11 Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan, Paling Potensial!

  • Whatsapp
loket ppob

Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan – Jika dulu orang yang tinggal di desa cenderung bekerja di bidang pertanian. Namun, kini mindset itu telah berubah karena semakin banyak pemula yang berani mencoba berbagai jenis usaha di desa. Apalagi, banyak usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dengan hasil keuntungan yang lumayan.

Seiring dengan semakin dikembangkannya daerah pedesaan, membuat para warga yang tinggal di desa memiliki pola pikir maju. Terutama soal pekerjaan atau usaha yang mulai bisa dikembangkan di desa. Berikut ini daftar usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, yang potensial dan patut diperhitungkan, di antaranya: 

Read More

1. Toko Sembako

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan pertama yakni toko sembako. Modalnya tidak perlu terlalu besar dan bisa mulai di teras rumah, dengan menyediakan bahan pokok yang dibeli dari pasar atau agen sembako besar. Toko sembako juga memiliki risiko kerugian yang cukup rendah, karena bahan yang dijual tidak mudah basi.

Meski kedengarannya sudah umum, tetapi usaha sembako tidak akan ada matinya. Terutama, jika dijalankan di pedesaan yang lokasinya jauh dari pasar. Hal ini membuat orang yang membutuhkan bahan pokok, mudah untuk mencarinya, dan tidak perlu jauh-jauh ke pasar.

2. Warung Makanan

Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Udara pedesaan yang masih asri bisa dijadikan peluang untuk membuka sebuah warung makan, dengan suasana pedesaan yang sejuk. Yakni dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki di teras rumah atau belakang rumah yang berhadapan langsung dengan perkebunan. Seseorang bisa membuka warung makan yang bisa menjadi langganan warga atau wisatawan yang sedang berkunjung ke desa.

Baca Juga:  iPhone 12 Segera Meluncur, Ini Dia Spesifikasi dan Harganya!

Makanan yang disajikan di warung makan pedesaan biasanya adalah makanan tradisional dan juga jajanan. Jika dikelola dengan baik, warung makan di desa juga bisa jadi usaha dengan keuntungan yang lumayan.

3. Kedai Minuman Kekinian

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Minuman kekinian kini menjadi bisnis yang semakin menjamur dan juga tidak ada salahnya jika dijalankan di desa. Warga desa yang mungkin masih kesulitan untuk merasakan sesuatu yang kekinian, bisa menjadi peluang konsumen usaha tersebut. Hal ini karena orang di desa sangat antusias dengan hal-hal baru.

Modal membuka kedai minuman kekinian juga cukup ringan. Sehingga merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Modalnya bisa melalui modal sendiri atau bergabung dengan penyedia waralaba minuman kekinian. Selain itu, target konsumennya bisa mencakup ke semua kalangan, membuat usaha ini semakin cocok untuk dijalankan.

4. Toko Peralatan untuk Pertanian

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Usaha ini sangat cocok dijalankan di desa terutama yang masih banyak memiliki lahan pertanian. Toko peralatan pertanian akan selalu menjadi rujukan warga yang membutuhkannya. Meski modalnya cukup besar, usaha ini cukup menjanjikan sehingga banyak pemula yang berani untuk mencobanya.

Banyak sekali yang bisa disediakan di toko peralatan pertanian yang sudah pasti akan dibutuhkan di daerah pedesaan. Mulai dari alat berat hingga bahan-bahan tambahan yang dibutuhkan untuk bercocok tanam. Oleh arena itu, ini merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

5. Agen Hasil Pertanian

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Setiap petani pasti membutuhkan pengepul atau agen untuk menjual hasil panennya. Oleh karena itu, usaha menjadi agen hasil pertanian juga dinilai cukup menjanjikan. Modalnya hanya dengan menyediakan timbangan dan tempat menampung hasil pertanian. Setelah menampung hasil pertanian bisa didistribusikan dan dijual kembali.

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini mudah untuk terus berjalan karena di desa akan selalu ada hasil panen dari para petani. Namun, meski demikian bagi pemula juga harus mengantisipasi jika banyak petani yang gagal panen. Hal ini bertujuan agar agen dapat mencari cara mengatasi stok hasil pertanian yang ditampung.

Baca Juga:  Harga Motor Honda Beat 2021, Sambut Tahun Baru Makin Kekinian!

6. Budidaya Jamur Tiram

budidaya jamur tiram

Hawa lembab di desa menjadi tempat bertumbuhnya jamur sehingga cocok jika dijadikan budidaya jamur tiram. Jamur tiram yang kini banyak dijadikan berbagai jenis makanan ini, menjadi salah satu bahan yang laris manis di pasaran. Oleh karena itu, usaha jamur tiram juga dinilai menjadi usaha yang menjanjikan.

Modal yang dibutuhkan menggunakan rak bertumpuk dan selalu terjaga kelembabannya agar jamur berkembang dengan baik. Kemudian bibit jamur dan bahan lain yang juga mudah didapatkan. Selain itu, juga butuh modal tlaten untuk merawat jamur untuk menghasilkan panen yang baik.

7. Jasa Penggilingan Padi

Jasa penggilingan padi

Sebelum petani padi menjual hasil panennya, biasanya akan dibawa ke tempat penggilingan padi untuk merubahnya menjadi beras. Oleh karena itu, penggilingan beras sangat dibutuhkan terutama di daerah pedesaan dengan lahan persawahan yang luas. Jadi tidak ada salahnya bagi pemula untuk mencoba membuka jasa penggilingan beras di desa.

8. Toko Alat Tulis dan Fotocopy

alat tulis dan fotocopy

Jika biasanya toko alat tulis banyak ditemui di dekat perkantoran, kini toko alat tulis juga bisa dibuka di desa. Terutama jika ditambah dengan jasa fotocopy yang bisa memudahkan warga desa untuk menggandakan dokumen. Semakin banyaknya usaha yang mulai dijalankan di desa dan anak-anak desa yang bersekolah, tentunya kebutuhan akan alat tulis meningkat, sehingga potensinya terbuka lebar.

Seiring berkembangnya pola pikir orang desa, membuat warganya juga sadar dengan administrasi dan dokumen yang dimiliki. Terlebih, jika akan mengurus berkas tentu ada beberapa dokumen yang butuh difotocopy. Peluang inilah yang bisa dilihat untuk usaha alat tulis dan fotocopy tersebut di desa.

9. Loket PPOB

loket ppob

Membuka usaha loket PPOB di desa juga cukup menjanjikan. PPOB adalah platform penyedia berbagai jenis pembayaran dan tagihan. Warga desa dapat membeli pulsa HP dan pulsa listrik di loket PPOB. Selain itu, bisa juga membayar tagihan listrik pascabayar dan juga PDAM. Tipe-tipe pembayaran tersebut adalah yang akan rutin dilakukan.

Baca Juga:  Ini Dia Ramuan Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang, Mau Cobain?

Oleh karena itu, loket PPOB akan bisa menjadi langganan warga desa dan menjadikan peluang usaha yang menguntungkan bagi pemiliknya. Tidak hanya pembayaran yang sudah disebutkan tadi, di PPOB juga bisa membuka jasa pembayaran tagihan lainnya. Modal yang diperlukan yakni PC, printer, dan mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia PPOB.

10. Jasa Desain dan Printing

jasa desain dan printing

Punya kemampuan di bidang desain serta punya PC dan printer menganggur, bisa coba usaha jasa desain dan printing di desa. Hal ini karena tidak semua orang di desa memiliki PC dan printer sehingga membutuhkan jasa tersebut. Ketika ada hajatan yang membutuhkan undangan, maka jasa desain akan sangat dibutuhkan.

Tidak hanya undangan, jasa desain juga dibutuhkan bagi yang sedang mendirikan usaha misal butuh desain banner atau desain promosi lainnya. Selain itu, jasa desain juga bisa menerima pembuatan dokumen sekaligus printingnya. Terlebih, masih banyak lagi yang bisa dieksplor dari jasa desain dan printing jika terus dikembangkan.

11. Jasa Laundry Rumahan

jasa laundry rumahan

Siapa bilang usaha laundry hanya dijalankan di kota saja? Karena kini, di desa pun juga bisa membuka jasa laundry potensial. Terutama jika di lingkungan usaha banyak warga yang belum memiliki mesin cuci. Warga desa yang dulunya banyak mencuci ke sungai mulai banyak menggunakan jasa laundry untuk memudahkan keseharian.

Modal yang dibutuhkan tidak harus menggunakan banyak mesin cuci. Mulai dengan dua mesin cuci untuk membuka laundry, maka bisa menjalankan usaha dengan lancar. Biasanya, jasa laundry yang laris di desa adalah usaha laundry kiloan dengan harga yang terjangkau bagi warga desa.

Membuka usaha kini tidak terbatas tempat dan waktu termasuk di desa. Melihat banyaknya desa yang semakin maju, membuat banyak usaha yang juga berpeluang dijalankan. Seperti usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang telah disebutkan, yang hasilnya menggiurkan.

 

Related posts