Dapet IPhone 12, Ini Cara Hemat Uang Jajan Supaya bisa Ditabung

Cara hemat Uang Jajan
Menghemat uang saku dapat membantu meringankan kebutuhan sekolah

Cara Hemat Uang Jajan Yang Mudah Dilakukan – Kebutuhan anak sekolah apalagi di masa pandemi sekarang ini semakin lama semakin banyak. Sudah saatnya bagi anak membantu keuangan orang tua. Bagi kamu yang lagi sekolah dan ingin menabung ada cara yang bisa kamu lakukan. Jika dilakukan dengan tekun, maka kamu bisa  mendapat tabungan sampai 1 juta per bulannya.

Untuk dapat mengumpulkan 1 juta tiap bulannya, minimal uang saku kamu kurang lebih 50 ribu. Nanti kamu dapat menabung sebanyak 35 ribu per hari dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Read More
Cara Hemat Uang Jajan
Menabung di celengan adalah hal yang biasa dilakukan anak sekolah

Langkah-Langkah Menghemat Uang Jajan

Kebutuhan sekolah yang semakin banyak membuat kita perlu menyiapkan materi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sekarang kita coba ambil target setiap bulan dapat menghemat uang jajan sampai 1 juta per bulan untuk kebutuhan sekolah, Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan untuk dapat menyisihkan uang jajan tersebut:

Prioritaskan Target

Target disini sudah jelas yaitu 1 juta per bulan untuk kebutuhan sekolah. Tetapkanlah target ini sebagai prioritas tertinggi. Buat juga komitmen untuk menuntaskan target.

Jangan mentoleransi diri terhadap hal yang bukan prioritas tertinggi kecuali darurat. Jika sudah ada target, kuatkan juga tekad untuk mempertahankannya.

Cara hemat Uang Jajan
Menentukan target di awal sama dengan menyelesaikan setengah capaianmu

Setelah itu, menabunglah secara kontinyu yaitu dengan jumlah yang sama setiap harinya. Minimal menabung dalam sehari adalah 35 ribu.

Jika sudah berkomitmen ingin menabung 35 ribu per hari, maka jumlah itu harus sama hingga di akhir bulan nanti. Ini untuk menghindari kesalahan hitung menyebabkan target tidak tercapai.

Buat pembukuan

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah juga bisa dilakukan dengan membuat pembukuan. Buat anak sekolah yang masih SD mungkin belum mengenal apa itu pembukuan. Pembukuan adalah catatan keuangan yang dibuat secara teratur yang memuat segala informasi aktivitas keuangan.

Baca Juga:  Gaya Belajar Peserta Didik, Pengertian, Pengaruh & Desain KBM-nya

Dalam kasus ini, anak sekolah dapat membuat pembukuan secara sederhana, misalnya pemasukan, pengeluaran, serta total di akhir bulan.

Jika sudah agak mahir, kamu juga dapat menambahkan informasi yang lebih detail. Misalnya saja, pemasukan dari orang tua, pemasukan karena diberi oleh paman, atau pengeluaran karena dipinjam kakak. Catatlah selalu setiap ada aktivitas keuangan. Pembukuan ini berguna rekam jejak keuangan sehingga tidak lupa.

Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Sekarang sudah jamannya serba canggih, segala kegiatan manusia dapat dibantu dengan mudah. Jika cara pada poin kedua terlalu sulit untuk dilakukan, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi pengaturan keuangan. Aplikasi keuangan juga tidak membutuhkan banyak kertas, jadi tidak sulit dan lebih praktis.

Aplikasi pengaturan keuangan sudah tersebar dimana pun, mulai dari Google Play Store, App Store, hingga di berbagai macam website. Ada pun aplikasi yang dapat digunakan seperti Uangku, Wallet, Spendee, Money Lover, Mint, dan lain sebagainya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, pencatatan jadi lebih mudah dan tidak mudah hilang.

Buat Rekening Khusus

Jaman sekarang sudah ada yang namanya rekening untuk anak. Bank-bank ternama di Indonesia misalnya saja BCA, BRI, BNI, Mandiri, ataupun BTN telah memiliki layanan ini. Jangan menabung di dompet digital, karena dompet digital sangat mudah digunakan. Ini untuk mencegah anak agar tidak tergoda untuk belanja online.

Cara hemat Uang Jajan
Salah satu cara melatih anak bertanggung jawab adalah memberikan akses untuk mengatur keuangannya sendiri

Pembuatan rekening khusus ini perlu. Pemisahan uang tabungan dan uang lainnya akan mempermudah proses perhitungan. Selain itu uang jadinya tidak saling tumpang tindih dan menyebabkan kebingungan. Terlebih lagi rekening bank terbilang lebih aman dibanding anak menabung dengan celengan tradisional. Ini karena celengan tradisional rawan hilang dan rusak.

Sarapan dan membawa Bekal ke Sekolah

Sarapan dan membawa bekal ke sekolah juga bisa menjadi cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terkesan remeh dan tidak terlalu penting, tetapi sebenarnya manfaatnya sangat besar terhadap keuangan.

Baca Juga:  Cara Menyemai Benih Melon Dijamin Berhasil!

Sarapan dan membawa bekal dapat mencegah anak untuk jajan berlebihan. Jajanan biasanya tidak membuat anak kenyang, sehingga jika masih lapar anak akan jajan lagi dan lagi. Selain itu banyaknya pilihan jajanan yang menggiurkan akan membuat anak tergoda dan berpotensi memakai uang yang ada.

Naik Sepeda atau Menggunakan Fasilitas Antar Jemput Sekolah

Jika biasanya pergi ke sekolah dengan menggunakan angkutan umum, mungkin sudah saatnya sedikit berolahraga. Selain menyehatkan tubuh, naik sepeda juga tidak perlu biaya ongkos. Ini dapat membuat keuangan semakin hemat. Jika seandainya jarak sekolah sangat dekat, berjalan kaki ke sekolah juga tidak ada salahnya. Ini bisa menjadi salah satu cara hemat uang jajan untuk anak sekolah.

Bangunlah lebih pagi jika ingin bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah. Ini untuk menghindari kelelahan di jalan yang menyebabkan konsentrasi belajar di sekolah menjadi berkurang. Jika takut kelelahan di sekolah, manfaatkan juga fasilitas antar jemput sekolah. Biasanya beberapa sekolah ternama memiliki fasilitas ini.

Puasa

Melakukan puasa sangat dianjurkan di Agama manapun. Selain itu berpuasa juga dapat memberikan beberapa manfaat yang diantaranya adalah menghemat keuangan. Jika berpuasa, seluruh uang saku dapat ditabung. Andai kata Senin dan Kamis berpuasa, maka setiap minggunya akan mendapatkan kelebihan sebesar 30 ribu.

Puasa dapat menyehatkan tubuh

“Puasa sangat bermanfaat untuk tubuh, ia dapat memperbaiki sistem pencernaan sehingga tubuh dapat sangat siap beraktifitas lebih dari hari biasa”

Selain itu, puasa tidak harus berarti tidak makan. Puasa juga dapat dilakukan terhadap kebiasaan konsumsi sesuatu, misalnya tidak membeli voucher game atau berhenti berlangganan netflix sementara waktu. Selain menghemat keuangan, puasa juga dapat meningkatkan rasa syukur terhadap segala sesuatu yang masih bisa dimiliki.

Hindari Nongkrong yang Tidak Penting

Masa pembelajaran tatap muka kini telah sedikit demi sedikit dibuka. Kebiasaan untuk nongkrong tidak penting mungkin akan terjadi lagi untuk anak sekolah. Terutama anak dibangku SMP dan SMA yang hobi tidak pulang ketika jam pulang.

Nongkrong dapat memicu pemborosan. Ini karena nongkrong pastinya tidak hanya diam. Satu dua orang teman pasti akan jajan dan membuat diri sendiri jadi tergoda. Selain itu nongkrong pasti di tempat tertentu, misalnya mall, cafe, atau paling minimal angkringan pinggir jalan. Tidak beli malu, beli jadi boros.

Tulis Niat di Kertas dan Tempelkan di Meja Belajar atau di Pintu Kamar

Mungkin cara ini terdengar sedikit kuno, tetapi ini juga sebenarnya dapat membantu juga ketika berhemat. Tulisan yang selalu dibaca akan seperti pengingat setiap harinya. Ini bisa menjadi motivasi untuk berhemat dan peringatan ketika melakukan pemborosan.

Buatlah tulisan yang besar, misalnya menggunakan HVS atau kertas buku gambar. Buatlah tulisan dengan warna mencolok yang cepat dapat menarik perhatian. Tulislah dengan tulisan yang rapi dan mudah terbaca. Buatlah hiasan asal jangan terlalu mendominasi.

Beralihlah dari Kebiasaan Konsumtif menjadi Produktif

Kebiasaan konsumtif adalah kebiasaan menggunakan uang untuk mendapatkan sesuatu. Sedangkan kebiasaan produktif adalah kebiasaan menghasilkan sesuatu untuk mendapatkan uang.

Menabung hanya dengan mengandalkan uang saku memang agak sulit, apalagi jika memiliki kebutuhan yang banyak. Maka dari itu mulailah berpikir untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dijual.

Memasak salah satu kegiatan positif sekaligus bermanfaat

Jika bisa memasak, cobalah membuat masakan yang bisa dijual. Misalnya saja nasi kuning, lontong, nasi uduk, atau gorengan. Kebiasaan produktif ini akan membuat anak lebih kreatif dan tidak bergantung dengan orang.

Latihan Menghemat Uang Jajan Untuk Anak Sekolah

Berhemat di masa pandemi ini sangatlah penting. Ini karena kondisi yang tidak dapat diprediksi dari hari ke hari. Dengan mengetahui cara hemat uang jajan untuk anak sekolah, anak bisa termotivasi untuk berhemat. Selain itu juga mengajarkan anak membedakan hal yang penting dan yang tidak.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghemat uang jajan. Kalau kamu bisa mencobanya selama setahun, minimal kamu bisa mendapatkan uang 12 juta. Itu jumlah yang cukup besar dan dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan sekolahmu.

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *