Manfaat Lapar Menurut Islam, Begini Cara Menahan Lapar yang Sehat

Manfaat lapar menurut islam
Manfaat Menahan Lapar Menurut Islam

Haidunia.com – Ternyata banyak rahasia manfaat yang dahsyat jika kita menahan lapar, yang mana hal ini jarang kita syukuri. Sehingga kiranya penting di laman ini kita ulas mengenai manfaat lapar menurut Islam.

Manfaat lapar menurut Islam di luar konteks berpuasa ada beberapa yang akan kita uraikan. Tentunya manfaat menahan lapar ini tidak akan didapatkan oleh orang-orang yang sehari-hari berlebihan dalam makan.

Mengenai banyaknya manfaat lapar menurut Islam sebenarnya telah banyak diungkap oleh dr. Zaidul Akbar yang merupakan seoarang pakar herbal No 1. Indonesia.

Inilah Manfaat Lapar Menurut Islam

Manfaat lapar menurut Islam adalah jawaban dari alasan, mengapa mengapa beberapa orang dianjurkan menunda makan sebagai bentuk tindakan medis untuk dirinya.

Ternyata ada manfaat yang dahsyat jika seseorang sanggup menahan lapar, sebagaimana pernah diungkap oleh dr Zaidul Akbar. Memang banyak di antara kita yang belum menyadari hal tersebut.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh tubuh pada kondisi lapar tersebut. Namun tentunya jika saat ini di rumah kita terdapat cukup makanan untuk dinikmati bersama keluarga, maka itu juga satu hal yang harus kita syukuri bersama.

Nah, bagi Anda yang sekarang juga sedang menahan lapar, maka bersabarlah. Karena akan ada manfaat dari kesabaran Anda menahan lapar.

Menahan Lapar Adalah Salah Satu Kunci Sehat

Sejujurnya diri manusia itu memang lebih sabar terhadap makanan daripada minuman. Dr. Zaidul Akbar melalui salah satu kanal YouTube menjelaskan:

“Nanti kalau kita sudah sampai pada pemahaman di titik ini, Allah akan perbaiki emosi dan akhlaq kita. Jadi kuncinya sehat adalah jangan banyak makan, maka kita harus pandai mengatur atau menahan lapar.

Dan sekali makan jangan banyak-banyak.”

Kata beliau lebih lanjut:

“Karna sepiring rasa sabar, sepiring rasa syukur, ikhlas, tawadhu, penyayang, pemaaf, akan lebih kita butuhkan daripada  satu piring yang berisi makanan paling sehat sedunia sekalipun.”

Begitu nasehat dr. Zaidul Akbar dalam salah satu ceramahnya.

Menahan Lapar  Sebagai Kedisiplinan Diri

Salah satu quotes dari dr Zaidul Akbar yang viral adalah ““Hunger is the first element of subdicipline, if you can control hunger, you can control everything else.”

Lapar adalah elemen pertama kedisiplinan diri.

Kata kuncinya, menurut beliau;

“Jika kita bisa mengendalikan lapar maka kita bisa mengendalikan yang lain. Misalnya kita bisa menahan amarah, lebih banyak bersabar, tidak mengeluh, dan sebagainya.”

Itulah pentingnya dari manfaat menahan lapar yang perlu dilakukan seseorang. Ternyata dengan kemampuan menahan lapar tersebut kita bisa secara langsung berlatih mengontrol banyak hal.

Karena kemampuan menahan lapar  menjadi salah satu kunci kedisiplinan diri, maka wajar wajarlah jika generasi sahabat menjadi generasi terbaik sepanjang sejarah umat manusia.

Mereka adalah generasi yang sering puasa. Sehingga mereka memiliki self controlling yang baik.

Ini yang membedakan dengan generasi di akhir jaman yang sedikit-sedikit makan. Lalu apa yang terjadi dalam tubuh saat kita menahan lapar?

Menahan Lapar Sebagai Detox

Dalam salah satu ceramahanya yang laian, dr. Zaidul Akbar menyampaikan manfaat terpenting disaat kita menahan lapar, yakni kemampuan tubuh kita melakukan auto detox.

Detox diambil dari kata detoksifikasi yang artinya proses pembuangan toksin atau racun dari tubuh.

Sehingga saat kondisi kita lapar, kemudian kita tahan, maka sesungguhnya kita sedang mempersilakan tubuh kita untuk melakukan pembuangan toksin yang selama ini masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:  Perbedaan Robusta dan Arabika, Kalian Pilih Mana Nih?

Manfaat yang lain juga dr. Zaidul jelaskan:

Pertamabody fat atau masa lemak tubuh pasti akan menurun.

Kedua; terjadi apoptosis atau pembuangan sel-sel yang sudah rusak dan tidak digunakan oleh tubuh.

Ketiga; tubuh kita akan memperbaiki signal-signal yang berhubungan dengan metabolisme gula, hal ini penting untuk mengurangi penumpukan gula yang bisa menyebabkan diabetes militus.

Keempat; sensivitas insulin akan diperbaiki atau ditingkatkan. Insulin merupakan hormon penting yang bekerja untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Kinerja utamanya berkaitan dengan fungsi metabolisme dan pemenuhan kebutuhan sumber energi bagi seluruh sel tubuh.

Kelima; terjadi autofagi yaitu suatu kondisi tubuh kita menjalani proses semacam memakan sel-sel yang telah mati dan mendaur ulang.

Dan proses autofagi ini hanya bisa dilaksanakan jika tubuh kita pada kondisi lapar.

Semoga penjelasan di atas menguatkan hati kita untuk tidak terlalu khawatir jika sedang berada dalam kondisi lapar. Niatkan lah agar kita mendapatkan manfaat dari menahan lapar jika kita mengalami kondisi kesulitan makanan.

Anda bisa mengunjungi materi kami yang lain yang kami sadur dari ceramah-ceramah dr. Zaidul Akbar mengenai manfaat makan tempe mentah dan manfaat mengatur jam sarapan pagi.

Manfaat lapar menurut Islam menjadikan kita memiliki perspektif lain untuk bersabar. Tahanlah setengah sampai satu jam saat kita merasa lapar, dan biarkanlah tubuh kita melakukan bersih-bersih terhadap racun dan sel-sel yang tidak berguna dalam tubuh. (***)

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *