Sholawat Dalailul Khoirot, Sejarah Keutamaan & Manfaat Lengkap!

sholawat dalailul khoirot

Sholawat Dalailul Khoirot – Sebagai muslim tentu kita tidak boleh bosan-bosan untuk bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW, karena dengan sholawat maka harapannya adalah kelak ketika di akherat mendapatkan syafaat dari beliau. Bersholawat merupakan ekspresi dan tanda cinta kepada beliau, maka sudah sepatutnya dan sepantasnya kita menampakkan cinta kita dengan melantunkan sholawat.

Jenis sholawat yang ada sekarang ini jumlahnya sangat banyak, salah satunya sholawat dalailul khoirot, apa itu sholawat dalailul khoirot dan bagaimana teks arab dan latinnya berikut apa keutamaan dari sholawat ini. Berikut haidunia rangkumkan hanya untuk anda semua.

Read More

Sejarah Dalailul Khoirot

Wirid atau sholawat dalailul khoirot ini pertama kali disusun oleh seorang ulama berkebangsaan Maroko bernama Syekh Abu Abdillah Muhammad bin Sulaiman Al Jazuli yang wafat pada tahun 870 H/1465 M. Dalailul Khoirot merupakan kitab kumpulan sholawat nabi yang sumbernya dari hadits dan berisikan doa-doa serta pujian pujian keagamaan yang disusun berdasarkan 99 nama Allah SWT yang baik.

Syekh Sulaiman Al Jazuli pernah mengasingkan diri selama 14 tahun untuk untuk fokus ibadah (khalwat), banyak orang yang melakukan pertaubatan di tangan beliau, beliau juga dikenal sebagai ulama yang memiliki segudang karamah karena kewaliannya dan memiliki banyak pengikut yang tersebar di saentero Maroko.

Beliau wafat di kota Sus akibat diracun, beliau wafat tatkala tengah melakukan sujud sholat subuh. Pasca 77 tahun setelah wafatnya beliau, jenazah Syeh Al Jazuli dipindahkan ke kota Marrakesh namun menurut kesaksian jenazah beliau tampak utuh ketika dipindahkan.

Baca Juga:  Bacaan Sholawat Adrikni, Teks Arab & Latin, Arti Lengkap dan Manfaat

Keutamaan dan Manfaat Dalailul Khoirot

Diantara keutamaan daripada sholawat dalailul khoirot adalah segala hajat para pengamalnya akan mudah terkabul, selain itu membawa pembaca pada derajat wushul, yaitu tersambung kepribadiannya kepada rasulullah. Di sisi lain keutamaan daripada wirid ini adalah nyawa mudah tercabut saat sakaratul maut.

Manfaat lain adalah lancarnya rezeki, tercapainya cita cita kehidupan dunia dan akherat, membantu menundukkan lawan sehingga menjadi kawan, mempermudah penyelesaian masalah hidup, terakhir apabila wirid dalailul khoirot dibaca dengan cara tertentu dapat digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit baik fisik maupun psikis.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai sejarah sholawat/wirid dalailul khairat beserta sejarah serta penyusunnya, dilengkapi dengan manfaat dan keutamaan mengamalan sholawat ini.

Sholawat ini telah banyak diamalkan oleh para santri dan ulama, saya menganjurkan kepada kalian semua untuk mengamalkan sholawat atau wirid ini, mudah-mudahan segala hajat baik anda segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Sekian, semoga bermanfaat.

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *