RESENSI BUKU: Trigonometri Karya Teguh Wibowo

Posted on

Ageng Triyono – Resensi Buku

haidunia.com – Buku ini adalah hasil karya Teguh Wibowo, lahir di Kebumen pada tanggal 14 September 1974, lulus sebagai Sarjana Pendidikan Matematika pada tahun 2004, lulus sebagai Magister Pendidikan Matematika tahun 2010, dan lulus sebagai Doktor pada Pendidika Matematika tahun 2017. Saat ini dia bekerja sebagai staf pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purworejo pada Program Studi Pendidikan Matematika. Buku ini dapat dipergunakan untuk siswa, mahasiswa, para guru untuk memperdalam materi Trigonometri. Jarangnya buku Trigonometri yang beredar menginspirasi penulis untuk membuat buku ini.

Judul Buku       : Trigonometri
Penulis            : Dr. Teguh Wibowo, M.Pd.
Penerbit          : Magnum Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2019
Tebal Buku       : 92 halaman
Harga              : Rp 35.000,00
CP                   : 085225370807, 082113139438

Trigonometri merupakan cabang ilmu dalam matematika yang membahas mengenai ukuran segitiga. Trigonometri berasal dari bahasa Yunani trigonon  yang artinya “tiga sudut” dan metron berarti “mengukur” adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. Trigonometri dapat dikaitkan pada segitiga siku-siku (segitiga yang memiliki salah satu satu sudutnya 90 derajat). Peranan bukan pada segitiga siku-siku ada, tetapi sejak segitiga yang bukan siku-siku dapat dibagi menjadi dua segitiga siku-siku. Sehingga banyak masalah yang dapat diatasi dengan penghitungan melalui segitiga siku-siku. Sebagian besar penggunaan trigonometri berhubungan dengan segitiga siku-siku kecuali pada spherical trigonometry, yaitu konsep trigonometri dalam sphere, permukaan dari curvature relatif positif, dalam elips geometri (bagian yang berperan dalam mempelajari astronomi dan navigasi).

Buku Trigonometri ini diawali dengan perbandingan trigonometri, kemudian trigonometri dalam jumlah dan selisih dua sudut, identitas trigonometri, grafik fungsi trigonometri, persamaan dan pertidaksamaan trigonometri, fungsi invers trigonometri, dan segitiga bola. Dalam Bab 1 Perbandingan Trigonometri diuraikan secara detail diperolehnya nilai-nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa, sudut berelasi, sudut yang lebih dari 360 derajat, dan sudut bertanda negatif. Bab 2 Trigonometri Dalam Jumlah dan Selisih Dua Sudut berisi sudat ganda dan setengah sudut trigonometri, rumus penjumlahan, pengurangan, dan perkalian trigonometri.

BACA:  Perspektif Dua Sisi : Kabinet Indonesia Maju

Bab 3 Identitas Trigonometri berisi bagaimana membuktikan kesamaan identitas tersebut. Bab 4 Grafik Fungsi Trigonometri diuraikan secara detail cara mensketsa grafik fungsi trigonometri diawali dengan fungsi dasar trigonometri sampai pada bentuk fungsi yang cukup rumit untuk disketsa. Dalam buku ini disertai gambar sehingga memudahkan pembaca untuk berlatih dalam mensketsa grafik trigonometri. Untuk mempermudah dalam mensketsa grafik fungsi trigonometri, sketsa grafik dalam buku ini ditampilkan secara berwarna yang membedakan beberapa fungsi trigonometri.

Bab V Persamaan dan Pertidaksamaan Trigonometri yang membahas cara menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan trigonometri dan pertidaksamaan trigonometri dengan berbagai bentuk. Bab VI Fungsi Invers Trigonometri, membahas invers atau kebalikan dari fungsi trigonometri beserta sketsanya. Bab VII Segitiga Bola, membahas aplikasi trigonometri dalam bidang astronomi yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus dalam Bola Bumi. Pada setiap akhir Bab tersedia soal-soal latihan untuk melatih para pembaca dalam menyelesaikan masalah trigonometri.

Oleh: Ageng Triyono
Editor: Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *