Cek segera! Ini 11 meteor yang pernah jatuh di Indonesia

Cek segera! Ini 11 meteor yang pernah jatuh di Indonesia – Akhir Mei kemarin warga Yogya dihebohkan dengan foto meteor jatuh di gunung Merapi. Foto tersebut semakin viral setelah direpost ke berbagai akun sosial media.

Benda angkasa tersebut sebenarnya beberapa kali pernah jatuh di banyak wilayah di Indonesia. Kali ini Haidunia akan coba kumpulkan beberapa info tentang 11 meteorit yang pernah jatuh di Indonesia ya.

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita tahu beberapa istilah berkaitan dengan benda angkasa ini ya. Pertama yaitu Meteoroid, ia adalah benda angkasa berupa batu batuan berukuran kecil sampai besar yang melayang layang di angkasa. Kedua Meteor adalah Meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer bumi sehingga terbakar dan menyala, meteor selalu disebut dengan bintang jatuh di Indonesia. Sedangkan yang ketiga adalah Meteorit, ia adalah meteor yang berhasil jatuh ke bumi.

1. Meteor Yogya 27 Mei 2021

Meteor pertama adalah meteor Yogya, gambar meteor ini berhasil diabadikan oleh Gunarto secara tidak sengaja ketika melakukan pemotretan long exposure gunung Merapi. Setelah diselidiki, ternyata meteor ini jatuh di sekitar kepulauan Karimunjawa.

Meteor jatuh di Indonesia
Ekor meteor berwarna biru kehijauan

Dari foto meteor tersebut terlihat bahwa meteor tersebut berwarna merah dan hijau. Warna tersebut menjelaskan unsur batu meteor tersebut. Hijau menandakan adanya kandungan Magnesium dan Nikel sedangkan warna merah berasal dari nitrogen dan oksigen dari atmosfer Bumi.

2. Meteor Bengkulu 25 Oktober 2015

Meteor kedua yang jatuh di Indonesia adalah meteor Bengkulu, tepat tanggal 25 Oktober 2015 benda angkasa ini jatuh di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat. Namun karena dugaan lokasi jatuhnya yang luas, maka meteorit tersebut sulit dicari.

Uniknya, kurang lebih 11 bulan setelah kejadian tersebut ada lagi meteor yang jatuh di Bengkulu. Untuk kali ini Meteor tersebut jatuh menimpa rumah salah satu penduduk. Meteor tersebut berhasil menghancurkan atap rumah, magic com dan kipas angin yang ada di rumah tersebut.

Meteor jatuh di Indonesia
Ilustrai meteor memasuki atmosfer Bumi

Berat benda angkasa itu sekitar 10 kilogram dan besarnya kurang lebih seperti bola basket.

3. Meteor Duren Sawit Jakarta 29 April 2010

Meteor ketiga jatuh di kawasan warga Duren Sawit Jakarta. Meteor ini merusak rumah pak Sudarmojo, sehingga menyebabkan kerusakan yang lumayan parah. LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antartika Nasional) juga menyatakan bahwa benda yang menghantam rumah tersebut adalah Meteorit.

Foto Rumah Lokasi Meteor Duren Sawit

Semua foto meteor Duren Sawit diambil dari situs tdjamaluddin.wordpress.com

Foto 1: Rumah yang terkena meteor, tepatnya di bagian atap sebelah kanan
Foto 2: Gambar dari dalam rumah letak meteor jatuh menembus atap
Foto 3: Efek panas meteor, banyak lelehan barang-barang plastik yang menempel di dinding

4. Meteor Bone 8 Oktober 2009

Di nomer 4 ada meteor Bone, peristiwa ini lebih dikenal dengan ledakan Bone karena yang menjadi pusat perhatian masyarakat sekitar adalah adanya dentuman besar yang terdengar sampai jarak 10 km dari pusat ledakan.

Meteor ini adalah jenis meteor fireball atau meteor besar yang masuk ke dalam atmosfer bumi dan bergesekan dengan atmosfer sehingga muncul ekor berwarna tergantung jenis unsur penyusun meteor tersebut.

Menurut Ma’rufin Sudibyo,  fireball yang ada di Bone berukuran sekitar 800 kg pada awalnya namun semakin berkurang karena gesekan dengan atmosfer Bumi.

Ma’rufin Sudibyo saat ini aktif di Badan Hisab dan Rukyat Nasional Kementerian Agama Republik Indonesia. Juga aktif berkecimpung dalam Lembaga Falakiyah dan ketua tim ahli Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen, Jawa Tengah. Aktif pula di Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak Rukyatul Hilal Indonesia (LP2IF RHI), klub astronomi Jogja Astro Club dan konsorsium International Crescent Observations Project (ICOP). Juga sedang menjalankan tugas sebagai Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong dan Komite Tanggap Bencana Alam Kebumen.

5. Meteor Bali 2 Januari 2008

Meteor kelima yang jatuh di Indonesia yaitu meteor Bali yang jatuh di area persawahan di dusun Banjar, Gianyar, Bali. Warga sekitar yang berada di lokasi menyaksikan kilatan cahaya pada pukul kurang lebih 01.00 WITA.

Pagi harinya Polisi mengamankan daerah tersebut dengan garis polisi. Di persawahan tersebut ditemukan kawah meteorit kecil dengan kedalaman hanya 30 centimeter dan batu kecil seukuran biji kacang berjumlah 3 buah.

6. Meteor Klender Jaktim 2 Juni 1915

Meteor di Klender ini merupakan meteor pertama yang tercatat pernah turun di Jakarta, di urutan ketiga adalah meteor kedua yang jatuh di Jakarta. Meteor Klender ini diberi nama Meteor Meester-Corneliss, dengan berat 24,75 kg pastinya terbayang bagaimana hebat ledakan yang diakibatkan oleh meteor ini.

Namun sayangnya belum ada data akurat sampai sekarang jumlah korban jiwa dan kerusakan akibat meteor Meester-Corneliss ini.

7. Meteor Djati Pengilon Jatim 19 Maret 1884

Meteor Djati Pengilon ini berasal dari kumpulan asteroid di antara Mars dan Jupiter. Meteor Djati Pengilon ini beratnya sekitar 166kg ketika menghantam bumi. Tapi sekarang beratnya tinggal 156 kg.

Meteor ini jatuh di sungai Alas Tua, deket Djati Pengilon pada tanggal 19 Maret 1884 pukul 16:30 WIB.

8. Meteor Cabe Remban Jatim 19 September 1869

Meteor ke delapan adalah meteor yang jatuh di daerah Cabe Remban Jawa Timur, sampai sekarang belum banyak info yang dapat menjelaskan bagaimana fenomena jatuhnya benda angkasa di Remban ini.

9. Meteor Cirebon 10 Juli 1822

Meteor kesembilan adalah meteor yang jatuh di daerah Cirebon, berat meteor ini kurang lebih 16.5 kg. belum ada info spesifik tentang meteor ini.

10. Meteor Surakarta 1811

Meteor yang ke sepuluh yang jatuh di Surakarta ini diklaim mempunyai berat 10 ton, namun sampai saat ini belum ada bukti fisik yang jelas bahwa berat meteor tersebut sampai 10 ton.

11. Meteor Prambanan 1797

Meteor terakhir yaitu meteor yang ditemukan di daerah Prambanan Yogyakarta pada tahun 1797. Dari berbagai sumber rujukan, didapat bahwa meteor di Indonesia yang tercatat pertama kali yaitu pada tahun 1797 ini.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang meteor yang pernah jatuh di Indonesia, perlu dicatat bahwa meteor-meteor tersebut adalah yang sampai saat ini telah diketahui, artinya kemungkinan masih banyak meteor-meteor lain yang mungkin belum dicatat mengingat di Indonesia masih banyak kawasan yang tidak padat penduduk dan lautnya.

hmm jadi inget film tentang meteor jatuh yaitu Armageddon, untung meteor-meteor yang jatuh tidak ada yang besar. Apabila ada sumber rujukan atau insight tentang meteor yang kamu ketahui bisa komen di kolom komentar yaaa

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *