan akun yang berisi informasi akun insan pendidik, karenanya agar proses administrasi berjalan dengan baik segera lakukan verifikasi akun PTK sekarang juga.

 

 

 

Related posts