Persamaan Kuadrat dalam Kehidupan Sehari-hari

Persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
Persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari

Haidunia.com– Hai teman-teman, perkenalkan saya Khoirunisah, saya Mahasiswa STKIP Kusuma Negara Prodi Matematika. Melalui laman ini, saya akan berbagi informasi terkait ”Persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari hari”.

Di laman ini saya akan menjelaskan dari pengertian persamaan kuadrat dan fenomena-fenomena yang melibatkan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari hari.

Selain mengenai manfaat persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari hari, Kak Nisa juga akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis persamaan kuadrat. Namun bagian ini, Kak Nisa pisahkan dan akan dibahas pada laman berikutnya.

Bagaimana, apakah siap belajar bareng Kak Nisa, Simak yuk!

Daftar Isi

Persamaan Kuadrat dalam Kehidupan Sehari-hari 

Yuk kita pelajari fenomena apa saja yang melibatkan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira seperti apa ya?

Sebelum nantinya kita masuk lebih jauh kepada perhitungan persamaan kuadrat, memang sebaiknya kita kenal dulu dengan beberapa fenomena tersebut. Karena ternyata, persamaan kuadrat sudah erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti apa, ya? Mari kita simak!

1. Pernahkah kamu melihat pertandingan sepak bola?

Lihatlah bagaimana bola itu melambung keatas dan mendarat pada sasarannya. Umumnya, bola yang ditendang akan melambung ke atas dan ketinggiannya akan menurun kan?

Nah jika digambarkan, gerakan tersebut akan menghasilkan bentuk lengkung seperti kurva atau parabola.

Gerakan ini yang merupakan salah satu penerapan dari persamaan kuadrat dengan besarnya gaya tendangan bola sebagai variabel yang mempengaruhi.

Lihatlah gambar dibawah ini sebagai ilustrasinya!

Persamaan Kuadrat dalam Sepak Bola
Persamaan Kuadrat dalam Sepak Bola

 

 

 

 

 

2. Pernahkah kamu memanah?

Baca Juga:  Belajar Bilangan Berpangkat Eksponen Kelas 10, Bareng Kak Maul

Sama halnya seperti gerakan sepak bola, anak panah saat dilepaskan juga tidak akan bergerak lurus begitu saja. Lihatlah bagaimana busur panah tersebut melambung keatas dan menancap pada papan sasaran.

Anak panah yang ditembakkan juga akan membentuk kurva terlebih dahulu, sebelum akhirnya mendarat kepada papan sasaran.

Arah busur panah yang dilepaskan merupakan salah satu penerapan persamaan kuadrat. Lihatlah gambar dibawah ini sebagai ilustrasi!

Persamaan Kuadrat dalam Busur Panah
Persamaan Kuadrat dalam Busur Panah

 

 

 

 

 

3. Lihatlah seseorang dalam memainkan permainan baseball!

Sama seperti contoh sebelumnya, arah bola baseball juga merupakan penerapan dari persamaan kuadrat. Ketika bola dilemparkan, kamu juga bisa amati kalau lemparan bola itu juga dapat membentuk kurva.

4. Pernahkah kamu melihat pelangi?

Bagaimana bentuk pelangi? Ya. Bentuk pelangi menyerupai sebuah parabola atau kurva. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciptaan Tuhan dapat diterapkan dalam persamaan kuadrat.

Dari contoh di atas, Kamu bisa simpulkan bahwa persamaan kuadrat ini akan membentuk kurva atau parabola, kan?

Lalu, apa yang kamu ketahui tentang persamaan kuadrat? Bagaimana cara menentukan persamaan kuadrat tersebut? Okey, kalian tunggu pembahasan Kak Nisa selanjutnya, Ya!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *