Contoh Soal P3K Guru SD 2021,Terbaru!

  • Whatsapp
Contoh soal P3K guru SD 2021
Contoh soal P3K guru SD 2021

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 – Hallo sobat calon ASN PPPK 2021! Jangan berkecil hati jika Anda belum lulus pada seleksi kompetensi I yang diselenggarakan pada bulan september 2021 lalu. Sekarang adalah waktu yang pas untuk kembali kita persiapan. Karena tes seleksi kompetensi II tinggal menghitung hari dibulan November 2021.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 akan ikut membantu mewujudkan mimpi Anda sebagai ASN PPPK guru SD pada tahun ini. Tentunya kami turut berdoa agar Anda sebuah berhasil mendapatkan NIP pada awal tahun 2022 nanti. Namun pastinya Anda semua perlu persiapan ekstra karena tes seleksi kompetensi II, bisa dikatakan partai hidup mati. Termasuk bagi bagi Anda yang sekarang memiliki home base sekolah dasar, tetap harus berhadapan dengan peserta guru honorer yang telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) yang datang dari sekolah lain.

Read More

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena rejeki sudah ada jalannya sendiri-sendiri. Tugas kita semua adalah berupaya semaksimal mungkin. Oiya, kami ucapkan selamat bagi Anda yang telah dinyatakan lulus pada tanggal 08 Oktober kemarin ya! Sekali lagi, selamat!

Materi Tes P3K Guru SD 2021

Materi tes P3K guru SD 2021 terdiri dari tes kompetensi teknis, kompetensi manajarial, kompetensi sosio kultural, dan soal tes wawancara. Berikut adalah rincian tiap materi secara umum:

Kompetensi Teknis

Kompetensi Manajerial

Kompetensi Sosio kultural

Pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan Pengetahuan, keterampilan. Dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:Integritas, kerjasama, orientasi pada hasil, komunikasi, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, pengambilan keputusan, mengelola perubahan Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip, dalam peran memangku jabatan sebagai perekat bangsa yang berkaitan dengan: Kepekaan terhadap perbedaan budaya; Kemampuan berhubungan sosial; Kepekaan terhadap konflik; Pengendalian diri; empati

Sebelum kita membahas Contoh Soal P3K Guru SD 2021, penting juga untuk kita ketahui bersama mengenai tujuan dari masing-masing tes tersebut. Berikut adalah tujuannya:

Tujuan Tes Kompetensi Teknis Guru

Soal P3K Guru SD 2021 tes kompetensi teknis dilakukan untuk mengukur kompetensi guru honorer yang berkaitan dengan teori dan teknik pembelajaran atau yang biasa kita sebutkan kompetensi pedagogik. Serta penguasaan kompetensi dasar (KD) dari materi-materi yang diajarkan sehari-hari di kelas.

Tujuan Tes Kompetensi Manajerial

Soal P3K Guru SD 2021 kompetensi manajerial (managerial competence) dilakukan untuk mengukur kompetensi yang berhubungan dengan berbagai kemampuan manajerial yang dibutuhkan dalam menangani tugas organisasi.

Kompetensi manajerial meliputi kemampuan menerapkan konsep dan teknik perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasi kinerja unit organisasi, juga kemampuan dalam melaksanakan prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan termasuk bagaimana mendayagunakan kemanfaatan sumberdaya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Tujuan Tes Kompetensi Sosio Kultural

Soal P3K Guru SD 2021 tes kompetensi sosiokultural bagi calon ASN PPPK guru SD adalah untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, juga cara bersikap dalam interaksinya di lingkungan kerja yang majemuk. Hal ini dimaksudkan agar seluruh ASN dapat bergaul secara luwes di tengah ekosistem yang berbeda latar belakang.

Selain itu, kemampuan melakukan komunikasi yang dibutuhkan oleh organisasi dalam pelaksanaan tugas pokoknya juga menjadi hal yang wajib dikuasai oleh seorang ASN terlebih seorang guru SD.

Kompetensi sosial kultural seorang ASN PPPK guru dapat terlihat di lingkungan internal, kemampuan seperti memotivasi rekan kerja, peran serta di masyarakat, kemampuan meningkatkan produktivitas kerja, atau yang berkaitan dengan lingkungan eksternal.

Beberapa hal yang berkaitan dengan kemampuan sosio kultural juga akan tampak dalam kemampuannya melaksanakan pola kemitraan, kolaborasi dan pengembangan jaringan kerja dengan berbagai lembaga dalam rangka meningkatkan citra dan kinerja organisasi.

Termasuk bagaimana menunjukkan kepekaan terhadap hak asasi manusia, nilai-nilai sosial budaya dan sikap tanggap terhadap aspirasi dan dinamika masyarakat.

Jumlah Soal dan Passing Grade

Jumlah soal dan passing grade tes P3K guru SD 2021 sebelum adanya perubahan pasca tes kompetensi I adalah sebagaimana tabel berikut:

D:\HAIDUNIA.COM_DOKUMEN\Jumlah soal P3K guru SD 2021 (1).jpeg

Namun pada perjalanannya, karena hasil seleksi kompetensi I masih menyisakan banyak peserta yang belum lulus, maka diadakan beberapa penyesuaian terhadap besaran passing grade.

Penyesuaian tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor: 1169 2021 tentang Pengelolaan Hasil Seleksi Kompetensi 1 dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas . Anda bisa mengaksesnya di sini.

Soal Kompetensi Teknis Guru SD

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 ini kami sajikan beserta jawabannya. Dalam soal tes kompetensi teknis tugas Anda adalah memilih salah satu jawaban yang paling benar dari 5 pilihan yang disajikan dalam soal.

Jawaban benar akan diberikan skor 5 dan jawaban salah diberikan skor 0. Jika jawaban Anda benar sepenuhnya, maka skor maksimal adalah 500 dari 100 soal yang harus diselesaikan.

Berikut adalah contoh soal P3K guru SD 2021 materi tes kompetensi teknis.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (1)
Anda akan merencanakan pembelajaran. Anda menghendaki proses pembelajaran yang menekankan keterlibatan peserta didik secara penuh dalam mencari materi yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Setelahnya dapat mendorong peserta didik untuk menerapkannya dalam aktivitas harian. Maka strategi yang tepat untuk Anda gunakan adalah ….

A. Kooperatif
B. Inkuiri
C. Problem solving
D. Discovery
E. Kontekstual
Jawaban: E

Berdasarkan kasus di atas, maka strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru adalah contextual learning. Kontektual (contextual teaching and learning) merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata peserta didik. Sehingga mendorong peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (2)
Anda akan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang ditujukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar peserta didik. Maka jenis evaluasi yang Anda gunakan adalah ….

A. Evaluasi formatif
B. Evaluasi sumatif
C. Evaluasi selektif
D. Evaluasi diagnostik
E. Evaluasi penempatan
Jawaban: B

Ada beberapa jenis evaluasi dalam proses pembelajaran. Evaluasi yang dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar peserta didik disebut evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif bisa dilakukan dengan cara pemberian tes sumatif.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (3)
Dalam pemetaan karakter peserta didik baru pada awal tahun ajaran 2019/2020 didapatkan data bahwasanya diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik. Maka strategi pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah ….

A. Kooperatif
B. Project based learning
C. Kontekstual
D. Inqury
E. Discovery
Jawaban: B

Karena 70% peserta didik tidak menyukai diskusi dan lebih senang dengan mengerjakan tugas, maka guru tersebut bisa menggunakan strategi project based learning (PJBL) sebagai alternatif metode mengajar. Project based learning atau PJBL merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penerapan proyek dengan melibatkan peserta didik menyelidiki masalah dunia nyata.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (4)

Di sekolah terdapat beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja. Hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan ….

A. Naturalis
B. Kinestetis
C. Visual spasial
D. Verbal linguistic
E. Logis matematis

Jawaban: A
Dari penjelasan dalam soal, maka guru sedang mengajak muridnya untuk bersahabat dan menjaga lingkungan sekitar.  Hal ini termasuk dalam kategori pengembangan kecerdasan naturalis. Beberapa bentuk pembelajaran lainnya untuk mengembangkan kecerdasan naturalis diantaranya: (a) Jalan-jalan di alam terbuka; (b) Melihat keluar jendela; (c) Ekostudi

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (5)
Sebagian peserta didik mengalami kesulitan dalam menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru, yang mana dikarenakan materi dalam soal seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Maka hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam hal ini adalah aspek ….

A. Soal harus sesuai dengan indikator
B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
Jawaban: A

Setiap soal tes harus mengukur indikator yang hendak dicapai dalam tujuan pembelajaran. Secara teoritis kualitas soal tes bentuk objektif akan ditelaah berdasarkan: (a) Butir harus sesuai dengan indicator yang ditetapkan; (b) Hanya ada satu jawaban yang benar; (c) Pengecoh homogin, dan berfungsi.

Contoh Soal Manajerial

Soal manajerial PPPK terdiri berupa soal pilihan ganda dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Setiap pilihan memiliki skor dari 1-4. Tugas Anda adalah memilih jawaban dengan skor terbaik!

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (6)
Anda telah mengajar sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), namun masalah pembelajaran terkadang timbul meskipun KBM telah berjalan sesuai rencana. Maka sikap Anda ….

A. Untuk selanjutnya tetap mengikuti RPP
B. Meminta arahan tim kurikulum
C. Membuat refleksi mengapa masalah tersebut timbul
D. Meminta kepala sekolah untuk mereview RPP saya
Jawaban: 1-2-4-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (7)
Persiapan akreditasi sekolah sangat membutuhkan perhatian rekan-rekan guru, namun Anda mulai mendengar keluhan karena beberapa harus pulang larut sore. Sikap Anda ….

A. Saya selalu terbuka untuk menerima keluh-kesah rekan guru

B. Sebisamungkin keluhan itu ditutupi karena mengganggu kinerja yang rajin

C. Bersimpati mempersilakan pulang sekolah sesuai jam kerja normal

D. Memberikan solusi namun tetap memintanya untuk memprioritaskan akreditasi

Jawaban: 3-1-2-4

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (8)
Disaat langkah solusi yang Anda kerjakan kurang sesuai yang diharapkan, sikap Anda ….

A. Mencari format penyelesaian yang baru
B. Meminta atasan untuk memberikan tambahan waktu penyelesaian
C. Memodifikasi solusi atas langkah-langkah penyelesaian di awal
D. Mengembalikan tugas kepada atasan agar dialihtugaskan
Jawaban: 4-2-3-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (9)
Cara Anda agar kinerja anggota tim tidak terpengaruh atas sebuah masalah yang sedang terjadi dalam lingkup satu divisi adalah ….

A. Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi
B. Meminta mereka patuh terhadap kebijakan yang akan di ambil
C. Menuntut penyelesaian dari masalah tersebut kepada mereka
D. Membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua tim
Jawaban: 4-2-1-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (10)
Salah satu rekan kerja tidak dapat bekerja dengan baik dan cenderung menghambat produktivitas tim. Sikap Anda sebagai pimpinan adalah ….

A. Memberi kesempatan menunjukkan peforma terbaiknya
B. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja tim kembali membaik

C. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya benar

D. Memberhentikan karena sudah tidak bisa bekerja dengan baik

Jawaban: 4-2-3-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021
Contoh soal P3K guru SD 2021 berikutnya adalah soal tes sosio kultural. Soal sosio kultural P3K guru SD 2021 terdiri dari 20 nomor soal pilihan ganda. Setiap soal memiliki 4 pilihan jawaban. Jawaban terbaik akan diberikan skor 4, dan skor terendah adalah 1. Tugas Anda menemukan jawaban dengan skor yang terbaik.

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (11)
Pola hubungan kerja antar jabatan biasanya diilustrasikan dalam sebuah bagan struktur organisasi. Menurut Anda hal tersebut bertujuan untuk ….

A. Menggambarkan pemberian fasilitas antar jabatan
B. Untuk memberikan keleluasaan pendelegasian tugas
C. Pengaturan wewenang dan tanggungjawab
D. Keseragaman interaksi antar jabatan
E. Pengenalan terhadap jabatan organisasi
Jawaban: 1-4-5-3-2

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (12)
Sebentar lagi Anda akan bertugas sebagai ASN di lingkungan sekolah yang baru. Sikap yang tepat agar Anda cepat bersinergi dengan guru maupun staf tata usaha lainya adalah …. ….

A. Ikut memecahkan masalah rekan satu tim kesiswaaan
B. Mencoba memahami tugas setiap guru
C. Menghargai para staf tata usaha dan staf pelaksana lainnya
D. Memberi peluang rekan guru yang baru melakukan apa saja
E. Saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama
Jawaban: 2-3-4-1-5

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (13)
Sebagai guru yang baru bergabung di sebuah sekolah, maka sikap saya yang tepat untuk menghindari potensi konflik dan citra negatif adalah ….

A. hadir tepat waktu dan ikut piket pagi
B. menunjukkan sikap sopan ke semua warga sekolah
C. menyampaikan ide baru dalam rapat guru
D. mengambil alih tanggung jawab guru lain
E. bersikap ringan tangan
Jawaban: 4-5-2-1-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (14)
Sebagai guru baru Anda diberi tugas yang masih belum dipahami cara mengerjakannya dengan efektif dan efisien. Maka cara Anda untuk menghindari konflik dengan kepala sekolah adalah ….

A. Tetap melaksanakan tugas meski tidak tahu kapan selesainya
B. Mencari referensi bagaimana caranya menyelesaikan tugas secara mandiri
C. Meminta bantuan guru senior sampai tugas tersebut selesai
D. Mencari informasi dan merancang strategi menyelesaikan tugas itu
E. Langsung meminta bantuan guru yang lebih berpengalaman
Jawaban: 3-4-2-5-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (15)
Adanya kode etik profesi keguruan menurut saya adalah ….

A. Kode etik guru berfungsi menjaga kredibilitas dan nama baik guru
B. Adanya kode etik diharapkan para guru tidak melanggar kewajibannya
C. Kode etik guru sebenarnya untuk menambah kewibawaan guru
D. Kode etik guru dapat memelihara image profesi guru tetap baik
E. Ketaatan guru pada kode etik bermanfaat untuk memperbaiki kesejahteraan
Jawaban: 5-4-3-2-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (16)
Anda mendapati salah seorang rekan guru sedang meminta bantuan staf TU untuk mengedit hasil rekaman presensi finger print. Sikap Anda yang tepat adalah ….

A. Menyampaikan kepada staf TU untuk menolaknya dengan baik
B. Memperhatikan staf TU tersebut mengedit presensi finger print
C. Mengingatkan teman guru tersebut untuk menjaga integritas
D. Melaporkan langsung kepada kepala sekolah agar ditegur
E. Tutup mata dan berpura-pura tidak melihat kejadian tersebut
Jawaban: 4-2-5-3-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (17)
Dalam sebuah pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), salah seorang guru dari unit sekolah lain tiba-tiba menanyakan kondisi internal sekolah Anda di muka umum. Maka bentuk pengendalian diri Anda yang tepat adalah ….

A. langsung berbagi informasi, karena yang meminta adalah guru satu almamater

B. berjanji akan membagi informasi ke guru tersebut secara personal

C. mempertimbangkan terlebih dahulu seberapa penting informasi tersebut dibagikan

D. menyampaikan di depan umum bahwa kondisi internal sekolah baik-baik saja

E. bersikeras menyimpan informasi tersebut dari konsumsi publik
Jawaban: 1-3-5-4-2

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (18)
Murid binaan Anda baru saja gagal mendapatkan juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Padahal Anda sudah berjuang keras dalam melatih murid tersebut. Maka cara yang tepat bagi Anda dalam mengendalikan emosional adalah ….

A. mencari tahu sebab kegagalan sang murid
B. meminta cuti untuk untuk menenangkan diri
C. selalu menunjukkan rasa sedih di depan rekan-rekan guru
D. introspeksi dan memperbaiki kegagalan tersebut
E. meminta arahan lebih lanjut dari kepala sekolah
Jawaban:4-1-2-5-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (19)
Anda bertugas di sekolah favorit yang memberikan layanan antar jemput menggunakan bus sekolah. Sebagai wali kelas, Anda mendapat kritik dari salah satu wali mengenai perihal layanan bus antar jemput yang akhir-akhir ini sering mogok di jalan. Bentuk pengendalian diri Anda dalam menghadapi kritik tersebut adalah ….

A. memenuhi permintaan wali tersebut agar anaknya dijemput mobil sekolah yang lain

B. menjelaskan kondisi bus sekolah dan menyampaikan langkah maintenance nya

C. Melaporkan ke bagian Sarpras untuk segera menyewa bus yang baru

D. Sementara murid tersebut akan saya jemput langsung dan berangkat bersama

E. Meminta wali tersebut untuk bersabar sampai ada solusi atas masalahnya

Jawaban: 1-5-3-2-4

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (20)
Anda baru saja diberikan SK tugas sebagai ketua tim akreditasi sekolah. Namun baru saja menyusun rencana kerja, Anda sudah mendapati beberapa perbedaan pandangan di antara beberapa rekan guru. Maka cara Anda memandang hal tersebut yang tepat adalah ….

A. masalah perbedaan pendapat adalah masalah yang harus saya selesaikan

B. meminta rekan guru lain untuk menyelaraskan perbendaan pendapat tersebut

C. meminta rekan guru yang saling berselisih untuk saling berdiskusi tersendiri

D. perbedaan pandangan adalah hal yang harus disolusikan bersama tim

E. perbedaan pandangan adalah masalah biasa dan tidak perlu pembahasan khusus

Jawaban: 3-2-4-5-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (21)
Sebagai guru yang baru satu pekan bertugas, sebaiknya ….

A. belajar menjadi pendengar yang baik
B. memperlakukan siapa pun dengan bijak
C. membangun komunikasi secara terbuka
D. memberikan waktu kepada tim untuk bertukar pandangan
E. menyampaikan pendapat jika diminta
Jawaban: 4-5-3-2-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (22)
Sebagai ASN baru, maka sifat utama yang harus saya miliki adalah ….

A. Ulet
B. Berani
C. Jujur
D. Rajin
E. Disiplin
Jawaban: 2-1-5-3-4

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (23)
Di lingkungan tempat Anda bertugas, banyak sekali yang menghendaki Anda maju dalam pencalonan ketua RW. Namun sebagian warga sekitar yang lain memandang Anda tidak dapat mencalonkan diri karena berasal dari suku yang berbeda dengan suku asli. Masyarakat tersebut menganggap suku lain tidak dapat mencalonkan diri sebagai ketua RW. Menurut Anda hal itu …..

A. Masyarakat belum berpikir mobilitas sosial
B. Menghambat mobilitas sosial
C. Perlawanan masyarakat terhadap suku saya
D. Bisa mengakibatkan konflik horizontal
E. Mobilitas sosial akan terganggu
Jawaban: 4-5-2-1-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (24)
Bangsa Indonesia terkenal akan keberagaman budaya, suku, ras, etnis, kepercayaan dan agama. Menurut Anda hal itu tampak dalam ….

A. Segmentasi kelompok heterogen
B. Partikularisme kelompok yang homogen
C. Minimnya konflik horizontal
D. Integrasi masyarakat yang tinggi
E. Sentimen primordial yang rendah
Jawaban: 5-1-3-2-4

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (25)
Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan sosial yang memiliki dampak luar biasa di dalam masyarakat dan berlangsung dengan cepat. Perubahan sosial yang sangat cepat tersebut salah satunya yakni terjadinya perubahan model pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online. Fenomena tersebut menjadi hal yang baru bagi beberapa siswa dan guru di Indonesia. Serta menjadi tantangan tersendiri karena belum meratanya jaringan internet. Menurut Anda hal itu akan berdampak ….

A. Memicu tingginya angka putus sekolah di luar Pulau Jawa
B. Semakin menurunnya minat belajar siswa di Indonesia
C. Meningkatnya angka pengangguran akibat pembatasan sosial
D. Terjadinya konflik vertikal antara masyarakat dan pemerintahan
E. Pendidik dan siswa mengalami anomie dan cultural shock
Jawaban: 2-4-3-1-5

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (26)
Menurut Anda fungsi nyata sekolah yang diharapkan oleh masyarakat adalah ….

A. Mentransmisikan pengetahuan
B. Mengajarkan peran-peran sosial
C. Mendorong tumbuhnya inovasi
D. Mempertahankan perbedaan kelas sosial
E. Mengajarkan keterampilan sosial
Jawaban: 5-4-3-1-2

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (27)
Seorang ASN sebagai perekat bangsa harus mampu mengamati gejala sosial yang timbul di daerah tempatnya bertugas. Berkaitan dengan pelaksanaan norma sosial yang perlu Anda amati adalah ….

A. praktik ajaran agama
B. kedisiplinan pengguna jalan
C. kedisiplinan anak sekolah masuk kelas
D. anak tetangga yang rajin belajar kelompok
E. tokoh masyarakat yang semakin tinggi ilmu pengetahuannya
Jawaban: 4-5-3-2-1

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (28)
Menurut Anda modernisasi Barat yang masuk ke Indonesia dengan semangat sekulerisme akan berpengaruh terhadap ….

A. meningkatnya nilai solidaritas
B. munculnya nilai-nilai baru
C. meningkatkan nilai gotong-royong
D. pudarnya nilai tradisional
E. pudarnya semangat nasionalisme
Jawaban: 2-5-1-4-3

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (29)
Perubahan gaya rambut anak muda dapat dikategorikan sebagai perubahan sosial, karena ….

A. mempunyai dampak positif dan negatif di masyarakat
B. perubahan ini bisa merata dalam masyarakat
C. terjadi secara lambat di tengah masyarakat
D. menimbulkan trend di masyarakat
E. dapat direncanakan di tengah masyarakat
Jawaban: 5-3-1-4-2

Contoh Soal P3K Guru SD 2021 (30)
Perhatikan artikel berita berikut!

Liputan6.com, Jakarta Sesuai namanya, Batik 3 Negeri ini memiliki tiga tempat berbeda untuk menyelesaikannya. Kekayaan budaya bangsa luhur ini sudah berlangsung pembuatannya sejak tahun 1900an dan menjadi karya seni bernilai tinggi. Dari sebuah keluarga yang ada di Solo bernama keluarga Tjoa yang membuat batik dengan berbagai unsur, akhirnya batik ini mempengaruhi kebudayaan lainnya di Nusantara. “Di Tataran Sunda, sebuah pernikahan bisa batal bila sang pengantin pria tidak membawa Batik Tiga Negeri. Bahkan keluarga Tjoa tidak pernah menduga hal ini akan terjadi. Bahkan mereka percaya ada kekuatan magis didalam kain ini. Kalau ada anak yang sakit, sobek kainnya, bakar dan minumkan ke anaknya” ujar Didi Budiarjo dalam diskusi “Design Talk, Collection, Inspiration, & Fashion” di Dia.Lo.Gue, Kamis (26/1/2017).
(sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/)

Menurut Anda, faktor pendorong asimilasi dalam naskah berita di atas berupa ….
A. pengaruh budaya luar diterima oleh masyarakat yang terbuka
B. adanya eksklusifitas yang tinggi di dalam masyarakat setempat
C. kepemimpinan adat menghendaki adanya perubahan
D. hubungan konsolidatif antara bangsa indonesia dengan bangsa di luar indonesia
E. adanya penetration pacifique antarbangsa yang menyebabkan perubahan
Jawaban: 5-2-3-4-1

Demikian bahasan kita mengenai contoh soal P3K guru SD 2021. Untuk melengkapi persiapan Anda dalam mengikuti seleksi kompetensi II, Anda kami arahkan untuk mempelajari Contoh soal P3K 2021 lainnya. Selengkapnya Anda bisa mengaksesnya di laman; Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya, Soal P3K 2021 dan Jawabannya, Soal Pedagogik Guru SD dan Jawabannya, Pembahasan Soal PPPK 2021 Kompetensi Teknis, Contoh Soal Tes Wawancara P3K (PPPK) 2021, Soal Kompetensi Sosial Kultural P3K Guru 2021, Soal Kompetensi Sosial Kultural P3K Guru 2021, Soal Kompetensi Sosial Kultural P3K Guru 2021, Materi Pedagogik Guru SD Pdf. Teriring doa, semoga yang kami sampaikan benar-benar dapat mengantarkan sukses Anda menjadi ASN berprestasi pada tahun-tahun mendatang. Salam !

 
Baca Juga:  30 Contoh Soal SKB Guru PAI PPPK (P3K) 2021 dan Jawabannya

Related posts