Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial dan Kunci Jawaban

Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial
Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial

Haidunia.com – Soal sosiologi kelas XI kelompok sosial dan kunci jawaban yang kami sajikan sangat cocok untuk persiapan ulangan harian dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Silakan bagi kalian yang saat ini duudk di kelas XI bisa menjadikan contoh soal kelompok sosial kelas 11 dan jawabannya ini sebagai sumber referensi.

Soal sosiologi kelas XI kelompok sosial juga sering muncul pada soal tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Anda bisa cek pada seoal-soal UTBK SBMPTN. Hampir setiap tahun bagi yang hendak mengambil jurusan sosial humaniora akan berjumpa dengan soal HOTS kelompok sosial.

Read More

Soal sosiologi kelas XI kelompok sosial ini benar-benar kami rekomendasikan untuk dipelajari dengan seksama. Melalui laman haidunia.com ini saya juga berharap Anda dapat memperkaya materi sosiologi lainnya. Silahkan Anda berkunjung ke laman kami yang lain dengan pokok bahasan: soal sosiologi kelas 11 kelompok sosial dan latihan soal kelompok sosial.

Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial

Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial yang kami sajikan beserta jawabannya sangat mudah untuk dipelajari kembali. Anda bisa mencatatnya atau menyimpan link laman ini agar Anda bisa membukanya kembali sebagai sarana belajar.

Soal Sosiologi Kelas XI Kelompok Sosial yang kami sajikan terdiri dari 15 contoh soal kelompok sosial kelas 11, silahkan Anda coba menjawab terlebih dahulu tanpa harus membuka kunci jawaban di awal. Selamat belajar dan semoga Tuhan memberikan pemahaman yang baik kepada Anda atas materi yang kami sajikan di laman ini.

Soal nomor (1)
Ikatan Dokter Indonesia adalah kelompok yang terbentuk akibat adanya kesamaan keahlian dan pekerjaan yakni sebagai tenaga Kesehatan di Kelompok ini disebut disebut ….

(A) Kelompok Volunter
(B) Kelompok Primer
(C) Kelompok Sekunder
(D) Kelompok Okupasional
(E) Heterogenitas Kelompok
Jawaban: D

Pembahasan:
Kelompok Okupasional merupakan kelompok yang muncul karena anggotanya memiliki pekerjaan yang sejenis.

Soal nomor (2)
Romusha atau kerja paksa yang terjadi pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945 merupakan contoh pola hubungan ….

(A) akulturasi
(B) asimilasi
(C) diskriminasi
(D) eksploitasi
(E) integrasi
Jawaban: D

Pembahasan:
Romusha atau kerja paksa merupakan contoh eksploitasi yang dilakukan oleh Kekaisaran Jepang terhadap rakyat Indonesia sejak 1943 untuk membantu memenangkan Perang Asia Pasifik tanpa diimbangi oleh upah dan kesejahteraan yang layak.

Baca Juga:  Contoh Soal AKM Literasi Numerasi SD, SMP & SMA

Soal nomor (3)
Ketika Kerjaan Belanda menjajah kerajaan-kerajaan di Nusantara, raja-raja pribumi masih diberi kekuasaan untuk memerintah penduduk pribumi, tetapi mereka harus mengakui kekuasaaan Kerajaan Pola hubungan antarkelompok sosial seperti ini disebut ….

(A) paternalisme
(B) pluralisme
(C) multikulturalisme
(D) mutualisme
(E) eksploitasi
Jawaban: A

Pembahasan:
Paternalisme adalah suatu bentuk dominasi kelompok ras pendatang atas kelompok ras pribumi. Pola ini muncul apabila kelompok pendatang, yang secara politik lebih kuat, mendirikan koloni di daerah jajahan.

Soal nomor (4)
Faishal merupakan mahasiswa jurusan Sosiologi UGM yang berasal dari Cianjur. Ia membentuk organisasi daerah yang beranggotakan mahasiswa UGM yang hanya berasal dari Organisasi daerah yang dibentuk oleh Faishal termasuk jenis kelompok sosial ….

(A) patembayan
(B) paguyuban
(C) kelompok acuan
(D) kelompok okupasional
(E) kelompok primer
Jawaban: B

Pembahasan:
Organisasi daerah yang dibentuk oleh Faishal diikat oleh kesamaan daerah asal yaitu Cianjur sehingga sifat organisasi adalah intimate, private, dan exclusive. Kelompok social yang memiliki sifat dasar tersebut adalah paguyuban.

Soal nomor (5)
Kelompok formal ditandai dengan adanya ….

(A) anggota dalam kelompok banyak
(B) adanya solidaritas mekanis
(C) struktur organisasi
(D) interaksi sosial
(E) perencanaan kegiatan
Jawaban: C

Pembahasan:
Formal Group adalah kelompok sosial yang memiliki peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antarsesama sehingga salah satu ciri kelompok formal adalah adanya struktur organisasi yang jelas.

Soal nomor (6)
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkontribusi dalam membantu mengevakuasi korban bencana gempa Berdasarkan perannya dalam kelompok sosial Tim ACT termasuk ke dalam ….

(A) reference group
(B) informal group
(C) okupasional
(D) volunteer
(E) membership group
Jawaban: D

Pembahasan:
Kelompok Volunteer biasanya terbentuk karena memiliki tujuan yang sama terkait dengan kebutuhan primer masyarakat seperti kebutuhan sandang/pangan, keselamatan jiwa, kasih sayang, dan lain-lain. Biasanya keanggotaan kelompok volunteer tidak terlalu mengikat artinya mereka bisa ikut bergabung maupun keluar dari kelompok tersebut kapan saja dan berjalannya kelompok volunteer ini dilandasi agar terpenuhinya kebutuhan primer masyarakat.

Tim ACT merupakan sekelompok orang yang membantu pencarian serta penyelamatan korban bencana. Sehingga Tim ACT termasuk ke dalam kelompok volunteer karena berupaya untuk memenuhi kebutuhan primer masyarakat yang terkena bencana yaitu salah satunya penyelamatan jiwa korban bencana di Lombok.

Soal nomor (7)
Ciri kelompok sosial ditandai oleh ….

(A) hubungan yang tidak bersifat timbal balik
(B) setiap individu menjalankan norma dan sistem nilainya masing-masing
(C) tidak membutuhkan pengakuan sebagaia bagian dari kelompkok sosial dari anggota kelompok yang lainnya
(D) bersistem dan berproses
(E) rasa solidaritas yang lemah
Jawaban: D

Pembahaan:
Bersistem dan berproses merupakan salah satu ciri kelompok sosial.

Soal nomor (8)
Anggota-anggota kelompok primer berhubungan secara ….

(A) akrab dan informal
(B) total dan segmented
(C) informal dan formal
(D) etnosentris dan personal
(E) personal dan formal
Jawaban: A

Pembahasan:
Akrab dan informal merupakan salah satu ciri kelompok primer karena setiap anggotanya memiliki kedekatan personal sehingga dalam interaksi hubungan yang dibangun mereka lebih akrab dan informal.

Soal nomor (9)
Pernyataan-pernyataan mengenai kelompok primer berikut ini adalah benar, kecuali ….

(A) hubungan anggota-anggota kelompok primer bersifat manusiawi

(B) setiap anggota dapat berkomunikasi secara terbuka

(C) kelompok primer memiliki banyak anggota

(D) para anggota dapat saling bergunjing akrab

(E) kelompok primer berperan sebagai agen sosialisasi nilai-nilai budaya
Jawaban: C

Pembahasan:
Kelompok primer memiliki kedekatan secara fisik dan sosial sehingga mereka cenderung memiliki anggota yang terbatas/ sedikit

Soal nomor (10)
Pembentukan kelompok sosial umumnya didasari oleh hal-hal berikut, kecuali ….

(A) kesamaan kepentingan
(B) kesamaan keturunan
(C) kesamaan gaya hidup
(D) kesamaan ciri fisik
(E) kesamaan daerah
Jawaban: C

Pembahasan:
Kepentingan gaya hidup bukanlah hal yang mendasari pembentukan kelompok sosial secara umum.

Soal nomor (11)
Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Soekarno-Hatta sekitar pukul 07.00 WIB. Selain memakan korban jiwa, karena banyaknya orang-orang yang berhenti di pinggir jalan untuk melihat lokasi kecelakaan membuat lalu lintas sempat macet. Sekumpulan orang yang melihat lokasi kecelakaan tersebut termasuk ke dalam klasifikasi kelompok sosial ….

(A) kerumunan sosial
(B) publik
(C) massa
(D) kelompok luar
(E) kelompok sekunder
Jawaban: A

Pembahasan:
Kerumunan Sosial (Social Aggregate) adalah sekumpulan orang yang berada di suatu tempat dan suatu waktu yang sifatnya sementara dan di antara mereka tidak berhubungan secara tetap.Di antara ciri kerumunan sosial adalah tidak saling mengenal, kehadirannya hanya bersifat fisik atau tidak ada kontak batin, tidak teroganisir, dan interaksi antarindividu bersifat spontan, tidak terduga, sangat lemah, dan singkat.

Soal nomor (12)
Kelompok sosial yang menjadi model atau pedoman bagi penilaian tindakan kita disebut ….

(A) reference group
(B) membership group
(C) primary group
(D) secondary group
(E) in-group
Jawaban: A

Pembahasan:
Kelompok Acuan (Reference Group) adalah kelompok sosial yang menjadi model, pedoman atau acuan bagi seseorang (bukan anggota kelompok) untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

Baca Juga:  Puisi Untuk Guru Tercinta yang Menyentuh Hati

Soal nomor (13)
Pada hari Jum’at, masyarakat desa A sedang melakukan bakti sosial, semua pemuda wajib  di desa A harus mengikutinya. Namun Leodra yang juga termasuk pemuda di desanya  justru memilih untuk bermain game di kamarnya. Ia berfikiran bakti sosial tidak penitng karena menurutnya orang lain bukanlah urusannya. Sikap Leodra termasuk dalam sikap… .

(A) solidaritas mekanik
(B) solidaritas organik
(C) eksklusivisme
(D) partikularisme
(E) toleransi
Jawaban: D

Pembahasan:
Partikularisme merupakan sistem yang mementingkan, memikirkan atau mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum. Sikap Leodra yang cenderung acuh dengan kepentingan umum dan lebih mementingkan kepentingan pribadi bisa dikatakan bahwa Leodar memiliki sifat partikularisme.

Soal nomor (14)
Denia merupakan siswa pindahan baru di sekolahnya. Ia berasal dari Jawa dan pindah di Kalimantan. Ketika mulai masuk kelas, Denia bertemu dengan Alde dan Vero. Ternyata Alde dan Vero juga berasal dari Jawa. Mereka berdua lalu mengajak Denia untuk bergabung di group WA  Ikatan Siswa Jawa di Kalimantan. Pada akhirnya mereka bertiga menjadi teman dekat dan melakukan meet up dengan siswa di Kalimantan yang berasal dari Jawa. Dari ilustrasi cerita diatas, Denia, Alde dan Vero bergabung dalam kelompok sosial atas dasar kesamaan….

(A) Geografis
(B) Keturunan
(C) Daerah Asal
(D) Agama
(E) Kepentingan
Jawaban: C

Pembahasan: 
Daerah asal (karena Denia, Alde dan Vero sama – sama berasal dari daerah yang sama yaitu Jawa).

Soal nomor (15)
Hari ini Yoda akan bertemu dengan teman – temannya, mereka sepakat berkumpul di taman kota. Yoda sangat senang, karena di sana nanti dia akan bertemu dengan teman yang sama – sama menyukai k-pop. Yoda tidak lupa membawa album k-pop yang ia punya, begitupun dengan teman – temannya. Dari ilustrasi diatas, kelompok yang tercipta antara Yoda dan teman-temannya didasarkan atas kesamaan ….

(A) Daerah Asal
(B) Agama
(C) Keturunan
(D) Kepentingan
(E) Geografis
Jawaban: D

Pembahasan:
Kepentingan (Karena mereka memiliki kepentingan/tujuan/ketertarikan yang sama yaitu sama – sama menyukai k-pop).

Soal sosiologi kelas XI kelompok sosial dan kunci jawaban yang kami sajikan semoga saja menjadi bekal yang cukup bagi Anda yang akan menghadapi Penialian Akhir Semester (PAS) maupun tes seleksi masuk PTN melaui jalur UTBK SBMPT. Untuk melengkapi referensi belajar Anda silahkan Anda akses materi yang serupa dengan judul: soal sosiologi kelas 11 kelompok sosial dan latihan soal kelompok sosial. Sekian, Salam!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *