Indikator Pemecahan Masalah [Kemampuan Matematis]

indikator pemecahan masalah

Indikator kemampuan masalah menurut Poyla (1973) terdapat empat tahapan, yaitu: memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Melalui artikel ini kami akan membahasnya lebih lanjut secara rinci.

Sebelum kita sampai pada pembahasan mengenai indikator-indikator pemecahan masalah, ada baiknya kita juga membahas mengenai pengertian – pengertian pemecahan masalah yang disampaikan oleh para ahli terlebih dahulu.

Pengertian Kemampuan Pemecahan Masalah

Ulya, Kartono, & Retnoningsih (2014) mengemukakan pemecahan masalah tidak dapat dipisahkan dari matematika, karena pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi peserta didik.

Sundayana (2016) diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dan mendasar yang harus dikuasai peserta didik, karena pemecahan masalah dianggap sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan masalah berdasarkan informasi yang diketahui dengan menggunakan konsep matematika yang telah dimilikinya, peserta didik yang sudah biasa memecahkan masalah akan terampil dalam menyeleksi informasi yang relevan, menganalisis, dan mengevaluasi hasilnya.

Selain itu, Nopriani, dkk (2017) mengatakan bahwa pemecahan masalah adalah sebuah tahapan dimana peserta didik mencari dan menemukan apa yang mereka inginkan dengan cara yang paling efektif agar dapat memecahkan permasalahan dengan benar.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah adalah usaha peserta peserta didik untuk menemukan jawaban atau penyelesaian dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Polya (1973) menjelaskan indikator kemampuan pemecahan masalah terdiri dari empat tahapan, yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh.

Berikut tabel indikator pemecahan masalah beserta tahapannya menurut (Widodo, dkk, 2017):

Baca Juga:  Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Baru di Masa Covid-19

Indikator Tahapan Pemecahan Masalah

  Tahap Pemecahan

Masalah

Indikator Skor
Memahami masalah Peserta didik tidak menulis apa-apa sehingga, peserta didik tidak memahami masalah yang ada
Peserta didik menulis data/konsep/pengetahuan yang tidak berhubungan dengan masalah yang ada, sehingga peserta didik tidak memahami masalah 1
Peserta didik hanya menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan 2
Peserta didik mampu menuliskan atau mengungkapkan yang diketahui dan ditanyakan dengan jelas 3
Membuat rencana pemecahan masalah Peserta didik tidak mengetahui atau tidak menuliskan langkah untuk memecahkan masalah 0

 

Peserta didik mengetahui atau menuliskan langkah langkah untuk memecahkan masalah tapi tidak sesuai 1

 

Peserta didik menuliskan syarat dan ketentuan yang cukup diperlukan atau rumus masalah yang diajukan dan menggunakan semua informasi yang dikumpulkan. 2
Melaksanakan rencana pemecahan masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik tidak dapat menerapkan rencana yang telah dibuat,
Peserta didik menerapkan rencana yang telah dibuat, tetapi terdapat kesalahan kesalahan prosedur dan kesalahan algoritma 1
Peserta didik menerapkan rencana yang telah dibuat, tetapi masih ada kesalahan pada tahap memecahkan masalah 2
Peserta didik melakukan rencana yang telah dibuat, menggunakan langkah pemecahan masalah yang benar dan tidak ada kesalahan pada tahap memecahkan masalah, tetapi terjadi kekeliruan pada hasil jawaban 3
Peserta didik melakukan rencana yang telah dibuat, dengan menggunakan langkah untuk memecahkan masalah dengan benar, tidak ada kesalahan prosedural dan algoritma kesalahan. 4
Memeriksa kembali solusi yang diperoleh Peserta didik tidak melakukan pemeriksaan ulang terhadap jawabannya
Peserta didik memeriksa kembali jawabannya. 1
Skor total 0-10

Dari indikator pemecahan masalah menurut Polya (1973) dirinci sebagai berikut:

  1. Memahami masalah.

Memahami masalah adalah pemahaman peserta didik terhadap suatu masalah, tanpa adanya pemahaman masalah peserta didik tidak mampu menyelesaikan masalah dengan benar. Komponen pemahaman masalah yaitu meliputi: identifikasi apa yang diketahui dari masalah tersebut, identifikasi apa yang hendak dicari, mengabaikan hal-hal yang tidak relevan dengan permasalahan.

  1. Membuat rencana pemecahan masalah

Kemampuan menyusun rencana pemecahan masalah bergantung pada pengalaman peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan, semakin beragam masalah yang didapat peserta didik maka semakin kreatif dalam menyusun rencana penyelesaian masalahnya.

  1. Melaksanakan rencana pemecahan masalah

Pada tahap menjalankan rencana pemecahan masalah peserta didik mulai menyelesaiakan masalah dengan menggunakan cara yang dianggap paling tepat.

  1. Memeriksa kembali solusi yang diperoleh

Mengoreksi kembali jawaban dapat membuat peserta didik miliki rasa percaya diri dengan jawaban yang telah dipilih, beberapa hal yang dapat dilakukan pada tahap ini yaitu; mencek kembali, menginterpretasikan jawaban, serta mencoba dengan cara yang lain.

Demikian, semoga artikel singkat ini dapat membantu anda yang sedang mencari referensi mengenai pengertian dan indikator pemecahan masalah.

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Curriculum Researcher & Developer | Guru Kampung | Penulis Lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *