Sholawat Ibrahimiyah, Arab Latin, Khasiatnya dan arti Lengkap!

Sholawat Ibrahimiyah – Salah satu sholawat yang banyak dilantunkan oleh kaum Muslimin adalah sholawat ibrahimiyah. Melantunkan sholawat merupakan keharusan bagi umat Islam jika mengaku cinta nabi Muhammad SAW dan mengharap bertemu dan mendapatkan syafaatnya kelak di hari kiamat.

Sholawat ibrahimiyah atau yang sering disebut sholawat ibrahim adalah sholawat yang memiliki khasiat dan keutamaan yang luar biasa. Diantara keutamaan membaca sholawat ibrahimiyah adalah sebagai berikut.

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

sholawat ibrahimiyyah

Sholawat ibrahimiyyah mengandung berbagai keutamaan bagi yang membacanya. Diantaranya yaitu:

Mendapatkan Syafa’at dari Rasulullah SAW

Syafa’at atau pertolongan adalah sesuatu yang sangat didambakan oleh seluruh kaum Muslimin. Syafa’at yang dimaksud adalah syafa’at dari Nabi Muhammad SAW. Syarat mendapatkan syafa’at adalah harus sering membaca sholawat, dalam hal ini sholawat ibrahimiyah.

Diangkat Derajat Di sisi Allah SWT

Orang yang rajin bersholawat atas Rasul akan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT. Dalam sebuah riwayat hadits Rasuullah SAW bersabda yang artinya.

Barangsiapa yang bersholawat atasku satu kali, niscaya Allah SWT akan bersholawat kepadanya 10 kali dan dihapus darinya 10 kesalahan, dan diangkat baginya 10 derajat. (HR. An-Nasa’i)

Dari hadits diatas tergambar sangat jelas apa manfaat yang akan didapat bagi orang yang gemar melantunkan sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah

Bagi anda semua yang belum tahu atau hafal sholawat ibrahimiyah berikut saya tuliskan dalam bentuk arab dan latin ya, disertai dengan terjemahnya juga.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Berikut ini adalah bacaan latinnya:

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘alaa Muhammad, kamaa shollaita ‘ala Ibrohim wa ‘alaa aali Ibrohim, wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohim fil ‘aalamina innaka hamiidun majiid.

Arti atau terjemah dari sholawat Ibrahimiyyah adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim AS dan keluarga Nabi Ibrahim AS. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad SAW dan bagi keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim AS dan bagi keluarga Nabi Ibrahim AS Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Demikian informasi seputar sholawat ibrahimiyyah, jangan bosan-bosan untuk bersholawat karena sholawat sejatinya keuntungannya akan kembali kepada kita semuanya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Mengenal PUEBI, Apa Bedanya dengan EYD? Ini Dia Jawabanya

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *