Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah – Sebuah sekolah harus dipimpin oleh seorang kepala sekolah dengan perannya yang sangat strategis bagi kemajuan pendidikan secara umum.

Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah untuk kemajuan pendidikan tersebut harus didukung pula oleh profesionalisme para guru.

Secara langsung seorang kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang melekat dalam meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

Dalam tugas dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin, maka harus mampu;

(1) mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan peserta didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing;

(2) memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para peserta didik, serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi dalam mencapai tujuan.

Agar tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dapat berjalan dengan baik, tentunya perlu dipahami dulu dengan benar semua tugas dan tanggung jawab kepala sekolah yang di atur dalam Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang tugas tambahan guru sebagai kepala sekolah.

Pengertian Kepala Sekolah

Kepala sekolah tersusun dari dua kata yaitu kepala dan sekolah. Kepala dapat diartikan sebagai ketua atau pemimipin dalam suatu organisasi atau lembaga.

Sekolah merupakan sebuah lembaga tempat bernaungnya peserta didik untuk memperoleh pendidikan formal.

Secara sederhana, kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin sekolah tempat diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat dimana terjadinya interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan peserta didik yang menerima pelajaran.

Maksud memimpin tersebut adalah Leadership, yaitu kemampuan untuk mengerakan sumber daya, baik internal maupun eksternal, dalam rangka mencapai tujuan sekolah dengan lebih
optimal.’

Atau dengan kata lain, kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah yang diselenggarakan proses belajar-mengajar atau tempat terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.

Keterangan lain menyebutkan bahwa kepala sekolah merupakan padanan dari school principal yang tugas kesehariannya menjalankan principalship atau kekepalasekolahan.

Istilah kekepalasekolahan mengandung makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah.

Penjelasan ini dipandang penting, karena terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah, seperti administrasi sekolah (school administrator), pimpinan sekolah (school leader), manajer sekolah (school manager), dan sebagainya.”

Peran dan Fungsi Kepala Sekolah

Peran dan fungsi utama kepala sekolah tentu banyak sekali cakupannnya. Tetapi jika kita kerucutkan, tugas utama seorang kepala sekolah adalah sebagai pemimpin yang  sehari-hari mengatur situasi, mengendalikan kegiatan organisasi, dan melakukan koordinasi eksternal dengan stakeholder atau instansi luar dan unsur kedinasan.

Baca Juga:  Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Terbaru dari Tes Tahap I

Peran dan fungsi kepala sekolah seseorang pimpinan sekolah juga dituntut untuk memiliki peran ganda, yaitu sebagai:

(1) Catalyst

Sebagai catalyst seorang kepala sekolah berperan meyakinkan orang lain tentang perlunya perubahan menuju kondisi yang lebih baik.

(2) Solution Givers

Peran kepala sekolah sebagai solution givers adalah meningkatkan terhadap tujuan akhir dari perubahan

(3) Process Helpers

Sebagai proces helpers kepala sekolah berperan membantu kelancaran proses perubahan, khususnya menyelesaikan masalah dan membina hubungan antara pihak-pihak yang terkait.

(4) Resource Linker

Sebagai resource linkers, kepala sekolah berperan menghubungkan orang dengan sumber dana yang diperlukan.

Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dalam praktik sehari-hari perly memperhatikan dan mempraktikkan fungsi kepemimpinan di dalam kehidupan sekolah, yaitu:

(1) Kepala sekolah harus dapat memperlakukan sama terhadap orang-orang yang menjadi bawahannya, sehingga tidak terjadi diskriminasi, sebaliknya dapat diciptakan semangat kebersamaan di antara mereka yaitu guru, staf, dan para peserta didik.

(2) Kepala sekolah bertanggung jawab untuk memenuhi atau menyediakan dukungan yang diperlukan oleh para guru, staf, dan siswa, baik berupa dana, peralatan, waktu, bahkan suasana yang mendukung.

(3) Kepala sekolah berperan sebagai katalisator, dalam arti mampu menimbulkan dan menggerakkan semangat para guru, staf, dan siswa dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

(4) Kepala sekolah sebagai pemimpin harus dapat menciptakan rasa aman di lingkungan sekolah.

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah akan selalu fokus dalam hal pengaturan sumber daya yang dimiliki sekolah untuk dimanfaatkan bagi sebesar-besar peningkatan mutu dan kinerja sekolah.

Kepala sekolah yang profesional akan mengerahkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah untuk memajukan sekolah sesuai kebutuhan dunia pendidikan dan perkembangan zaman.

Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkup pendidikan yang sedang di kelolanya.

Kepala sekolah sebagai seorang pejabat formal memiliki tugas dan tanggung kepada atasan (dalam hal ini Dinas atau Yayasan), sesama rekan kepala sekolah atau lingkungan terkait, dan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan.

Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin adalah membina dan mengembangkan sekolah baik dari sisi moral maupun materiil, demi mencapai kemajuan dan tujuan pendidikan yang diharapkan para wali murid, stakeholder, maupun cita-cita pendidikan nasional.

Tugas Kepala Sekolah

Tugas kepala sekolah tidaklah semudah yang kita lihat sejauh mata memandang. Tugas kepala sekolah memerlukan konsentrasi, perhatian, pemikiran dan waktu yang cukup untuk mencapai tujuan pendidikan yang diimpikan.

Jika kita rinci, tugas kepala sekolah meliputi:

1. Membuat Program Sekolah

Salah satu tugas kepala sekolah adalah membuat program sekolah secara efektif dan efisien agar sesuai dengan kebutuhan sekolah dalam membantu terwujudnya tujuan.

Setiap program memerlukan perencanaan dan perumusan secara teliti, dengan mempertimbangkan sumberdaya yang ada untuk mendapatkan pemecahan masalah yang akan dihadapi setidaknya dalam satu tahun pelajaran.

Seluruh perencanaan haruslah mengacu pada visi misi yang hendak dicapai oleh sekolah. Berikut salah satu contoh visi-misi sekolah yang bisa Anda acu dalam menyusun rencana sekolah:

Visi Misi dan tujuan sekolah

Dengan adanya visi misi kita akan lebih terbantu mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif.

2. Pengorganisasian Sekolah

Pengorganisasian sekolah merupakan aktivitas mengorganisir semua kegiatan sekolah dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, dan koordinasi dalam bagan organisasi.

Baca Juga:  Drama di Balik Konflik Libia-Italia 1911

Berikut contoh bagan organisasi sekolah yang dapat Anda jadikan rujukan:

 

contoh struktur oragnisasi tugas dan tanggung jawab kepala sekolahOrganisasi hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan. Dengan organisasi yang baik akan membantu terwujudnya tujuan secara efektif.

Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan hubungan kerja antar orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

Di dalam pengorganisasian terdapat adanya pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab secara terinci menurut bidang-bidang, dan bagian-bagian sehingga tercipta hubungan kerja sama harmonis dan lancar menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Pembagian tugas dan wewenang kepada pendidik dan tenaga kependidikan diwujudkan dalam bentuk SK Sepala Sekolah yang diberikan pada setiap awal tahun pelajaran.

3. Mengkoordinasi Sekolah

Adanya bermacam-macam tugas/pekerjaan yang dilakukan oleh para guru memerlukan adanya koordinasi dari seorang kepala sekolah.

Koordinasi yang baik dapat menghindarkan kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak sehat atau kesimpangsiuran dalam tindakan.

Melalui koordinasi sekolah yang diwujudkan dalam pertemuan rutin, dapat menghadirkan kerjasama yang padu menuju ke satu arah tujuan yang telah ditetapkan.

4. Menjalin Komunikasi Sekolah

Menjalin komunikasi sekolah sangat penting dalam melaksanakan program sekolah. Aktivitas komunikasi sekolah diwujudkan dalam bentuk menyebarkan dan menyampaikan gagasan dan maksud-maksud ke seluruh struktur organisasi.

5. Menata Kepegawaian Sekolah

Menata kepegawaian sekolah merupakan hal yang tidak kalah pentingnya di sekolah. Karena dalam kepegawaian sekolah, guru menjadi sumber daya manusia yang utama.

Tugas menata kepegawaian sekolah yang dilakukan kepala sekolah meliputi mengatur dan mengurus, menentukan, memilih, menetapkan, dan membimbing para pendidik dan tenaga kependidikan.

6. Mengatur Pembiayaan Sekolah

Mengatur pembiayaan sekolah meliputi kebutuhan sekolah baik personel maupun materiil yang memerlukan anggaran. Itulah sebabnya, masalah pembiayaan ini harus sudah mulai dipikirkan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaannya.

7. Menata Lingkungan Sekolah

Kepala sekolah memiliki tugas untuk membina dan menata lingkungan sekolah agar proses belajar di sekolah tercapai dengan baik.

Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Tanggung jawab kepala sekolah amatlah besar. Semua tanggung jawab ditujukan agar sekolah yang dipimpin berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.

Tanggung jawab kepala sekolah secara umum dapat dirinci sebagai berikut:

1. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik

Kepala sekolah sebagai pendidik harus menguasai kelas dan seluruh komponen kegiatan belajar mengajar.

Sehingga kepala sekolah dapat berperan sebagai supervisor sekaligus sebagai guru pengganti jika ada guru yang berhalangan masuk kelas.

2. Kepala Sekolah Sebagai Manajer

Kepala sekolah sebagai manajer berperan sebagai pengelola dan pengembang program sekolah.

Kepala sekolah sebagai manajer juga harus menjalankan tugas supervisi.

3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Kepala sekolah sebagai administrator pendidikan di sekolah memiliki peran penting dalam menata hal-hal yang bersifat adminsitratif.

Kegiatan administrasi yang rapi akan memudahkan pengelolaan organisasi dan proses evaluasi mana kala dibutuhkan.

4. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Kepala sekolah sebagai supervisor tanggung jawabnya adalah melakukan supervisi. Supervisi merupakan aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya agar dapat melaksanakan tugas sehari-hari dengan kualitas pekerjaan terbaiknya.

Supervisi yang dilakukan kepala sekolah mencakup penentuan kondisi-kondisi atau syarat-syarat personel maupun maupun material yang diperlukan untuk terciptanya situasi pembelajaran yang efektif dan upaya memenuhi syarat-syarat itu.

Baca Juga:  Tupoksi Kepala Sekolah, Wakil & Koordinator [Menurut Permendiknas]

5. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Kepala sekolah sebagai pemimpin akan berperan memberi pengaruh kepada para guru, mengendalikan dan memfasilitasi kepentingan para guru.

Tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dapat Anda amati pada bagan berikut:

tugas dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran

6. Kepala Sekolah Sebagai Moderator

Kepala sekolah sebagai moderator berperan mencermati perubahan-perubahan yang terjadi, kemudian meresponnya dengan cerdas dalam rangka memperbaiki kualitas dan mutu pendidikan yang dikelolanya secara umum.

Peran ini lebih berhubungan dalam hal inovasi-inovasi pembelajaran, sehingga menghasilkan lulusan yang unggulan dan kompetitif.

7. Kepala Sekolah Sebagai Motivator

Kepala sekolah sebagai motivator berperan memberi motivasi dan menjadi inspirasi bagi orang-orang di lingkungan sekolah, baik itu guru, murid, maupun yang lainya agar terus meningkatkan kualitas dirinya.

8. Kepala Sekolah Sebagai Evaluator

Kepala sekolah sebagai evaluator memiliki peran yang besar dalam memberikan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja guru dan tenaga kependidikan.

Adapun tujuan dari penilaian kinerja, bagi kepala sekolah adalah untuk mengetahui kondisi yang ada dari kinerja para guru serta bagaimana meningkatkan kinerja mereka.

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah dalam Permendikbud

Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah terbaru termuat dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 kepala sekolah diartikan sebagai guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi taman kanak-kanak (TK), taman kanak-kanak luar biasa (TKLB), sekolah dasar (SD), sekolah dasar luar biasa (SDLB), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah
menengah pertama luar biasa (SMPLB), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), sekolah menengah atas luar biasa (SMALB), atau
Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Tugas Pokok Kepala Sekolah dalam Permendikbud

Tugas kepala sekolah dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tercantum dalam Bab VI pasal 15. Disebutkan tugas pokok kepala sekolah dalam pasal 15:

(1) Beban kerja Kepala Sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga
kependidikan.

(2) Beban kerja Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertujuan untuk mengembangkan sekolah dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan 8
(delapan) standar nasional pendidikan.

(3) Dalam hal terjadi kekurangan guru pada satuan pendidikan, Kepala Sekolah dapat melaksanakan tugas pembelajaran atau pembimbingan agar proses pembelajaran atau pembimbingan tetap berlangsung pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

(4) Kepala Sekolah yang melaksanakan tugas pembelajaran atau pembimbingan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), tugas pembelajaran atau pembimbingan tersebut merupakan tugas tambahan di luar tugas pokoknya.

(5) Beban kerja bagi kepala sekolah yang ditempatkan di SILN selain melaksanakan beban kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (3) juga melaksanakan
promosi kebudayaan Indonesia.

Demikian pembahasan kita mengenai tugas pokok dan fungsi guru sesuai Permendikbud yang terbaru. Besar harapan saya agar materi ini berdampak positif dan menambah referensi Anda yang membutuhkan.

Untuk melengkapi materi ini, Anda juga perlu mempelajari materi kompetensi guru dan materi tugas pokok dan fungsi guru BK yang kami uraikan sebelumnya. Dan salam sukses untuk Anda semua!

 

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *