Cara Memperbaiki Antena TV Agar Jernih Hasil Gambarnya (100% Works)

cara memperbaiki antena agar jernih

Cara Memperbaiki Antena TV Agar Jernih – Setiap televisi pasti membutuhkan antena agar dapat menghasilkan gambar yang jernih dan bersih. Hasil gambar yang jernih akan membuat aktivitas nonton TV menjadi semakin mengasyikkan.

Jenis-Jenis Antena TV

Antena TV yang biasanya digunakan ada dua jenis yaitu antena outdoor dan antena indoor, antena outdoor biasanya dipasang di luar rumah, sedangkan jenis antena indoor yang biasanya bisa dipasang di dalam rumah.

Antena TV indoor cenderung lebih minimalis bentuknya, dan biasanya diletakkan tidak jauh dari televisi, juga bisa dipindah-pindah sesuka hati.

Sedangkan kalau antena tv outdoor biasanya dipasang di tempat tinggi bisa menggunakan media kayu atau diatas genteng, dan ditempatkan jauh dari area tv.

Jadi sebelum membeli antena tv, tentukan dulu antena jenis apa yang mau digunakan.

Pilih Mana Antena TV Indoor atau Outdoor?

cara memperbaiki antena agar jernih

Kalau saya disuruh memilih maka saya akan memilih antena outdoor karena kalau menggunakan antena indoor hasil gambar kurang maksimal karena ditempat dalam ruangan sehingga sinyal yang ditangkap lemah.

Berbeda halnya dengan antena outdoor yang diletakkan di luar rumah, biasanya diletakkan di ketinggian 6-7 meter sehingga mampu menangkap sinyal lebih baik sehingga menghasilkan gambar yang jernih.

Cuman jika menggunakan antena outdoor harus ekstra hati-hati jika musim penghujan yang baisanya banyak petir, karena antena outdoor rentan terkena petir di musim penghujan. Jangan nyalakan tv di saat hujan banyak petir jika menggunakan antena outdoor.

BACA:  Cara Mengecek Kecepatan Wifi Internet di Laptop dan HP Android

Cara Memperbaiki Antena TV Agar Menghasilkan Gambar Jernih

Adakalanya TV anda menghasilkan gambar yang buruk, tidak jernih. Gambar tv yang tidak jernih biasanya disebabkan oleh posisi antena yang kurang maksimal, berikut tips dari haidunia untuk memperbaiki antena TV agar bisa menghasilkan gambar yang jernih.

1. Gunakan Kabel Antena Coaxial

cara memperbaiki antena agar jernih

Kabel antena yang bagus adalah dengan menggunakan kabel antena coaxial, kabel ini bisa mengurangi tingkat lose sinyal yang terjadi.

Kabel ini juga dinilai lebih tahan panas dan dingin jika diletakkan di luar rumah, jangan anggap remeh kabel coaxial karena kabel ini bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih. Gunakan kabel antena coaxial yang memiliki impedansi 75 ohm, karena yang 75 ohm cukup ideal untuk televisi.

2. Letakkan Antena Di Posisi Yang Tepat

cara memperbaiki antena agar jernih

Tentukan dulu antena yang ingin anda gunakan, kalu saya menggunakan antena outdoor karena bisa lebih banyak menangkap sinyal dibandingkan indoor.

Letakkan antena outdoor dengan ketinggian 10 meter, lalu arahkan ujung antena ke arah pemancar sinyal tv berada, ini berlaku jika rumah anda jauh dari pemancar sinyal tv.

Sedangkan penggunaan antena indoor biasanya di rumah yang memang dekat dengan pemancar sinyal televisi.

Lain halnya dengan parabola tidak perlu dihadapkan ke arah pemancar sinyal tv, cukup diarahkan keatas ke arah satelit untuk menangkap gambar gambar jernih.

Nah demikian tips haidunia cara memperbaiki antena tv agar jernih hasil gambarnya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *