Mengenal Roasting Kopi, Jenis, level, Cara dan Tips Trik Roasting

roasting kopi

Roasting Kopi – Salah satu tahap penting sebelum kopi terseduh di cangkir adalah proses roasting. Roasting menjadi kunci untuk menghasilkan cita rasa dan aroma yang unik dari biji kopi. Sudah pada tahu belum nih apa itu roasting kopi? kalau belum saya akan menjelaskan apa itu roasting kopi, berikut jenis dan level nya dan bagaimana cara melakukan roasting kopi agar menghasilkan seduhan kopi yang enak.

Kopi, Apa sih itu?

Sebelum membahas seputar roasting kopi, saya akan mengajak kalian berkenalan dengan biji kopi itu sendiri. Kopi adalah buah yang tumbuh pada pohon kopi, dan bijinya adalah yang biasa kita roasting. Ada berbagai jenis kopi yang tumbuh di seluruh dunia, tetapi yang paling umum adalah Arabika dan Robusta.

Read More
  • Arabika: Biji Arabika memiliki rasa yang lebih halus, asam yang lebih tinggi, dan aroma yang kompleks. Mereka tumbuh di ketinggian yang lebih tinggi dan lebih rentan terhadap penyakit, membuatnya lebih mahal.
  • Robusta: Biji Robusta memiliki rasa yang lebih kuat, asam yang lebih rendah, dan lebih banyak kafein. Mereka tumbuh di ketinggian yang lebih rendah dan lebih tahan terhadap cuaca buruk.

Roasting dan Tingkatan/Level Roasting Kopi

Roasting kopi adalah proses memanaskan biji kopi untuk menghasilkan berbagai tingkat roast yang berbeda. Setiap tingkat roast memberikan karakteristik unik pada biji kopi. Berikut adalah beberapa jenis roast yang paling umum:

  • Light Roast: Roast ringan biasanya memiliki biji kopi yang berwarna cokelat muda. Biji ini tidak terlalu panas saat dipanggang, sehingga asam dan aroma biji kopi tetap utuh. Light roast menghasilkan cita rasa yang terang, beraroma bunga, dan beraroma buah-buahan.
  • Medium Roast: Medium roast adalah titik tengah antara light dan dark roast. Biji kopi medium roast akan memiliki warna cokelat yang lebih dalam dan sedikit minyak permukaan. Rasa kopi cenderung seimbang antara asam dan rasa panggang, dengan aroma yang lebih kaya.
  • Dark Roast: Dark roast adalah roast paling tua dan biji kopi biasanya berwarna cokelat gelap hingga hitam. Proses roasting pada tingkat ini lebih panas dan lama, sehingga biji kopi kehilangan sebagian besar asamnya. Dark roast memiliki rasa yang lebih pahit, aroma yang kuat, dan sering kali memiliki ciri khas seperti cokelat atau karamel.
Baca Juga:  Perbedaan X Banner dan Y Banner, Milenial Wajib Tahu Nih!

Cara Melakukan Roasting Kopi

Sekarang, mari kita bahas cara melakukan roasting kopi di rumah masing-masing. Roasting kopi bisa menjadi hobi yang mendalam dan mengasyikan tentunya, dan kalian bisa melakukannya dengan beberapa peralatan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan roasting kopi di rumah:

  • Pilih Biji Kopi yang Bagus: Langkah pertama adalah memilih biji kopi yang berkualitas. Pastikan biji kopi segar dan sesuai dengan preferensi roasting
  • Persiapkan Alat Roasting: Ada beberapa metode yang dapat kalian gunakan, termasuk roasting di atas kompor, oven, atau menggunakan mesin roasting kopi khusus. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Pemanasan: Panaskan alat roasting hingga mencapai suhu yang sesuai untuk roast yang diinginkan. Untuk light roast, suhu biasanya sekitar 180-205°C, sedangkan untuk dark roast, suhu bisa mencapai 220°C atau lebih.
  • Roasting: Masukkan biji kopi ke dalam alat roasting yang telah dipanaskan. Pastikan untuk terus mengaduk biji kopi agar panas merata dan mencegah terbakar.
  • Pantau Perkembangan: Pantau suhu dan warna biji kopi saat roasting. Kalian akan melihat biji kopi berubah warna dari hijau ke cokelat, dan akan terbentuk minyak permukaan pada tingkat roast yang lebih gelap.
  • Pendinginan: Setelah mencapai roast yang diinginkan, pindahkan biji kopi ke wadah berpendingin atau nampan dengan ventilasi untuk mencegah terus memasak. Biarkan biji kopi mendingin selama beberapa jam.
  • Penyimpanan: Simpan biji kopi yang sudah dipanggang dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran.

Penutup

Nah itulah ulasan seputar roasting kopi, jenis dan level roasting kopi. Apakah kalian tertarik untuk melakukan roasting kopi? silakan praktekkan dan lakukan roasting kopi di rumah masing-masing ya.

Semoga bermanfaat khususnya bagi para pecinta kopi!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *