Contoh Soal Pemahaman Wacana dan Jawabannya

contoh soal pemahaman wacana
contoh soal pemahaman wacana

Contoh soal pemahaman wacana – Hallo calon mahasiswa baru peserta UTBK SBMPTN, dan hallo juga para calon peserta CPNS. Tepat sekali jika kalian sekarang kalian mengakses laman ini. Karena kami akan berbagi materi soal yang sering muncul dalam seleksi masuk PTN (UBK SBMPTN) maupun seleksi menjadi Calon Aparatur Sipil Negara(ASN).

Contoh soal pemahaman wacana yang akan kami share umumnya keluar dalam kelompok soal Kemampuan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) dalam seleksi masuk kampus PTN melalui jalur UTBK SBMPTN. Dan juga termasuk dalam kelompok soal Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam penerimaan CPNS. Oleh karenanya penting sekali materi ini dikuasai bagi Anda yang akan seleksi masuk kampus maupun yang berminat menjadi ASN.

Read More

Tetapi sebelum kita ke contoh soal pemahaman wacana ada baiknya kita ulas sejenak beberapa hal yang terkait dengannya. Sehingga pemahaman kita semua menjadi lebih utuh.

Mengenal Tes Pemahaman Wacana

Apa sih tes pemahaman wacana itu? Seperti apa juga bentuknya? Mari kita simak definisi berikut ini:

“Tes Pemahaman Wacana adalah subtes yang bertujuan untuk mengukur konsentrasi dan banyaknya wawasan Anda dalam memahami isi dan informasi yang terdapat dalam suatu wacana tertentu secara obyektif dan cepat.”

Tes ini membutuhkan pemahaman pemahaman konsep mengenai mengenai paragraf/wacana paragraf/wacana secara mendalam mendalam dan dapat memahami topik yang diperbincangkan. Efisiensi pada saat membaca teks-teks panjang panjang juga menjadi menjadi tolak ukur yang menentukan keberhasilan tes ini. Berikut ini adalah beberapa materi yang sering ditemui dalam tes pemahaman wacana.

Materi Tes Pemahaman Wacana

Materi tes pemahaman wacana dalam psikotes menjadi bagian dari subtes kemampuan verbal. Selain itu di dalam tes kemampuan verbal juga terdapat subtes sinonim-antonim dan perbandingan kata. Adapun materi dari subtes pemahaman wacana adalah berupa sebuah teks kalimat atau paragraf.

Kemudian dari teks tersebut Anda akan diminta melakukan beberapa analisis dari setiap paragraf. Hasil dari analisis tersebutlah yang akan Anda jadikan untuk dasar memilih jawaban dari pertanyaan yang disajikan. Soal umumnya berupa soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa semua soal yang disajikan berasal dari wacana dalam teks soal, maka jawabannya pun harus didasarkan pada wacana tersebut. Dan akan keliru jika menjawab menggunakan dasar logika diri sendiri.

Tips Mengerjakan Soal Tes Pemahaman Wacana

Tes pemahaman wacana digunakan untuk mengukur tingkat penyerapan informasi secara objektif dan cepat. Maka beberapa tips mengerjakan soal tes pemahaman wacana yang bisa Anda terapkan adalah:

(1) Ingatlah bahwa Anda diminta untuk memberikan jawaban yang paling sesuai dengan wacana, bukan yang paling benar sesuai kenyataan.

(2) Dahulukan untuk langsung melihat pada soal dan bukan pada wacana, sehingga ketika membaca wacana bisa lebih cepat mendapatkan jawaban yang dikehendaki masing-masing nomor soal

(3) Dahulukan membaca teks wacana dari paragraf paling atas, kemudian paragraf paling bawah. Sehingga lebih cepat memahami garis besar dari isi wacana

(4) Lihat kata kunci pada soal kemudian temukan kata kunci tersebut dalam paragraf wacana. Dengan begitu bisa lebih cepat mengetahui letak jawaban dan bisa menghemat lebih banyak alokasi waktu yang disediakan.

Tips mengerjakan contoh soal pemahaman wacana
Tips mengerjakan contoh soal pemahaman wacana

Demikian tips mengerjakan soal tes pemahaman wacana. Semoga Anda berhasil melewati subtes ini dengan mudah. Berikutnya kami akan berbagi contoh soal tes pemahaman wacana. Semoga Anda akan lebih mudah memahami subtes ini lebih lanjut.

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana

Contoh Soal tes pemahaman wacana ini terdiri dari  5 soal yang semua pertanyaan didasarkan pada wacana yang disajikan. Dan setiap soal mempunyai lima kemungkinan jawaban.

Petunjuk:
Bacalah kutipan wacana yang disajikan dengan seksama dan pilihlah jawaban yang tepat sesuai dengan isi wacana!

Pemerintah Kabupaten Malang saat ini tengah mencari investor untuk membangun pabrik semen di kawasan Malang Selatan. Diperkirakan, investasi pabrik mencapai Rp. 1,4 triliun.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya mineral Kabupaten Malang Budi Iswoyo, Pemkab Malang merasa tidak sanggup menandainya. “Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan suntikan dana dari pihak ketiga yang berminat menanamkan investasinya disini, “Ujarnya, Jum’at (13/1).

Saat ini, Budi menerangkan pihaknya sudah mempresentasikan rencana mendirikan pabrik tersebut ke beberapa pengusaha semen di Sulawesi melalui PT. Semen Gresik. Namun sejauh ini belum ada yang dapat memberikan kepastian.

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, potensi batu kapur yang merupakan bahan utama semen ini terdapat di lima kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu di kecamatan Sumbermanjing wetan, Gedangan, Dampit dan Pagak.

Sekretaris Asosiasi Perusahaan Tambang (APERTAM) Jawa Timur MH. Hudin Al-sonny YPE mengatakan bahwa sebelum memikirkan tentang pendirian pabrik semen, Pemkab Malang seharusnya mendahulukan pembangunan pelabuhan di Malang Selatan. Pelabuhan ini sangat penting peranannya baik dalam hal bongkar muat batu bara sebagai bahan bakar pabrik, maupun transportasi hasil produksi pabrik. (KOMPAS, 14 Januari 2006).

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana (1)
11. Pokok pikiran yang dapat disimpulkan dari wacana di atas adalah ….
a. kebutuhan dana investasi Pemkab Malang
b. daerah penghasil kapur di Kabupaten Malang
c. rencana Pemkab Malang membangun pabrik semen di kawasan Malang Selatan.
d. tata ruang daerah sentra produksi di Kab. Malang
e. kebutuhan investasi mencapai Rp. 1,4 triliun.

Jawaban: c
Pembahasan: Seluruh paragraf memaparkan rencana Pemkab Malang membangun Pabrik semen di Malang Selatan dengan segala permasalahan.

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana (2)
2. Sebelum merencanakan pembangunan pabrik semen, pembangunan infrastruktur yang seharusnya didahulukan adalah ….
a. pembangunan jalan lintas Malang Selatan
b. pembangunan pelabuhan di Malang Selatan
c. studi kelayakan pemetaan wilayah kecamatan penghasil kapur
d. pembuatan pabrik batu bara bahan bakar pabrik
e. pembelian material bangunan fisik pabrik

Jawaban: b
Pembahasan: Tercantum dalam paragraf ke 5

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana (3)
3. Pada wacana diatas, yang dimaksud dengan pihak investor adalah ….
a. Pemerintah Kabupaten Malang
b. PT. Semen Gresik
c. Asosiasi Perusahaan Tambang (APERTAM)
d. Pihak ketiga yang berminat menanamkan investasi
e. Warga Malang Selatan

Jawaban: d
Pembahasan: Investor = pihak yang menanamkan modal di bidang usaha di daerah tertentu.

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana (4)
4. Gagasan utama dari paragraf ke dua adalah …..
a. Rencana pembangunan pabrik semen di Malang Selatan
b. Pemkab Malang tidak mampu mendanai pembangunan pabrik semen di Malang Selatan
c. prioritas pembangunan di Kabupaten Malang
d. Malang Selatan sebagai penghasil batu kapur sebagai bahan bakar semen
e. penawaran rencana pembangunan pabrik semen ke PT. Gresik

Jawaban: b
Pembahasan: Sudah jelas

Contoh Soal Tes Pemahaman Wacana (5)
5. Arti kata “produksi” dalam wacana diatas adalah :
a. proses pengolahan batu kapur menjadi semen
b. pembangunan pabrik semen di Malang Selatan
c. kegiatan penawaran rencana Pemkab Malang untuk membangun pabrik semen kepada pihak ketiga
d. pengangkutan batu bara sebagai bahan bakar pabrik
e. ketidakmampuan Pemkab Malang mendanai pembangunan pabrik semen di Malang selatan.

Jawaban : a
Pembahasan: Produksi = mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.

Contoh soal pemahaman wacana ini akan lebih lengkap lagi jika Anda pelajari bersama subtes lainnya. Oleh karenanya Anda kami persilakan untuk mengunjungi halaman; Contoh Soal CPNS Kemampuan Verbal,  Tes Bakat Skolastik, Contoh Soal Psikotes Sinonim dan Antonim, Contoh Soal Sinonim dan Antonim CPNS. Demikian, semoga masa depan Anda makin cerah dan sejahtera. Aaamin!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.