Penyebab HP Ngelag & Cara Mengatasi Android Lag dengan Mudah!

mengatasi hp ngelag

Penyebab HP Ngelag dan Cara Mengatasinya – Memiliki Hp atau gadget tentu harus siap dengan segala resiko, diantaranya adalah HP yang ngelag alias lemot. Punya HP ngelag memang sangat menjengkelkan, kita dituntut untuk lebih bersabar padahal dalam waktu yang bersamaan kita juga dituntut untuk bekerja serba cepat dengan HP tersebut.

Sebagian dari kalian pasti pernah mengalami HP nya ngelag bukan? ada beberapa faktor yang menyebabkan HP ngelag sebagaiamana yang akan saya ringkas beberapa poin penyebab HP ngelag dibawah ini.

Read More

Penyebab HP Ngelag, Apakah itu?

Jika HP kalian ngelag atau lemot maka ada beberapa indikator yang menyebabkan HP menjadi lola diantaranya yaitu sebagai berikut.

Memori Penuh

penyebab hp ngelag

 

Tidak dapat dipungkiri memori merupakan komponen penting sebuah HP, jika memori HP penuh maka dapat dipastikan kinerja HP menjadi sedikit lemot dan terhambat.

Apalagi kalau memori internal HP kamu kapasitasnya kecil dan hoby instal aplikasi dengan ukuran besar atau game-game berat maka HP akan ngelag jika terus-terusan digunakan.

Oleh karena itu solusinya jika memori internal penuh adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah kamu instal di HP, hapus aplikasi yang tidak penting. 

Atau jika memungkinkan silahkan beli memori eksternal atau kartu SD untuk memperluas kapasitas penyimpanan memori HP. Lalu pindahkan semua data atau aplikasi dari memori internal ke kartu SD, tentunya kapasitas kartu SD harus besar, minimal 32 GB.

Tips: kalau memiliki HP dengan spesifikasi dan kapasitas penyimpanan rendah maka bijaklah dalam menginstal aplikasi, tidak perlu instal aplikasi dengan ukuran besar, jika terpaksa harus instal banyak aplikasi gunakan memori eksternal.

Sampah dan Cache yang Menumpuk

penyebab hp ngelag

Penyebab berikutnya yang membuat HP lag adalah banyaknya cache dan sampah yang menggumpal di sistem android. Biasanya ini terjadi pada pengguna android yang sangat jarang memperhatikan cache atau sampah dari aplikasi yang digunakan.

Cache sendiri adalah sekumpulan data yang terkumpul dalam sistem android, bilamana cache tidak dihapus maka dapat memperberat kinerja HP, solusinya silahkan rajin-rajin ngecek cache HP.

Untuk pengguna android biasanya sistem akan menampilkan notifikasi otomatis yang memberitahukan bahwa perlu ada pembersihan cache HP.

Sekarang sudah banyak aplikasi pembersih cache dan sampah HP di Playstore, kalian tinggal cari saja aplikasinya, salah satunya yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi CCleaner

Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar

cara mengatasi hp ngelag

Apakah kamu tipe pengguna android yang gemar menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan? kalau iya mungkin itu yang menyebabkan HP kamu ngelag.

Setiap aplikasi yang kita gunakan dan tidak ditutup secara sempurna biasanya dia masih running atau berjalan di balik layar, akibatnya aplikasi tersebut akan memakan resource dan menyebabkan kinerja HP sedikit lemot.

Solusinya adalah setiap kali selesai menggunakan aplikasi maka tutup aplikasi tersebut dengan sempurna, masing-masing aplikasi berbeda-beda, jangan biarkan aplikasi kamu diam-diam berjalan tanpa sepengetahuanmu.

Di beberapa HP, Vivo misalnya, akan menampilkan notifikasi otomatis jika ada aplikasi yang berjalan di balik layar sehinga kita dapat dengan mudah mengetahui dan dapat mematikan segera aplikasi tersebut.

Kapasitas RAM yang Tidak Memadai

cara mengatasi hp ngelag dan lemot

Selain memori internal atau eksternal, komponen penting lain yang perlu diperhatikan adalah aspek RAM. Setiap smarpthone memiliki kapasitas RAM yang tidak sama, biasanya yang terkecil adalah 2 GB, meskipun sekarang banyak sekali bermuncul HP dengan kapasitas RAM lebih dari 8GB.

Memiliki HP dengan kapasitas RAM yang memadai tentu memiliki keuntungan tersendiri, kita dapat dengan leluasa instal aplikasi atau game-game berkapasitas besar.

Solusinya adalah bagi beberapa HP kapasitas RAM nya bisa diupgrade, misal dari 2 GB menjadi 4 atau 8 GB. Silahkan kamu bertanya pada service center apakah kapasitas RAM HP bisa ditingkatkan atau tidak.

Terkena Serangan Virus

kenapa hp bisa ngelag

Tentu yang dimaksud virus disini adalah bukan virus covid-19 melainkan virus yang biasa menyerang device HP. Virus atau malware dapat dengan mudah menyerang keamanan sebuah smartphone, hal ini disebabkan dari download aplikasi yang sumbernya tidak jelas.

Oleh karena itu sebelum download aplikasi atau apapun itu, pastikan sumbernya jelas dan aman agar tidak menimbulkan ancaman di HP kamu.

Namun bagi yang sudah terlanjur ngelag HP nya karena serangan virus, langkah yang harus kamu lakukan adalah scan virus atau malware bisa menggunakan aplikasi yang ada di google playstore.

Salah satu aplikasi pembersih virus android yang dapat kalian gunakan adalah aplikasi AVG Antivirus & Security Tentu masih banyak lagi aplikasi lainnya yang berfungsi membersihkan device dari malware.

Akhir Kata

Secara umum penyebab HP ngelag adalah terlalu banyak aplikasi tidak penting yang diinstal di HP, apalagi HP tersebut memiliki kapasitas memori yang kecil dan terbatas.

Oleh karena itu penting untuk menggunakan HP secara bijak karena jika tidak digunakan secara bijak bisa mengakibatkan HP jadi lola dan lag.

Itulah beberapa penyebab mengapa HP ngelag berikut tips cara mengatasi HP ngelag, semoga bermanfaat ya.

Baca juga artikel menarik lainnya seputar Tutorial dari Akhmad Saikuddin hanya di Haidunia.com!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.