Makanan Burung Emprit yang Wajib Diketahui Oleh Para Pecinta Burung!

Makanan Burung Emprit  – Tahukah anda bahwa burung emprit adalah burung yang jenis makanannya bermacam-macam, bagi anda pecinta burung emprit tentu harus mengerti apa saja makanan burung emprit supaya tidak keliru dalam memberikan makan.

Makanan burung emprit tidak terlalu sulit untuk dicari, karena bahan makananya ada di sekitar kita loh. Mulai dari serangga, biji-bijian dan buah-buahan. Nah bagi anda pemilik burung emprit ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa anda berikan pada burung emprit atau juga dikenal dengan burung pipit.

Read More

Namun sebelum membahas apa saja makanan burung emprit yang saya rekomendasikan, ada baiknya kita kenalan dulu yuk sama jenis burung satu ini.

Burung emprit atau pipit adalah jenis burung yang masuk dalam keluarga Estrildidae. Burung yang masuk dalam jenis ini biasanya dianggap sebagai hama pertanian, sehingga tidak mengherankan banyak kalangan utamanya para petani yang merasa resah dengan kehadiran burung emprit karena dianggap hama pertanian.

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, biasanya berwarna hitam, coklat dan putih dan tubuhnya bulat. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat sedangkan muka dan dada atas berwarna hitam dan di sebelah perut dan tubuh berwarna putih.

Sebaran burung emprit ini ada di beberapa wilayah Indonesia, anda bisa menjumpai burung pipit ini di Jawa, Bali, Sumatera dan NTT. Tempat yang disukai burung emprit biasanya adalah ranting pohon, kabel listrik dan tidak jarang burung kecil ini suka memakan bulir padi sehingga seringkali membuat kesal para petani.

Namun terlepas dari pro kontra wacana pembasmian burung emprit yang dianggap hama, tidak sedikit juga orang yang memelihara burung mungil ini untuk kesenangan dan hobi. Nah berikut beberapa rekomendasi makanan burung emprit yang semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Makanan Burung Emprit, Mudah dan Murah

Makanan burung pipit sendiri tidaklah sulit untuk didapatkan, harganya juga murah. Lalu apa saja makanan burung mungil yang satu ini?

Buah-Buahan

makanan burung emprit

Anda bisa memberi makanan burung ini dengan buah-buahan, diantara buah yang disukai emprit adalah pisang selain itu emprit juga mengkonsumsi pepaya, tentu pisang dan pepaya yang sudah matang.

Namun yang perlu diketahui memberi makanan emprit berupa buah tidak perlu setiap hari alias secukupnya saja. Karena makanan utama dan pokok dari pipit adalah biji-bijian.

Anda bisa memberikan buah kepada burung kecil ini setidaknya satu minggu sekali.

Biji-Bijian

makanan burung emprit

Biji-bijian adalah makanan utama burung ini, anda harus mempersiapkan bijian dalam jumlah yang banyak untuk bahan stok makan emprit. Tapi harus dicatat bahwa biji-bijian yang anda berikan harus yang berkualitas terbaik.

Pakan biji-bijian yang direkomendasikan adalah dari variasi millet dan biji kenari, asal anda tahu kedua jenis biji tersebut sangat digemari oleh burung emprit.

Tapi kalau ingin mudah lagi anda bisa menggunakan pakan bulir beras, tapi ingat bulir beras tersebut harus sudah ditumbuk secara halus terlebih dahulu supaya bisa dimakan oleh emprit yang mungil.

Serangga Kecil

makanan burung emprit

Serangga kecil ulat atau telur semut adalah makanan opsional berikutnya. Anda tidak harus memberikan emprit makanan berupa serangga kecil karena memang bukan makanan utamanya. Serangga hanyalah makanan tambahan yang tidak perlu dipaksakan untuk seekor emprit.

Jika memberikan makan pipit berupa serangga kecil tidak perlu juga memberikan setiap hari, karena makanan utamanya adalah biji-bijian yang sudah saya singgung diatas.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi makanan untuk burung pipit yang bisa anda pedomani. Kesimpulannya adalah makanan terbaik bagi emprit adalah biji-bijian sedangkan yang lainnya hanya opsi saja.

Semoga bermanfaat yaa 😉

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.