Ini Cara Menghilangkan Rasa Lapar, Yuk Merapat Yang Lagi Diet

Cara Menghilangkan Rasa Lapar
Cara Menghilangkan Rasa Lapar

Mengurangi Rasa Lapar Ternyata Ada Caranya – Suka makan tapi ngga suka kurus? Masalah klasik ini sering dialami banyak wanita yang lagi diet, untuk mengatasinya ada beberapa cara menghilangkan rasa lapar berlebih yang bisa membantu. Misalnya dengan minum air putih, atau mengunyah permen karet.

Bagi kamu yang lagi mencoba meninggalkan makanan yang cepat membuat lapar, ada baiknya kamu mencoba tips dari Haidunia kali ini.

Read More

Tips Menghilangkan Rasa Lapar Berlebih

Jenis makanan terutama jajanan yang banyak beredar memang merupakan makanan cepat saji yang membuat kita ketagihan. cukup sulit memang untuk memulai diet apabila masih mengonsumsi jenis makanan tersebut. Ulasan di bawah akan membahas cara menghilangkan rasa lapar, semoga ada yang cocok buat kamu ya.

Cara Menghilangkan Rasa Lapar
Sudah punya cara mengurangi rasa lapar yang sesuai?

Minum Air Putih

Cara pertama dan termudah adalah dengan minum air putih. Terkadang sinyal haus disalah artikan sebagai sinyal lapar oleh tubuh. Oleh sebab itu, cobalah minum air putih ketika timbul keinginan untuk makan lagi. Tunggu beberapa menit, maka hasrat ingin makan akan hilang.

Nafsu makan berlebih juga bisa ditekan dengan meminum segelas air putih yang dilakukan sebelum makan. Hal ini menimbulkan efek kenyang yang lebih cepat, serta membuat tubuh merasa puas makan. Jadi, biasakanlah minum air putih sebelum makan agar terhindar dari makan berlebih.

Selain itu, minum cukup air juga terbukti dapat menurunkan berat badan. Penelitian dilakukan pada 50 wanita yang memiliki berat badan berlebih. Selama 8 minggu mereka rutin minum 1,5 liter air putih perhari. Hasilnya, berat badan dan nafsu makan berkurang secara efektif.

Makan Permen Karet

Nafsu makan ternyata dapat dikontrol dengan mengkonsumsi permen karet loh. Menurut penelitian, orang yang mengunyah permen karet berhasil mengurangi rasa ingin ngemil. Nilai kalori makanan yang dikonsumsi di waktu makan juga berkurang.

Permen karet yang dikunyah sebaiknya permen karet bebas gula, agar tidak malah menambah nilai kalori yang dikonsumsi.

Sayangnya Sorbitol yang merupakan pemanis buatan pada permen karet tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebih. Sebab sulit diserap usus dan dapat berfungsi seperti obat pencahar. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bisa menyebabkan diare.

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Cara mengurangi nafsu makan berlebih yang ketiga adalah dengan menambah porsi makanan berprotein tinggi yang dikonsumsi. Protein menyebabkan efek kenyang yang lebih lama pada tubuh. Juga terbukti efektif menekan rasa ingin makan.

Cara Menghilangkan Rasa Lapar
Telur salah satu makanan tinggi protein yang mudah didapat

Tingkatkan konsumsi protein sebanyak 25% dari total asupan kalori yang dimakan. Penelitian serupa telah dilakukan pada menu diet pria bertubuh gemuk. Hasilnya menunjukkan bahwa berat badan menurun secara efektif.

Konsumsi Berserat

Selain makanan berprotein, makanan berserat juga telah terbukti dapat membantu tubuh mengurangi nafsu makan berlebih. Makanan berserat memperlambat jalannya proses pengosongan di perut. Akibatnya, rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Konsumsi makanan berserat juga membuat produksi hormon yang menyebabkan rasa kenyang pada tubuh menjadi bertambah. Kandungan air yang tinggi dalam makanan berserat juga semakin membantu rasa kenyang bertahan lebih lama.

Oleh sebab itu, perbanyaklah makanan makanan berserat tinggi. Misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran.

Kunyah Makanan Secara Perlahan

Tubuh tidak akan seketika merasa kenyang setelah makan. Perlu setidaknya 20 menit, untuk tubuh memproses dan memunculkan sensasi kenyang. Oleh sebab itu, kunyah makanan secara perlahan. Jangan terburu-buru apalagi langsung telan.

Siapa yang masih suka makan terburu-buru?

Dengan mengunyah makanan secara perlahan, otak akan memiliki cukup waktu untuk menangkap dan memproses sinyal kenyang pada tubuh. Dengan demikian, konsumsi makanan yang melebihi kapasitas ideal tubuh bisa dihindari.

Biasakan Sarapan

Sarapan pagi sering dianggap sepele dan dilewatkan. Padahal sarapan merupakan cara mengurangi nafsu makan berlebih yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan.

Sarapan pagi juga penting untuk memberi energi pada tubuh, untuk kembali beraktivitas setelah beristirahat semalaman.

Sarapan yang baik sebaiknya terdiri dari makanan berserat, protein, karbohidrat, dan hanya sedikit lemak. Misalnya makan bubur ayam ditambah pisang, atau roti plus telor, sayuran, dan susu. Bisa pula makan ayam goreng, namun tambahkan buah di dalamnya.

Konsumsi Jahe

Jahe juga dapat membuat nafsu makan menurun dan rasa kenyang meningkat. Tak perlu repot mengolah jahe tersebut. Cukup konsumsi sedikit bubuk jahe, sudah dapat memberikan efek di atas.

Selain jahe, meminum kopi, teh herbal, serta mengkonsumsi coklat hitam juga dapat menimbulkan efek yang sama. Rasa ingin makan berkurang dan rasa kenyang bertahan lebih lama pada tubuh.

Olahraga

Tak perlu berpikir tentang olahraga yang berat. Cukup dengan berjalan kaki di taman selama 15 menit, sudah dapat menurunkan nafsu makan secara efektif. Olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah dimana saja ini juga terbukti dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Cara Mengurangi Rasa Lapar
Jadwal berolahraga sangat penting dan mendukung program diet

Segera setelah berolahraga, hormon ghrelin yang berfungsi membuat tubuh merasa lapar menurun. Metabolisme tubuh yang meningkat karena berolahraga juga membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang.

Oleh sebab itu, rutin berolahraga dapat menurunkan nafsu makan secara efektif, paling tidak ini yang bisa jadi pilihan paling menyenangkan untuk cara menghilangkan rasa lapar

Kurangi Stres

Stres merupakan salah satu faktor penyebab munculnya nafsu makan berlebih. Saat stres nafsu makan seseorang bisa meningkat drastis. Makanan yang pilihnya pun umumnya adalah makanan tidak bergizi.

Oleh sebab itu, cara mengurangi nafsu makan berlebih dapat dilakukan dengan mengontrol stres. Jangan jadikan makanan sebagai pelarian dari stres.

Lakukan cara lain agar otak dapat refreshing. Misalnya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai dengan rutin, cukup tidur, dan sesekali pergilah berlibur atau hangout dengan teman.

Buat Jadwal dan Lakukan dengan Disiplin

Buatlah jadwal yang teratur terkait kapan waktunya makan. Bukan hanya makanan berat, tapi juga termasuk jadwal untuk ngemil. Selain itu tentukan juga proporsi makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Terkadang munculnya dorongan untuk makan terjadi akibat rangsangan dari luar. Misalnya ketika melihat makanan atau minuman yang tampak lezat. Ketika ini terjadi, tahan keinginan tersebut. Disiplinlah dengan jadwal dan proporsi makanan yang telah ditentukan.

Tanya pada Diri

Cara ini menyangkut efek psikologis. Ketika keinginan untuk makan menyerang, cobalah tanya pada diri sendiri. Misalnya ketika ingin makan kue, tanyakan pada diri “Apakah ingin makan kue?”. Tanya kan pula “Apa akibatnya jika makan kue tersebut?”.

Jika tubuh tidak benar-benar lapar dan hanya ngidam ingin makan saja, otak akan menjawab demikian. Ketika rasa ingin makan tetap bertahan meski tidak lapar, tanyakan pertanyaan kedua.

Dengan mengetahui konsekuensi jika tetap mengkonsumsi makanan secara berlebih yang tidak diinginkan, nafsu makan berlebih bisa ditekan.

Cukup Bayangkan Saja

Seperti disinggung sebelumnya, rasa ingin makan lagi seringkali muncul akibat adanya rangsangan dari luar. Jadi ketika melihat kue coklat yang lezat, atau makanan dan minuman enak lainnya tahan diri untuk membeli.

Diet teratur
Sudahkah kamu disiplin dengan program dietmu?

Cukup bayangkan saja bahwa sedang memakannya. Terdengar lucu memang, tapi cara ini telah terbukti berhasil menekan nafsu makan berlebih dengan efektif loh.

Beberapa peneliti membuktikan bahwa orang yang suka makan coklat, akan memakan lebih sedikit coklat setelah membayangkannya. Pastinya cara ini juga sangat mudah dilakukan, dimana saja kapan saja.

Semangat Dari Diri Merupakan Kunci Utama

Demikian beberapa cara mengurangi nafsu makan berlebih yang mudah untuk diaplikasikan. Menurut penelitian.

Banyak pengalaman yang membuktikan bahwa semuanya dimulai dari diri sendiri, sebanyak apapun godaan yang ada semua akan kalah kamu kita sendiri yang memulai untuk melanggarnya.

Satu tips terakhir, mengkonsumsi makanan dengan menggunakan piring yang lebih kecil, atau garpu dan sendok yang lebih besar juga efektif dalam menekan nafsu makan berlebih. Itulah tadi beberapa cara menghilangkan rasa lapar, semoga bermanfaat.

Related posts