Sholawat Fil Awwalin wal Akhirin, Arab & Latin dan Terjemahan

sholawat fil awwalin

Sholawat fil Awwalin – Sholawat merupakan adalah bentuk penghormatan, doa, dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat dianjurkan oleh Allah SWT dan merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Oleh karena itu bagi kalian yang mengaku Muslim maka sudah seharusnya sering melantunkan sholawat.

Sholawat fil awwalin adalah bentuk khusus dari sholawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang menekankan keberkahan dan keutamaan yang dianugerahkan kepadanya sebagai rasul yang pertama dalam sejarah Islam.

Read More

Sholawat fil akhirin melibatkan doa, pujian, dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, dan ini dipahami sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholawat ini juga berfungsi sebagai cara untuk mengingat Nabi dan merenungkan ajaran-ajarannya yang penuh hikmah.

Lantas, bagaimana bunyi sholawat fil awwalin itu sendiri? berikut saya tuliskan sholawat fil awwalin wal akhirin, semoga dapat diamalkan oleh para pembaca semua.

Teks Sholawat Fil Awwalin

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin, fil awwalin wa sholli ‘ala sayyidina Muhammadin fil akhirin, wa sholli ‘ala sayyidina Muhammadin fil mursalin, wa sholli ‘ala sayyidina Muhammadin fil mala’il a’la ila yaumid diin.

Terjemahan

”Ya Allah, kucurkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, di masa permulaan dan kucurkan rahmat kepada Nabi Muhammad pada masa akhir dan curahkan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan dan curahkan rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.”

Keutamaan Membaca Sholawat fil Awwalin

Bagi siapa saja yang membaca sholawat fil akhirin setiap hari maka akan mendapatkan keberkahan.

Dikutip dari kitab syarah dalailul khairat yang merupakan karangan Syeh Al Azhari, ada beberapa keutamaan membaca sholawat ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Dibaca setiap pagi dan petang sebanyak 3 kali maka segala dosa akan diampuni
  • Hidup full kebahagiaan, khususnya bahagia secara batin
  • Dikabulkan segala hajat dan cita-cita baik
  • Diberikan pertolongan ketika menghadapi musuk
  • Diberikan kemudahan dalam segala urusan

Selain membaca sholawat fil awwalin sebagaimana saya uraikan diatas, ada beberapa jenis sholawat lain yang bisa anda amalkan juga, diantaranya:

1. Sholawat Ibrahimiyah (Sholawat Ibrahimiyah)
Sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang paling dianjurkan dan diberkahi oleh Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini mengandung doa untuk memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim AS dan keturunannya, termasuk Nabi Muhammad SAW. Dalam sholawat ini, umat Muslim memohon kepada Allah untuk memberikan kemuliaan kepada Nabi dan keluarganya.

2. Sholawat Nariyah (Sholawat Badar)
Sholawat Nariyah, juga dikenal sebagai Sholawat Badar, adalah sholawat khusus yang terkenal karena mengandung banyak manfaat. Sholawat ini dinamai setelah Pertempuran Badar, di mana Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya meraih kemenangan besar. Sholawat Nariyah dikenal karena mengandung doa-doa untuk perlindungan, keselamatan, dan kebahagiaan dalam kehidupan.

3. Sholawat An-Nabi (Sholawat Tunjina)
Sholawat An-Nabi, juga dikenal sebagai Sholawat Tunjina, adalah sholawat yang mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi dan menyelamatkan umat Muslim dari bencana dan kesulitan. Sholawat ini sangat dihargai karena berfokus pada perlindungan dan keselamatan, yang menjadi doa penting bagi umat Islam.

4. Sholawat Tha’ala Badru ‘Alayna (Sholawat Badr)
Sholawat Tha’ala Badru ‘Alayna adalah sholawat yang diucapkan dalam penghormatan kepada peristiwa kedatangan Nabi Muhammad SAW di kota Madinah setelah hijrah dari Makkah. Sholawat ini mengisahkan keindahan alam Madinah yang menyambut Nabi dan para sahabatnya. Ini adalah salah satu sholawat yang penuh dengan nuansa kebahagiaan dan rasa syukur.

5. Sholawat Burdah (Sholawat Al-Burdah)
Sholawat Burdah, juga dikenal sebagai Sholawat Al-Burdah, adalah sholawat yang terkenal karena ditulis oleh penyair terkenal, Al-Busiri. Sholawat ini menceritakan kisah kesembuhan Al-Busiri dari penyakit paralisis setelah ia menulisnya. Sholawat Burdah menjadi populer di seluruh dunia Islam dan digunakan sebagai sarana untuk memohon keberkahan dan keselamatan.

Akhir Kata

Sholawat fil Awwalin adalah salah satu sholawat yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Sholawat ini memiliki keindahan dan keutamaan yang tidak bisa diukur dengan kata-kata.

Melantunkan sholawat adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, memohon pengampunan dosa, dan merenungkan ajaran-ajaran Islam.

Jadi, mari kita terus membaca dan mengamalkan Sholawat fil Awwalin dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan. Mudah-mudahan kelak di hari kiamat kita semua yang membaca sholawat fil awwalin ini dan sholawat lainnya kita mendapatkan syafaat dan pertolongan dari Nabi Muhammad SAW. Aamiin.

Demikian ulasan seputar sholawat fil awwalin, semoga bermanfaat untuk anda semua, baca juga artikel menarik lainnya seputar sholawat hanya di haidunia.com

About Author

Baca Juga:  Ketika Kita Tidak Dihargai, Menurut Islam Bagaimana Sikap Kita?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *