Contoh Soal P3K Guru 2021 Tes Kompetensi Teknis Pedagogik & Jawabannya

www.haidunia.com_contoh soal P3k guru tes kompetensi teknis pedagogik

Contoh Soal P3K Guru Kompetensi Teknis Pedagogik & Jawabannya – Contoh soal P3k (PPPK) guru ini bisa sebagai referensi utama bagi anda yang sedang mempersiapkan diri untuk seleksi tes PPPK guru jalur honorer.

Contoh Soal P3K guru kompetensi teknis pedagogik pada bagian ini merupakan tindak lanjut dari materi sosialisasi rencana penerimaan PPPK guru tahun 2021 yang mana usulannya telah disampaikan ke Kemenpan RB sampai tanggal 31 desember 20220 yang lalu.

Dalam materi sosialisasi tersebut ditegaskan bahwasanya salah satu bentuk tes untuk calon guru PPPK adalah kompetensi teknis pedagogik sebanyak 50 butir soal.

Contoh Soal P3K Guru 2021 Kompetensi Pedagogik

Kompetensi teknis pedagogik seorang guru  terdiri dari 3 sub kompetensi, yaitu; (1) kompetensi perencanaan proses pembelajaran, (2) kompetensi teknis pelaksanaan pembelajaran, (3) kompetensi penilaian hasil belajar.

Contoh soal P3K guru pada bahasan kita kali ini telah meliputi ketiga sub kompetensi tersebut. Selain itu juga kami lengkapi dengan pembahasan secara komprehensif. Sehingga akan lebih memudahkan anda dalam mempelajari.

Contoh soal P3K guru ini juga kami lengkapi ringkasan materi tes kompetensi pedagogik yang bisa anda akses di halaman artikel kami selanjutnya. Anda juga kami sarankan untuk mempelajari materi pedagogik yang telah kami kupas pada kesempatan sebelumnya.

Selamat belajar!

Contoh Soal P3K Guru Perencanaan Pembelajaran

Contoh soal P3K guru sub kompetensi perencanaan pembelajaran ditujukan untuk mengetahui kemampuan calon PPPK guru dalam hal merencanakan setruktur proses perencanaan pembelajaran dalam waktu tertentu sesuai dengan program semester dan program tahunan yang direncanakan oleh unit sekolah.

Contoh soal P3K guru sub kompetensi perencanaan pembelajaran pada bagian ini terdiri dari soal nomor 1-8, tugas anda adalah memilih salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah….

A. Mengelompokkan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa.

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa.

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa.

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman Suji untuk produk karya seni rupa.

E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan.

Jawaban: E

Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut peserta harus memahami tingkatan kognitif  kata kerja operasional (KKO) dari Taksnomi Bloom, sebagaimana berikut:

Cl: Mengingat menyebutkan, menghafalkan, menuliskan, mengetahui, memberi label.

C2: memahami Membedakan, menerangkan,merangkum, mengartikan, mengelompokkan.

C3: Menerapkan Melaksanakan, melakukan, melatih, membiaskan, membedakan, menyelesaikan, menggunakan.

C4: Menganalisis Memilih, menata, menyeleksi, mendiagnosis, mengedit, menguraikan.

C5: Mengevaluasi Membuktikan, memisahkan, menguji, mengukur, mengkritik, memvalidasi, memonitor.

C6: Mencipta Membangun, membentuk, membuat, menampilkan, memperjelas, menemukan, menyusun.

Kata kerja operasional “membuat” termasuk dalam tingkatan kognitif C6 (Mencipta).

2. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah….

A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output.

B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.

C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar.

D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan.

E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

Jawaban: B

Pembahasan:
Unsur-unsur dalam merumuskan tujuan pembelajaran hendaknya memenuhi kaidah ABCD yaitu:

A: Audience adalah peserta didik yang akan belajar.

B: Behavior adalah perilaku yang spesifik yang akan dimunculkan oleh peserta didik setelah selesai memperoleh pengalaman belajar dalam pelajaran tersebut.

C: Condition adalah kondisi, yang berarti batasan yang dikenakan kepada peserta didik atau alat/peralatan yang digunakan peserta didik pada saat dilakukan penilaian.

D: Degree adalah tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai perilaku.

Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.

Baca Juga:  Materi Pedagogik Guru PPPK (P3K) 2021 Tes Kompetensi Teknis

3. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokkan dan membedakan jenis-jenis unggas.

Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif.

Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya….

A. Fakta
B. Prosedur
C. Keterampilan
D. Konsep
E. Prinsip

Jawaban: D

Pembahasan:
Berikut merupakan jenis materi dan indikator hasil belajar yang harus dikuasai peserta didik:

Fakta: apabila siswa diminta untuk menyebutkan nama, kapan, dimana suatu peristiwa terjadi.

Konsep: Apabila siswa diminta untuk mengemukakan definisi, membedakan dua hal, mengklasifikasikan.

Prosedur: Apabila siswa diminta untuk menjelaskan langkah-langkah pemecahan suatu persoalan menurut prosedur tertentu.

Prinsip: Apabila siswa diminta untuk menjelaskan hubungan antar berbagai konsep, sebab akibat.

Keterampilan: Apabila siswa diminta untuk membuat sesuatu.

Aspek afektif: Apabila siswa diminta memilih dan melakukan sikap tertentu terhadap suatu kejadian.

Aspek motorik: Apabila siswa diminta untuk melakukan kegiatan menggunakan anggota badan.

Tujuan pembelajaran yang meminta siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokkan dan membedakan jenis-jenis unggas termasuk jenis materi berupa konsep.

4. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari, dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari, sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka.

Pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu….

A. Kooperatif
B. Inkuiri
C. Problem solving
D. Discovery
E. Kontekstual

Jawaban: E

Pembahasan:
Berdasarkan kasus di atas, maka strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru adalah contextual learning. mencapai tujuan- tujuan bersama.

Kontektual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan-nya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

5. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut….

A. Bagan
B. APE (Alat Permaian Edukadif)
C. Flip Chart
D. Foto
E. Gambar

Jawaban: A

Pembahasan:
Untuk merencanakan konsep pembelajaran berkaitan materi yang akan disampaikan para guru akan menyusun peta konsep. Peta konsep ini berupa bagan berisi bab dan poin-poin sub bab yang akan dipelajari.

Syarat bagan yang baik, adalah:

  • Dapat dimengerti anak
  • Sederhana dan lugas, tidak rumit dan berbelit-belit
  • Diganti pada waktu-waktu tertentu agar tetap tidak kehilangan daya tarik.
    Contoh: bagan organisasi, bagan alur siklus air

6. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP.

Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah….

A. Evaluasi formatif
B. Evaluasi sumatif
C. Evaluasi selektif
D. Evaluasi diagnostik
E. Evaluasi penempatan

Jawaban: B

Pembahasan:

Ada beberapa jenis evaluasi dalam proses pembelajaran. Evaluasi yang dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar peserta didik disebut evaluasi sumatif, yang biasanya dilakukan dengan pemberian tes sumatif.

7. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran.

Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru saat memilih materi pelajaran….

a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator.

b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan.

c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik.

d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran.

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu.

Jawaban: A
Pembahasan:
Langkah-langkah dalam memilih materi pelajaran:

  • Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
  • Mengidentifikasi jenis-jenis materi pelajaran
  • Memilih materi pembelajaran yang sesuai atau relevan dengan KD dan indikator pencapaian
  • Memilih sumber materi pelajaran

Sementara:

  • Potensi peserta didik, relevansi dengan karakteristik daerah, dan struktur keilmuan.
  • Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik.
  • Kebermanfaatan bagi peserta didik, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran.
  • Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu.
Baca Juga:  60 Contoh Soal PPPK Guru SD Honorer Tes Bakat Skolastik

Bukan termasuk langkah-langkah memilih materi tetapi prinsip dalam memilih materi.

8. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang- kurangnya….

A. Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar.

C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes.

D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

Jawaban: E
Pembahasan:
Dalam Permendikbud No 22 tahun 2016, secara tegas menjelaskan komponen minimal RPP terdiri atas:

a. Identitas sekolah
b. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema, mencakup: 1) kelas/semester,
2) materi pokok, dan 3) alokasi waktu.
c. Kompetensi Dasar
d. Indikator pencapaian kompetensi
e. Tujuan Pembelajaran
f. Materi pembelajaran
h. Media Pembelajaran
i. Sumber belajar
j. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
k. Penilaian

Contoh Soal Kompetensi Pelaksanaan Pembelajaran

Contoh soal P3k guru sub kompetensi pelaksanaan pembelajaran ditujukan untuk mengetahui kemampuan calon guru PPPK dalam hal teknis penguasaan kelas selama proses pembelajaran pembelajaran berlangsung.

contoh soal P3K guru sub kompetensi teknis pelaksanaan pembelajaran pada bahasan kita di sini terdiri dari soal nomor 9 – 10. Tugas anda adalah memilih salah satu jawaban yang paling tepat!

9. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun.

Pada awal semester baru 2019 siswa di kelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru….

A. Kooperatif
B. Project based learning
C. Kontekstual
D. Inqury
E. Discovery

Jawaban: B
Pembahasan:
Karena 70% peserta didik tidak menyukai diskusi dan lebih senang dengan mengerjakan tugas, maka guru tersebut bisa menggunakan strategi project based learning (PJBL) sebagai alternatif metode mengajar.

Project based learning atau PJBL merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penerapan proyek dengan melibatkan siswa menyelidiki masalah dunia nyata.

10. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja, hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan….

A. Naturalis
B. Kinestetis
C. Visual spasial
D. Verbal linguistic
E. Logis matematis

Jawaban: A
Pembahasan:

Dari penjelasan dalam soal, maka guru sedang mengajak muridnya untuk bersahabat dan menjaga lingkungan sekitar.  Hal ini termasuk dalam kategori pengembangan kecerdasan naturalis.

Beberapa bentuk pembelajaran lainnya untuk mengembangkan kecerdasan naturalis diantaranya:

a. Jalan-jalan di alam terbuka
b. Melihat keluar jendela
c. Ekostudi

Contoh Soal Kompetensi teknis Penilaian Hasil Belajar

Contoh soal P3K guru sub kompetensi teknis penilaian hasil belajar bertujuan untuk mengukur kemampuan calon guru PPPK dalam menyusun instrumen penilaian maupun teknik melaksanakan penilaian.

Serta mengukur kemampuan calon guru PPPK dalam menyusun laporan hasil belajar dalam bentuk rapor yang harus disampaikan kepada stakeholder (wali murid).

Contoh soal P3K guru dalam bahasan kita kali ini terdiri dari soal nomor 11 – 15. Tugas anda adalah memilih salah satu jawaban yang paling tepat!

11. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok.

Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya.

Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu….

A. Penilaian kinerja
B. Penilaian proyek
C. Penilaian portofolio
D. Pertanyaan terbuka
E. Penilaian diri

Pembahasan:
Jawaban: A

Jenis penilaian yang pas untuk digunakan oleh guru untuk khusus tersebut adalah Penilaian kinerja/ unjuk kerja (performance assessment).

Bentuk penilaian ini digunakan untuk mengukur status kemampuan belajar peserta didik berdasarkan hasil kerja dari suatu tugas.

Pada penilaian kinerja peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu dengan maksud agar peserta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam hasil belajar pada penilaian kinerja ini antara lain: daftar cek (check list), catatan anekdot/narasi, skala penilaian (rating scale).

Baca Juga:  30 Soal P3K Guru SD 2021 Contoh Tes Kompetensi Teknis Pedagogik

12. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok.

Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….
A. Peniaian kinerja
B. Peniaian portofolio
C. Penilaian proyek
D. Penilaian jurnal
E. Penilaian diri

Jawaban: C
Pembahasan:

Penilaian proyek (project assessment) adalah bentuk penilaian yang diwujudkan dalam bentuk pemberian tugas kepada peserta didik secara berkelompok.

Penilaian ini difokuskan pada penilaian terhadap tugas belajar yang harus diselesaikan oleh peserta didik dalam periode/waktu tertentu.

Penilaian proyek dapat juga dikatakan sebagai penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok.

Dengan menggunakan penilaian proyek pendidik dapat memperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam hal pengetahuan, pemahaman, aplikasi, sintesis informasi atau data, sampai dengan pemaknaan atau penyimpulan.

13. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya.

Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu….
A. Daftar cek (check list)
B. Benar salah (true false)
C. Pilihan ganda (multiple choice)
D. Menjodohkan (matching)
E. Jawaban bebas (Completion test)

Jawaban: A
Pembahasan:

Secara umum tes dapat dipisahkan ke dalam bentuk tes penampilan atau unjuk kerja (performance test), tes lisan, dan tes tulis. Pada kasus di atas, instrumen yang bisa dipilih guru adalah daftar cek sedangkan bentuk penilaiannya adalah penilaian kinerja.

Penilaian kinerja/unjuk kerja digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik berdasarkan hasil tugas. Peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu dengan maksud agar peserta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam hasil belajar pada penilaian kinerja antara lain: daftar cek (check list), catatan anekdot/narasi, skala penilaian (rating scale).

14. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya.

Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu….

A. Soal harus sesuai dengan indikator
B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

Jawaban: A
Pembahasan:

Telah jelas, bahwa setiap soal tes harus mengukur indikator yang hendak dicapai dalam tujuan pembelajaran.

Secara teoritis kualitas soal tes bentuk objektif akan ditelaah berdasarkan:

(a) Butir harus sesuai dengan indicator yang ditetapkan
(b) Hanya ada satu jawaban yang benar
(c) Pengecoh homogin, dan berfungsi

15. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar, dan ada juga siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar.

Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh guru, kecuali…

A. Memperbaiki program pembelajaran
B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
D. Mengadministrasikan hasil penilaian
E. Menyusun laporan hasil penilaian

Jawaban: D
Pembahasan:
Hasil penilaian berupa informasi tentang peserta didik yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM)/ Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dan peserta didik yang belum mencapai KKM/KBM, perlu ditindaklanjuti untuk:

  • program pembelajaran remedial, dan
  • pengayaan bagi peserta didik yang telah melampaui KKM/KBM.
  • mengetahui capaian akhir penguasaan kompetensi peserta didik yang dituangkan dalam rapor.
  • memperbaiki proses pembelajaran

Sedangkan fungsi administrasi dilakukan oleh petugas dapodik setiap unit sekolah.

Demikian bahasan mengenai contoh soal P3K guru tes kompetensi teknis pedagogik kita kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah referensi anda yang sedang persiapan seleksi tes PPPK guru 2021.

Teriring doa dari kami, semoga anda bisa menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh berprestasi di masa depan!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Curriculum Researcher & Developer | Guru Kampung | Penulis Lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *