Sekolah Dasar Terdekat Masih Jadi Pilihan Pasangan Millenial

sekolah dasar terdekat

Sekolah Dasar Terdekat-Hallo Bunda! Jika anda masih bingung untuk memilih sekolah dasar yang pas bagi sang buah hati maka wajib membaca artikel ini sampai tuntas.

Tugas mendidik adalah amanah yang mulia namun tidak mudah. Pertanggungjawaban orang tua dalam mendidik akan terus melekat di pundaknya sampai sang buah hati benar-benar bisa diandalkan untuk hidup mandiri. 

Pengaruh pendidikan yang diberikan orang tua tidaklah tanggung-tanggung. Perkembangan kepribadian beserta potensi sang anak amat besar peluangnya dipengaruhi oleh lingkungan tempatnya menerima pendidikan.

Memilih sekolah yang pas akan sangat membantu perkembangan anak, dan juga bagi anda pribadi akan timbul rasa kepuasan dengan fasilitas pendidikan terbaik yang diterima oleh putra-putri anda. Apalagi jika kelak mereka dipandang sukses berkat pendidikan yang anda berikan. 

Semua orang tua pastinya menghendaki sekolah yang terbaik. Namun perlu kita pahami bersama sekolah yang terbaik tidak harus  yang termahal. Tetapi yang sesuai dengan kebutuhan anak.  

Keputusan Memilih Sekolah 

Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 jenjang Sekolah Dasar terdapat syarat batas usia yang perlu anda catat. Rentang usia yang dibenarkan sesuai ketentuan Kementrian Pendidikan yakni 7-12 tahun. Meskipun terkadang usia di bawah itu juga masih bisa ditolerir.

Di usia yang masih sangat membutuhkan pendampingan itu, seorang anak harus beraktivitas bersama teman sebayanya di sekolah selama kurang lebih 8 jam setiap harinya. Padahal mereka belumlah cukup mandiri pada banyak hal yang harus dilakukan dalam keseharian hidupnya.

Sebab itu berbagai alasan wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih mendaftarkannya di sebuah sekolah dasar. Beberapa hal yang biasanya dijadikan pertimbangan diantaranya:

BACA:  Indonesia Akan Mengusai Dunia

Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah merupakan keseluruhan perangkat yang difungsikan untuk mempermudah dan memperlancar tercapainya tujuan sebuah proses kegitan belajar mengajar. Anda wajib mengetahui kondisi fasilitas sekolah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendaftarkan sang anak.

Budaya Sekolah

Budaya sekolah yang dimaksud adalah tatanan nilai yang telah dirumuskan oleh pihak pengelola untuk mewujudkan perilaku keseharian yang baik dalam lingkungan sekolah tersebut. Antara lain meliputi: budaya mutu, budaya belajar, dan budaya sekolah sehat. Hal ini juga wajib anda pahami.

Religiusitas

Anda perlu cek sebelum mendaftarkan sang buah hati, apakah di sekolah dasar tersebut telah menggabungkan pendidikan keimanan (IMTAQ), pendidikan akhlak (budi pekerti), dan pendidikan akal (IPTEK).

Kepuasan Pelanggan

Anda akan mengetahui pelayanan di sekolah dasar itu baik dari tetangga ataupun kolega yang anaknya juga bersekolah di situ. Testimoni mereka atas pelayanan yang diberikan sekolah tersebut adalah informasi yang sangat berharga bagi anda.

Sekolah Dasar Terdekat Sebagai Alternatif Pilihan

Dari sekian alasan yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah dasar, ternyata alasan karena lokasi sekolah menempati posisi yang banyak diminati.

Lokasi sekolah yang dimaksud adalah jarak sekolah terdekat dari rumah ke sekolah tersebut. Kemudian kemudahan sarana transportasi yang mendukung, serta lingkungan yang telah diketahui sangat aman dan nyaman bagi sang anak.

Beberapa hasil penelitian yang sejalan dengan hal itu antara lain dilakukan oleh Khasanah (2012). Bosetti (2004), Adryana (2009), dan Lai, Sadoulet dan Janvry (2007), juga melakukan penelitian dengan latar belakang permasalahan yang sama.

Kesimpulannya, lokasi sekolah memberikan pengaruh positif dan signifikan paling besar terhadap pengambilan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Terlebih jika sekolah tersebut telah diketahui memiliki lingkungan suasana yang baik. 

Alasan Pasangan Muda Lebih Memilih Sekolah Dasar Terdekat

Beberapa alasan keluarga muda memilih sekolah dasar terdekat yang berhasil dihimpun oleh tim haidunia.com diantaranya:

BACA:  Mendidik Pemuda Menata Masa Depan Bangsa

Memudahkan Kontroling 

Kaum millenial adalah generasi yang sangat aktiv. Pasangan muda di bawah 40 tahun adalah usia yang sangat produktif untuk berkarir maupun mengembangkan bisnis. Memilih sekolah dasar terdekat dipandang mempermudah kontroling saat mereka dalam kesibukan bekerja.

Kita tahu, usia pada awal masuk sekolah dasar adalah usia yang sangat butuh pendampingan. Sehingga jika terjadi sesuatu dan membutuhkan penanganan segera, jarak sekolah yang dekat akan memudahklan koordinasi. Baik dengan anda,driver, maupun asisten rumah tangga anda.

Transportasi yang Terintegrasi

Kebutuhan transportasi adalah hal urgent dewasa ini. Jika anda mendapatkan sekolah dasar terdekat yang pas dengan segenap pertimbangan yang lain, maka itu sebuah rejeki bagi anda. Bersyukur sekali jika sekolah itu dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Andaipun harus menggunakan transportasi, tentunya hal itu relatif satu jalur dengan tempat anda bekerja ataupun berkativitas lainnya. Sehingga paling tidak setiap pagi anda bisa ikut mengantarnya sampai gerbang sekolah.

Begitu juga saat kepulangannya. Andaipun anda tidak dapat menjemputnya, para wali kelas akan lebih mudah mengarahkan driver ojek online dalam mengantarnya ke rumah.

Menghindari Kemacetan 

Macet adalah masalah krusial pagi keluarga modern. Anda bayangkan jika sekolah sang buah hati jauh dari rumah, mungkin setelah sholat subuh anak anda harus sudah masuk ke dalam mobil untuk anda antar.

Tentunya anda tak ingin kondisi ini berjalan selama 6 tahun berturut-turut. Belum lagi kemaceta saat jam pulang sekolah.

Alasan Ekonomi

Alasan ini juga adakala jadi pertimbangan. Kondisi ekonomi anda mungkin belum memungkinkan untuk antar-jemput dengan mobil pribadi. Jika sekolah anak anda jauh tentunya hal ini cukup membebani, meskipun ada fasilitas antar jemput dari sekolah.

BACA:  Guru Dalam Serial Kepahlawanan

Karna fasilitas antar jemput itu pada dasarnya juga anda sendiri yang membiayai. Silahkan anda kalikan biaya tiap bulannya selama 6 tahun ajaran.

Lebih ribet lagi jika harus menggunakan public transportation yang rutenya membutuhkan pergantian trayek kendaraan. Ini pasti angat menyulitkan anak anda yang belum bisa dibilang dewasa.

Lingkungan Sekolah Dasar Terdekat Relatif Sudah Dikenal

Jika lokasi rumah anda benar-benar dekat dengan salah satu sekolah, hampir pasti anda akan bertegur sapa dengan para gurunya. Sehingga tidak menutup kemungkinan para guru sudah mengenal anak anda sebelum ia anda daftarkan.

Kondisi psikologis ini juga bisa berdampak baik bagi proses adaptasi putra-putri anda. Selain itu, secara umum lingkungan sekitar sekolah juga sudah dikenal oleh anak anda. Sehingga tingkat keamanannya lebih terjamin.

Ada satu keluarga yang menyekolahkan semua anaknya di satu komplek sekolah tersebut, ini juga bisa menjadi alasan untuk tidak mendaftar di tempat yang lain. Sudah barang tentu sang orang tua juga mengenali dengan baik perkembangan dari sisi manajemen sekolah tersebut. Terlebih jika anda melibatkan diri dalam keanggotaan komite sekolahnya.

Ringkasnya, memilih sekolah dasar terdekat relatif memiliki dampak positif yang lebih banyak. Salah seorang ibu mengatakan, sekolah yang dekat tidak membuat anak kecapaian di jalan, lebih mudah memonitoringnya dan efisien dari sisi transportasi.

Jika anak anda hobi bersepeda hal ini justru bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Jadi, silahkan lebih jeli lagi dalam mempertimbangkan tempat sekolah sang buah hati tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *