Pengertian Tes, Fungsi, Klasifikasi & Ciri Tes yang Baik Menurut Ahli

pengertian tes
banner 468x60
banner 468x60

Pengertian tes, fungsi, klasifikasi & ciri tes yang baik – Dalam dunia pendidikan kita akan selalu membicarakan 3 hal, yaitu: tujuan pendidikan, cara atau proses mencapai tujuan pendidikan, dan yang ketiga adalah cara mengukur tingkat ketercapaian tujuan pendidikan yang telah dicanangkan tersebut.

Cara untuk mengukur untuk mengukur keberhasilan suatu proses pembelajaran bisa dilaksanakan melalui tes dan non tes. Untuk bahasan kita kali ini akan mengulik lebih jauh mengenai proses evaluasi pembelajaran dengan cara tes.

Artikel ini antara lain akan membahas mengenai pengertian tes menurut para ahli, fungsi tes, klasifikasi tes dan ciri-ciri atau karakter tes yang baik. Selamat membaca!

Pengertian Tes Secara Bahasa

Tes berasal dari bahasa Latin testum yang berarti alat untuk mengukur tanah. Dalam bahasa Prancis kuno, kata tes berarti ukuran yang dipergunakan untuk membedakan antara emas dengan perak serta logam lainnya (Chabib Toha, Buku: Teknik Evaluasi , hal. 43)

Testing adalah saat pengambilan tes, testee adalah responden yang sedang mengerjakan tes sedangkan tester adalah subjek evaluasi (Suharsimi Arikunto, Buku: Dasar-Dasar , hal. 53)

Pengertian Tes Menurut Ahli

Sedangkan dilihat dari segi istilah, ada berbagai macam pendapat mengenai pengertian tes dari beberapa ahli berikut:

Anne Anastasi (1976)

Menurut Anastasi dalam bukunya Psychological Testing, pengertian tes adalah  suatu pengukuran yang obyektif dan standart terhadap sampel perilaku (Syaifuddin Azwar, Buku:Tes Prestasi, hal. 3)

Frederick G Brown (1976)

Menurut Brown, pengertian tes adalah prosedur yang sistematik guna mengukur sampel perilaku seseorang. Sistematik juga memiliki pengertian obyektif, standart dan syarat-syarat kualitas lainnya (Syaifuddin Azwar, Buku:Tes Prestasi, hal. 3).

Menurut Lee J. Cronbach

Cronbach dalam bukunya yang berjudul Essential of Psychological Testing, menyatakan pengertian tes adalah suatu prosedur yang sistematis untuk membandingkan tingkah laku dua orang atau lebih.

Menurut Sumardi Suryabrata (1984)

Pengertian tes adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan atau perintah-perintah yang harus dijalankan, yang mendasarkan harus bagaimana testee menjawab pertanyaan-pertanyaan atau melakukan perintah-perintah itu, penyelidik mengambil kesimpulan dengan cara membandingkan dengan standart atau testee lainnya.

Test is a systematic procedure for comparing the behavior of two or more individuals. Tes merupakan prosedur sistematis yang direncanakan oleh evaluator guna membandingkan perilaku dua orang atau siswa atau lebih.

Dalam kenyataannya tes pada umumnya terdiri atas sekumpulan pertanyaan atau tugas yang harus dijawab oleh para peserta didik atau test is a grup of questions or tasks to which a student is to respond (Sukardi, Buku: Evaluasi pendidikan, Hal. 20)

Muchtar Buchori

Tes menurut Muchtar Buchori, yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto, adalah suatu percobaan yang diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid.

Drs. Amir Daien Indrakusuma

Dalam bukunya yang berjudul Evaluasi Pendidikan Drs. Amir Daien Indrakusuma yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan obyektif untuk memperoleh data-data atau keterangan-keterangan yang diinginkan tentang seseorang, dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat

Webster’s Collegiate mendefinisikan tes sebagai any series of questions or exercises or other means of measuring the skill, knowledge, intelligence, capacities of aptitudes or an individual or group.

Kalimat di atas bisa disimpulkan, pengertian tes adalah serentetan pertanyaan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.

Dari beberapa uraian dan kutipan di atas jika dikaitkan dengan evaluasi pendidikan dapat ditarik kesimpulan bahwa tes adalah prosedur yang sistematis, obyektif dan standart yang berupa serentetan pertanyaan atau latihan yang harus dijawab oleh testee untuk menghasilkan suatu nilai yang mencerminkan tingkah laku atau prestasi testee.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.