Kenali 5 Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar

Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar
Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar

Kenali 5 Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar – Bukan hanya soal kelistrikan atau mesin mobil saja yang membuatnya tidak mau menyala. Bagian kontak mobil yang tampak sepele juga bisa mengalami masalah sehingga tidak bisa diputar. Anda tentu akan merasa kesal jika hal ini terjadi.

Walaupun kini sudah ada teknologi untuk menyalakan mobil dengan start dan stop button, bagi yang kunci kontaknya masih konvensional tentu akan sangat terganggu. Mengenali penyebab dari kesulitan diputar tersebut akan mempermudah Anda menemukan solusinya.

Read More

Lalu apa saja yang menyebabkan kunci kontak tak bisa diputar?

5 Hal yang Menyebabkan Kunci Kontak Mobil Sulit Diputar

Jangan memaksakan untuk memutar kunci kontak jika Anda merasa kesulitan. Karena akan berakibat kunci patah dan menyangkut pada bagian dalam kontak. Hal ini akan menimbulkan masalah dan biaya lebih besar lagi untuk memperbaikinya.

Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar
Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar

Padahal mungkin saja penyebabnya adalah sepele yang bisa Anda perbaiki dengan cepat. Berikut ini beberapa penyebab kunci kontak mobil yang tidak bisa diputar.

1. Kunci Mobil Sudah Bengkok

Penyebab Kunci Kontak Mobil Sulit untuk Diputar
Kunci yang bengkok seperti ini sangat sulit untuk dimasukkan

Setiap kunci mobil pasti memiliki bentuk berbeda yaitu gerigi kunci yang bervariasi. Penyebab yang paling sering terjadi adalah bengkoknya anak kunci dan tak disadari atau tak terlihat mata langsung.

Padahal kunci yang bengkok tidak akan bisa digunakan untuk memutar kontak. Cara mengeceknya adalah dengan meletakkan kunci di bidang yang datar serta keras. Coba lihat apakah kunci tampak bengkok dan tidak sama datarnya dengan bidang di bawahnya?

Jika permasalahannya adalah kunci mobil yang bengkok, lebih baik untuk mengganti anak kunci dengan yang baru.

2. Lubang Kontak Mobil yang Kering

Tahukah Anda bagian dalam lubang kunci kontak membutuhkan pelumas yang memudahkan kontak untuk berputar. Tidak terlihat langsung membuat lubang kunci ini terabaikan perawatannya.

Selama sering digunakan untuk memutar kunci kontak, pelumas yang sejak awal digunakan tentu lama kelamaan akan mengering. Anda akan kesulitan memutar kontak jika bagian dalamnya terlalu kering.

Cara mengatasinya adalah dengan melumasi anak kunci kemudian memasukan ke lubang kunci. Coba putar perlahan beberapa kali sampai mesin menyala.

3. Setir Mobil Masih Terkunci

Saat pertama kali memutar kunci kontak dan tidak bisa dilakukan Anda tidak perlu panik. Cobalah untuk mengecek apakah setir mobil masih terkunci. Saat setir terkunci Anda tidak akan bisa memutar kunci kontak.

Oleh karena itu Anda harus membuka kunci setir terlebih dahulu dengan memutar kunci ke arah kiri dan putar kemudian sampai sistem penguncian terbuka. Ketika setir sudah bisa digerakkan, cobalah untuk memutar kunci kontak dan menyalakan kendaraan.

4. Perseneling Tidak Di Posisi P

Pada mobil matic saat hendak menyalakan kendaraan perlu memposisikan pada posisi P terlebih dahulu. Jika perseneling berada di posisi selain P maka kunci kontak tidak akan bisa diputar dan mobil tidak kunjung menyala.

Tujuan dari penguncian ini adalah supaya ketika kendaraan dinyalakan tidak akan meloncat ke depan. Oleh karena itu Anda tidak perlu terburu-buru memanggil montir ketika penyebabnya adalah ini.

5. Rem Tangan Masih Aktif

Saat hendak menyalakan mobil Anda juga harus mengecek posisi dari rem tangan. Apakah rem tangan masih aktif? Jika iya maka akan menyebabkan kunci kontak tidak bisa diputar. Anda harus menonaktifkan rem tangan sehingga kendaraan bisa dinyalakan.

Rem tangan berfungsi untuk menjaga agar kendaraan tidak berjalan sendiri, tetapi akan menjadi penyebab kontak tidak akan menyala.

Periksa Kontak Jika Tidak Bisa Diputar ke Suzuki area Surabaya

Apakah Anda sudah memeriksa penyebabnya dan mengikuti beberapa solusi di atas? Tapi kenapa kunci kontak masih belum juga bisa diputar? Artinya ada permasalahan yang terjadi pada kunci kontak mobil Anda.

Jika masalah masih berlanjut sebaiknya Anda datangi Suzuki Sejahtera Buana Trada untuk melakukan pengecekan secara langsung. Bisa juga mengakses suzukitrada.id bagi Anda yang sedang berada di area Surabaya.

Isilah formulir untuk penjadwalan service dan pengecekan mobil secara berkala. Anda juga bisa melakukan tune up agar kondisi mobil kembali lebih prima. Suzuki memberikan berbagai kemudahan Anda untuk mengakses layanan secara cepat dan bebas antrian.

Related posts