Problem Solving

Posted on

Arief bahtiar rifai – Pendidikan, Pemikiran

Mengenal organisasi bukan hal yang baru dalam kehidupan setiap orang, bahkan organisasi sudah bagian dari kehidupan dan suatu kegiatan yang rutin dilakukan. Organisasi juga sebagai wadah untuk berbagi cerita dan berbagi kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kinerjanya masing-masing, semua ini akan menghadapi berbagai permasalahan yang ada dari yang termudah sampai yang tersulit akan dihadapi bersama dalam dekapan organisasi.

Berlatih menyelesaikan masalah (sumber)

Sebuah organisasi tidak akan pernah sempurna atau lepas dari sebuah masalah, sementara orang banyak yang mengira bahwa organisasi yang sehat itu adalah organisasi yang tidak ada gesekan sama sekali dan berjalan dengan mulus sampai akhir, tetapi saya katakan ini adalah bukan organisasi sehat yang semestinya dalam organisasi pasti akan mendapatkan kendala dan permasalahan. Memang semua orang menginginkan tidak ada masalah tetapi itu adalah hal yang mustahil dalam organisasi baik konflik individu, kelompok bahkan gesekan dari luar, semua memiliki peran dan permasalahan yang berbeda.

Pemasalahan yang timbul biasanya dalam berorganisasi adalah perbedaan pendapat, ide, gagasan dan pola fikir yang radikal sehingga menimbulkan permasalahan yang harus dipecahkan bersama, jika organisasi tidak bisa menyelesaikan permasalahan dalam tubuh organisasi maka itu bukan sekelompok orang yang berorganisasi tetapi sekelompok yang akan menghancurkan citra organisasi. Kita pasti mengenal dengan istilah problem solving didalam organisasi dan ini pasti akan diberikan edukasi oleh pimpinan tentang pemecahan masalah yang ada pada organisasi.

Sekarang ini di sekolah, dan di asrama kita memiliki organisasi dan memiliki permasalahan sendiri, betul? Sekarang kita fikirkan bersama dengan pengertian organisasi itu sendiri apakah anda mengetahui organisasi?. Baiklah organisasi itu sendiri adalah kumpulan beberapa orang yang memiliki tujuan visi dan misi bersama dan menciptakan untuk mewujudkan visi dan misinya.

BACA:  Presiden: Berapa Jumlah Guru Honorer yang Belum Sejahtera?

Jika kita sudah mengerti apa itu arti organisasi maka kita harus menerapkan manajemen dasar di dalam sebuah organisasi yaitu kekompakan dalam kinerja, komunikasi dan tanggung jawab, jika manajemen dasar ini bisa berjalan maka organisasi akan berjalan dengan baik meskipun akan banyak rintangan dalam melaksanakan visi dan misi.

Sekarang kita fokus membahas tentang problem solving yang akan kita hadapi dalam organisasi, coba perhatikan pengertian di bawah ini;

  1. Sebuah pandangan seseorang dalam menyikapi permasalahan yang mengambil kesimpulan dengan cara dan solusi secara bijak dan tepat.
  2. Sebuah proses yang diawali oleh pengamatan perbedaan diantara keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan (Anderson)
  3. Hasil dari kesadaran bahwa kondisi yang terjadi belum sempurna dan berkeyakinan bahwa masa depan bisa dibuat menjadi lebih baik dengan harapan akan tercapai
Ide berawal dari masalah (sumber)

Definisi tersebut mengarahkan kita agar mengetahui bagaimana konflik dan masalah itu timbul, jika dalam benak kita masih ada fikiran yang mngkin saja ada di alam pengertian maka kita perbaiki dengan baik dan mengambil semua pelajaran yang sudah berlalu.

Sumber masalah dan konflik dapat dijabarkan sebagai berikut;

  1. Faktor komunikasi – miskom antar anggota
  2. Faktor struktur tugas maupun struktur organisasi – beda pendapat antara ketua dan bendahara
  3. Faktor yang bersifat personal – masalah pribadi yang disangkutkan kedalam organisasi
  4. Faktor lingkungan – tidak adanya dukugan dari pihak tertentu

Langkah-langkah dalam mencari problem solving;

  1. Pengenalan dan defenisi masalah
  2. Penentuan sejumlah solusi alternatif
  3. Penentuan kriteria yang akan digunakan dalam mengevaluasi solusi alternatif
  4. Evaluasi solusi alternatif
  5. Pemilihan solusi alternatif terpilih
  6. Implentasi solusi alternatif terpilih
  7. Evaluasi hasil yang diperoleh untuk menentukan diperolehnya

Tingkatan Problem Solving

  1. Simpel

problem yang hubungan antara penyebab dan akibatnya sangat jelas dan erat.

BACA:  Refleksi Kemerdekaan, Mengapa Kita Mau Merdeka?

Sense->Categorize->Respond. (Memahami masalah – jenis permasalahan- Merespon)

tinggal melihat situasinya bagaimana, kemudian mengidentifikasi akar masalahnya termasuk kategori apa, kemudian langsung merespon/mencabut akar masalahnya.

  1. Complicated/Rumit

Problem yang hubungan antara penyebab dan akibatnya belum jelas.

Sense->Analyze->Respond (Memahami- menganalisisi- Respon)

Contoh: Keterlambatan dalam pencairan dana BEM /organisasi

  1. Chaos/ Kacau

Problem yang tidak memiliki hubungan antara penyebab dan akibat.

Act->Sense->Respond (Tindakan- Pemahaman terhadap sesuatu- merespon)

Gesekan-gesekan baik internal atau eksternal dalam organisasi:

  1. Internal
  2. Personal/individu
  3. Kelompok/departemen
  4. Antar departemen
  5. Eksternal
  6. Organisasi lain
  7. Kampus
  8. Fakultas
  9. Teman sesama organisasi yang berbeda

Setelah mengetahui pengertian dari organisas dan problem solving semoga dapat menerapkan dengan baik dan selalu menjaga komunikasi diantara patner kerja.

Oleh: Arief bahtiar rifai
Editor: Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *