Cara Ganti WebCam Burique dengan Kamera HP Di Zoom, Mahasiswa Wajib Tahu!

Cara Pakai Kamera HP di Zoom

Cara Ganti WebCam Burique dengan Kamera HP Di Zoom, Mahasiswa Wajib Tahu! – Lagi lagi karena Pandemi yang belum berhenti banyak hal-hal mulai bergeser penggunaannya, sebut saja diantaranya kamera di HP, sejatinya kamera yang digunakan untuk mengabadikan moment penting berupa foto atau video, sekarang fungsinya lebih banyak dipakai untuk ngeZoom atau meeting online, belum lagi dipakai untuk sekolah yang mana intensitas penggunaannya semakin pesat.

bagi sebagian orang, pengguna laptop dan PC yang biasa memakai WebCam, meeting online atau webinar sangat memerlukan kualitas WebCam yang bagus untuk mendukung kinerja kegiatan tersebut, nah pada kesempatan kali ini, kita akan coba bahas cara menggunakan kamera HP sebagai pengganti WebCam, sehingga kualitas kamera HP yang keren dapat digunakan untuk WebCam. Bagaimana hasilnya? tidak perlu diragukan

Cara Memakai Kamera HP jadi WebCam di PC

banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk jadikan kamera HP sebagai WebCam, disini kita akan coba menggunakan aplikasi bernama DroidCam, aplikasi ini ada versi berbayarnya, tapi dengan versi gratisnya sudah cukup sekali mendukung penggunaan kamera HP sebagai WebCam. Kita akan coba menggunakan aplikasi ini di PC dengan OS Windows.

  1. pertama, silahkan install aplikasi ini di HP dan Laptop/PC. bisa dicari di Playstrore untuk HP atau klik disini, untuk PC bisa didownload disini. Untuk yang PC silahkan klik “Download Windows Client” untuk pengguna Windows.

Cara Pakai Kamera HP di Zoom

2. Setelah menginstall keduanya (HP dan Laptop/PC), kita perlu masuk ke mode pengembang di HP Android atau “Developer mode”. HP yang kita coba adalah HP Asus, Caranya bisa dilihat disini. Kurang lebih caranya sama di tiap HP.
3. Setelah berhasil membuka “Developer mode”, silahkan masuk dan aktifkan “USB Debugging”.
Cara Pakai Kamera HP di Zoom
4. Setelah “USB Debugging” diaktifkan, buka aplikasi DroidCam di HP dan di Laptop/PC, kemudian sambungkan HP ke Laptop/PC menggunakan kabel data.
NB: Sambungan bisa melalui Wi-Fi atau Kabel data, lebih direkomendasikan kabel data karena sangat cepat dan gambar tidak ada delay.
5. Apabila Android meminta untuk mengizinkan “debug Mode” klik izinkan atau “allow”. Ketika tidak ada permintaan persetujuan, artinya ada Laptop/PC belum membaca adanya Android yang disambungkan, silahkan klik tombol refresh

Baca Juga:  Cara Menggunakan Aplikasi Signal Messenger yang Viral, Pengganti WhatsApp?
Cara Pakai Kamera HP di Zoom
Refresh

6. Setelah muncul nama HP (Android), maka ceklist kotak “video” dan “audio” dan silahkan kllik tombol “Start”. maka kamera HP kita akan menjadi WebCam.

WebCam HP ini bisa kita gunakan seperti WebCam pada umumnya, misal Webinar, Zoom kuliah, LIve-online gaming dan lain sebagainya.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *