Bahasa Arab Qurani

Posted on

Arief bahtiar rifai – Pendidikan, Motivasi

Bahasa arab yang digunakan dalam pembelajaran pada umumnya memperhatikan siswa ke dalam empat keterampilan yang wajib dikuasai oleh peserta didik, dalam keempat keterampilan yang sering muncul pada saat pembelajaran bahasa arab adalah komunikasi antara siswa dan guru atau sebaliknya. Mempelajari bahasa arab dengan metode yang bermacam-macam pasti akan tercapai dengan baik sehingga perlu cukup waktu untuk terus mengasah keterampilannya.

Bahasa Arab untuk dunia (Sumber)

Bahasa arab juga sering digunakan sebagai kunci keilmuan agama terutama agama islam yang mengkaji buku-buku tentang agama yaitu, fiqh, hadits, tafsir dan lain-lain, dalam benak orang lain jika seseorang memhami dan mempelajari bahasa arab maka orang tersebut sudah menguasai ilmu agama, sedangkan bahasa dan agama tidak bisa sebagai ukuran atau barometer seseorang menentukan kemampuannya, justru bahasa arab adalah sebagai bahasa komunikasi bukan bahasa agama seluruhnya.

Sebagia kalangan dilingkungan kita pernah berfikir bahwa lulusan dari bahasa arab adalah sebagai ustadz yang memiliki segudang ilmu agama, pada nyatanya jika kita melihat seluruh akademik yang ada di perkuliahan semua membahas tentang bahasa arab bukan tentang agama, oleh karena itu pendidikan bahasa arab dengan agama jangan sampai menutup ruang untuk mendalami keduanya, karena kedua ilmu tersebut memiliki keterkaitan yang luar biasa.

Bahasa arab adalah bahasa alquran yang telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Yusuf  ayat 2:

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُون

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya

Menurunkan alquran dengan bahasa arab agar semua orang memahaminya ini dalil yang cukup jelas bagi kita semua untuk terus mempelajari bahasa arab dengan baik dan benar agar dapat memahami kitab suci Alquran.

Mengajarkan bahasa arab qurani kepada anak-anak didik itu sangat penting, meskipun hanya segelintir kata dan makna itu semua akan bermanfaat bagi generasi qurani, mengingatkan kepada diri pribadi bahwa peranan alquran sebagai ruh dan obat jasmani manusia yang akan terus mengalir dan memperbaiki oragan tubuh terutama fikiran. Memiliki fikiran yang jernih dengan mempelajari bahasa qurani.

Bahasa arab qurani itu mengajarkan kepada setiap peserta didik dengan membacakan ayat alquran dan mengkombinasikan pembelajaran bahasa arab yang sesuai dengan materi. Sebagai contoh materi yang akan disampaikan tentang أدوات الإستفهام maka kita mencarikan ayat-ayat yang terdapat dialamnya adawatul istifham sehingga peserta didik memahami bahwa ayat tersebut adalah ayat yang menanyakan sesuatu atau seorang-olah bertanya kepada pembaca seperti ada dialog antara kalam ilahi dan insan.

Bahasa Arab bahasa Qurani (Sumber)

Kenapa bahasa arab sebagai bahasa agama? Dan komunikasi? Kedua ini tidak bisa kita kesampingkan terutama bagi umat islam, kedua bagian ini sangatlah penting bagaikan koin logam yang memiliki dua sisi. Maka jangan salah memahami antara bahasa dan agama dalam kehidupan sehari-hari.

BACA:  PR Menyenangkan

Pertama bahasa arab sebagai bahasa agama itu karena ayat al-quran yang menjelaskan bahwa al-quran ditutunkan dengan bahasa arab, artinya jika seseorang ingin mendalami sesuatu yang bersumber dari alquran dia harus menguasai bahasa arab dengan berbagai macam kaidah bahasa arab. Kita sudah tahu bahwa banyak para ulama juga yang bukan dari kalangan arab yang begitu menguasai bahasa arab dan memahami agama dengan baik, terkenal sebagai imam hadits yaitu imam bukhori yang bukan berasal dari arab.

Kedua bahasa arab sebagai bahasa komunikasi itu karena penduduk arab tidak sepenuhnya beragama Islam maka bahasa arab ini digunakan di timur tengah bahkan sekarang di belahan dunia sudah menggunakan bahasa arab sebagai bahasa komunikasi, tidak dipungkiri PPB pun menggunakan bahasa arab sebagai bahasa komunikasi.

Jadi penting sekali kita memberikan pembelajaran kepada anak didik kita atau siapa saja untuk mendalami bahasa arab dan mendalami alquran dengan metode bahasa arab qurani, dengan sendirinya manusia akan terus berfikir dan bertafakur atas keagungan serta kebesaran nikmat Allah yang telah diberikan kepada manusia diseluruh alam negeri ini. Sehingga menjadikan generasi qurani dan mampu memahami bahasa arab dengan baik meskipun hanya sekedar memahami makna, tetapi dengan cara ini kita sudah mendidik generasi-generasi pencinta dua ilmu yang sangat agung.

Oleh: Arief bahtiar rifai
Editor: Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *