Fantastis! Puluhan Manfaat Pisang Kepok yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Pisang Kepok

Fantastis! Puluhan Manfaat Pisang Kepok yang Jarang Orang Ketahui – Pisang di Indonesia merupakan buah yang termasuk sering kita temui, pasalnya pisang adalah buah tropis dan Indonesia adalah salah satu surga negara beriklim tropis di dunia.

Hampir semua penduduk Indonesia pernah makan pisang, dari mereka yang masih berumur balita sampai lansia. tekstur dari buah pisang yang lembut dibungkus dengan kulit mudah dikupas dengan warna khasnya kuning membuatnya mudah dikenali. Salah satu dari varian yang terkenal adalah pisang kepok, biasanya kita sering dapati sebagai bahan untuk membuat pisang goreng/rebus.

Manfaat Pisang Kepok
Salah satu jenis pisang di Indonesia – Source/LojinOrganicStore

Untuk rasa sepertinya tidak perlu ditanya, aroma manis dengan daging empuknya membuat siapa saja menyukai buah sejuta umat ini. Tapi taukah kamu klo dibalik rasa pisang kepok yang enaaak tersebut, terdapat kandungan gizi dan vitamin yang sangat banyak. Sehingga menjadikan pisang kepok ini akan kaya manfaat. Yuk kita ulas manfaatnya

3 Jenis Pisang Kepok

Sebelum kita bahas manfaat pisang kepok, ada baiknya kita tahu dulu jenis pisang kepok. Secara ukuran pisang kepok adalah yang paling lebar di kelasnya dan bentuknya pipih serta pendek. Tekstur pisang kepok pada umumnya pulen dan lembut ketika dimakan.

Pisang Kepok Putih

Pisang kepok putih mempunyai ukuran lebih kecil dengan kulit yang tipis, sedangkan rasanya agak hambar dan sepat sehingga sebagian orang kurang cocok mengonsumsi pisang kepok putih.

Tapi bukan berarti pisang ini kurang banyak disukai, bagi mereka yang punya peliharaan burung hias dan burung kicau pasti sangat kenal dengan pisang kepok putih. Yaps pisang kepok putih ini adalah favorit bagi burung, karena rasanya yang lebih enak dan gurih bagi burung.

Pisang Kepok putih dengan ukuran yang lebih kecil – Source/Youtube

Pisang Kepok Kuning (Merah)

Pisang kepok kuning adalah jenis pisang kepok yang sangat umum dikonsumsi, sebagian orang menyebutnya dengan pisang kepok merah. Ukuran kepok kuning lebih besar dan mempunyai kulit yang lebih tebal dibanding jenis kepok putih.

Untuk dagingnya lebih empuk dan tebal, rasanya juga sudah pasti lebih lezat. Faktanya meskipun lebih enak, burung tidak suka karena daging pisangnya lebih mudah menempel ke paruh sehingga memang yang cocok untuk jadi pakan burung adalah pisang kepok putih.

Manfaat Pisang Kepok
Pisang Kepok kuning cenderung memiliki ukuran lebih besar dan kulit lebih tebal – Source/FoodID

Kandungan Gizi dan Vitamin Pisang Kepok

Sebagai orang Indonesia kita seharusnya tidak minder ketika ada yang bilang ‘yah makan pisang kayak monyet’ karena faktanya kandungan nutrisi berupa gizi dan vitamin yang ada dalam pisang kepok sangat banyak dan berguna untuk kesehatan kita.

dilansir dari alodokter setikdanya ada 16 kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah pisang kepok, diantaranya adalah:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin B6
  4. Zat Besi
  5. Kalium
  6. Magnesium
  7. Serat
  8. Protein
  9. Karbohidrat Kompleks
  10. Zinc
  11. Folat
  12. Fosfor
  13. Lutein
  14. Flavonoid
  15. Saponin
  16. Beta Karoten

Dari ke 16 nutrisi yang terdapat dalam pisang kepok ini, kalian pasti udah kebayang kan gimana manfaatnya.

Olahan Pisang Kepok

Cara paling cepat makan pisang kepok adalah dimakan langsung, namun bagi kalian yang suka olahan pisang berikut ada beberapa cara mengolah pisang kepok ini menjadi santapan lezat ya

Pisang Kepok Rebus dan Goreng

Pisang Kepok rebus identik dengan makanan tradisional orang jaman dulu, tapi bagi kalian yang belum pernah nyobain dijamin rasanya bisa lebih enak daripada dimakan langsung. Kandungan air yang masuk ke dalam pisang menjadikan pisang tersebut lebih lunak dan manis.

Untuk pisang goreng pasti semua penduduk Indonesia sudah pernah mencobanya, siapa yang belum kenal dengan olahan pisang yang satu ini. Nah yang paling umum digunakan juga salah satu yang paling enak untuk digoreng adalah pisang kepok, jangan lupa pakai pisang kepok yang Kuning ya. hehehe

Manfaat Pisang Kepok
Kira-kira lebih enak dan lebih sehat mana ya, rebus atau goreng?

Mau rebus atau goreng, keduanya baik dimakan waktu masih hangat yaa, agar rasanya lebih nikmat.

Kolak Pisang Kepok

Kolak memang belum pasti pisang, ada kolak ubi, labu, mutiara dan lain sebagainya. Tapi olahan kolak pisang menjadi yang paling digemari dan sering muncul pada event tertentu contohnya ketika bulan puasa misalnya.

Selain olahan di atas masih banyak olahan lain yang menggunakan bahan dasar pisang kepok, kalau di daerah kalian biasanya pisang kepok diolah apa yaa?

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Pada nungguin ya manfaat pisang kepok? pisang kepok sangat banyak manfaatnya ya, ini beberapa intisari dari Alodokter, Prenagen dan Hellosehat diantaranya yaitu:

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam pisang kepok bermanfaat untuk mata, bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pisang kepok, karena selain untuk mata ibu hamil sendiri, kandungan vitamin A dalam pisang kepok akan disalurkan untuk janinnya

Membuat Kulit Jadi Glowing

Kulit glowing adalah idaman setiap wanita. siapa sangka kulit cerah dan halus dapat dibantu dengan makan pisang. kandungan nutrisi dalam pisang kepok akan diserap oleh sel sel tubuh dan menjadi regenerasi sel baru. mengonsumsi pisang kepok secara rutin dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga kulit akan nampak kencang dan halus.

Menenangkan dan Menstabilkan Mood

Adakah dari kalian yang kalau lagi BM sukanya ngga jelas sih? coba kalian cari pisang, kalau bisa pisang kepok, kandungan asam amino dalam pisang akan membantu tubuh memproduksi serotonin yang dapat membantu pikiran kita lebih tenang. Efeknya mood lebih tenang dan kita bisa kembali gembira dan semangat.

Meningkatkan Energi dan Sistem Imun

Kandungan karbohidrat kompleks yang ada di pisang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tenaga. Tidak sedikit atlet olahraga yang mengonsumsi pisang sebelum bertanding. Olahraga berat seperti sepak bola dan basket sangat membutuhkan energi yang didapat seperti pisang ini.

Melancarkan Pencernaan

Pisang kepok yang kaya akan serat dapat membantu sistem pencernaan kita bekerja semakin lancar. Tidak hanya itu, kandungan pektin yang ada dalam pisang kepok efektif untuk menyerap air, sehingga ganggungan pencernaan seperti sembelit dapat teratasi dengan mudah.

Gangguan pencernaan seperti lapar juga dapat teratasi dengan baik oleh pisang kepok, hahaha

Membantu Mengontrol Pola Makan (Diet)

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam pisang kepok dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, ditambah dengan kadar lemak yang rendah maka pisang kepok ini cocok untuk kalian yang ingin diet dan mengatur pola makan, secara jangka panjang sangat baik bagi kalian yang ingin diet.

Kesehatan Tulang

Salah satu kandungan penting dalam pisang Kepok yang baik untuk tulang adalah fructooligosaccharide. Ia adalah prebiotik yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Artinya kalau ingin tulang kita lebih kuat, maka kita perlu makan makanan yang tinggi kalsium dan dibarengi dengan pisang supaya penyerapannya lebih optimal.

Menyehatkan Jantung

Kalium yang ada di pisang Kepok ini sangat baik bagi jantung, ia dapat menurunkan tekanan darah, sehingga tekanan darah dalam tubuh kita stabil dan dapat mencegah dari hipertensi juga penyakit jantung.

Mengurangi Kadar Gula (Diabetes)

Kadar gula yang terlampau tinggi tidak baik bagi tubuh, tapi hal ini dapat diantisipasi dengan pisang kepok. Ada baiknya memilih pisang kepok yang muda dan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Kandungan mineral dan antioksidannya dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membuat hormon insulin dalam tubuh bekerja lebih baik.

Mengatasi Kelelahan dan Lemas

pernahkah anda merasakan kondisi tubuh lemah, lelah atau mungkin sulit untuk berpikir. Bisa jadi anda mengalami Anemia. Saran untuk kalian yang mengalami hal tersebut adalah perbanyak konsumsi pisang kepok karena kandungan zat besi dan folatnya dapat mengalami ganggungan tersebut.

Pisang Kepok Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil di trisemester pertama pasti mengalami morning sickness, yaitu keadaan mual yang dirasakan pada pagi hari. Bagi ibu hamil disarankan mengkonsumsi pisang kepok ya karena dapat meredakan rasa mual-mual tersebut.

Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Kandungan potasium dalam pisang kepok sangat berguna untuk fungsi ginjal yaitu menyaring kotoran sisa pencernaan berupa racun dan kotoran kemudian menjadikannya urine. Konsumsi rutin pisang dapat mengurangi resiko sakit batu Ginjal.

Masker Wajah

Sudah pernah pakai masker pisang Kepok belum? kalau kalian mempunyai kulit wajah yang kering ada baiknya menggunakan masker pisang kepok. Selain dari bahan alami, pisang Kepok sangat mudah didapatkan. Caranya yaitu kalian haluskan pisang kemudian campur dengan madu. Oleskan pada semua permukaan kulit wajah selama 30 menit kemudian bilas. Lakukan rutin yaa

Meredakan Sakit Maag

Siapa yang sering mengalami Maag kalau telat makan? coba konsumsi pisang Kepok, Antacid yang terkandung dalam pisang ini dapat menetralkan asam lambung.

Itulah ragam manfaat pisang Kepok yang dapat menjadi solusi bila kita sedang membutuhkannya. Kalian bisa menambahkan manfaat yang lain di kolom komentar yaa

Baca Juga:  Cara Membuat Bekatul Gampang, Pasti Berhasil!

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *