Telkom dan #Hack4ID Inisiasi Pembentukan Founder Startup di Makassar

Dalam rangka mendorong pembentukan founder startup digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital berpartner dengan Indigo dalam event #Hack4ID Sulawesi Selatan 2024 yang berlangsung di Kota Daeng.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia kini dipacu oleh ekosistem startup yang aktif dan peningkatan cepat dalam penggunaan internet, seperti dilaporkan oleh Statista pada 2023 yang menempatkan ekosistem startup di Indonesia sebagai yang terbesar kedua di Asia Tenggara.

Inisiatif untuk menumbuhkan founder startup digital sangat krusial, terutama di daerah dengan potensi yang belum tergali sepenuhnya. Sulawesi Selatan, dan khususnya Makassar atau Kota Daeng, mendapat perhatian setelah diakui sebagai Smart City Dunia oleh The Smart City Observatory pada tahun 2023. Keberhasilan ini menginspirasi pelaksanaan #Hack4ID dengan fokus pada Smart City di IndigoHub Makassar, yang akan berlangsung pada 2-3 Maret 2024.

#Hack4ID adalah sebuah acara yang menggunakan format hackathon untuk menciptakan solusi inovatif dan teknologi terhadap masalah sosial. Acara ini dirancang untuk mendukung produktivitas pemuda Indonesia dengan kerjasama antara sektor industri dan pemerintah, untuk memperkuat kolaborasi dan mendorong ekosistem digital yang berkelanjutan.

Event ini juga melibatkan proses pembinaan dimana peserta diarahkan untuk mengaplikasikan prinsip design thinking, yang mencakup pemahaman tentang proses berpikir konvergen dan divergen. Pendampingan yang intensif diberikan, dimana para calon founder dapat belajar dari mentor yang berpengalaman di industri startup, memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka untuk sukses di masa depan.

Hari pertama diisi dengan kegiatan membangun user journey, memahami stakeholder melalui diskusi dan brainstorming tim. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diverging dan converging, dimana tim mendefinisikan masalah melalui heat mapping dan setting tujuan sprint.

Pada hari kedua, proses ideasi berlanjut dengan diverging untuk mengeksplorasi riset dan feedback, yang diikuti oleh sesi converging untuk memilih ide-ide yang akan diolah lebih lanjut menjadi sketsa solusi. Pembahasan mendalam terjadi saat tim dan mentor mengkristalisasi fitur-fitur yang akan dikembangkan.

Selain itu, #Hack4ID juga berperan sebagai platform untuk menguatkan jaringan antara pelaku industri startup lokal, dengan dukungan dari pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor swasta.

Dari total 32 peserta, terbentuk 6 ide startup inovatif yang siap mengambil langkah selanjutnya dalam industri. Patricia Eugene Gaspersz dari Indigo menekankan pentingnya acara ini sebagai pondasi untuk ekosistem startup lokal yang kuat dan kompetitif.

Sejak 2013, program Indigo oleh Telkom telah mendukung lebih dari 200 startup digital, dengan tujuan meningkatkan inovasi dan kualitas bisnis di Indonesia, serta mempercepat transformasi digital nasional.

#Hack4ID Sulawesi Selatan 2024 diharapkan menjadi milestone dalam pengembangan ekosistem startup digital yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah tersebut, dan mendorong Sulawesi Selatan menjadi pusat inovasi dan teknologi di Indonesia.

Tentang Indigo

Indigo adalah sebuah inkubator dan akselerator startup digital yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia, berfokus pada pengembangan startup dari tahap awal hingga sinergi, untuk menciptakan perusahaan-perusahaan digital terdepan di Indonesia.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *