Resensi Buku Media Pembelajaran Matematika Karya Teguh Wibowo

Posted on

Ageng Triyono – Resensi Buku

haidunia.com – Buku ini adalah hasil karya Teguh Wibowo, dia lahir di Kebumen pada tanggal 14 September 1974, lulus sebagai Sarjana Pendidikan Matematika pada tahun 2004, lulus sebagai Magister Pendidikan Matematika tahun 2010, dan lulus sebagai Doktor pada Pendidikan Matematika tahun 2017. Saat ini dia bekerja sebagai staf pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purworejo pada Program Studi Pendidikan Matematika. Buku ini berisi pembahasan tentang Media Pembelajaran Matematika terutama pada alat peraga yang dapat guru kembangkan untuk pembelajaran di kelas baik itu berbentuk fisik ataupun elektronik. Buku ini terbit untuk menutupi sedikitnya buku yang beredar mengenai media pembelajaran matematika di Indonesia.

Media pembelajaran matematika

Judul Buku           : Media Pembelajaran Matematika
Penulis                 : Dr. Teguh Wibowo, M.Pd.
Penerbit               : Magnum Pustaka Utama
Tahun Terbit       : 2019
Tebal Buku          : 240 halaman
Harga                  : Rp 60.000,00
CP                        : 085225370807

Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam suatu proses pembelajaran. Penggunaan media dapat membantu peserta didik memahami konsep yang diberikan oleh guru. Terlebih dalam pembelajaran matematika, penggunaan media pembelajaran dapat menjembatani siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan dari sesuatu yang abstrak menjadi pendekatan yang lebih bermakna. Media dapat menjadi jembatan dari pengetahuan yang abstrak menjadi pengetahuan formal dalam matematika. Anak-anak tingkat sekolah dasar dan menengah sangat membutuhkan media pembelajaran untuk memfasilitasi pola berpikirnya yang mulai berubah dari tingkat berpikir konkret menjadi tingkat berpikir formal.

Buku “Media Pembelajaran Matematika” merupakan buku yang membahas bagaimana guru menyiapkan media pembelajaran matematika di kelas. Dalam buku ini berisi contoh-contoh media pembelajaran matematika untuk dapat dipraktekkan di kelas disertai gambar, alat dan bahan yang akan digunakan, cara pembuatan, dan juga cara penggunaannya. Buku ini dapat dipergunakan dan juga bisa menjadi referensi guru-guru tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan juga sekolah menengah atas dalam mengembangkan media pembelajaran matematika di kelas baik berupa peraga fisik ataupun bersifat elektronik.

BACA:  Resensi Buku: Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet

Buku ini diawali pengertian media pembelajaran, ciri media pembelajaran, macam- macam media pembelajaran, syarat media pembelajaran dan peranan media pembelajaran dalam matematika. Kemudian membahas macam-macam media/peraga aritmatika, peraga aljabar, peraga geometri, peraga trigonometri, peraga statistika, peraga peluang, dan peraga transformasi. Penulis tidak mengelompokkan media/peraga ke dalam masing-masing jenjang sekolah, namun dikelompokkan dalam masing-masing topik dalam pembelajaran matematika seperti aljabar, aritmatika, geometri dan lain-lain.

Buku ini lebih menekankan pada media pembelajaran matematika berupa peraga matematika yang bersifat fisik dan juga elektronik (dengan menggunakan sumber listrik), serta beberapa media berbasis aplikasi yang mulai berkembang belakangan ini. Media pembelajaran berbasis video atau film, tidak penulis bahas dalam buku ini, para pembaca dapat mencari pada sumber buku yang lain.

Oleh: Ageng Triyono
Editor: Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *