Resensi Buku Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet

buku pola makan atlet

Resensi Buku Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet-Hallo Sobat! Seorang atlet pastinya perlu mejaga asupan makan agar tubuhnya tetap ideal. Inilah buku yang kan membahas hal tersebut secara tuntas.

Buku ini menjelaskan secara menyeluruh dasar-dasar gizi olahraga yang diharapkan dapat membantu dalam memberikan perencanaan diet yang tepat bagi atlet.

Hal-hal yang dibahas dalam buku ini mencakup sistem metabolism energi selama olahraga, penilaian status gizi berdasarkan aspek antropometri dan asupan makan, metode-metode perhitungan kebutuhan energi dan zat gizi, hingga penyusunan menu yang sesuai.

Seluruhnya ditulis berdasarkan studi terkini dan pengalaman praktik penulis ketika memberikan pendampingan gizi pada atlet di berbagai cabang olahraga.

Buku rujukan tentang energi dan gizi

 

Judul Buku      : Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet
Penulis           : Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih , Mustika Cahya Nirmala Dewinta                           Diana  Pratiwi , Kurnia Mar’atus Solichah , Ibtidau Niamilah. 
Penerbit           : UGM Press
Tahun Terbit     : 2019
Tebal Buku       : 188 halaman
Harga               : Rp. 70.000
CP                    : +62 812 8484 5781

Sekilas Tentang Buku Asupan Makan Atlet Ini

Buku ini terbagi menjadi tiga bab utama, yaitu:

1) Respon energi pada atlet yang membahas mekanisme produksi energi dan metabolism zat gizi makro dan mikro, serta hal-hal spesifik yang berhubungan dengan aktivitas fisik,

2) Antropometri atlet yang menjelaskan berbagai pengukuran antropometri atlet untuk menentukan status gizi, komposisi tubuh, tipe bentuk tubuh, serta metode-metode pengukurannya, dan

3) Asupan makan atlet, yang membahasa metode penggalian data asupan makan atlet, pengukuran kebutuhan energi dan zat gizi, serta langkah-langkah menyusun diet para atlet.

Kajian dalam buku ini diharapkan dapat dijadikan landasan pengetahuan kepada mahasiswa, para pengajar, peneliti dan praktisi dalam dunia gizi dan olahraga.

Untuk bisa memahami tentang ilmu gizi olahraga secara komprehensif, sangat disarankan bagi para pembaca memiliki seri buku Gizi Olahraga 2 yang mengupas pendekatan gizi dengan respons, adaptasi biokima, dan fisiologi pada atlet.

Bagi para pemmbaca yang hendak mengoleksi buku tersebut bisa langsung menghubungi nomor kontak yang tertera sebagaimana di atas.  

Ada pun sang penulis, Dr Mirza adalah seorang pakar gizi dari Universitas Gajahmada, dengan salah satu pengalmannya yaitu beliau pernah mendampingi tim garuda muda yang saat itu dilatih oleh coach Indra Syafrie.  

Berikut adalah profil lengkapnya:

Dr. Mirza lahir di Yogyakarta, 7 Juni 1981. Dr. Mirza menempuh pendidikan diploma di Poltekkes Yogyakarta (2003), kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana di Gizi Kesehatan FK UGM (2005), dilanjutkan dengan pendidikan profesi meraih gelar Registered Dietitian (RD) pada tahun 2007.

Pada tahun 2009 beliau menyelesaikan pendidikan masternya di Fakultas Kedokteran UGM dan telah meraih gelar doktor pada tahun 2017.

Selain aktif sebagai dosen pengajar di Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM, Dr. Mirza juga aktif sebagai Senior Consultant di FIRST Sport Nutrition Consulting, sebuah kelompok konsultan gizi yang bergerak di bidang gizi olahraga.

Pengalaman Dr. Mirza sebagai konsultan gizi olahraga di antaranya untuk TIMNAS U-19 (2014), Pegasus Continental Cycling Team (2015), Atlet Sepatu Roda Kontingen DIY dalam pra-PON dan PON (2015-2016), Jogja Sports Clinic (2016-sekarang), atlet PPITKON Kemenpora RI (2015-2017), atlet sepakbola remaja di Aji Santosa International Football School (ASIFA) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan (2016), atlet paralimpik Indonesia (2016), serta atlet PPLP DIY dan Aceh (2017)

Baca Juga:  Yuk Kenali Obat Asam Lambung Alami Tradisional, Cobain!

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *