Cara Masak Nasi Goreng Sehat yang Praktis

Cara masak nasi goreng sehat

Cara Masak Nasi Goreng Sehat-Hallo Sobat! Apakah menurut kalian, nasi goreng yang umumnya dijajakan di pinggir jalan telah memenuhi standar kesehatan yang baik? Jika diperhatikan lebih mendalam, ternyata banyak hal yang perlu dibenahi dari sajian nasi goreng tersebut. Salah satunya adalah dengan tata cara memasak nasi goreng sehat yang praktis.

Beruntung sekali jika kalian membaca artikel ini. Karna akan ada pencerahan mengenai cara memasak nasi goreng agar kualitas gizinya tetap terjaga. Baca  sampai tuntas ya!

Cara Masak Nasi Goreng Biasa Apakah Sehat?

Menu nasi goreng sudah sangat merakyat, bahkan bisa dikata telah melegenda di tengah masyarakat Indonesia. Jualannya juga sudah menembus restauran bintang lima dan tak lagi sekedar menu pinggir jalan. Tapi mengapa dikatakan kurang sehat? Tentu ada alasannya.

Salah satunya disampaikan oleh dr Zaidul Akbar, seorang pakar herbal yang dikenal sebagai penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Beliau menyoroti bahan dasar nasi goreng yaitu nasi yang dipanaskan dengan minyak. Yang mana hal ini berpotensi besar hanya akan menjadi ‘sampah’ di tubuh.

Dalam sesi kajiannya beliau menjelaskan; bahwa bahan dasar nasi putih yang sudah kehilangan kulit arinya sendiri sudah kurang sehat, karna hanya menyisakan glukosa (gula). Kemudian dicampur dengan minyak dan dipanaskan.

Minyak yang digunakan umumnya adalah minyak sawit. Sementara minyak sawit merupakan kategori minyak trans yang jika dipanaskan akan merubah struktur molekulnya. Perubahan molekul ini dapat memicu peningkatan kadar kolesterol.

Ringkasnya, nasi goreng berbahan dasar beras putih tanpa kulit ari kemudian digoreng menggunakan minyak sawit dapat berefek kurang baik dari sisi kesehatan. Selain kandungan gizi nasinya yng sudah jauh berkurang, juga karna efek minyak sawit yang berubah molekulnya.

BACA:  Cara Makan Soto Endes yang Sehat Ala Zaidul Akbar

Dan ditambah lagi jika waktu menikmatinya yang kurang pas, yakni biasanya nasi goreng dikonsumsi sebagai sarapan atau makan malam. Kita tahu, bahwa pagi hari tubuh lebih membutuhkan serat dari buah-buahan, itu sebabnya Nabi menganjurkan sarapan dengan 7 butir kurma ajwah.

Atau sebaliknya jika dikonsumsi waktu malam, maka tubuh kurang memerlukannya lagi. Kalian tahu kan, mengapa banyak orang cepat menjadi gemuk? Ya, karna sering mengkonsumi karbohidrat disaat tubuh sudah tidak memmerlukannya, sehingga hanya akan menumpuk sebagai lemak di pinggang. Ini yang dalam istilah dr Zaidul disebut sebagai ‘sampah tubuh’.

Bagi yang hendak mengikuti kajian dari dr Zaidul Akbar mengenai bab ini, bisa langsung mampir ke sini;

Resep Nasi Goreng yang Praktis

Okey, sekarang kita cek resep dan cara masak nasi goreng yang sehat lagi praktis. Tim haidunia telah berhasil menelusuri beberapa referensi dan anda bisa langsung mempraktekkannya. Salah satu yang membedakan dengan resep nasi goreng biasa adalah dengan menambahkan kurma dan dimasak menggunakan minyak zaitun.

Bahan-bahan;

  • 4-5 centong nasi (untuk 2-3 orang)
  • 7 butir kurma
  • minyak zaitun secukupnya
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawah putih
  • 1 batang sereh
  • 1/2 butir biji pala
  • 4 buah cabe merah
  • 1 sdm lada bubuk
  • Secukupnya garam

Cara memasak: 

  • Bawang merah, bawang putih, serai, biji pala dan caba merah diiris tipis.
  • mulai panaskan minyak zaitun degan api kecil
  • tumis bahan yang sudah diiris-iris tadi sampai harum dengan tetap menggunakan api kecil agar tidak merusak kandungan dalam minyak zaitun. Setelah bumbu harum, matikan api.
  • masukkan nasi putih, kurma, garam dan lada bubuk.
  • Lalu aduk hingga rata dan silahkan untuk dicicipi.

Selesai, dan siap disajikan di atas piring. Jika hendak ditambahkan telor, maka direkomendasikan telor rebus.

BACA:  Resensi Buku: Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *