Inilah Contoh Promosi Makanan di Facebook yang Unik dan Menarik!

contoh promosi makanan di facebook

Contoh Promosi Makanan di Facebook – Di era teknologi seperti sekarang ini apa saja bisa dilakukan secara daring alias online, seperti belajar,  rapat maupun berjualan. Terlebih setelah hadirnya media sosial yang ternyata memiliki fungsi tidak hanya sebagai tempat berinteraksi antar sesama teman, namun lebih jauh dari itu media sosial bisa dijadikan tempat untuk berjualan atau promosi barang dagangan kita.

Salah satu media sosial paling ampuh untuk promosi adalah facebook. Facebook merupakan platform yang mempertemukan siapa saja baik itu keluarga maupun teman. Jumlah pengguna facebook pun mencapai ratusan juta dari seluruh dunia.

Read More

Melihat potensi facebook maka sudah seharusnya kita ikut memanfaatkan raksasa media sosial satu ini, salah satu cara pemanfaatannya adalah dengan promosi makanan di facebook. Karena kita tahu salah satu usaha paling laris di masa sekarang terlebih di masa pandemi adalah makanan, karena setiap orang pasti membutuhkan makan setiap waktu dan untuk mengurangi mobilitas maka banyak yang memesan makanan via online/aplikasi.

Nah, setelah kamu memiliki usaha makanan maka tugas berikutnya adalah bagaimana cara mempromosikan makanan tersebut di berbagai platform online utamanya di platform facebook. Oleh karena itu disini saya akan mengulas seputar teknik promosi jualan di facebook yang unik dan menarik supaya menarik lebih banyak pelanggan makanan kamu.

Teknik Promosi Makanan di Facebook supaya Jualan Makin Cuan!

contoh promosi makanan di facebook

Ada beberapa teknik atau metode agar jualan makanan kamu makin laris di FB. Berikut beberapa tips agar jualan kamu makin dilirik banyak orang di facebook.

1. Bangun Personal Branding

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan personal branding jika ingin berjualan menggunakan profil utama facebook. Tentunya personal branding sangat penting mengingat kamu akan berjualan dengan orang-orang yang ada dalam lingkaran friendlist mu.

Dengan membangun personal branding maka kamu akan semakin dipercaya dan dianggap memiliki otoritas untuk berjualan, sehingga orang-orang pun akan membeli barang atau makananmu.

Beberapa langkah untuk membangun personal branding bisa dengan cara berikut.

  • Setting profil akun utama dengan niche jualan kamu, dimulai dari nama. Misalnya nama akun utamanya Akhmad Saikuddin maka nama keduanya adalah (Penjual Ayam Bakar)
  • Setting bio profilmu selengkap mungkin yang menginformasikan bahwasanya kamu adalah jualan makanan tertentu
  • Lakukan interaksi dengan teman-teman di friendlist mu sesering mungkin, jangan biarkan timeline facebookmu sepi seperti kuburan.
  • Update timeline facebook senatural mungkin, jangan setiap hari diisi dengan jualan terus nanti orang cenderung tidak suka
  • Sesekali postingan facebookmu diisi dengan share yang tidak mengandung jualan, diisi dengan curhatan yang mengundang like dan comment
  • Intinya bangun hubungan sebaik mungkin dengan teman-teman facebookmu, jika kamu membuat status kemudian ada yang berkomentar maka jangan segan-segan untuk memberikan react atas komentar tersebut lalu berikan balasan komentar.
  • Jika kamu melakukan hal-hal diatas maka kamu telah membangun personal branding kamu yang nantinya pasti akan membantu promosi jualanmu.

2. Gunakan Fanspage Facebook

Facebook menyediakan fitur halaman atau fanspage, fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan dagangan makanan kamu loh. Dengan menggunakan fanspage maka kamu bisa menjangkau pembeli secara lebih luas lagi.

Jika kamu belum memiliki halaman facebook silakan bikin gratis, berikan nama pada halaman sesuai makanan yang ingin kamu jual. Lengkapi juga dengan foto profil dan foto sampul. Jangan lupa isi juga informasi profil selengkap-lengkapnya.

Membuat fanspage ibaratanya membangun sebuah kolam, kamu perlu mengumpulkan follower/liker atau penggemar halaman kamu, jika nanti kolamnya sudah terbangun maka mudah saja bagi kamu untuk berjualan.

Untuk mengumpulkan follower kamu bisa mempromosikan fanspage kamu ke teman-teman, atau jika ingin lebih cepat kamu bisa menggunakan teknik berbayar alias iklan.

Nah jika sudah halaman jualan makanan kamu sudah stabil silakan diisi dengan postingan bermanfaat, jangan setiap hari dijejali dengan jualan, diselingi dengan postingan yang bervariatif. Sesekali adakan giveaway bagi follower fanspage mu. 😉

3. Buat Gambar atau Video Semenarik Mungkin

Promosi akan lebih hidup dan menarik jika menggunakan gambar atau video, karena jika hanya menggunakan teks biasanya cenderung monoton kurang menarik. Oleh karenanya kamu harus memiliki skill editing gambar atau video.

Tidak perlu menggunakan software yang mahal-mahal, sekarang sudah tersedia banyak sekali aplikasi di playstore yang bisa dimanfaatkan untuk edit gambar atau video.

4. Manfaatkan Fitur Story Facebook

Salah satu fitur di facebook yang patut kamu cobain untuk menunjang jualanmu adalah fitur story atau sorotan. Fitur story ini diadopsi dari instagram, karena kedua platform ini berada dalam naungan perusahaan yang sama.

Nah, kamu bisa mengupload jualan makanan di story facebookmu, semakin banyak yang melihat story maka kemungkinan orang membeli barang daganganmu juga semakin banyak.

5. Adakan Promo Menarik

Sesekali adakan promo menarik untuk setiap makanan yang kamu jual. Misalnya kamu bisa memberikan diskon sekian persen ketika launching atau ketika momen-momen tertentu. Pelanggan pasti suka dengan adanya promo dari makanan yang kamu jual.

Dengan adanya promo harga maka diharapkan pelanggan kamu akan semakin banyak dan loyal terhadap jualan kamu.

Contoh Promosi Makanan di Facebook

contoh promosi makanan di facebook

Kamu perlu menggunakan kalimat yang simpel tapi powerfull untuk jualan makanan di facebook. Seperti misalnya sebagai berikut.

Laper? langsung aja cobain produk makanan kami, murah dan mengenyangkan loh 😉

Aduuh laper yaa? daripada kelaparan mending cobain ayam goreng pedas kami, apalagi cuacanya mendung, mendukung bangett!

Yang namanya uang tuh jangan dijagain terus, perut juga perlu dijaga supaya tidak meronta-ronta, cuss cobain produk cemilan kami, dijamin nendang rasanya!

Ada promo diskon loh untuk setiap pembelian sambal goreng hari ini, diskon 20% sampai pukul 20.00 WIB. Lewat jam diatas promo diskon hangus, buruan beli!

Hujan-hujan gini enak nich makan yang pedes-pedes. Kebetulan kami jualan sambal yang super pedes kak, cocok untuk menemani makanmu di musim yang dingin ini, yuk dipesan 🙂

Akhir Kata

Nah itulah ulasan saya seputar cara promosi makanan di facebook, ada beberapa metode atau langkah yang harus kamu persiapkan sebelum mulai jualan mulai dari personal branding, membuat halaman facebook dan bisa mengedit gambar atau video untuk keperluan promosi.

Yang perlu dipahami facebook adalah media sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna yang sangat fantastis, oleh karenanya sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya untuk berjualan, selain makanan tentunya kamu bisa berjualan apapun yang penting halal.

Kamu bisa menjual makanan apapun misalnya mie goreng pedas, mie seblas, mie rebus dan lain sebagainya. Yang harus diingat adalah jangan takut jualan kamu sepi pembeli, karena jika kamu melakukan teknik-teknik diatas dengan baik maka jualan kamu pasti laris manis yang pastinya akan mendatangkan lebih banyak cuan.

Semoga bermanfaat ya 😉

Related posts