Contoh Soal Sosio Kultural P3K 2022 Berdasarkan PPPK 2021

contoh soal sosio kultural
contoh soal sosio kultural

Haidunia.com – Contoh Soal Sosio Kultural dan jawabannya semacam yang akan kami sajikan pastinya sangat dinantikan. Terutama bagi Anda sudah tidak sabar untuk memiliki sebuah Nomor Induk Pegawai (NIP) PPPK pada awal Januari 2023 nanti. Apalagi bagi Anda yang telah lama mengabdi sebagai tenaga honorer K2.

Contoh soal sosio kultural ini sengaja kami sajikan dengan scoring jawabannya. Jelasnya, semua ini adalah untuk mendukung persiapan anda menyambut tes seleksi ASN-PPPK 2022. Soal sosio kultural P3K yang kami sajikan dikembangkan berdasarkan tes kompetensi sosio kultural dalam seleksi P3K 2021.

Read More

Sehingga contoh soal sosio kultural yang kami kembangkan cukup akurat untuk dijadikan sebagai referensi belajar para calon peserta seleksi ASN-PPPK 2022, baik itu dari jenis pengadaan PPPK Kesehatan, PPPK Teknis, maupun PPPK guru.

Mengenal Kompetensi Sosio Kultural

Bagi Anda yang baru akan pertama kali mengikuti seleksi P3K dalam seleksi ASN-PPPK 2022, maka tiada salahnya kami sedikit memperkenalkan kembali apa itu kompetensi sosio kultural bagi seorang ASN.

Tentunya selain yang kami sajikan, masih ada beberapa materi tes lagi yang harus Anda kuasai. Seperti tes kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan tes wawancara, yang mana kesemuanya memiliki passing grade yang ditentukan oleh keputusan Menpan-RB.

Baca Juga:  Contoh Soal PPPK Penyuluh KB (P3K) 2022 dan Jawabannya

Namun untuk bahasan kali ini, kami akan fokus pada soal sosio kultural. Karenanya akan kami singgung sejenak mengenai pengertian dari kompetensi sosio kultural, sebagaimana berikut ini:

Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) diharuskan memiliki sejumlah kompetensi yang disyaratkan. Maka untuk itulah dilakukan proses seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, dan seleksi kompetensi sosio kultural.

Kompetensi itu sendiri diartikan sebagai kemampuan kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai negeri sipil atau yang sekarang disebut aparatur sipil negara (ASN), berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Kompetensi ASN yang dimaksud meliputi tiga kompetensi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketiga kompetensi tersebut adalah:

  1. Kompetensi Teknis
  2. Kompetensi Manajerial
  3. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi sosio kultural diartikan sebagai:

Kompetensi sosio kultural merupakan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. Kompetensi ini dapat diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Pentingnya Tes Kompetensi Sosio Kultural

Selain kepentingan pemerintah untuk menyelenggarakan program reformasi birokrasi, tes kompetensi sosio kultural memang menjadi hal yang sangat penting untuk diujikan. Hal ini, mengingat kondisi Indonesia yang sangat beragam. Karena itu soal sosio kultural P3K ini, diharapkan akan akan didapatkan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang

  • luwes dalam berkomunikasi
  • cakap dalam berinteraksi sosial
  • mampu bekerjasama dalam tim, dan;
  • memiliki etika profesi yang baik

Selain itu, melalui instrumen tes soal sosio kultural PPPK, nantinya negara bisa mendapatkan ASN yang diprediksi mampu melayani siapapun tanpa adanya rasa diskriminasi. Serta mewujudkan seorang ASN yang siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI yang penuh dengan keberagaman.

Kemampuan Anda sebagai ASN dalam memberikan pelayanan publik dengan semangat integritas yang tinggi juga bisa diukur melalui tes ini.  Terutama kemampuan Anda dalam memberikan pelayanan di kantor tempat Anda mengabdi yang baru.

Materi Tes Kompetensi Sosio Kultural

Materi tes kompetensi sosio kultural yang diujikan bertujuan untuk memprediksi calon ASN berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat Indonesia yang majemuk. Kisi-kisi soal soal sosio kultural PPPK 2022 terdiri dari beberapa sub materi:

(1) Kepekaan terhadap perbedaan budaya
(2) Kemampuan berhubungan sosial
(3) Kepekaan terhadap konflik
(4) Pengendalian diri
(5) Empati

Materi Kompetensi Sosio Kultural P3K 2021
Materi Kompetensi Sosio Kultural P3K 2022

Jumlah Soal Tes Kompetensi Sosio Kultural

Soal kompetensi sosio kultural terdiri dari 20 nomor butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Setiap pilihan jawaban memiliki skor 1 – 5. Jawaban terbaik akan diberikan skor 5, dan 1 untuk skor jawaban terendah. Jadi jika Anda dapat maksimal dalam menjawab akan mendapatkan skor 100.

Adapun alokasi waktu yang disediakan adalah  40 menit untuk mengerjakan paket soal manajerial dan sosio kultural.

Jumlah keseluruhan soal tiap sub tes bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Jumlah soal manajerial P3K guru SD
Jumlah Soal dan Bobot Soal Sosio Kultural P3K 2022

Passing Grade Soal Tes Sosio Kultural

Besaran passing grade yang harus dilewati oleh para peserta seleksi tes P3K guru SD maupun yang kategori non guru tentunya sudah banyak beredar dan disosialisasikan. dari beberapa ketentuan yang ada, secara ringkas jika Anda menghendaki lulus passing grade maka harus dapat menjawab sejumlah soal dengan benar.

Tabel berikut menunjukkan jumlah jawaban minimal benar yang harus Anda capai agar dapat melewati passing grade.

Kompetensi Jumlah Soal Nilai Jawaban Minimal Benar Agar PG
Teknis 64 × 5 320 64 soal yang benar
Manajerial 25 × 3 75 25 soal yang mendapat poin 3
Sosio Kultural 20 × 3 60 20 soal yang mendapat poin 3
Wawancara 10 × 3 30 setiap soal minimal poin 3

Berikut kami berikan 15 contoh soal sosio kultural P3K. Pada tes sebenarnya jumlah soal sub tes ini adalah 20 butir soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Soal PPPK sosio kultural yang kami berikan ini telah didasarkan pada kisi-kisi.

Selain itu juga kami rangkum dari pengalaman para peserta tes seleksi kompetensi I pada 13-18 September 2021. Di antaranya kami rangkum dari group telegram dan juga interview langsung dengan peserta.

Contoh Soal PPPK Kompetensi Sosio Kultural

Contoh soal PPPK Kompetensi sosio kultural yang akan kami sajikan berikut ini akan menguji kemampuan calon ASN-PPPK 2022 dalam hal berinteraksi dengan rekan kerja maupun lingkungan yang baru. Selamat menyimak!

Contoh Soal Sosio Kultural (1)
Saya tidak menyukai interaksi dengan orang baru sehingga teman saya hanya tertentu Namun sejak menjadi mahasiswa baru, saya merasa pertemanan itu penting dalam segala hal. Sikap saya adalah ….

(A) Saya mencoba berkenalan dengan mengikuti organisasi yang saya sukai

(B) Saya mencoba mengenal orang-orang dalam kelas saya terlebih dahulu

(C) Saya menunggu ada teman saya yang mengajak saya berkenalan terlebih dahulu

(D) Saya mengikuti rekan yang populer untuk memudahkan saya mempelajari cara berkenalan dengan orang baru

(E) Saya hanya berkenalan dengan yang populer dengan begitu saya bisa langsung mendapatkan teman yang banyak

Jawaban: 5-4-1-3-2

Contoh Soal Sosio Kultural (2)
Pada pertemuan keluarga dalam rangka merayakan hari raya, saya ….

(A) Berusaha menjajaki peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya

(B) Mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya

(C) Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya

(D) Menunggu kesempatan untuk mendapatkan tawaran bagi pengembangan masa depan saya

(E) Menjamu dengan ramah sambil menunjukkan kelemahan saya

Jawaban: 5-3-4-2-1 

Contoh Soal Sosio Kultural (3)
Salah satu rekan kantor Anda sedang mengalami musibah dan memerlukan dana bantuan untuk meringankan bebannya, maka sikap Anda ….

(A) Mengutarakan maksud anda kepada atasan

(B) Meminta dana dari bendahara kantor

(C) Membicarakan hal tersebut dengan rekan lainnya untuk kemudian membuat donasi berkelompok

(D) Meminta salah satu rekan yang dekat dengan atasan untuk membahasnya

(E) Saya pesimis karena saya bukanlah orang yang dermawan

Jawaban: 4-2-5-3-1

Contoh Soal Sosio Kultural P3K dan Jawabannya

Contoh soal sosio kultural ini sudah kami siapkan scoring jawabannya. Sehingga memudahkan Anda dalam mempelajari. Silakan Anda cermati dengan seksama. Selamat belajar!

Contoh Soal Sosio Kultural (4)
Anda adalah seorang wali murid. Anda mendapati laporan bahwa salah seorang guru bersikap sangat tegas terhadap para peserta didik yang salah satunya adalah putra Anda. Ketegasan itu antara lain diekspresikan dalam bentuk ancaman terhadap murid yang memiliki motivasi berprestasi rendah.

Sikap Anda terhadap hal tersebut ….

(A) Sangat tidak setuju meskipun tujuannya baik

(B) Tidak setuju meskipun tujuannya baik

(C) Cukup setuju karena tujuannya baik

(D) Setuju dengan kegiatan pembelajaran tersebut

(E) Biasa saja karena setiap guru punya cara sendiri

Jawaban: 5-4-2-1-3

Contoh Soal Sosio Kultural (5)
Dalam lingkungan pedesaan yang masih bersifat paternalistik sosok ASN biasanya ditokohkan. Anda adalah seorang ASN yang juga ditokohkan dalam lingkungan tempat tinggal. Hari ini Anda diundang kepala desa untuk melakukan identifikasi terhadap program desa yang akan didanai melalui alokasi dana desa (ADD).

Anda bukan seorang ASN guru, namun berkah memberikan usulan bidang pendidikan. Maka yang akan Anda usulkan adalah ….

(A) Usulan pembangunan fasilitas pendidikan anak usia dini

(B) Usulan perbaikan jalan menuju sekolah-sekolah terdekat

(C) Usulan pemberian beasiswa bagi anak kurang mampu

(D) Usulan pelatihan kewirausahaan bagi anak putus sekolah

(E) Usulan pengadaan taman baca masyarakat

Jawaban: 4-1-5-2-3

Contoh Soal Sosio Kultural (6)
Suatu hari setelah menyelesaikan seluruh pekerjaan, Anda mendapati salah seorang rekan satu divisi membutuhkan bantuan. Sikap Anda yang tepat adalah ….

(A) Akan membantu jika diminta olehnya

(B) Menggantikannya menyelesaikan pekerjaan

(C) Siap membantu diminta ataupun tidak diminta

(D) Segera menawarkan bantuan kepadanya

(E) Menggunakan waktu senggang untuk tetap santai

Jawaban: 1-3-4-5-2

Contoh Soal Sosio Kultural (7)
Anda ditugaskan di wilayah yang kurang maju. Hal ini ditandai oleh perlengkapan kantor yang minim, serta motivasi rekan-rekan kerja yang rendah. Upaya yang tepat Anda lakukan adalah ….

(A) Mencari cara-cara baru memajukan kantor tersebut

(B) Mengusulkan program peningkatan kemajuan kantor

(C) Menuntut rekan satu kantor untuk meningkatkan kualitas pekerjaan

(D) Mengajak pengawas ASN berpartisipasi dalam mengatasi hal tersebut

(E) Membuat strategi agar pekerjaan tetap berkualitas

Jawaban: 5-3-2-1-4

Contoh Soal Sosio Kultural (8)
Hal terpenting bagi saya saat mendapatkan tugas belajar adalah ….

(A) Sebuah pengembangan wawasan melalui kuliah S2

(B) Sebuah pengembangan diri sebagai guru guna meningkatkan manfaat

(C) Sebuah pengembangan jejaring sosial sekaligus meningkatkan kompetensi

(D) Sebuah peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas belajar sekaligus bekerja

(E) Sebuah pengembangan jejaring sosial dengan para akademisi kampus dan sesama guru

Jawaban: 1-5-4-2-3

Contoh Soal Sosio Kultural (9)
Jika Anda seorang pendidik, salah satu murid Anda kedapatan melanggar tata tertib penggunaan handphone di sekolah. Maka sikap Anda ….

(A) Memanggil murid tersebut dan menasihati secukupnya

(B) Menyampaikan hal tersebut pada wali kelas untuk pembinaan

(C) Lebih aktif mencegah penggunaan handphone di sekolah

(D) Memberikan teguran langsung agar tidak mengulangi pelanggarannya

(E) Menyita HP tersebut dan meminta orang tuanya datang ke sekolah

Jawaban: 2-4-5-3-1

Contoh Soal Sosio Kultural (10)
Cara Anda meminimalisir terjadinya konflik dalam tim yang tepat adalah ….

(A) Memilih anggota tim dengan tepat
(B) Membuat kesepakatan di awal
(C) Bersikap tegas kepada anggota tim
(D) Meminta bantuan senior
(E) Memetakan potensi masalah

Jawaban: 5-4-3-1-2

Contoh Soal Sosio Kultural (11)
Saat salah satu rekan kerja dipergunjingkkan dalam suasana istirahat, maka reaksi Anda ….

(A) Mendiamkan hal tersebut karena urusan saya

(B) Menyampaikan hal tersebut kepada kepala sekolah

(C) Menyampaikan hal tersebut kepada rekan guru yang dipergunjingkan

(D) Menyampaikan hal yang dipergunjingkan kepada rekan guru tersebut

(E) Mengklarifikasi hal yang dipergunjingkan agar tidak terjadi salah paham

Jawaban: 1-2-3-4-5

Contoh Soal Sosio Kultural (12)
Tim bola voli desa Anda tidak mendapatkan juara pada kategori apapun dalam lomba 17 Agustus tingkat kecamatan tahun ini. Sebagai pendamping tim voli sikap Anda ….

(A) Terus mempersiapkan tim untuk pertandingan tahun berikutnya

(B) Meminta alumni tim voli untuk melatih

(C) Membentuk tim voli yang lebih tangguh dan melatihnya

(D) Melatih tim yang gagal secara reguler setiap hari

(E) Mengirim tim voli untuk berlatih di tempat yang lebih representatif

Jawaban: 5-3-4-2-1

Contoh Soal Sosio Kultural (13)
Saat tetangga Anda yang berkebutuhan khusus medapatkan bullying di sekolah, maka sikap Anda ….

(A) Menasihati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya tetap semangat

(B) Menasihati orangtuanya untuk menyekolahkan anaknya secara homescholing

(C) Memotivasi langsung anak tersebut dan berkoordinasi dengan pihak sekolah

(D) Berkoordinasi dengan pihak sekolah agar melakukan tindakan terhadap pelaku bullying

(E) Menyarankan kepala sekolah untuk memberikan perlakuan khusus kepada anak tersebut

Jawaban: 3-1-5-4-2

Contoh Soal Sosio Kultural (14)
Reaksi saya disaat pendapat ditentang bawahan adalah ….

(A) Menerima pendapat bawahan karena memang idenya lebih tepat

(B) Mendiamkan pendapat bawahan karena belum dapat diputuskan

(C) Menerima pendapat bawahan sepenuh hati agar bawahan tidak kecewa

(D) Menerima keputusan yang diambil berdasarkan ide bawahan namun saya tetap kritis

(E) Menerima sepenuhnya keputusan kelompok dan memperbaiki pendapat pribadi

Jawaban: 4-1-2-3-5

Contoh Soal Sosio Kultural (15)
Terdapat dugaan tindakan asusila yang dilakukan oleh oknum guru terhadap salah seorang siswi yang berasal dari lingkungan tempat tinggal Anda. Maka sikap Anda ….

(A) Membahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya

(B) Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak terkait

(C) Memanggil guru dan siswa tersebut sebagai bentuk klarifikasi

(D) Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak penegak hukum

(E) Membiarkan peristiwa mereda dan tidak memalukan pihak sekolah

Jawaban: 5-4-2-3-1

Contoh Soal Sosio Kultural (16)
Melihat situasi negara terkini, maka judul yang Anda bawakan saat diminta memberikan sambutan dalam sebuah acara malam peringatan hari kemerdekaan adalah ….

(A) Menengok Sejarah Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

(B) Tegakkan Hukum Menuju Indonesia Jaya

(C) Kesadaran Hukum dalam Mengisi Kemerdekaan

(D) Peran Orang Tua dalam Menaati Hukum

(E) Warga Taat Hukum Masyarakat Damai

Jawaban: 1-4-5-2-3

Contoh Soal Sosio Kultural (17)
Jika Anda seorang guru, Anda mendapati salah seorang murid bermain HP di tengah proses pembelajaran sedang berlangsung. Pernyataan di bawah ini yang mencerminkan sikap Anda adalah ….

(A) “Sini berikan handphone mu, karena sekarang waktunya belajar!”

(B) “Kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan fokus belajar!”

(C) “Tolong disimpan dulu handphone mu, kamu boleh menggunakannya nanti pada jam istirahat!”

(D) “Berikan handphone mu, kamu tidak menghargai guru!”

(E) Biasanya handphone murid yang berlaku demikian langsung saya sita.

Jawaban:  3-4-5-2-1

Contoh soal sosio kultural P3K 2021 ini juga bisa Anda dapatkan pada postingan kami yang lain. Silahkan Anda mengunjungi laman: Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021, Contoh Soal Try Out PPPK 2021, Contoh Soal PPPK Guru SD 2021, Soal Manajerial P3K Guru SD. Demikian, dan semoga Anda semua berhasil mendapatkan NIP segera!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment