Sebelum Rekrutmen, Kenali Apa Saja Tugas Kasir Cafe!

Seorang kasir sangat dibutuhkan untuk semua jenis bisnis, khususnya usaha F&B seperti cafe dan juga restoran. Anda yang ingin membangun usaha cafe tentunya perlu merekrut seorang kasir yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Khususnya jika Anda hanya akan merekrut beberapa pekerja saja, maka kasir bisa saja bertanggung jawab atas beberapa tugas sekaligus. Mereka mungkin perlu memiliki keahlian seorang server dan kasir.

Penting sekali sebelum Anda melakukan rekrutmen untuk paham apa saja tugas dan tanggung jawab seorang kasir. Tujuannya agar tidak salah pilih karyawan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kasir Cafe

Bagian frontliner yang harus selalu menjalankan tugasnya dengan baik karena erat kaitannya dengan keuangan. Oleh karena itu kasir harus selalu berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

Soal apa saja tugas dan tanggung jawab kasir cafe yang utama adalah sebagai berikut ini.

Mampu Mengoperasikan Mesin Kasir

 

Keterampilan untuk mengoperasikan mesin kasir dibutuhkan. Jika Anda ingin mendapatkan karyawan yang bisa bekerja dengan cepat maka carilah yang berpengalaman. Jika tidak Anda perlu menjaga kasir cafe menggunakan aplikasi kasir yang digunakan pada usaha Anda.

Untungnya kini sangat mudah untuk mengoperasikan aplikasi kasir karena UI yang sangat sederhana. Contohnya saja aplikasi kasir Majoo yang memiliki tampilan sederhana dengan berbagai macam fitur yang mudah dicari.

Tidak butuh waktu lama untuk seorang kasir baru mempelajari bagaimana cara mengoperasikannya.

Baca Juga:  Pentingnya Menggunakan Kalkulator dan Komputer di Ruang Kelas

Menjaga Kebersihan Area Kasir

Hal pertama yang jadi tanggung jawab utama adalah selalu menjaga kebersihan area kasir. Tugas ini juga meliputi menjaga keamanan area kasir sehingga tidak disalahgunakan oleh staf lainnya.

Oleh karena itulah pada saat membuka cafe, kasir harus membersihkan area kasir terlebih dahulu. Begitu juga ketika tutup cafe, maka area tersebut juga harus dibersihkan kembali. Khususnya jika ada shift kedua maka kasir harus menyerahkan tugasnya dan area yang bersih.

Melakukan Transaksi dengan Cepat dan Tepat

Kecepatan kasir dalam melakukan transaksi dengan konsumen menjadi salah satu bagian pelayanan yang sangat penting. Konsumen tentu tidak mau mengantri di meja kasir terlalu lama karena kepiawaian kasir kurang dalam hal transaksi.

Selain cepat, kasir juga memiliki tugas untuk menghitung biaya transaksi dengan tepat. Tidak memberikan kembalian kepada konsumen kurang atau berlebihan. Begitu juga keterampilan dalam menggunakan mesin EDC jika konsumen ingin membayar dengan kartu.

Menghitung Total Pendapatan Setiap Hari

Tugas dan tanggung jawab kasir lainnya adalah wajib menghitung berapa total pendapatan setiap harinya. Penghitungan ini bisa dilakukan di akhir shift mereka dan menyerahkannya kepada supervisor, pemilik atau bagian akuntansi.

Nantinya jumlah yang diberikan ini akan dicocokan dengan sistem sehingga ketelitian seorang kasir sangat dibutuhkan. Penghitungan ini akan menjadi jumlah pemasukan cafe setiap hari yang perlu direkap.

Bukan hanya uang saja, kasir juga harus menyerahkan duplikat struk juga untuk dicocokan dengan sistem sehingga tidak terjadi kekeliruan.

Membantu Staf Lain ketika Diperlukan

Seorang kasir tidak hanya berdiri di meja kasir dan diam meskipun cafe sedang ramai. Kasir perlu memiliki keterampilan lain sehingga dapat membantu staf lain pada saat dibutuhkan.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Alodokter Paling Simpel dan Mudah

Misalnya saja tidak ada server yang bisa mengantarkan makanan dan minuman ke konsumen, maka kasir harus membantu.  Begitu juga ketika banyak meja yang kotor sedangkan server masih sibuk, maka kasir harus berinisiatif untuk membersihkannya.

Tujuannya agar konsumen baru bisa duduk dengan nyaman. Kerjasama tim di sini sangat dibutuhkan.

Memberikan Pelayanan yang Ramah

Selama melakukan transaksi atau membantu melayani konsumen, kasir juga harus bersikap ramah. Pelayanan yang terbaik perlu diberikan kepada konsumen supaya mereka tidak menyesal dan bisa berkunjung kembali.

Pelayanan yang ramah akan memberikan kesan positif kepada konsumen dan biasanya hal ini masih kurang didapatkan dari kasir. Oleh karena itu Anda harus memilih kasir dengan penampilan menarik dan juga ramah atau murah senyum.

Tugas kasir memang tidak mudah karena bertanggung jawab terhadap pemasukan cafe setiap hari. Menjaga konter kasir agar tetap aman begitu juga memilih kasir yang bisa dipercaya menjadi fokus yang harus diperhatikan sejak awal.

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *