Contoh Soal Figural CPNS Pdf; Tes Kemampuan TIU 2021

contoh soal figural CPNS 2021 Pdf dan jawabannya

Contoh Soal Figural CPNS Pdf – Hello hay para calon peserta seleksi tes CPNS! Kalian pasti butuh nih, materi yang akan kami bahas. Karena materi yang akan kami uraikan sebentar lagi merupakan salah satu submateri yang pasti keluar dalam setiap proses seleksi untuk masuk menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN). Kok, pasti keluar? Ya, iyalah karena semua kisi-kisi materi penyusunan soal dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga diatur dalam sebuah peraturan menteri PAN-RB.

Contoh soal Figural CPNS dan jawabannya yang akan kita bahas ini sangat penting untuk Anda pelajari. Jangan sampai Anda gagal dalam seleksi CPNS 2021 tahun ini karena kurang memahami konsep-konsep soal figural yang diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), khususnya materi Test Intelegensi Umum (TIU) yang salah satunya memuat soal figural.

Read More

Tapi sebelum kita membahas contoh-contoh soal figural CPNS, mari kita simak beberapa uraian yang berkaitan dengan soal-soal yang harus dilewati dalam tes SKD. Semoga setelah ini Anda memiliki pemahaman dan persiapan yang lebih utuh dalam menghadapi seleksi CPNS 2021! Aamiin.

Materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS

Seleksi Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat SKD merupakan seleksi untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/ perilaku peserta ujian yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Materi SKD dan kisi-kisinya bisa kita peroleh dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Anda bisa mengakses Permenpan-RB tersebut pada link ini.

Permenpan-RB nomor 23 tahun 2019 tentang materi SKD TWK TIU TKP
Permenpan-RB nomor 23 Tahun 2019 yang salah satunya memuat materi SKD TWK TIU TKP

Sebagaimana sudah kita singgung di atas, materi SKD terdiri dari TWK, TIU, dan TKP. Pembahasan kita kali ini hanya fokus pada materi TIU, khususnya materi soal figural CPNS.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes intelegensi umum (TIU) diujikan pada setiap calon pegawai negeri sipil (CPNS) dimaksudkan untuk menilai beberapa kemampuan sebagaimana diatur dalam Permenpan-RB nomor 23 tahun 2019 tersebut. Selengkapnya bisa Anda perhatikan tabel berikut;

Kemampuan Materi Tujuan
Verbal Analogi Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;
Silogisme Mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;
Analitis Mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.
Numerik Berhitung Mengukur kemampuan hitung sederhana;
Deret angka Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka;
Perbandingan Kuantitatif Mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif;
Soal cerita Mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.
Figural Analogi Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;
Ketaksamaan Mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
Serial Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Tes Kemampuan Figural

Tes kemampuan figural pertama kali digunakan di Indonesia oleh Utami Munandar pada tahun 1977 yang mengadaptasi dari Torrance Test of Creative Thinking (TTCT), yang kemudian diterbitkan oleh Torrance dan rekan-rekannya pada tahun 1966. Pada tahun 1988 dilakukan standarisasi oleh Fakultas Psikologi Jurusan Psikologi Pendidikan Universitas Indonesia (UI).

Tes kemampuan figural digunakan untuk memprediksi ungkapan imajinasi seseorang dalam bentuk gambar, termasuk bagi Anda para calon ASN. Tes kemampuan figural dapat dilakukan pada anak berusia mulai 5 tahun, karena pada usia ini anak sudah mampu menuangkan pikirannya atau imajinasinya dalam bentuk gambar.

Tipe Tes Kemampuan Figural Untuk CPNS

Telah kita singgung di awal, bahwa tes kemampuan figural akan meliputi materi; (1) analogi; (2) ketaksamaan; dan (3) Serial. Berikut adalah beberapa contoh tipe soal tes kemampuan figural.

(1) Tes Kemampuan Figural Analogi

Tes kemampuan figural analogi biasanya terdiri atas tes pe­nyesuaian gambar, tes perbandingan gambar, tes hubungan dan konsistensi logis, dan varia­si tes gambar yang lain. Tes penyesuaian gam­bar bertujuan untuk mencari sebuah gambar yang tidak sesuai dengan gambar lainnya.

Tes kemampuan figural analogi gambar ber­tujuan untuk mencari pasangan gambar dari gambar yang dibandingkan. Dan tes hubungan serta konsistensi logis bertujuan untuk menemukan suatu hubungan dari dua atau lebih gambar yang konsisten dan logis, sehingga di­peroleh suatu pola tertentu.

Dengan berbagai bentuk dan variasi tes yang kami sajikan, kami harap Anda dapat menguasai tes ini secara lengkap. Sehingga Anda pun merasa mudah saat menghadapi tes TIU CPNS pada nantinya.

Tidak berbeda dengan berbagai jenis tes visualisasi spasial lainnya, bahwa pada tes kemampuan figural analogi juga sangat membutuhkan ketelitian, berpikir logis dan analitis, serta kecermatan dan ketepatan dalam memilih jawaban soal.

Mungkin saat Anda pertama melihat soal tipe ini akan terasa membingungkan. Tetapi setelah memahami petunjuk dan mengetahui pola kunci dari setiap soal yang disajikan, Anda akan dengan mudah memilih jawaban yang tepat. Perhatikan contoh soal berikut!

Contoh:
Perhatikan pasangan gambar pertama. Se­lanjutnya, tentukan pasangan gambar kedua agar mempunyai perbandingan yang tepat dengan pasangan gambar pertama!

tes kemampuan figural Analogi
Tes kemampuan figural Analogi

Jawaban: B
Gambar persegi dihubungkan dengan persegi, sedangkan gambar segitiga seharusnya juga dihubungkan dengan gambar segitiga. Jadi, jawaban yang tepat adalah jawaban B (gambar segitiga).

(2) Tes Kemampuan Figural Ketaksamaan

Dalam tes kemampuan figural ketaksamaan Anda harus dapat mengelompok­kan gambar dari beberapa gambar yang mempunyai pola atau ciri yang sama. Selanjutnya, Anda di­minta menemukan sebuah gambar yang tidak mengikuti pola gambar. Dalam menemukan gambar tersebut, Anda memerlukan keteliti­an, kecermatan, dan ketepatan.

Dalam psikologi, tes kemampuan figural ketaksamaan ter­masuk tes yang mengukur kecerdasan spasial (ruang). Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam memetakan suatu ruang dengan melihat perbedaan dari beberapa gambar yang disajikan.

Contoh soal:
Pilihlah satu gambar yang memiliki ketaksamaan dari gambar lainnya!

tes kemampuan figural ketaksamaan
Contoh soal tes kemampuan figural ketaksamaan

Jawaban: A
Jika Anda perhatikan, lingkaran pada gambar B, C, D, dan E mempunyai dipotong oleh se­buah garis lurus. Sementara gambar A, ling­karan tidak dipotong oleh garis lurus.

(3) Tes Kemampuan Figural Serial

Dalam tes kemampuan figural materi serial Anda akan disajikan sederet gambar, kemudian Anda akan diminta melanjutkan pola yang dikehendaki oleh soal. Jawaban Anda yang tepat adalah bagian dari pola tersebut. Silahkan Anda bisa cek langsung pada contoh soal nomor 19-20.

(4) Tes Kemampuan Figural Jaring-jaring

Tes kemampuan figural jaring-jaring yang kami bawakan berupa tes visualisasi spasial menentukan kemungkinan gambar tiga dimensi yang terbentuk dari suatu jaring­-jaring. Tes ini berguna untuk memprediksi kecerdasan spasial calon ASN.

Tugas Anda dalam tes ini adalah membentuk jaring-jaring menjadi gambar tiga dimensi. Maka Anda harus dapat menyesuaikan setiap bagian atau sisi dari jaring­-jaring atau gambar dua dimensi dengan gambar tiga dimensi yang ada.

Ketelitian, ke­cermatan, dan ketepatan dalam menganalisis secara spasial harus Anda kuasai. Selain itu, kemampuan untuk berimajinasi dan berpikir secara abstrak sangat diperlukan agar dapat memvisualisasikannya dalam bentuk gambar tiga dimensi. Perhatikan contoh soal berikut!

Contoh soal:

tes kemampuan figural serial
Tes kemampuan figural jaring-jaring

Jawaban: A
Jaring-­jaring gambar dua dimensi tersebut jika dibentuk menjadi gambar tiga dimensi akan berbentuk bangun ruang seperti A.

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Pdf dan Jawabannya

Contoh soal figural CPNS TIU 2021 Pdf dan jawabannya ini kami rencanakan berjumlah 30 nomor butir soal. Silahkan Anda pelajari secara seksama. Contoh soal figural CPNS ini juga kami siapkan dalam format Pdf. Silahkan contoh soal figural CPNS ini Anda unduh pada link yang kamis sediakan di akhir pembahasan!

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 (Analogi)

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Materi Analogi nomor 1 – 5
Petunjuk: Perhatikan pasangan gambar pertama. Se­lanjutnya, tentukan pasangan gambar ke­dua agar mempunyai perbandingan yang tepat dengan pasangan gambar pertama!

Soal nomor 1 

Contoh soal figural CPNS
Soal nomor 1 Kemampuan Figural Analogi

Jawaban: C
Elips jika dipipihkan sisi kanan dan kiri­nya menjadi berbentuk elips yang lebih panjang sisi atas dan bawahnya. Sedang­ kan segilima jika dipipihkan, hasilnya tetap sama.

Soal nomor 2

Contoh soal figural CPNS
Soal kemampuan figural analogi nomor 2

Jawaban: B
Jika sisi segitiga ditambah 3 sisi menjadi segi enam, sedangkan jika persegi ditambah 3 sisi menjadi segitujuh.

Soal nomor 3

Contoh soal figural CPNS
Soal tes kemampuan figural analogi nomor 3

Jawaban: A
Segitiga bergaris putus­-putus di dalam persegi panjang menjadi segitiga hitam, sedangkan lingkaran kecil putus-­putus di dalam persegi panjang menjadi lingkar­an kecil hitam.

Soal nomor 4

Contoh soal figural CPNS
Soal Tes Kemampuan Figural analogi nomor 4

Jawaban: E
Segitiga berisi satu persegi berwarna hitam menjadi dua persegi berwarna hitam, sedangkan persegi panjang yang berisi satu persegii berwarna hitam men­jadi dua persegi berwarna hitam.

Soal Nomor 5

Contoh soal figural CPNS
Soal tes kemampuan figural analogi nomor 5

Jawaban: D
Persegi panjang yang berisi 2 persegi hi­tam dan 2 persegi putih menjadi 6 per­segi hitam dan 3 persegi putih, sedang­kan persegi panjang berisi sebuah segitiga kecil hitam dan sebuah putih menjadi 4 segitiga putih dan 2 segitiga hitam.

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Materi Analogi nomor 6 – 7
Petunjuk: Isilah tempat yang kesembilan sesuai pola-pola yang ada pada kombinasi bangun sebelumnya!

Soal nomor 6

Contoh soal figural CPNS
Soal analogi figural nomor 6

Jawaban: C
Kombinasi dari lingkaran, segitiga, dan persegi panjang dan warnanya hitam, putih, bergaris. Bangun yang tidak ada dari kombinasi ketiga adalah persegi ber­garis.

Soal nomor 7

Contoh soal figural CPNS
Soal figural analogi nomor 7

Jawaban: B
Urutan bangun datar berikutnya adalah segi lima yang berdasar warna hitam dan di dalamnya terdapat lingkaran putih.

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Materi Analogi nomor 8 – 10
Petunjuk: Empat kelompok pertama mempunyai satu lagi hubungan dengan salah satu di antara pilihan yang diberikan. Hubungan tersebut dapat berupa hubungan susunan gambarnya, deretnya/serinya, maupun ketetapan polanya

Soal nomor 8

Contoh soal figural CPNS
Soal tes kemampuan figural analogi  nomor 8

Jawaban: C
Lingkaran pertama berisi segi lima kecil dan lingkaran kedua berisi belah ketu­pat kecil. Selanjutnya belah ketupat dan segi lima tersebut semakin besar. Ling­karan kelima berisi segi lima yang sema­kin besar yaitu gambar C.

Soal nomor 9

Contoh soal figural CPNS
Soal tes kemampuan figural nomor 9

Jawaban: A
Polanya adalah hilang satu per satu. Bentuk gambar yang kelima adalah gambar A.

Soal nomor 10

Contoh soal figural CPNS
Soal tes kemampuan figural nomor 10

Jawaban: E
Arah panah menunjuk ke atas dan jumlah nya semakin banyak dengan ber­tambah satu. Gambar selanjutnya adalah bertambah menjadi enam. Jawabannya adalah gambar E.

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 (Ketaksamaan)

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Materi Ketaksamaan nomor 11 – 18
Petunjuk: Berikut adalah lima gambar yang mem­punyai kesamaan atau pola yang sama. Di antara lima gambar tersebut, terdapat satu gambar yang tidak sama atau tidak mengikuti pola. Temukanlah gambar tersebut sebagai jawaban!

Soal nomor 11

soal nomor 1
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 11

Jawaban: B

Semua bangun segi empat dipotong oleh suatu garis siku pada kedua sisi­nya, kecuali pada B yang hanya dipotong pada satu sisinya saja.

Soal nomor 12

soal nomor 2
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 12

Jawaban: A

Semua segitiga yang berada di dalam lingkaran menyinggung lingkaran, kecuali gambar A. Segitiganya berada di tengah lingkaran.

Soal nomor 13

soal nomor 3
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 13

Jawaban: E

Semua lingkaran bergaris silang berada di bagian tanda panah dan menyinggung garisnya, kecuali pilihan E yang ling­karannya berada di bawah/ tidak di ba­gian tanda panah.

Soal nomor 14

soal nomor 4
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 14

Jawaban: C

Semua lingkaran kecil berwarna hitam berada di dalam persegi panjang saja dan tidak di dalam segitiga, kecuali gam­bar C yang lingkaran hitamnya berada di dalam segitiga dan persegi panjang saja.

Soal nomor 15

soal nomor 5
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 15

Jawaban: E

Semua lingkaran punya garis dua siku sebanyak 5 buah, kecuali gambar E yang punya 4 buah saja.

Soal nomor 16

soal nomor 6
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 16

Jawaban: A

Semua lingkaran hitam menyinggung lingkaran di luarnya, kecuali gambar A yang tidak menyinggung garis lingkaran.

Soal nomor 17

Contoh soal figural CPNS
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 17

Jawaban: C

Semua bangun yang berada di dalam lingkaran, sisi gelombangnya punya mo­tif yang sama, kecuali gambar C yang berkebalikan.

Soal nomor 18

Contoh soal figural CPNS
Contoh soal figural CPNS ketaksamaan nomor 18

Jawaban: E

Semua bangun jajar genjang yang ber­ada di dalam lingkaran mempunyai ben­tuk yang sama, kecuali gambar E.

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 (Serial)

Contoh Soal Figural CPNS TIU 2021 Materi Serial nomor 19 – 20
Petunjuk: dalam bagian ini, kita harus mengamati pola dari beberapa gambar dan menentukan lanjutan dari gambar-gambar tersebut. Lanjutan gambar tersebut haruslah logis dan konsisten dari gambar-gambar sebelumnya.

Soal nomor 19

contoh soal figural cpns serial nomor 19
contoh soal figural cpns serial nomor 19

Jawaban: A
Pada gambar berikutnya, akan bertambah satu garis pada bagian belakang.

Soal nomor 20

Contoh soal figural CPNS
Contoh soal figural CPNS serial nomor 20

Jawaban: B
Arah kepala panah akan berlawanan arah pada gambar berikutnya. Posisi panah juga semakin menurun sedikit kebawah. Sehingga gambar yang ditanyakan adalah B.

Khusus materi contoh soal figural jaring-jaring akan kami bahas terpisah!

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal figural CPNS 2021 dan jawabannya. Bagi Anda yang menghendaki contoh soal figural CPNS dalam format pdf, silahkan langsung saja berkunjung ke contoh soal figural cpns di link tiu. Kami juga menghimbau agar Anda mempelajari contoh soal CPNS 2021 lainnya di laman haidunia.com ini. Di antaranya materi Tes Bakat Skolastik untuk Guru PPPK 2021 (Penalaran) & Jawabannya, 60 Contoh Soal PPPK Guru SD Honorer Tes Bakat Skolastik, 50 Contoh Soal Psikotes Sinonim dan Antonim dan Jawabannya, dan tentunya masih banyak materi lainnya yang bisa Anda pelajari. Terakhir, kami doakan Anda berhasil menjadi ASN tahun ini! Aamiin.

Related posts