Soal Manajerial P3K Guru SD Terbaru !

soal manajerial P3K guru sd
soal manajerial P3K guru sd

Soal Manajerial P3K Guru SD – Hallo sobat calon ASN PPPK 2021! Anda yang sedang serius belajar demi menggapai NIP di tahun 2022 melalui jalur PPPK sudah pas sekali jika membuka laman ini. Karena materi pembahasan kita kali ini adalah dalam rangka mengantar Anda menjadi ASN PPPK guru SD. Terlebih bagi Anda yag telah lama mengabdi sebagai guru honorer sebagai guru kelas di SD. Pasti sudah tidak sabar untuk dapat NIP kan?

Soal manajerial P3K guru SD  yang kami sajikan memang sengaja kami berikan dengan jawabannya. Tiada lain untuk memudahkan Anda dalam belajar. Selain itu Anda juga bisa download soal manajerial P3K guru SD dari postingan kami sebelumnya. Semoga yang kami bawakan melalui laman haidunia.com ini bisa memberikan dampak positif bagi kesuksesan Anda dimasa mendatang sebagai ASN PPPK.

Read More

Oiya, tidak lupa kami ucapkan selamat bagi Anda yang telah dinyatakan lulus pada seleksi kompetensi yang telah diumumkan pada tanggal 08 Oktober 2021 lalu. Dan bagi Anda yang belum beruntung, mari kami dampingi untuk berjuang bersama sampai lulus. Tapi sebelum kita membahas soal-soal manajerial P3K ada baiknya kita ingat kembali beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Kompetensi ASN

Kompetensi ASN  adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai negeri sipil atau yang sekarang disebut aparatur sipil negara (ASN), berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Kompetensi ASN yang dimaksud meliputi tiga kompetensi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kompetensi yang dimaksud adalah:

(1) Kompetensi Teknis

Kompetensi teknis diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman kerja secara teknis.

(2) Kompetensi Manajerial

Kompetensi manajerial Diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen dan pengalaman kepemimpinan.

(3) Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi sosio kultural diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Tes Kompetensi Manajerial

Tes kompetensi manajerial merupakan tes psikologi yang mengukur potensi manajerial dalam ranah kognitif, dan tergolong sebagai tes prediktif kinerja manajerial (Idulfilastri, 2012). Artinya melalui tes kompetensi manajerial panitia seleksi dapat memprediksi kompetensi seorang manajer atau calon SDM yang akan duduk di jabatan manajerial.

Pengertian Kompetensi Manajerial

Pengertian kompetensi manajerial ASN dijelaskan dalam PERKA-BKN Nomor 7 tahun 2013 tentang Standar penyusunan Kompetensi Manajerial ASN.  Dijelaskan bahwa kompetensi manajerial adalah soft competency yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tugas dan/ atau fungsi jabatan.

Standar kompetensi manajerial minimal yang harus dimiliki oleh seorang aparatur sipil negara dalam melaksanakan tugas jabatan, terdiri dari:

(1) kemampuan berpikir

  1. fleksibelitas berpikir;
  2. inovasi;
  3. berpikir analitis;
  4. berpikir konseptual

(2) Mengelola diri

  1. adaptasi dengan perubahan;
  2. integritas;
  3. komitmen terhadap organisasi;
  4. inisiatif.

(3) mengelola orang lain

  1. kerjasama;
  2. mengembangkan orang lain;
  3. kepemimpinan;
  4. membimbing

(4) mengelola Tugas

  1. perencanaan & pengorganisasian;
  2. membangun hubungan kerja;
  3. pengambilan keputusan;
  4. komunikasi tulisan/ lisan

(5) Mengelola sosial dan budaya

  1. Tanggap terhadap pengaruh budaya;
  2. Empati;
  3. Interaksi sosial

Pentingnya Tes Kompetensi Manajerial

Tes kompetensi manajerial umumnya akan mengukur kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kemampuan pencapaian target kerja, kemampuan menyampaikan gagasan. Sehingga dengan diketahuinya potensi manajerial calon ASN pada nantinya diharapkan dapat dipetakan kemungkinan
keberhasilan karirnya di masa depan.

Materi Tes Kompetensi Manajerial PPPK (P3K)

Materi tes kompetensi manajeril PPPK (P3K) tentunya sudah banyak disampaikan dalam berbagai kesempatan sosialisasi yang disampaikan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Berikut adalah rincian materi tes kompetensi teknis, kompetensi  manajerial dan kompetensi sosio kultural.

materi tes kompetensi manajerial PPPK 2021
materi tes kompetensi manajerial PPPK 2021

Materi tes kompetensi manajerial berupa prediktif mengenai pengetahuan, keterampilan dan sikap sosial Anda, yang akan diukur dari beberapa indikator;

  • integritas
  • kerjasama
  • orientasi pada hasil
  • komunikasi
  • pelayanan publik
  • pengembangan diri
  • pengambilan keputusan
  • mengelola perubahan

Contoh soal manajerial P3K guru SD dan jawabannya yang kami bawakan telah dikembangkan sesuai indikator-indikator di atas. Namun tentunya soal tes manajerial PPPK guru SD memiliki karakter yang unik dibanding soal tes manajerial untuk formasi non guru, yang mana formasi lain tidak memuat kompetensi manajerial dalam bidang pengelolaan kelas.

Jumlah dan Bentuk Soal P3K Guru SD

Bentuk soal P3K guru SD berupa soal pilihan ganda. Namun ada beberapa perbedaan jumlah pilihan pada masing-masing sub tesnya. Berikut ulasannya:

Jumlah Soal P3K Guru SD

Soal Kompetensi Teknis
Soal kompetensi teknis terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Semua soal harus Anda selesaikan dalam 120 menit. Jawaban yang benar akan diberikan skor 5 dan jawaban yang salah akan diberikan skor 0. Sehingga jika jawaban Anda maksimal akan mendapatkan skor 500.

Soal Kompetensi Manajerial
Soal kompetensi manajerial terdiri dari 25 nomor soal pilihan ganda dengan 4 option jawaban. Setiap option jawaban memiliki skor dari 1-4. Jawaban terbaik akan diberikan skor 4 dan skor 1 untuk skor jawaban terendah. Sehingga jika Anda dapat mengerjakan dengan maksimal akan mendapatkan skor 100.

Soal Kompetensi Sosio Kultural
Soal kompetensi sosio kultural terdiri dari 20 nomor butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Setiap pilihan jawaban memiliki skor 1 – 5. Jawaban terbaik akan diberikan skor 5 dan 1 untuk skor jawaban terendah. Jadi jika Anda dapat maksimal dalam menjawab akan mendapatkan skor 100. Adapun alokasi waktu yang disediakan adalah  40 menit untuk mengerjakan paket soal manajerial dan sosio kultural.

Soal Tes Wawancara
Soal tes wawancara berjumlah 10 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Setiap jawaban akan memiliki skor antara 1-4. Dan Anda hanya diberi waktu 10 menit untuk menyelesaikan soal tes wawancara ini.

Selengkapnya Anda bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Jumlah soal manajerial P3K guru SD
Jumlah Soal Manajerial P3K Guru SD

Tips Lulus Passing Grade Tes P3K Guru SD

Besaran passing grade yang harus dilewati oleh para peserta seleksi tes P3K guru SD maupun yang kategori non guru tentunya sudah banyak beredar dan disosialisasikan. Pada kesempatan kali ini kami juga tidak akan mengulasnya.

Anda kami persilakan untuk mengakses beberapa ketentuan yang berkaitan dengan ketentuan passing grade, yaitu:

(1) Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

(2) Kemenpan RB Nomor 1169  Tahun 2021 tentang Pengolahan Hasil Seleksi Kompetensi I dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

Dari dua ketentuan tersebut di atas, secara ringkas jika Anda menghendaki lulus passing grade maka harus dapat menjawab sejumlah soal dengan benar.  Tabel berikut menunjukkan jumlah jawaban minimal benar yang harus Anda capai agar dapat melewati passing grade.

Kompetensi Jumlah Soal Nilai Jawaban Minimal Benar Agar PG
Teknis 64 X 5 320 64 soal yang benar
Manajerial 25 X 3 75 25 soal yang mendapat poin 3
Sosio Kultural 20 X 3 60 20 soal yang mendapat poin 3
Wawancara 10 X 3 30 setiap soal nimimal point 3

Soal Manajerial P3K Guru SD

Soal manajerial P3K guru SD yang kami bawakan ini telah dilengkapi dengan jawaban. Soal disusun berdasarkan pengalaman peserta seleksi kompetensi I yang telah tes pada 13-18 September 2021.  Skoring jawaban telah kami tuliskan secara berurutan mengikuti skor setiap option jawaban yang disajikan. Silahkan Anda pelajari dengan seksama. Semoga yang kami sajikan ini dapat membantu.

Soal Manajerial P3K Guru SD (1)
Tugas guru sebagai pemimpin pembelajaran adalah ….

a. merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan dan mengontrol kegiatan belajar
b. memberikan kemudahan-kemudahan kepada siswa dalam kegiatan belajarnya
c. pengatur arus kegiatan belajar siswa
d. pendorong agar siswa mau melakukan kegiatan belajar
Jawaban: 4-1-2-3

Soal Manajerial P3K Guru SD (2)
Seorang guru menampung persoalan yang akan diajukan oleh siswa. Kemudian mengembalikan lagi persoalan tersebut ke siswa lain untuk dijawab dan dipecahkan masalahnya. Ilustrasi ini menggambrkan bahwa guru berperan ….

a. Motivator belajar
b. Fasilitator belajar
c. Moderator belajar
d. Pemimpin belajar
Jawaban: 1-2-4-3

Soal Manajerial P3K Guru SD (3)
Sebagai guru Anda harus mampu menstimulus peserta didik menciptakan suasana belajar penuh antusias. Baik itu dalam kegiatan individual maupun kelompok. Maka Anda harus berperan sebagai ….

a. Evaluator belajar
b. Fasilitator belajar
c. Motivator belajar
d. Moderator belajar
Jawaban: 1-3-4-2

Soal Manajerial P3K Guru SD (4)
Anda mendapati salah satu guru berkolaborasi dengan staf tata usaha untuk mark up anggaran belanja menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sikap Anda yang tepat atas kasus tersebut adalah ….

a. Melaporkan kepada kepala sekolah agar diberikan pembinaan internal
b. Menyampaikannya kepada rekan guru dan mendiskusikan tindakan lanjutannya
c. Memberikan nasehat secara pribadi kepada oknum-oknum yang terlibat
d. Melaporkan kepada pihak berwajib karena mengarah pada tindakan korupsi
Jawaban: 3-1-2-4

Soal Manajerial P3K Guru SD (5)
Pak Herman dikenal sebagai kepala sekolah SMA yang bereputasi sangat baik. Tapi akhir-akhir ini beliau mencemaskan besaran biaya putranya yang harus mendaftar ulang di salah satu Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Ternama. Jika terlambat mendaftar ulang maka putranya dianggap mengundurkan diri. Sewaktu pulang dari sekolah, isterinya mengatakan bahwa ada tamu yang datang ke rumah memberikan kotak kecil. Setelah dibuka, isinya uang 15 juta. Tidak ada nama di amplop itu. Tetapi beberapa minggu yang lalu Pak Herman kedatangan sejumlah calon wali murid yang menghendaki putra/putrinya untuk diterima di sekolah dimana Pak Herman sebagai pimpinannya. Pak Herman menolak permintaan para wali tersebut dikarenakan tidak sesuai dengan kebijakan zonasi yang saat ini berlaku. Atas hal ini, isteri Pak Herman menyarankan untuk menerima saja uang tersebut karena memang sangat dibutuhkan untuk kepentingan putranya.

Dari kasus di atas, pelajaran terbaik yang dapat kita ambil adalah ….
a. Menjadi ASN yang jujur banyak tantangannya
b. Menjadi Kepala sekolah yang jujur tidaklah mudah
c. Kejujuran itu sulit bagi orang yang sedang kesulitan finansial
d. Menjadi pribadi berintegritas membutuhkan dukungan keluarga
strong>Jawaban: 1-2-3-4

Soal Manajerial P3K Guru SD (6)
Saya adalah pribadi yang bertanggung jawab, karena ….

a. berani mengakui kesalahan atas apa yang yang dilakukan
b. amanah dan dapat diandalkan
c. mau menanggung, memikul segala akibat atas pekerjaan
d. siap menanggung resiko seandainya ada kegagalan
Jawaban: 4-1-3-2

Soal Manajerial P3K Guru SD (7)
Prinsip “the right man on the right place” diacu oleh kepala sekolah saat menjalankan tupoksinya dalam ranah ….

a. Program sekolah
b. Pembiayaan sekolah
c. Pengorganisasian sekolah
d. Komunikasi sekolah
Jawaban: 3-1-4-2

Soal Manajerial P3K Guru SD (8)
Dana sekolah yang dikelola benar-benar mengalami defisit dalam jumlah yang cukup signifikan. Dalam kondisi ini, sikap Anda sebagai kepala sekolah ….

a. Menyampaikannya kepada komite sekolah agar ada solusi dengan cara menarik iuran dari wali
b. Menjaga kerahasiaan kondisi defisit sampai pihak luar sekolah ada yang mengetahui
c. Meminta pengawas sekolah untuk segera bertindak atas situasi ini
d. Menginisiasi rapat evaluasi pelaksanaan program sekolah agar didapatkan solusi yang tepat atas kondisi defisit anggaran
Jawaban: 3-1-2-4

Soal Manajerial P3K Guru SD (9)
Anda tidak sengaja mendapati kepala sekolah sedang marah terhadap salah satu rekan guru. Sikap Anda yang tepat adalah ….

a. Memberikan saran kepada rekan guru tersebut untuk bersabar atas perlakukan kepala sekolah
b. Menemui kepala sekolah dan meminta penjelasan atas permasalahan yang terjadi
c. Mencoba mempertemukan kembali rekan guru dan kepala sekolah untuk berdamai
d. Mencari tahu permasalahannya dan menawarkan solusi kepada rekan maupun kepala sekolah
Jawaban: 1-2-3-4

Soal Manajerial P3K Guru SD (10)
Anda menjadi bagian dari tim humas yang mengelola sistem IT penerimaan peserta didik baru (PPDB). Anda menemukan kejanggalan berupa bocornya hasil seleksi sebelum waktunya diumumkan melalui sistem IT tersebut. Maka sikap Anda menghadapi hal ini adalah ….

a. Meminta tim untuk menghentikan penggunaan sistem itu
b. Saat itu juga anda menghentikan sistem tersebut
c. Melapor dan memberi rekomendasi menghentikan sistem
d. Menyelesaikan pekerjaan yang penting dulu dengan sistem tersebut baru melapor
Jawaban: 3-2-4-1

Soal Manajerial P3K Guru SD (11)

Anda ditunjuk sebagai salah satu guru pamong yang bertugas membimbing mahasiswa yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PPL).  Suatu hari salah satu murid menyampaikan bahwa mahasiswa yang Anda supervisi tersebut berkata kurang sopan saat praktek mengajar di kelas. Maka sikap Anda ….

a. Mencari faktanya kemudian menyampaikan penggunaan bahasa pengantar pembelajaran yang sesuai
b. Memberi tahu agar lebih memperhalus bahasa dalam proses mengajar
c. Cukup menyampaikan kepada dosen pembimbingnya mengenai ketidaksopanan tersebut
d. Memberikan penilaian secara obyektif sebagai guru pamong berdasarkan laporan murid tersebut
Jawaban: 4-3-2-1

Soal Manajerial P3K Guru SD (12)
Saya akan menjadi ASN yang sukses, karena ….

a. Saya mampu mengatasi segala masalah
b. Saya selalu mengikuti arahan pimpinan
c. Saya akan memanfaatkan peluang untuk berprestasi
d. Saya melakukan pekerjaan dengan standar yang ditetapkan
Jawaban:  1-2-3-4

Soal Manajerial P3K Guru SD (13)
Honesty atau kejujuran adalah salah satu dimensi potensi integritas seseorang yang menunjukkan adanya kesadaran untuk berkata dan bersikap sesuai kebenaran. Menurut Anda hal ini dibentuk oleh aspek ….

a. empathy, lack of   blame, dan humility
b. empathy dan humility
c. lack of   blame, dan emotional mastery
d. emotional mastery
Jawaban: 4-3-2-1

Soal Manajerial P3K Guru SD (14)
Concistency adalah dimensi potensi integritas seseorang yang ditunjukkan dengan ….

a. adanya konsistensi dalam perbuatan dan ucapan
b. tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas
c. menanggung resiko saat gagal menjalankan tugas
d. berkata jujur dan mengakui kesalahan
Jawaban: 4-2-1-3

Soal Manajerial P3K Guru SD (15)
Keberanian seseorang dalam mengambil sikap ditunjukkan dengan ….

a. empathy, courage dan emotional mastery
b. empathy dan emotional mastery
c. courage dan self confidence
d. self confidence
Jawaban: 3-2-4-1

Soal manajerial P3K guru SD yang telah kami sampaikan bisa juga Anda dapatkan pada postingan kami lainnya. Silahkan Anda berkunjung ke Contoh Soal Manajerial P3K Guru PPPK 2021, Soal Pedagogik P3K 2021, Soal P3K 2021 dan JawabannyaContoh Soal Kompetensi Manajerial Guru PPPK, Contoh Soal PPPK Guru SD 2021, dan masih banyak materi lain yang bisa Anda dapatkan. Terakhir, saya doakan semoga Anda berhasil! Aamiin!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.