Pengertian Pembelajaran Online Menurut Ahli, Kamu Wajib Tahu!

pengertian pembelajaran online

Pengertian Pembelajaran Online Menurut Ahli-Hallo Sobat Pembelajar! Dewasa ini kata pembelajaran online sudah sangat akrab di pendengaran masyarakat Indonesia. Namun apakah pengertian pembelajaran online sesederhana yang dipahami oleh masyarakat kita pada umumnya.

Nah, bagi kalian yang ingin memahami pengertiannya secara akademis, tim haidunia.com sudah merangkumnya untuk kalian. Jadi, yang membutuhkan refenrensi ini, silahkan tinggal copas saja, ya!

Secara umum pembelajaran online tentunya berbeda sekali dengan pembelajaran di kelas yang dilakukan secara tatap muka antara guru dan siswa. Dimana pembelajaran online lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam menerima dan menolah informasi yang disajikan melalui perangkat online oleh guru.

Apakah anda termasuk yang pernah mengikuti proses pembelajaran online atau daring? Apakah itu termasuk pembelajaran online yang dimaksud para ahli?

Awal Mula Pembelajaran Online

Teknologi yang berkembang pesat memberikan dampak positif di bidang pendidikan. Karna dengan adanya teknologi bisa diupayakan peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan sistem yang dikenal dengan online learning atau pembelajaran online.

Pembelajaran online awal mulanya dikenal karena adanya pengaruh pembelajaran berbasis elektronik (e-learning) yang pertama kali diperkenalkan oleh Univeritas Illionis, yang mana menggunakan sistem pembelajaran berbasis komputer.

Online learning merupakan sistem yang menyediakan fasilitas untuk belajar kapan pun dan dimana pun selama masih dapat mengakses sistem tersebut. Tanpa terbatasi oleh jarak, ruang dan waktu. Adapun materinya telah disediakan di dalam sistem tersebut. Materi dapat disediakan dalam bentuk verbal, visual, audio dan gerak. 

Sekarang kita cek yuk pendapat para ahli mengenai pengertian-pengertiannya!

Pengertian dari Para Ahli

Menurut Bonk Curtis J. (2002)

Beliau secara tersirat menyampaikannya dalam survei nline Training in an Online World,  bahwa konsep pembelajaran online sama artinya dengan e-learning. sementara menurut The Report of the Commission on Technology and Adult Learning (2001) dalam Bonk Curtis J. (2002, hlm. 29), defines e-learning as “instructional content or learning experiences delivered or enabled by electronic technology”.

Sehingga menurut pengertian yang beliau kemukakan, bahwasanya siswa dan guru memerlukan komunikasi secara interaktif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Ibarat kata, komputer dengan internetnya, telepon dengan mesin fax-nya.

Menurut William (1990)

BACA:  Guru Berperan Mewujudkan Mayarakat Madani

Online learning dapat dirumuskan sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources’ (Williams, 1999). Pengertian online learning meliputi aspek perangkat keras (infrastruktur) berupa seperangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik berupa teks, pesan, grafis, maupun suara.

Kenji Kitao (1998)

Pengertian di atas diperkuat oleh Kitao, yang mengartikan online learning sebagai suatu jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya keseluruh penjuru dunia (Kitao,1998).

Namun demikian, pengertian online learning bukan hanya berkaitan dengan dengan perangkat keras saja, melainkan juga mencakup perangkat lunak berupa data yang dikirim dan disimpan, yang sewaktu-waktu dapat diakses. 

Kemajuan lain yang berkaitan dengan online learning sebagaimana yang dikemukakan oleh Kenji Kitao (1998) adalah banyaknya terminal komputer di seluruh dunia yang terkoneksi ke online learning. Sehingga akan semakin banyak pula orang yang memanfaatkan online learning untuk keperluan belajar setiap harinya. 

Menurut Dabbagh dan Ritland (2005) 

Pembelajaran online adalah sistem belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi (alat bantu pendidikan), yang dimungkinkan melalui internet dan teknologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan nteraksi yang berarti. 

Referensi: Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.

Beberapa Pengertian E-Learning 

Beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain dapat menciptakan fungsi sharing yang secara sederhana dapat disebut sebagai jaringan (networking). Fungsi sharing yang tercipta melalui jaringan (networking) tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, maupun yang berkaitan dengan data  atau program aplikasi tertentu.

Beikut adalah pengertian pembelajaran e-learning menurut beberapa ahli:

BACA:  Perspektif Dua Sisi : Kabinet Indonesia Maju

Menurut Learn Frame

Disebutkan bahwa e-learning, disebut juga TbLearning (Technology-based Learning) yaitu sistem pendidikan yang menggunakan semua aplikasi elektronik untuk mendukung proses belajar mengajar,  termasuk di dalamnya jaringan komputer (Internet, Intranet, Satelit), media elektronik (audio, tv, CD-ROM).

Menurut Jaya Kumar
E-Learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

Menurut Dong
E-Learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik Komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut Rosenberg
Menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi Internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Menurut Darin E. Hartley
E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan Komputer lain.

E-Learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (Internet) baik secara formal maupun informal. E-Learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun
berdasarkan jadwal pembelajaran.

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *