Soal Ekologi dan Jawabannya (Biologi Untuk Kelas 10)

Soal ekologi dan jawabannya
Soal Ekologi dan Jawabannya

Haidunia.com – Soal ekologi dan jawabannya yang kami bahas merupakan materi pelajaran dari kelas 10 SMA jurusan IPA. Bagi Anda yang saat ini duduk di bangku SMA, maka contoh soal ekologi ini sangat tepat untuk dipelajari.

Soal ekologi dan jawabannya ini terdiri dari soal berkategori LOTS dan HOTS, sehingga cocok sekali untuk persiapan Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).

Silahkan soal ekologi dan jawabannya ini Anda jadikan sebagai referensi belajar. Semoga apa yang kami sajikan benar-benar membantu Anda dalam menguasai materi ekologi.

Soal Ekologi dan Jawabannya

Soal ekologi dan jawabannya ini terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda yang sudah kami sertai dengan pembahasannya. Silahkan Anda pelajari dengan seksama!

Soal (1) 
Pinus merkusii, Agathis alba, dan Abies grandis merupakan beberapa jenis pohon yang mendominasi vegetasi pada ekosistem ….

(A) Hutan hujan tropis
(B) Padang rumput
(C) Padang gurun
(D) Hutan gugur
(E) Hutan konifer (taiga)

Jawaban: D

Pembahasan:
Pinus merkusii (pohon pinus), Agathis alba (pohon damar), dan Abies grandis (pohon cemara) merupakan beberapa contoh tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) yang mendominasi vegetasi pada ekosistem hutan konifer (taiga). Ekosistem ini tersebar luas di kawasan Eurasia dan Amerika Utara.

Sementara itu, vegetasi pada ekosistem hutan hujan tropis didominasi oleh tumbuhan epifit dan pepohonan berkanopi luas. Ekosistem padang rumput didominasi oleh berbagai jenis rerumputan.

Ekosistem padang gurun memiliki vegetasi yang sangat rendah dan hanya berupa tumbuhan xerofit.

Pada ekosistem hutan gugur, vegetasi yang ditemukan didominasi oleh tumbuhan lumut, liken, paku, dan berbagai jenis pohon yang dapat menghadapi empat musim. Jadi jawaban yang tepat adalah “hutan konifer (taiga)” (E).

Soal (2)
Karakteristik ekosistem laut dalam antara lain….

(A) Keanekaragaman biota laut yang sangat tinggi karena masih termasuk dalam zona fotik

(B) Tingginya jumlah plankton sebagai produsen dalam rantai makanan di laut.

(C) Memiliki suhu yang sangat rendah dan dihuni oleh beragam hewan unik.

(D) Memiliki diversitas dan densitas terumbu karang yang tinggi.

(E) Dihuni oleh kerang, bintang laut, penyu, kepiting, dan beragam jenis ikan

Jawaban: C

Pembahasan:
Ekosistem laut dalam berada pada kedalaman laut lebih dari 200 m. Karakteristik lingkungan abiotik pada ekosistem ini antara lain suhu yang sangat rendah (dapat mencapai kurang dari 5°C), tidak ada penetrasi cahaya matahari, dan kadar oksigen yang sangat rendah.

Sementara karakteristik lingkungan biotik diperlihatkan oleh biota yang banyak terdapat di ekosistem laut dalam berupa ikan Anglerfish, cumi-cumi dan berbagai jenis gurita dengan kemampuan bioluminescence serta hewan hewan unik lainnya yang mengembangkan adaptasi pada lingkungan ekstrim.

Pilihan jawaban yang lainnya menjelaskan karakteristik lingkungan abiotik dan biotik dari ekosistem laut dangkal dan ekosistem pantai.

Karakteristik ekosistem laut dangkal adalah keragaman biota yang sangat tinggi karena melimpahnya plankton sebagai produsen utama pada rantai makanan di laut.

Kemelimpahan plankton disebabkan oleh ekosistem laut dangkal yang masih tergolong ke dalam zona fotik (zona tembus cahaya) sehingga memudahkan plankton terutama fitoplankton untuk melakukan fotosintesis.

Ekosistem ini juga dicirikan oleh diversitas dan densitas terumbu karang yang tinggi, kondisi ini turut mendukung tingginya keragaman biota laut dangkal.

Baca Juga:  Contoh Soal TWK dan Pembahasannya Pdf (Jawaban Tes CPNS 2023)

Sementara pernyataan pada pilihan jawaban E merupakan karakteristik dari ekosistem pantai. Jadi, jawaban C memperlihatkan karakteristik lingkungan abiotik dan biotik dari ekosistem laut dalam.

Soal (3)
Perhatikan gambar berikut!

soal ekologi dan jawabannya
Gambar Soal no 2

(Sumber: http://www.marietta.edu/~biol/102/ecosystem.html)

Pada gambar aliran energi tersebut, bagian yang ditunjuk oleh huruf X dan Y masing-masing merupakan ….

(A) Komponen organik dan dekomposer.
(B) Detritivor dan dekomposer.
(C) Komponen anorganik dan dekomposer.
(D) Komponen anorganik dan karnivor
(E) Detritus dan detritivor

Jawaban: C

Pembahasan:
Pada bagan alir tersebut diketahui bahwa bagian bertanda X mengalami perpindahan dari bagian bertanda Y ke produser (produsen).

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bagian tersebut merupakan komponen yang akan dan harus diambil oleh produsen dari lingkungannya sebagai bahan untuk membuat ‘makanan’nya sendiri dengan bantuan energi cahaya matahari.

Proses yang dimaksud disini adalah fotosintesis. Fotosintesis memerlukan zat-zat anorganik sebagai bahan utama, sehingga bagian X merupakan komponen anorganik.

Dalam suatu aliran energi, komponen anorganik merupakan hasil dari konversi molekul organik oleh dekomposer. Molekul organik yang digunakan berasal dari sisa metabolisme makhluk hidup ataupun sisa makhluk hidup yang sudah mati.

Dengan demikian bagian Y merupakan decomposer. Dekomposer sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa jenis salah satunya detritivor.

Contoh jenis dekomposer lainnya adalah jamur dan bakteri. Dengan demikian bagian X dan Y masing-masing merupakan “Komponen anorganik dan dekomposer” (C).

Soal (4)
Bakteri yang berperan sebagai pemfiksasi nitrogen bebas pada daur nitrogen adalah …

(1) Rhizobium dan
(2) Rhizobium dan Clostridium
(3) Nitrosococcus dan.
(4) Azotobacter dan Cyanobacteria

(A) Jika pilihan (1), (2), dan (3) betul
(B) Jika pilihan (1) dan (3) betul
(C) Jika pilihan (2) dan (4) betul
(D) Jika pilihan (4) saja yang betul
(E) Jika seluruh pilihan betul

Jawaban: C

Pembahasan:
Bakteri pemfiksasi nitrogen bebas dalam daur nitrogen dapat dikelompokkan menjadi bakteri aerob yang hidup bebas, bakteri anaerob yang hidup bebas, bakteri yang hidup berasosiasi dengan tumbuhan, dan bakteri yang hidup bersimbiosis dengan akar tumbuhan.

Contoh bakteri tersebut adalah Rhizobium yang melakukan simbiosis dengan akar tumbuhan polong-polongan dan beberapa jenis tumbuhan lain, Cyanobacteria dan Azotobacter yang merupakan bakteri aerobik dan Clostridium yang merupakan bakteri anaerobik, serta Azospirillum yang hidup berasosiasi dengan beberapa jenis tumbuhan tertentu.

Beberapa jenis bakteri lain yang berperan penting dalam daur nitrogen antara lain Nitrosomonas, Nitrobacter, dan Nitrosococcus yang dapat melakukan nitrifikasi (pengubahan amonia ataupun amonium menjadi nitrat) dan Pseudomonas sebagai bakteri denitrifikans yang dapat mengubah nitrat menjadi nitrogen bebas.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah pilihan 2 dan 4 (C).

Soal (5)
Karbon dioksida di atmosfer dapat berasal dari proses ….

(A) Evaporasi
(B) Fotosintesis
(C) Transpirasi
(D) Respirasi
(E) Kondensasi

Jawaban: D

Pembahasan:
Karbon dioksida merupakan salah satu molekul yang dihasilkan oleh makhluk hidup melalui proses respirasi. Sementara itu, proses fotosintesis akan menghasilkan molekul sampingan berupa oksigen.

Transpirasi dan evaporasi merupakan proses penguapan atau perubahan bentuk molekul air menjadi uap air, perbedaannya adalah transpirasi merupakan proses fisiologis yang dialami oleh sel umumnya pada sel tumbuhan sementara evaporasi merupakan proses fisika yang terjadi pada badan air di lingkungan abiotik seperti danau dan laut.

Baca Juga:  Sintaks Inkuiri Terbimbing Menurut Para Ahli Pdf

Kondensasi memiliki pengertian yang jauh berbeda dari istilah-istilah tersebut, yaitu suatu perubahan molekul uap air menjadi molekul air.

Kondensasi juga dapat diartikan sebagai proses pembentukan struktur yang lebih kompleks dan kompak dari struktur-struktur yang lebih sederhana. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah “Respirasi” (D).

Soal (6)
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa interaksi antara burung jalak dengan kerbau merupakan contoh dari simbiosis mutualisme

SEBAB

Aktivitas burung jalak yang mengkonsumsi kutu pada kulit kerbau dalam jangka waktu lama ternyata dapat menyebabkan luka pada kulit kerbau tersebut bahkan hingga menimbulkan infeksi.

(A) Jika kedua pernyataan betul dan menunjukkan hubungan sebab.

(B) Jika kedua pernyataan betul dan tidak menunjukkan hubungan sebab.

(C) Jika pernyataan pertama betul dan pernyataan kedua salah.

(D) Jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua betul

(E) Jika kedua pernyataan salah.

 Jawaban: B

Pembahasan:
Interaksi antara burung jalak dengan kerbau dapat dikatakan sebagai simbiosis mutualisme ketika burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu yang ada di kulit kerbau dan kerbau mendapatkan keuntungan berupa berkurang hingga hilangnya parasit kutu dari kulit tubuhnya.

Namun jika dalam jangka waktu yang panjang aktivitas burung jalak tersebut justru melukai kulit tubuh kerbau hingga menimbulkan infeksi, hal ini tidak lagi menunjukkan simbiosis mutualisme antara kedua hewan tersebut melainkan simbiosis parasitisme.

Berdasarkan hal tersebut kedua pernyataan betul namun tidak memperlihatkan hubungan sebab (B).

Soal (7)
Teki merupakan salah satu gulma pertanian yang sulit dikendalikan.

SEBAB

Teki dapat melakukan alelopati dengan mengeluarkan zat alelokimia ke lingkungan sekitar nya dan memengaruhi pertumbuhan organisme lain di lingkungan tersebut.

(A) Jika kedua pernyataan betul dan menunjukkan hubungan sebab.

(B) Jika kedua pernyataan betul dan tidak menunjukkan hubungan sebab.

(C) Jika pernyataan pertama betul dan pernyataan kedua salah.

(D) Jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua betul

(E) Jika kedua pernyataan salah.

 Jawaban: A

Pembahasan:
Alelopati merupakan suatu fenomena interaksi yang dilakukan oleh tumbuhan. Fenomena ini terjadi ketika tumbuhan mengeluarkan zat alelokimia yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lain ataupun organisme lain di sekitar tumbuhan tersebut.

Pengaruh yang muncul dapat bersifat positif maupun negatif. Tumbuhan yang dapat melakukan alelopati dikatakan memiliki kemampuan distribusi atau dispersi yang tinggi.

Gulma secara sederhana merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan kemampuan disperse tinggi dan dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan lain di sekitarnya.

Umumnya keberadaan gulma sangat merugikan bagi pertumbuhan tanaman pertanian. Teki merupakan salah satu jenis gulma yang diketahui dapat melakukan alelopati yang berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan tanaman pertanian.

Berdasarkan hal tersebut kedua pernyataan betul dan memperlihatkan hubungan sebab (A).

Soal (8)
Pada ekosistem oseanik (laut), hewan di bawah ini yang mendapatkan aliran energi dengan persentase yang paling rendah adalah ….

(A) Hiu dan paus orca.
(B) Cumi-cumi dan kepiting.
(C) Lobster dan kepiting.
(D) Paus orca dan ikan sarden.
(E) Ikan tuna dan ikan badut.

Jawaban: A

Pembahasan:
Tingkatan puncak pada piramida energi ekosistem laut adalah top predator contohnya paus pembunuh (salah satunya paus orca), lumba-lumba, ikan hiu, dan ikan tuna.

Baca Juga:  Perbedaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris & Contoh Lengkap!

Teori aliran energi mengatakan bahwa energi yang dapat ditransfer antar makhluk hidup melalui peristiwa makan dan dimakan hanyalah 10% dari energi yang terdapat pada makhluk hidup level sebelumnya.

Sementara itu 90% energi lainnya akan dikeluarkan sebagai panas dan atau digunakan dalam proses metabolisme.

Secara sederhana tingkatan trofik atau level pada piramida energi di ekosistem laut dari bawah ke atas terdiri dari produsen, konsumen, dan top predator.

Produsen dapat muncul berupa makroalgae dan mikroalgae (fitoplankton). Sementara itu, konsumen herbivora contohnya ikan ikan kecil, crustacean, zooplankton, serta, konsumen karnivora contohnya ikan tuna, cumi-cumi, dan hewan laut karnivora lainnya.

Pada tingkatan terakhir terdapat top predator berupa paus, hiu, lumba-lumba, dan hewan lainnya. Dengan demikian pilihan yang tepat adalah “Hiu dan paus orca” (A).

Soal (9)
Pada suatu ekosistem diketahui bahwa terdapat 1000 kcal energi yang tersedia bagi organisme pada level trofik pertama, 100 kcal bagi organisme pada level trofik kedua dan 10 kcal bagi organisme pada level trofik ketiga. Dengan demikian, jumlah energi yang tersedia bagi konsumen tingkat tiga adalah sebesar…

(A) 1 kcal.
(B) 10 kcal.
(C) 0,1 kcal.
(D) 0,001 kcal
(E) 0,01 kcal.

Jawaban: A

Pembahasan:
Konsumen tingkat tiga merupakan organisme pada level trofik ke empat. Berdasarkan kasus tersebut diketahui bahwa energi yang ditransfer dari level trofik yang lebih rendah ke level trofik di atas nya hanya sebesar 10%, dengan demikian pada level trofik keempat akan tersedia sejumlah 1 kcal energi.

Dengan kata lain, konsumen tingkat tiga akan mendapatkan “1 kcal” (A).

Soal (10)
Alasan berikut yang dapat menjelaskan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi di ekosistem hutan hujan tropis adalah …

(1) Curah hujan tinggi dan porositas tanah yang baik dapat menyediakan kandungan air tanah yang lebih stabil bagi tumbuhan.

(2) Hanya mengalami dua jenis musim sehingga meminimalisir dan memperlambat proses seleksi alam.

(3) Mendapat paparan cahaya matahari yang lebih tinggi dan stabil sehingga mendukung intensitas fotosintesis yang lebih tinggi dan pada akhirnya ketersediaan makanan juga stabil dan melimpah.

(4) Keberadaan pohon-pohon berkanopi menawarkan sumber makanan, tempat berlindung, dan tempat persembunyian, serta menyediakan interaksi antar spesies yang lebih tinggi.

(A) Jika pilihan 1, 2, dan 3 betul
(B) Jika pilihan 1 dan 3 betul
(C) Jika pilihan 2 dan 4 betul
(D) Jika pilihan 4 saja yang betul
(E) Jika seluruh pilihan betul

Jawaban: E

Pembahasan:
Ekosistem hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi karena beberapa faktor lingkungan abiotik yaitu:

  • Curah hujan tinggi
  • Intensitas cahaya matahari yang stabil di daerah sekitar garis khatulistiwa.
  • Kondisi iklim dengan dua jenis musim menyediakan kesempatan bagi lebih banyak makhluk hidup untuk dapat beradaptasi dengan baik dibandingkan dengan kondisi iklim yang mengalami empat jenis musim yang justru meningkatkan proses seleksi alam.
  • Vegetasi dominan berupa pepohonan berkanopi lebar memberikan banyak keuntungan bagi makhluk hidup.

Dengan demikian seluruh pilihan betul (E).

Soal ekologi dan jawabannya di atas semoga menambah pemahaman Anda mengenai materi ekologi. Jangan lupa untuk mempelajari materi kami yang lain di kelas 10 seperti contoh soal program linear. Sekian, salam!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *