Download Soal P3K Guru SD Pdf, Agar Lulus PPPK 2021!

  • Whatsapp
download soal P3K Guru Sd Pdf terbaru 2021
download soal P3K Guru Sd Pdf terbaru 2021

Download Soal P3K Guru SD Pdf – Hallo sobat calon ASN! Pastinya Anda sudah tidak sabar menunggu proses pendaftaran calon Aparatur sipil negara (ASN) dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Apalagi bagi Anda yang telah lelah menanti selama pengabdian menjadi tenaga honorer.

Download soal P3K guru SD Pdf ini! Khususnya bagi Anda bapak/ibu guru yang telah mengabdi di unit kerja sekolah dasar (SD), dan juga telah tercatat sebagai peserta seleksi P3K tahaun 2021 ini. Silahkan download soal P3K guru SD Pdf yang kami sajikan pada laman ini sebagai persiapan Anda mengikuti proses seleksi calon guru SD PPPK (P3K) 2021. Tentunya setelah Anda download soal P3K guru SD Pdf ini akan berdampak positif terhadap penguasaan materi tes kompetensi teknis, yang menjadi bagian dari soal P3k guru SD.

Read More

Sebelum Anda download soal P3K guru SD Pdf pada link yang kami bagikan di akhir pembahasan, ada baiknya kita kulik beberapa informasi penting terkait proses seleksi PPPK guru SD. Karna hal ini juga penting sebagai pengayaan kompetensi Anda sebagai calon PPPK!

Kompetensi Teknis P3K Guru SD

Kompetensi teknis P3K guru SD yang dipersyaratkan bagi calon aparatur sipil negara bisa kita lacak dalam PERKA-BKN Nomor 8 Tahun 2013. Dijelaskan bahwa standar kompetensi teknis yang harus dimiliki oleh aparatur sipil negara (ASN) dalam melaksanakan tugas jabatan/ pekerjaannya disesuaikan dengan bisnis organisasi dan berpedoman kepada standar yang ditetapkan dalam organisasi tersebut.

Didefinisikan kembali dalam  dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang kompetensi teknis dan uraian tugas dan peta jabatan dalam organisasi, bahwa kompetensi teknis terdiri dari pengetahuan, keterampilan kerja terkait serta sikap atau perilaku yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Indikator dari kompetensi teknis

(1) Keterampilan kerja terkait

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan bidang tugas yang dihadapi. Kemampuan ini terdiri dari beberapa subindikator yaitu:

a. Kecermatan dalam melaksanakan pekerjaan
b. Kemampuan konseptual
c. Penguasaan alat-alat yang relevan dengan pekerjaan
d. Kemampuan dalam menangani gangguan dalam pekerjaan

(2) Keterampilan sosial

Kemampuan individu dalam berinteraksi dengan orang lain dalam melaksanakan pekerjaan. Keterampilan ini terdiri dari beberapa subindikator yaitu:

a. Melayani orang lain
b. Mampu melakukan negosisasi
c. Bekerjasama dalam kelompok kerja
d. Memberikan dorongan kepada orang lain

(3) Pengetahuan

Kemampuan intelektual yang harus dimiliki dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam bidang pekerjaan yang digeluti (tertentu). Kemampuan ini terdiri dari beberapa subindikator yaitu:

a. Pemahaman terhadap metode dalam pelaksanaan pekerjaan

b. Pengetahuan tentang proses dan prosedur dalam pelaksanaan pekerjaan

c. Pengetahuan tentang deskripsi pekerjaan yang sedang dilaksanakan

d. Pengetahuan tentang kesesuaian variasi pengetahuan dengan pekerjaan

Materi Tes Kemampuan Teknis P3K Guru SD

Perhatikan materi tes kemampuan teknis yang disampaikan oleh pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam beberapa kesempatan sosialisasi, seperti dalam tabel yang kami capture berikut ini:

Materi soal tes kompetensi teknis P3K guru SD
Materi Soal Tes Kompetensi Teknis P3K Guru SD

Berdasarkan materi sosialisasi di atas, maka materi soal tes kompetensi teknis P3K guru SD berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan, yang spesifik dengan bidang teknis jabatannya sebagai guru SD.

Baca Juga:  Contoh Soal Manajerial P3K Guru PPPK 2021 Terbaru!

Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru

Materi seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk jabatan guru ahli pertama disebutkan dalam Surat Edara Menpan-RB Nomor: B/750/M.SM.01.00/2020 tentang Materi Pokok Seleksi Kompetensi Bidang untuk Seleksi CPNS. Dalam surat edaran tersebut ada dua kompetensi yang wajib diujikan dalam seleksi kompetensi bidang, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Kompetensi Teknis Guru PPPK
Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru PPPK

Kompetensi Pedagogik; kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik.

Kompetensi Profesional; penguasaan materi pembelajaran secara luas, mencakup kurikulum mata pelajaran dan subtansi keilmuan yang menaunginya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi kelilmuannya.

Jika kita simpulkan, maka tes kompetensi bidang calon PPPK guru terdiri dari kompetensi pedagogik yang lebih menekankan pada teknis-teknis proses pembelajaran, dan kompetensi profesional yang lebih berpusat pada penguasaan materi pembelajaran. Pembahasan soal P3K guru SD Pdf kita kali ini akan lebih berfokus pada kompetensi profesional guru SD, yaitu penguasaan materi pelajaran.

Soal P3K guru SD Pdf yang kami kembangkan ini terdiri dari mata pelajaran; Matematika, IPA, IPS dan PKN dan bahasa Indonesia. Silahkan anda pelajari dan silahkan Anda download soal P3K guru SD Pdf ini melalui link yang kami sediakan.

Soal P3K guru SD berikut akan berupa kompetensi teknis yang harus Anda kuasai dalam proses menyampaikan mata pelajaran pokok di SD. Semoga saja setelah Anda download soal P3K guru SD pdf ini bisa berdampak positif untuk mengantar Anda lulus tes tahap pertama.

Download Soal P3K Guru SD Pdf 2021

Download soal P3K guru SD Pdf ini dan pelajari dengan seksama. Tetapi alangkah baiknya Anda juga mempelajari soal ini secara langsung di laman ini, karena hal ini lebih berdampak positif pada persiapan Anda. Tetapi jika Anda menghendaki untuk menyimpannya lebih dulu, bisa langsung download soal P3K guru SD Pdf di akhir pembahasan nanti!  Dan Kami ucapkan selamat belajar!

Soal P3K Guru SD Matematika

1.  Anda akan mengajar geometri di kelas IV. Model pendekatan yang paling tepat untuk mengajar dengan media potongan tangram seperti gambar berikut adalah ….

potongan tangram
Potongan Tangram Materi Geometri Kelas IV

a. penanaman konsep
b. pemahaman konsep
c. pembinaan keterampilan
d. pembinaan pendahuluan
e. pemahaman istilah

Jawaban: c
Penanaman konsep mengenai bentuk dasar geometri seperti segitiga diberikan menggunakan pemahaman konsep. Namun jika sudah pada tahap menggunakan media tangram seperti di atas, pendekatan yang digunakan adalah pembinaan keterampilan.

2. Anda akan mengajar materi lambang bilangan. Maka yang Anda tuliskan di papan tulis untuk lambang bilangan “tiga ratus tiga ribu sembilan puluh” adalah ….

a. 330.090
b. 303.090
c. 303.900
d. 330.900
e. 339.300

Jawaban: b
Cukup jelas. Gunakan ketelitian Anda!

3. Anda akan menjelaskan konsep perkalian bilangan bulat. Maka penjelasan paling awal kepada peserta didik adalah ….

a. perkalian bilangan bulat positif dengan positif

b. perkalian bilangan bulat negatif dengan positif

c. perkalian antar bilangan bulat negatif

d. perkalian bilangan 1 dengan bilangan 0

e. perkalian bilangan -1 dengan bilangan 0

Jawaban: a
Hal ini karena perkalian merupakan penjumlahan berulang, yang mana bisa dilihat dengan jelas pada perkalian dua bilangan positif.

4. Cara membaca penulisan lambang bilangan; “2 + (-3)” yang paling tepat adalah ….

a. dua ditambah negatif tiga
b. dua plus negatif tiga
c. dua ditambah minus tiga
d. dua minus tiga
e. dua dikurangi tiga

Baca Juga:  Cek Gambaran Kondisi Sekolah Sebelum Anak Mendaftar!

Jawaban: a
Cukup jelas

5. Cara Anda menjelaskan bahwa penulisan bilangan romawi XXL tidak mempunyai arti yang tepat adalah …

a. dua angka X tidak boleh menjadi pengurang dari L

b. angka X hanya boleh dikurangkan dari L dan C

c. angka L tidak boleh dikurangkan dari angka lainnya

d. angka L tidak boleh ditulis berjajar secara berurutan

e. angka X tidak boleh ditulis sebelum L dan C

Jawaban: a

Dua angka X atau lebih secara berurutan tidak boleh menjadi  pengurang C. satu Angka X hanya boleh menjadi pengurang L dan C, yaitu XL=40 dan XC = 90.

Soal P3K Guru SD IPA

6. Anda akan mengajar materi sifat-sifat air di kelas III menggunakan pendekatan informasi. Saat Anda melakukan refleksi ternyata lebih dari 2/3 murid tidak dapat menjawab pertanyaan yang Anda ajukan.

Analisa Anda dari kondisi di atas adalah ….

a. murid kurang memperhatikan
b. konsep yang sulit dimengerti
c. murid belum membaca materi
d. pendekatan yang kurang sesuai
e. media pembelajaran kurang menarik

Jawaban: d
Pendekatan informasi kurang sesuai untuk usia peserta didik kelas III. Pada usia perkembangan ini peserta didik baru sampai pada tahap konkret operasional. Maka lebih pas menggunakan pendekatan realistik.

7. Anda akan mengajar menggunakan pendekatan inkuiri. Maka tugas utama Anda adalah ….

a. memberikan informasi langsung pada murid

b. menjelaskan konsep di awal penugasan

c. mengamati murid memecahkan masalah yang disajikan

d. membantu memecahkan masalah yang dihadapi

e. menunggu murid presentasi dan diskusi hasil penemuan

Jawaban: d
Cukup jelas. Dalam pendekatan inkuiri guru tetap harus memberikan pengarahan dan bimbingan dalam pemecahan masalah yang disajikan.

8. Perhatikan urutan sintaks pembelajaran berikut;

(1) mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat yang ada disekitar sekolah

(2) menjelaskan pengertian lingkungan sehat dan tidak sehat

(3) mendemonstrasikan adanya zat lain dari air yang tampak jernih dalam selokan

(4) menjelaskan penyebab lingkungan tercemar

Berdasarkan sintaks di atas, maka pendekatan yang digunakan adalah ….

a. lingkungan
b. faktual
c. konseptual
e. keterampilan proses
d. inkuiri

Jawaban: a
Cukup jelas.

9. Anda akan mengajarkan submateri bumi dan bulan mengelilingi matahari. Jumlah murid dalam satu kelas berjumlah 40. Alat peraga planetarium yang tersedia hanya 2 buah.

Dengan kondisi tersebut, Anda sebaiknya mengajar dengan metode ….

a. diskusi
b. eksperimen
c. simulasi
d. demonstrasi
e. penugasan

Jawaban: d
Perlengkapan media pembelajaran yang terbatas dengan jumlah murid besar bisa disolusikan dengan pendekatan demonstrasi.

10. Anda akan membuktikan bahwa dalam fotosintesis dihasilkan tepung. Maka metode pembelajaran yang Anda gunakan adalah ….

a. diskusi
b. eksperimen
c. simulasi
d. demonstrasi
e. inkuiri

Jawaban: b
Cukup jelas

Soal P3K Guru SD IPS

11. Anda sedang mengajar sejarah. Murid diberikan penugas untuk mencari letak Kerajaan Sriwijaya dalam sebut peta. Maka pengembangan teknik mengajar yang Anda lakukan didasarkan pada ….

a. konten
b. keterampilan proses
c. masalah
d. minat
e. media ajar

Jawaban: b
Cukup jelas

12. Anda akan mengajarkan materi globalisasi. Strategi yang tepat untuk Anda pilih adalah ….

a. menggunakan media pembelajaran yang langka

b. merumuskan tujuan instruksional umum yang efisien

c. merumuskan tujuan instruksional khusus

d. merumuskan tujuan kurikuler

Jawaban: c
Merumuskan tujuan instruksional khusus karena akan memberikan peluang pemahaman yang lebih efektif. Hal ini penting mengingat materi globalisasi yang sangat luas.

Baca Juga:  Daerah 3T Tanpa Guru, Apa Jadinya?

13. Anda akan menyampaikan materi sumpah pemuda dengan metode diskusi. Peran Anda yang tepat adalah ….

a. ikut mengidentifikasi sikap keteladanan para pejuang sumpah pemuda

b. menunjukkan gambar proses berlangsungnya sumpah pemuda

c. menunjukkan nama-nama tokoh sumpah pemuda

d. menunjukkan sikap para tokoh terhadap penjajah

e. menunjukkan tempat dan tanggal penting sumpah pemuda

Jawaban: a
Cukup jelas.

14. Anda akan mengajarkan bentuk keragaman di Indonesia. Salah satunya adalah rumah adat. Model atau miniatur yang Anda presentasikan untuk menunjukkan rumah adat Sumatera Barat adalah ….

a. rumah joglo
b. rumah gadang
c. rumah rumbia
d. rumah brunjung
e. rumah limasan

Jawaban: b
Cukup jelas

15. Dua orang murid Anda mencoba menanam padi pada dua petak sawah. Petak pertama dipupuk dan diairi. Petak kedua tanpa diberi pupuk dan hanya diairi. Menurut Anda, kedua murid sedang melakukan ….

a. pengamatan mendalam
b. penelitian sederhana
c. merencanakan penelitian
d. melakukan pengukuran
e. belajar realistik secara mandiri

Jawaban: b
Cukup jelas

Soal P3K Guru SD PKN

16. Di bawah ini materi IPS yang tidak tepat Anda ajarkan dalam pembelajaran PKn secara terpadu adalah ….

a. UUD 1945
b. MPR
c. Demokrasi
d. Demografi
e. Ideologi

Jawaban: d
Demografi (kependudukan) tidak masuk dalam muatan materi PKn

17. Anda akan mengajarkan cara memajukan kebudayaan nasional. Maka contoh dalam kehidupan sehari-hari yang Anda contohkan adalah….

a. disiplin beribadah tepat waktu
b. kerjasama di tempat kerja
c. berdiskusi dengan teman di kelas
d. gotong royong warga komplek
e. petugas mobil ambulance

Jawaban: d
Cukup jelas

18. Anda akan mengajarkan materi usaha bela negara. Maka referensi utamanya adalah ….

a. pasal 27 ayat 1
b. pasal 27 ayat 2
c. pasal 27 ayat 3
d. pasal 28
e. pasal 29 ayat 1

Jawaban: c
Cukup jelas

19. Anda akan mengajarkan mengenai hak setiap orang mengembangkan diri, maka yang Anda contohkan adalah ….

a. hak melakukan pekerjaan sosial
b. hak mempertahankan hidup
c. hak memperoleh kesejahteraan lahir batin
d. hak memperoleh lingkungan hidup yang baik
e. hak untuk warga negara untuk berkeluarga

Jawaban: a
Cukup jelas

20. Anda akan mengajarkan ciri-ciri warga negara yang demokratis. Maka di bawah ini ciri-ciri yang tidak tepat menurut Anda adalah ….

a. warga negara yang demokratis mengutamakan pengetahuan
b. warga yang demokratis memiliki tanggungjawab
c. warga yang demokratis menggunakan hak suara dalam pemilu
d. warga yang demokratis bersikap santun dan toleransi
e. warga yang demokratis menghargai perbedaan pendapat

Jawaban: a
cukup jelas.

Demikian pembahasan kita mengenai soal P3K guru SD Pdf. Adapun untuk materi soal P3K guru SD bahasa Indonesia akan kami bahas dalam kesempatan yang terpisah. Silahkan bagi Anda yang menghendaki download soal P3K guru SD Pdf ini bisa langsung menuju ke klik download soal P3K guru SD Pdf. Kami juga menyarankan agar Anda mengakses kumpulan soal P3K 2021 yang telah kami bagikan sebelumnya pada beberapa laman berikut; Mau lulus PPPK? Download Soal Manajerial P3K Guru SD 2021 Pdf!, Unduh Soal Pedagogik P3K 2021 Pdf ini! Biar Lulus PPPK Tahap 1!, Mau Lulus P3K? Download Soal Sosio Kultural PPPK 2021 Pdf Ini!. Dan masih banyak kumpulan soal P3K 2021 yang dapat Anda akses dari laman haidunia.com. Tentunya kami turut mendoakan, semoga Anda sukses menjadi ASN dimasa depan. Aamiin!

 

Related posts