Persiapan SBMPTN 2022 Paling Praktis!

PERSIAPAN UTBK SBMPTN 2022
PERSIAPAN UTBK SBMPTN 2022

Persiapan SBMPTN 2022 – Hallo Calon mahasiswa baru 2022. Jadwal pelaksanaan SBMPTN sudah dirilis nih oleh LTMPT. Yuk, sekarang waktunya kita mempersiapkan diri sedini mungkin agar bisa lulus masuk kampus impian.

Persiapan SBMPTN 2022 memang harus dipersiapkan sedini mungkin oleh kalian. Karena bagaimanapun persaingan untuk masuk kampus favorit akan selalu keras. Dimana tingkat ketetatan semakin tahun semakin meningkat.

Read More

Tapi kalian tidak usah khawatir, karena tim haidunia.com kali ini akan berbagi informasi penting mengenai cara dan tahapan kalian untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Silahkan disimak, dan semoga bisa untuk membantu kalian!

Pantau Terus Website LTMPT

Pantau terus website resmi dari LTMPT, yaitu di ltmpt.ac.id. LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang ditunjuk secara resmi oleh pemerintah sebagai penyelanggara tes masuk calon mahasiswa baru. Lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Website Resmi LTMPT Untuk Persiapan SBMPTN 2022
Website Resmi LTMPT Untuk Persiapan SBMPTN 2022

Dari website resmi ltmpt.ac.id kita akan mengetahui semua hal valid mengenai:

  1. Persyaratan peserta
  2. Tahapan pendaftaran
  3. Jadwal seleksi UTBK SBMPTN 2022
  4. Materi seleksi UTBK SBMPTN 2022
  5. Pilihan program studi
  6. Biaya UTBK

Dan banyak informasi lainnya

Tentukan Jurusan Program Studi

Persiapan SBMPTN 2022 harus dimulai dari pemilihan jurusan atau program studi. Pastikan jurusan yang kalian pilih sudah dikomunikasikan dengan orang tua. Mengapa? Ya, karena bagaimanapun orang tua adalah yang akan membiayai kuliah kalian. Kecuali jika kalian sudah mandiri dan sudah memiliki penghasilan.

Jurusan Favorit Pada UTBK

Jurusan favorit pada UTBK SBMPTN diukur dengan tingkat ketetatan. Berikut ini adalah contoh jurusan favorit dan tingkat kekektatan tertinggi pada tahun UTBK SBMPTN 2020:

Prodi Saintek:

  • Teknik Informatika UNPAD (1:77)
  • Kedokteran Gigi UNDIP (1:58)
  • Kedokteran UGM (1:58)
  • Pendidikan Dokter UI (1:56)
  • Ilmu Komputer UGM (1:51),

Prodi Soshum:

  • Ilmu Komunikasi UI (1:125)
  • Ilmu Hubungan Internasional UI (1:90)
  • Ilmu Komunikasi UNPAD (1:87)
  • Manajemen UNPAD (1:86)
  • Ilmu Komunikasi UNY (1:83).

Mengapa saya memilih jurusan ini?

Kalian yang sudah menetapkan pilihan terhadap satu jurusan, cobalah untuk merenung sejenak dan temukan kembali; “Mengapa saya memilih jurusan ini?”  Hal ini penting, karena tidak sedikit mahasiswa di Indonesia pada perjalanan studinya merasa salah dalam memilih jurusan.

“Dari survey yang telah dilakukan diketahui bahwa hampir 50 % mahasiswa teknik informatika merasa tidak cocok dan merasa salah memilih jurusan. Hasil ini sejalan dengan survey survei Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, 87 persen mahasiswa Indonesia mengaku salah jurusan. Angka ini tentulah jumlah yang sangat besar.”

Ini adalah beberapa alasan mengapa calon mahasiswa baru tetap memilih jurusan yang justru ramai peminat:

  • Menunjukkan kemampuan berkompetisi
  • Dianggap pintar
  • Jurusan yang aplikatif (ada modal passion, latar belakang bisnis orang tua, dan lain sebagainya)
  • Kemudahan mendapatkan pekerjaan (berkaitan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dimasa depan)

Tolak Ukur Diterima Masuk PTN

Apa saja yang menjadi tolak ukur diterimanya seorang calon mahasiswa dalam suatu jurusan? Jika melalui jalur UTBK berarti kalian akan masuk kampus melalui Jalur SBMPTN. Apa sih yang menjadi tolak ukur atau tergantung dari apanya calon mahasiswa itu bisa masuk PTN?

Inilah beberapa yang jadi tolak ukurnya:

  • Pilihan PTN
  • Pilihan Prodi
  • Daya tampung
  • Banyaknya peminat
  • Nilai UTBK
  • Keketatan Prodi

Berikut adalah cara menganalisisnya:

  • Misal; Jurusan ilmu tanah UGM 2020
  • Daya tampung : 27 mahasiswa
  • Peminat           : 432
  • Keketatan        : 6% (lumayan ketat, semakin rendah presentase maka semakin ketat atau dengan kata lain semakin sulit. Sebaliknya semakin tinggi presentase maka semakin mudah)
  • UTBK              :     634.33   (rata-rata nilai UTBK yang kan diterima)

Pada faktanya, akan dirangking sesuai nilai UTBK yang terbaik.

Cek Ketentuan Pendaftaran UTBK SBMPTN

Jika dilihat dari ketentuan umum, maka ada beberapa hal yang diatur, yaitu:

  • Persyaratan
  • Jenis dan tahapan pendaftar
  • Jenis tesnya
  • Jumlah pilihan PTN dan Prodi
  • Biaya UTBK
  • Kapan diumukan hasilnya,

Kesemuanya itu diatur oleh LTMPT. Jadi kalian tinggal akses laman resminya di ltmpt.ac.id

Perhatikan Alur Pendaftaran SBMPTN 2022

Perhatikan alur pendaftaran SBMPTN 2022 dengan seksama. Dan Jangan sampai ada tahapan yang kalian lewatkan, karena akan diminta mengulang kembali tahap yang terlewat. Perhatikan bagan alur pendaftaran berikut ini:

Tahapan Pendaftaran Untuk Persiapan SBMPTN 2022
Tahapan Pendaftaran Untuk Persiapan SBMPTN 2022

Silahkan kalian ikuti alur di atas, sehingga bisa mengatur persiapan UTBK 2022 sebaik mungkin, terutama dalam manajemen waktu belajar.

Persiapan SBMPTN 2022

Persiapan SBMPTN 2022 meliputi beberapa hal yang harus benar-benar kalian perhatikan dan persiapkan sebaik mungkin. Di antaranya adalah;

  1. Persiapan waktu belajar
  2. Bimbel Persiapan SBMPTN 2022
  3. Buku Persiapan UTBK 2022
  4. Mengikuti Try Out Persiapan UTBK 2022
  5. Trik menetapkan pilihan jurusan

Sekarang mari kita bahas masing-masing topiknya.

Persiapan Waktu Belajar

Persiapan waktu belajar dalam mempersiapkan diri mengikuti UTBK SBMPTN banyak ditanyakan dalam sejumlah survei.  Adapun korespondennya adalah mereka yang telah menjadi mahasiswa baru melalui jalur UTBK SBMPTN. Ternyata 34% menjawab bahwa persiapan UTBK sudah dijalani sejak 6 bulan sebelum pelaksanaan tes seleksi.

Sekarang perhatikan jadwal yang telah dirilis oleh LTMPT:

  1. Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 – 15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret – 15 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei – 03 Juni 2022
  6. Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2021
  7. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni – 31 Juli 2022

Dengan memperhatikan jadwal di atas, maka kalian mulai dari sekarang sudah bisa memperkirakan sendiri mengenai kapan kiranya waktu belajar yang pas bagi kalian.

Bimbel Persiapan SBMPTN 2022

Bimbel persiapan SBMPT 2022 juga tidak dapat dipungkiri lagi peran sertanya. Karena memang lembaga bimbel memiliki sejumlah soal tes yang secara kisi-kisi telah melalui riset yang mendalam. Sehingga adakala soal-soal yang disajikan oleh tim tutor atau pengajar bisa sangat mirip dengan soal asli yang nantinya ditemui oleh para peserta tes UTBK SBMPTN 2022.

Untuk hal ini saya merekomendasikan salah satu Bimbel online yang sedang tumbuh pesat di Yogyakarta, yaitu Bimbel Kelas Intensif yang diselenggarakan oleh WidyaEdutech. Dalam bimbel kelas intensif banyak sekali ditawarkan program-program yang sesuai untuk persiapan UTBK 2022, di antarnya:

(1) Diskusi interaktif di kelas online bersama inspiring tutor
(2) Rekaman pembelajaran yang bisa ditonton ulang
(3) Program tanya soal sampai paham
(4) Try Out yang hasilnya dihitung menggunakan sistem IRT
(5) Buku Bank soal dari tahun 2010-2021

dan masih banyak fasilitas lainnya.

Buku Persiapan UTBK 2022

Buku persiapan UTBK 2022 juga sangat penting untuk kamu miliki. Mengapa? Ya, karena dari tahun-ke tahun soal yang diujikan selalu ada kemiripan. Melalui buku bank soal persiapan UBTK kamu akan mengetahui perkembangan kisi-kisi yang paling update. Sehingga materi yang dipelajari pun bisa lebih fokus.

Oleh karenanya saya juga menyarankan untuk memiliki buku bank soal dari WidyaEdutech. Karena di dalamnya termuat kumpulan soal asli dan jawabannya mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2021. Sangat lengkap bukan?

Mengikuti Try Out Persiapan UTBK 2022

Mengikuti try out persiapan UTBK 2022 juga jangan sampai dilupakan. Karena try out menjadi ukuran bisa mengukur perkembangan atau kemajuan belajar kalian. Dan yang terpenting untuk saat ini adalah try out yang kalian ikuti sudah mengikuti sistem perhitungan yang terbaru, yaitu sistem IRT (Item Response Theory).

Untuk saat ini sudah banyak try out persiapan UTBK 2022 yang dilakukan secara online melalui aplikasi. Silahkan kalian ikuti try out baik yang gratis maupun berbayar. Karena kalian akan tahu kelebihan dan kekurangan yang perlu ditingkatkan kembali dalam belajar.

Trik Memilih Jurusan

Trik memilih jurusan juga perlu sekali kalian pahami. Nah, pada ujian UTBK SBMPTN bisa memilih berapa jurusan?

Pada UTBK SBMPTN tahun sebelumnya, peserta diberikan kesempatan memilih 2 program studi. Bisa dalam PTN yang sama, misal Teknik sipil UGM dan Teknik Mesin UGM. Atau memilih program studi yang sama pada kampus berbeda, misal mengambil jurusan teknik listrik UGM dan juga teknik listrik UNDIP.

Tips memilih jurusan

Bagaimana teknis dan tips urutan prioritas saat pemilihan jurusan dan universitas? Urutan dalam memilih program studi itu menunjukkan prioritas. Jadi program studi mana yang paling diminati ada sebaiknya dipasang pada urutan pertama.

Pahami semua aturan SBMPTN

Urutan sesuai prioritas, yang paling diminati jadikan di no 1. Pertimbangkan urutan kedua. Tips untuk program studi urutan kedua, yang pertama program studi ini benar-benar kamu minati. Kemudian pastikan persaingan program studi yang kedua ini lebih rendah dari pada program studi yang pertama.

Persiapan SBMPTN 2022 ini sekali lagi harus kalian perhatikan benar-benar. Mengingat setiap tahun selalu meningkat tingkat persaingan nya. Agar persiapan UTBK 2022 kalian lebih matang, silahkan kunjungi laman: SNMPTN dan UTBK SBMPTN Sudah Diluncurkan, Sukses UTBK SBMPTN 2021, Pendaftaran UTBK 2021-SBMPTN. Terakhir, saya doakan kalian semua sukses menembus kampus impian! Aamiin.

Related posts