Contoh Masalah Sosial Budaya dan Solusinya di Indonesia

Contoh masalah sosial budaya dan solusinya
Contoh masalah sosial budaya dan solusinya

Contoh masalah sosial budaya dan solusinya – Hallo Sobat Pembelajar! Kita akan kembali membahas permasalahan sosiologi pada laman ini. Mungkin Anda juga seorang pemerhati permasalahan sosial budaya, sehingga sangat pas dengan tema yang akan kita uraikan sebentar lagi.

Contoh masalah sosial budaya dan solusinya ini juga menjadi bagian dari materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan peminatan sosial humaniora atau Soshum. Sehingga materi yang akan diuraikan di laman haidunia.com ini juga dapat dijadikan sebagai referensi belajar.

Beberapa hal yang akan kita uraikan di antaranya:

(1) Konsep dasar permasalahan sosial budaya

(2) Komponen Permasalahan Sosial Budaya
(3) Faktor penyebab permasalahan sosial budaya
(4) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya

Dan kepada Anda semua, kami ucapkan selamat menyimak sajian kami!

Konsep Dasar Permasalahan Sosial Budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat yang dinamis manusia akan mengalami hal yang sifatnya positif atau menguntungkan dan ada pula yang negatif, seperti munculnya masalah sosial. Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian unsur budaya yang ada di dalam masyarakat dan bersifat membahayakan.

Soerjono Soekanto menekankan masalah sosial meliputi  4 (empat) faktor, yaitu:

  • faktor ekonomi
  • faktor biologi
  • faktor sosial-kebudayaan
  • faktor psikologi

Sedangkan jika ditinjau dari dimensinya, permasalahan sosial dapat dibedakan menjadi 4 (empat) perihal, yaitu:

  1. perihal yang dianggap salah dan membahayakan di dalam masyarakat
  2. perihal yang sulit dan memengaruhi banyak orang atau melibatkan banyak orang
  3. perihal yang dapat diubah
  4. perihal yang memang harus diubah dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengubahnya, karena jika hal tersebut dibiarkan akan menimbulkan masalah yang lebih serius.
Baca Juga:  Jadwal Kereta Api Dhoho Penataran Terbaru, Harga Murah & Terjangkau!

Komponen Permasalahan Sosial Budaya

Menurut Paririllo (1987), permasalahan sosial mengandung 4 (empat) komponen. Artinya suatu perihal dikatakan sebagai masalah sosial jika mengandung 4 (empat) komponen tersebut, yaitu:

(1) Jika perihal tersebut merupakan masalah yang bertahan dalam rentang periode waktu tertentu. Namun jika masalah tersebut mendapat penyelesaian dalam waktu singkat, dan kemudian hilang dengan sendirinya, maka tidak termasuk masalah sosial

(2) Jika perihal tersebut dirasakan dapat menyebabkan berbagai kerugian fisik atau non fisik, baik pada individu maupun masyarakat

(3) Jika perihal tersebut merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai atau standar sosial dari salah satu atau beberapa sendi kehidupan

(4) Jika perihal tersebut menimbulkan kebutuhan akan pemecahan masalah

Faktor Penyebab Permasalahan Sosial Budaya 

Faktor penyebab permasalahan sosial budaya adalah sebagai berikut:

(1) Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi menyangkut bagaimana masyarakat mengakses sumber daya ekonomi dan untuk menyejahterakan diri. Contoh dari permasalahan ini yaitu kemiskinan dan pengangguran.

(2) Faktor Biologi

Faktor biologi menyangkut persoalan kesehatan di dalam masyarakat. Contoh dari masalah ini yaitu wabah penyakit, gizi buruk, dan lain-lain.

(3) Faktor Sosial-Budaya

Faktor ini meliputi aspek nilai, norma serta kebiasaan yang ada di dalam masyarakat. Contoh permasalahan dari faktor sosial-budaya yaitu perceraian, konflik, pelecehan, dan lain-lain.

(4) Faktor Psikologi

Faktor ini bersumber dari aspek kejiwaan individu itu sendiri, adapun contohnya yakni depresi, stress, kegilaan, dan lain-lain.

Contoh Masalah Sosial Budaya dan Solusinya

Contoh masalah sosial budaya dan solusinya yang kami sajikan merupakan contoh masalah sosial di masyarakat Indonesia. Tentunya sebagian besar dari kita sudah pernah menyaksikan atau pun membaca berita mengenai contoh permasalahan sosial. Berikut ini kami berikan contoh masalah sosial di lingkungan masyarakat yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang sudah kami sebutkan di atas.

(1) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya karena faktor kemiskinan

Kemiskinan merupakan sebuah kondisi dimana individu atau kelompok yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya yang meliputi sandang, pangan, papan, pendidikan, serta kesehatan. Kemiskinan menjadi persoalan klasik yang sampai saat ini menjadi problem mendasar bagi Indonesia.

Solusi dari permasalahan sosial yang berupa kemiskinan di antaranya:

  • memperbaiki kondisi pribadi, yaitu dengan peningkatan kompetensi melalui pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah
  • pengelolaan keuangan yang baik
  • solusi dari pemerintah yaitu dengan Program Keluarga Harapan (PKH), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), dan Program Bantuan Pendidikan

(2) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya karena faktor kriminalitas

Kriminalitas merupakan sebuah tindakan yang di luar dari norma hukum yang berlaku. Adapun jenis-jenis kejahatan dan kriminalitas yaitu sebagai berikut :

  • White Collar Crime

Kejahatan ini dilakukan oleh orang yang memiliki status tinggi atau seseorang yang memiliki sebuah jabatan, contoh: korupsi. Solusi yang diupayakan oleh pemerintah adalah dengan membentuk Komisi Pemberantasan korupsi (KPK)

  • Crime Without Victim

Jenis kejahatan ini tidak memiliki korban, contohnya: berjudi. Solusinya adalah dengan pemberantasan cyber crime untuk menghalangi praktik  judi online

  • Organized Crime

Kejahatan ini direncanakan dan disusun secara rapi, pelaku biasanya lebih dari dua orang. Contoh: terorisme. Solusinya yang diberikan negara adalah dengan pembentukan Badan Nasional Penanggulangan Tindakan Terorisme (BNPTT)

  • Corporate Crime

Kejahatan ini dilakukan oleh perusahaan atau usaha dagang. Contoh: perusahaan yang tidak membayar gaji sesuai aturan upah minimum. Solusinya adalah dengan mendirikan kementerian tenaga kerja.

(3) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya karena faktor perceraian 

Keluarga merupakan unit terkecil dari suatu masyarakat. Jika kemudian terjadi sebuah perceraian maka dapat menyebabkan individu mengalami kegagalan dalam aspek sosialnya, sehingga dapat menyebabkan individu tersebut melakukan tindakan di luar nilai dan norma masyarakat. Solusinya adalah dengan membatasi usia pernikahan dini.

Baca Juga:  Nilai Ambang Batas CPNS 2021 Sudah Rilis, Download Di Sini!

(4) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya karena faktor orang gila di perkotaan

Solusi yang bisa ditawarkan karena kondisi tersebut adalah dengan membangun pondok-pondok sosial oleh pemerintah yang khusus menangani orang gila tersebut.

(5) Contoh masalah sosial budaya dan solusinya karena faktor wabah penyakit

Wabah penyakit merupakan masalah sosial dari faktor biologis. Solusinya  adalah memperbaiki gaya hidup yang dapat berpotensi menjadi sumber penyakit. Selain itu juga menjaga lingkungan agar tetap dalam kondisi steril dari berbagai macam wabah. Solusi lainnya adalah dengan mengadakan Posyandu untuk melayani kesehatan ibu dan anak yang masih usia balita.

Upaya Penanggulangan Permasalahan Sosial

Langkah upaya untuk menanggulangi masalah sosial di antaranya:

  • Melakukan penelitian yang komprehensif terhadap suatu masalah yang akan dipecahkan
  • Melakukan perencanaan terarah dan terukur
  • Memperhatikan semua dampak negatif dari pembangunan
  • Memberikan kepastian hukum yang adil bagi semua pihak
  • Dalam lingkup keluarga saling menjaga harmonisasi
  • Mempererat solidaritas antar masyarakat dan gotong royong
  • Menyediakan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas

Contoh masalah sosial budaya dan solusinya di atas semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dan dapat dijadikan referensi terutama bagi siswa yang membutuhkan materi tersebut. Anda juga kami sarankan untuk mempelajari materi lainnya, dengan judul berikut; contoh masalah sosial di lingkungan masyarakat; contoh permasalahan sosial; contoh masalah sosial di masyarakat. Demikian, salam!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *