Contoh Soal AKM SMA Literasi Numerasi Kelas 11 dan 12

  • Whatsapp
Contoh soal AKM Numerasi

Contoh Soal AKM SMA – Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang direncanakan oleh Kemendikbud adalah bagian dari bentuk penilaian kompetensi mendasar bagi semua murid. Contoh-contoh soal AKM SMA tentunya bisa menjadi salah satu persiapan bagi pihak sekolah dalam mempersiapkan murid menghadapi proses asesmen tersebut.

Tujuan dari AKM adalah agar murid lebih dapat mengembangkan kapasitas dirinya, dan sekaligus pada nantinya bisa memberikan kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh soal AKM SMA yang kami sajikan ini bisa menambah referensi bagi pendidik dalam menyusun soal AKM lebih lanjut.

Read More

Melalui soal-soal AKM SMA maupun soal AKM untuk jenjang SD dan SMP akan diukur dua kompetensi mendasar yaitu kemampuan literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Contoh soal AKM SMA pada artikel ini terdiri dari soal-soal literasi dan numerasi. Melalui capaian kemampuan literasi dan numerasi tersebut nantinya dapat diketahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki siswa dalam hal keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

Asesmen Nasiaonal atau AKM akan dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan soal-soal tes yang tipenya cukup berbeda dari yang selama ini kita kenal. Soal yang sedang dikembangkan merujuk pada soal yang digunakan dalam PISA (Programme for International Student Assessment).

Contoh tipe-tipe soal yang digunakan pada AKM untuk jenjang sekolah menengah atas kurang lebih contoh soal AKM SMA yang kami olah dari Pusmenjar (Pusat Asesmen & Pembelajaran) Kemendikbud.

Masalah-masalah dalam contoh soal AKM SMA yang akan kita ulas menyajikan beragam konteks, yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid SMA menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang telah dimilikinya.

Tipe-tipe soal AKM untuk jenjang SD, SMP, maupun contoh soal AKM SMA sebelumnya juga telah kami ulas dalam artikel yang berjudul Soal AKM Literasi Numerasi (Pengembangan Bank Soal). Kami sarankan anda juga merujuk ke sana agar lebih akrab mengenal tipe soal AKM.

Selanjutnya anda bisa menyimak contoh soal AKM SMA berikut ini:

Contoh Soal AKM SMA Literasi

Contoh soal AKM SMA yang kami bawakan ini merupakan level pembelajaran 6, yaitu digunakan untuk asesmen kelas 11 dan kelas 12. Pada bagian ini kita akan fokus pada contoh soal AKM SMA bidang literasi teks informasi.

Tujuan dari literasi teks informasi adalah melatih siswa agar dapat menemukan informasi yang utuh dan mendalam dari sarana literasi yang dapat diaksesnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain siswa dituntut mampu menemukan informasi tersurat mengenai siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, pada teks sastra atau teks informasi yang dibaca atau dijumpai sehari-hari.

Teks Literasi 1

Contoh soal AKM SMA nomor 1 ini berupa teks yang harus dibaca dengan saksama, kemudian cobalah untuk menjawab pertanyaan yang disediakan!

Bantu Ibunya Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Unik

Kasih sayang seorang ibu kepada anak tidak akan ada habisnya. Sudah seharusnya seorang anak dapat membantu meringankan beban orang tuanya. Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang anak yang membantu ibunya berjualan dengan cara unik.

Ialah Agung Budi Wibowo (18), pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah. Ibu dari Agung Budi Wibowo sudah cukup lama berjualan telur dadar mini. Sayangnya, sang ibu, Praptining Utami (55), memiliki gangguan penglihatan, sehingga tak bisa berjualan dengan cekatan. Agung akhirnya berusaha mencari ide solusi dan inovasi, agar dapat membantu sang Ibu berjualan.

Oleh karena Agung adalah lulusan SMK Jurusan Teknik Kendaraan, Agung memiliki ide untuk menciptakan robot pembuat telur dadar mini. Ia kemudian belajar dari tayangan YouTube mengenai cara membuat robot. Pemuda ini mempelajarinya seorang diri dengan tekun.

Baca Juga:  Item Response Theory (IRT) Atau Teori Respon Butir [Penjelasan Lengkap]

Modal yang dikeluarkan Agung dalam membuat robot itu sebesar Rp1,5 juta. Agung membuat robot tersebut dengan bahan baku dari lingkungan sekitarnya, yaitu dari beberapa suku cadang motor, suku cadang pompa air, dan alat pengatur untuk mengatur robot itu sendiri. Bahan baku tersebut dirangkai dan dirakit sehingga tercipta sebuah robot yang dinamai Egg Filling Robot.

Setelah Agung membuatkan robot untuk membantu ibunya berjualan, ibunya mengaku sangat terbantu. Pekerjaannya yang sebelumnya sulit karena terkendala masalah penglihatan, sekarang menjadi mudah. Omzet penjualannya sekarang naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, banyak anak-anak yang membeli telur dadar mini tersebut karena sangat antusias melihat aksi robot yang mengisi adonan telur.

Pertanyaan:

Setelah  kamu membaca wacana tersebut, bukti yang menunjukkan bahwa Agung sangat menyayangi ibunya adalah …

Agung belajar dengan baik cara membuat robot di sekolahnya.
Agung sangat antusias mempelajari usaha berjualan telur dadar mini.
Agung berhasil menaikkan omzet penjualan telur dadar mini di lingkungannya.
Agung membuatkan robot untuk memudahkan ibunya bekerja.
Agung meminta modal kepada ibunya untuk membuat robot untuk membantu ibunya.

Jika contoh soal AKM di atas telah dipahami tipe dan cara menjawabnya, sekarang perhatikan contoh soal AKM SMA yang kedua dengan tipe soal pilihan ganda kompleks yang sama seperti nomor 1.

Teks Literasi 2 

Contoh soal AKM SMA yang kedua ini berupa literasi mengenai sumber energi hijau. Silahkan dibaca teks informasinya dengan seksama dan cobalah untuk menjawab soal yang disediakan.

Keuntungan Apa yang Didapat dari Penggunaan Tenaga Surya?

Energi surya disebut juga sumber energi hijau atau energi bersih dan murah dari sinar matahari. Energi surya merupakan salah satu dari sumber energi alami dan terbaik di dunia. Energi ini dikatakan hijau karena tidak memancarkan polutan apapun ke atmosfer pada saat pemroduksian ataupun pengonsumsian jika dibandingkan dengan sumber energi lain.

Pada masa kini, banyak warga dunia sudah beralih ke tenaga surya tidak hanya karena merupakan sumber energi hijau, tetapi juga karena biayanya semakin rendah dan lebih efisien dari sebelumnya.

Keuntungan Listrik Tenaga Surya

Bersih: Ketika aktif, tenaga surya melepas substansi yang tidak berbahaya atau suara ke atmosfer.

Gratis: Setelah mekanisme untuk menghasilkan tenaga surya dipasang, pemanasan atau listrik dari sistem surya benar-benar tidak mengeluarkan biaya. Ini akan membantu untuk mengurangi tagihan dan pada saat yang sama menurunkan jejak karbon rumah tangga.

Bekerja di mana saja: Meskipun efisiensi panel surya meningkat secara proporsional dengan jumlah sinar matahari yang diterimanya, panel ini dapat bekerja atau berfungsi di mana saja, bahkan ketika mendung. Selain itu, menambahkan sistem penyimpanan baterai surya ke sistem tenaga surya memungkinkan kita menikmati energi gratis di mana saja, bahkan saat malam hari.

Tidak perlu mengajukan izin: Kita tidak perlu mendapatkan izin sebelum memasangnya di atap rumah kita. Namun, ada beberapa batasan dan kewajiban yang perlu kita pertimbangkan ketika beralih ke energi surya.

(Sumber: https://www.greenmatch.co.uk/solar-energy yang diterjemahkan dan diedit oleh Kity Karenisa.)

Pertanyaan (Pilihan ganda kompleks)

Pernyataan manakah yang menjelaskan mengapa energi surya disebut energi hijau? Kamu dapat memilih beberapa jawaban.

Energi surya melepas substansi yang tidak berbahaya atau suara ke atmosfer
Energi surya berbiaya ekonomis
Energi surya tidak memancarkan polutan apa pun ke atmosfer pada saat pemroduksian ataupun pengonsumsian
Energi surya bekerja di mana saja

Jika contoh soal nomor 2 di atas sudah kalian pahami dengan baik, mari kita lanjutkan mempelajari contoh soal AKM SMA berikutnya yang bertipe pilihan ganda.

Teks Literasi 3 

Contoh soal AKM SMA berikut ini bertipe pilihan ganda, dan ditambah soal pilihan ganda komplek serta uraian. Tugas kalian adalah membaca teks literasi tentang pembangkit listrik tenaga kayu dengan seksama, kemudian cobalah untuk menjawab semua tipe pertanyaan di bawahnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

contoh soal akm sma

Sebuah pembangkit listrik dari energi angin merupakan hasil dari penggabungan dari beberapa turbin angin sehingga akhirnya dapat menghasilkan listrik. Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga bayu ini adalah awalnya energi angin memutar turbin angin.

Baca Juga:  Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan Saat Kondisi Normal dan Pandemi

Turbin angin bekerja berkebalikan dengan kipas angin. Turbin tidak menggunakan listrik untuk menghasilkan listrik, tetapi menggunakan angin untuk menghasilkan listrik. Caranya, angin akan memutar sudut turbin, lalu diteruskan untuk memutar rotor pada generator di bagian belakang turbin angin.

Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori medan elektromagnetik, yaitu poros pada generator dipasang dengan material feromagnetik permanen. Setelah itu, di sekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang membentuk loop.

Ketika poros generator mulai berputar, akan terjadi perubahan fluks pada stator yang akhirnya terjadi karena perubahan fluks ini akan dihasilkan tegangan dan arus tertentu. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan ini disalurkan melalui kabel jaringan listrik untuk akhirnya digunakan oleh masyarakat.

Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh generator ini berupa AC (Alternating Current) yang memiliki bentuk gelombang kurang lebih sinusoidal. Energi listrik ini biasanya akan disimpan ke dalam baterai sebelum dapat dimanfaatkan.

(Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/16/090100826/melihat-pltb-sidrap-pembangkit-tenaga-angin-pertama-di-indonesia dan https://alphapay.id/ketahuilah-begini-cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-angin/ diedit oleh Kity Karenisa.)

Peratnyaan 1 (Pilihan Ganda)

Berikut pertanyaan contoh soal AKM SMA dengan tipe jawaban pilihan ganda:

Berdasarkan teks, manakah pernyataan berikut ini yang benar tentang listrik tenaga angin?

Tenaga angin terbatas jumlahnya, tersebar di wilayah tertentu, bersinar dan menambah efek rumah kaca
Pada kincir angin, energi angin digunakan untuk memutar peralatan mekanik untuk melakukan kerja fisik
Karena kebutuhan ruang dan volume angin yang berlimpah, listrik tenaga angin akan sangat bermanfaat di perumahan di pedesaan
Listrik tenaga angin sangat praktis untuk pememenuhan kebutuhan udara segar dan bersih di tempat tinggal

Peratnyaan 2 (Pilihan Ganda Kompleks)

Berikut merupakan contoh soal AKM SMA tipe pilihan ganda kompleks:

Dari teks tersebut, listrik tenaga angin dimanfaatkan untuk kebutuhan apa saja? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Ο

Menerangi jalan di pedesaan

Ο

Menggiling padi

Ο

Memompa air

Ο

Menyediakan listrik di wilayah terpencil

Pertanyaan 3 (Uraian)

Berikut adalah contoh soal AKM  literasi bertipe uraian:

Dari infografis yang disajikan pada teks informasi di atas, kiranya selain angin apa saja yang dibutuhkan agar listrik tenaga angin bisa tersalurkan atau digunakan oleh manusia.

Tuliskan jawabanmu pada kolom di bawah ini!

Jawaban:

Demikian contoh soal literasi dengan berbagai macam tipe jawaban. Selanjutnya mari kita ulas contoh soal AKM SMA numerasi.

Contoh Soal AKM SMA Numerasi

Materi yang digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi siswa SMA diantaranya adalah materi geometri. Adapun kompetensi yang akan diukur adalah kemampuan siswa dalam memahami dan mengunakan perbandingan trigonometri.

Teks Soal AKM Numerasi 1 

Contoh soal AKM SMA berikut bertipe soal uraian dan pilihan ganda. Tugas kalian adalah membaca dengan seksama teks berikut kemudian jawablah pertanyaan yang disediakan dengan tepat.

Teks Jembatan Rangka Baja

Jembatan rangka baja adalah struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lainnya.

soal akm numerasi SMA

Jembatan rangka batang ini memiliki beberapa tipe, dikarenakan banyak para ahli yang mengembangkan ide-ide untuk membuat jembatan rangka batang. Diantaranya sebagai berikut:

A. Tipe Pratt (Pratt Truss). Jembatan ini memiliki elemen diagonal yang mengarah ke bawah dan bertemu pada titik tengah batang jembatan bagian bawah.

B. Tipe Howe (Howe Truss). Jembatan ini kebalikan dari tipe Pratt dimana elemen diagonalnya mengarah ke atas dan menerima tekanan sedangkan batang vertikalnya menerima tegangan.

C. Tipe Warren (Warren Truss). Jembatan rangka batang tipe warren ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya yang membentuk segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami gaya tegangan (tension).

soal akm SMA numerasi

Sebuah jembatan rangka baja dibuat dengan desain tampak samping seperti berikut. (Semua Ukuran dalam meter)

soal akm numerasi jembatan

https://docplayer.info/47055631-Kerangka-acuan-lomba-kal-bridge-construction-competition-bcc-departemen-teknik-infrastruktur-sipil-fv-its.html

Dari teks di atas ada beberapa contoh soal AKM SMA yang bisa diajukan sebagaimana berikut ini.

Pertanyaan 1 (Uraian) 

Berikut pertanyaan contoh soal AKM SMA numerasi dengan tipe jawaban uraian:

Untuk menerapkan desain jembatan tipe Warren, dibutuhkan tambahan rangka baja pada satu sisi jembatan sepanjang … m.

Jawaban:

Pertanyaan 2 (Plihan ganda)

Berikut pertanyaan contoh soal AKM SMA Numerasi dengan tipe jawaban pilihan ganda:

Minimal panjang rangka baja yang dibutuhkan untuk satu sisi jembatan (tampak samping) seperti di atas adalah ….

A 2300 m
B 2440 m
C 2450 m
D 3300 m

Teks Soal AKM Numerasi 2

Dalam teks contoh soal AKM SMA  yang kedua ini, kalian akan mengerjakan dua nomor soal. Soal pertama dengan tipe soal AKM numerasi uraian dan yang kedua tipe pilihan ganda.

Bacalah teks tentang gunung berapi di bawah ini dengan seksama kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

soal akm sma numerasi gunung

Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°.

Contoh Soal AKM SMA Numerasi 1 (Uraian)

Pertanyaan: Akibat kesalahan pengukuran tersebut, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau lebih rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!

Jawaban:

Contoh Soal AKM SMA Numerasi 2 (Pilihan Ganda)

Peratnyaan: Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut adalah …. (nilai dari akar 3 = 1,73 )

A

4200 m

B

4260 m

C

4280 m

D

4320 m

E

4380 m

Teks Soal AKM Numerasi 3

Contoh soal AKM SMA numerasi di bagian ini kita akan mengukur kompetensi materi trigonometri. Bacalah teks dan perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama kemudian jawablah pertanyaan yang disediakan.

sudut Segitiga

Pada saat bermain di lapangan, Ihsan melihat sebuah bayangan tiang bendera yang panjang. Kemudian Ihsan mulai berpikir berapakah tinggi tiang bendera tersebut? Apakah tinggi tiang bendera tersebut akan sama dengan panjang bayangannya?

Lalu Ihsan mulai mengukur panjang bayangan tiang bendera tersebut menggunakan sebuah meteran. Akan tetapi, pada saat meteran menunjukkan angka 12,5 meter, Ihsan berhenti dan berdiri tegak, pada saat itu Ihsan melihat bayangan ujung tiang bendera dan bayangan ujung kepalanya berada pada satu titik.

Pertanyaan (uraian)

Berikut pertanyaan contoh soal AKM SMA numerasi berdasarkan bacaan diatas dengan tipe jawaban uraian:

Dari titik Ihsan berhenti, kemudian Ihsan melanjutkan pengukuran hingga diperoleh panjang bayangan tiang bendera yaitu 13,5 meter. Jika tinggi badan Ihsan adalah 150 cm, maka tinggi tiang bendera tersebut akan mudah ditentukan dengan perbandingan trigonometri, yaitu ….

A

Sinus

B

Cosinus

C

Tangen

D

Cotangen

E

Cosecan

Teks Soal AKM Numerasi 4

Contoh soal akm SMA pada teks yang keempat ini kita akan belajar kembali mengenai penggunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Bacalah teks berikut lalu jawablah soal yang disediakan.

suut trigonometri

Sebuah pesawat tempur melihat dua buah kapal layar di bawahnya. Pada layar pemantau yang dilihat copilot, pesawat tempur tersebut menunjukkan posisi kedua kapal layar dengan sudut depresi yang berbeda seperti terlihat pada gambar.

Pertanyaan (Pilihan ganda)

Berikut pertanyaan contoh soal AKM SMA dengan tipe jawaban pilihan ganda:

Jika copilot melihat kedua kapal layar dengan posisi pesawat yang tegak lurus permukaan air laut dengan ketinggian 1.800 meter, maka jarak kedua kapal tersebut adalah ….

A

2.400 meter

B

(1.800 + 600 √2) meter

C

1.800 + 600 √3) meter

D

3.600 meter

E

1.800 + 1.800 √3) meter

Demikian contoh soal AKM SMA Literasi dan Numerasi pada bahasan kita kali ini. Bagi yang menghendaki untuk mendapatkan contoh soal AKM SMA dengan variasi yang lebih banyak lagi bisa merujuk langsung ke Pusmenjar-Kemendikbud.

Salam hangat dari kami, dan semoga apa yang kami sampaikan disini menambah referensi dan manfaat bagi anda yang membutuhkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *