12 Contoh Soal Tes Wawancara P3K (PPPK) 2021, Terbaru dari Tahap I

  • Whatsapp
Contoh Soal Tes Wawancara P3K 2021
Contoh Soal Tes Wawancara P3K 2021

Contoh Soal Tes Wawancara P3K 2021 – Hallo sobat calon ASN PPPK guru dan non guru! Apakah sudah siap untuk mengikuti tes PPPK 2021 seleksi komptensi II maupun III. Tentunya bagi Anda yang belum lulus pada seleksi komptensi I kemarin sekarang waktunya bersiap menghadapi seleksi komptensi II pada November 2021 nanti.

Contoh soal tes wawancara P3K 2021 ini pastinya akan sangat membantu Anda dalam memempersiapkan seleksi kompetensi II. Bagaimana pun pesaing Anda adalah para pegawai di luar home base Anda sebagai tenaga honorer saat ini. Materi ini sebelumnya sudah pernah kami bawakan. Namun berdasarkan informasi dari para peserta, yang telah tes seleksi kompetensi I pada tanggal 13-18 september 2021 lalu, beberapa materi perlu kami update kembali.

Read More

Materi soal wawancara PPPK yang kami bawakan kali ini kami rangkum dari group telegram para peserta seleksi PPPK, serta hasil interview langsung dengan peserta PPPK guru 2021. Semoga ini bisa membantu Anda lebih fokus dan lebih efektif dalam mempersiapkan diri.

Pendaftaran PPPK 2021

Pendaftaran PPPK Seleksi Kompetensi II akan dibuka  pada 24-30 Oktober 2021 yang dimulai dengan pengumuman dan pemilihan formasi II. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat pelaksanaan seleksi PPPK guru yaitu pada tanggal 4 November 2021.

Tidak lupa Anda harus mencetak kartu seleksi PPPK guru 4-7 November 2021. Dan pelaksanaan seleksi kompetensi II guru pada tanggal 8-12 November 2021. Semoga saja tidak mundur dan tidak perlu ada perubahan lagi.

Kami ingatkan kepada Anda, agar memperhatikan ketentuan umum, alur dan tahapan rekrutmen tersebut. Selain itu perhatikan dengan seksama formasi yang masih tersedia dan potensi pesaing, apakah sudah bersertifikat pendidik (serdik) atau belum.

Agar Anda dapat memantau dengan baik seluruh proses pendaftaran PPPK 2021, bisa perhatikan time line berikut ini.

Tahapan seleksi CPNS PPPK 2021
Tahapan pendaftaran PPPK (P3K) 2021

Materi Tes PPPK 2021

Materi tes PPPK 2021 bisa kita dapatkan dari  Peraturan Badan Kepegawaian Nasional Nomor 1 Tahun 2019  tentang petunjuk teknis pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), serta dengan perubahannya, yaitu Peraturan Badan Kepegawaian Nasional Nomor 18 tahun 2020.

Peraturan BKN Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan P3K
Peraturan BKN Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan P3K

Dalam peraturan tersebut disebutkan, penyelenggaraan seleksi pengadaan PPPk paling kurang terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu:

a. seleksi administrasi
b. seleksi kompetensi, dan
c.  wawancara.

Disebutkan pula dalam ayat berikutnya, bahwa dalam hal diperlukan, panitia seleksi pengadaan PPPK dapat melakukan Uji Persyaratan Fisik, Psikologis, dan atau Kesehatan Jiwa dalam pelaksanaan seleksi sesuai dengan persyaratan pada jabatan pemerintah.

Seleksi Kompetensi P3K 2021

Seleksi kompetensi P3K 2021 terdiri atas seleksi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural.  Seleksi kompetensi yang dimaksud dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Baca Juga:  Soal Kompetensi Sosio Kultural P3K Guru 2021, Terbaru dari Tahap I

Tes Wawancara P3K 2021

Tes wawancara P3K diperuntukkan bagi seluruh peserta yang telah terdaftar.  Perhatikan alur proses seleksi kompetensi dan tes wawancara P3K berikut.

alur tes wawancara p3k
Tahapan Tes Wawancara P3K

Disebutkan dalam pasal 21; Peserta seleksi kompetensi yang telah dinyatakan lulus seleksi kompetensi wajib mengikuti tes wawancara yang diselenggarakan oleh panitia seleksi instansi pengadaan PPPK.

Tes wawancara sebagaimana dimaksud bertujuan untuk menilai moralitas dan integritas peserta seleksi kompetensi.

Soal Tes Wawancara P3K (PPPK) 2021

Soal tes wawancara P3K akan digunakan sebagai bahan pertimbangan penetapan kelulusan hasil seleksi. Oleh karenanya proses tes wawancara P3K ini perlu Anda perhatikan dengan seksama. Soal tes wawancara akan berisi pertanyaan umum sebagai calon ASN, berupa materi nasionalisme dan wawasan kebangsaan, kemudian akan dilanjutkan dengan pertanyaan yang secara lebih spesifik sesuai bidang dan jabatan yang dilamar.

Contoh soal tes wawancara P3K yang akan kami sampaikan di bawah ini terdiri dari 6 (enam) pertanyaan materi nasionalisme dan kebangsaan, ditambah 6 (enam) pertanyaan tes wawancara P3K guru. Anda bisa membaca alternatif jawaban yang kami berikan, namun Anda pun dapat mencari referensi jawaban lain yang menurut Anda lebih sesuai dengan konteks pertanyaan. Selamat mempelajari!

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (1)

Melihat dua  rekan kerja saling berselisih maka , maka rekan kerja yang lain tidak boleh terpengaruh oleh suasana perselisihan tersebut. Bagi Anda pendapat ini ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Sebagai profesional Anda tidak boleh terpengaruh akan adanya konflik diantara rekan kerja. Termasuk tidak boleh terdapat konflik kepentingan jika tugas kantor yang Anda hadapi bertentangan dengan tupoksi Anda sebagai ASN.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (2)

Apabila di angkat menjadi Pegawai ASN PPPK anda bersedia di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pernyataan ini saya ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Saya bersedia ditempatkan dimana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (3)

Motivasi saya menjadi ASN PPPK adalah mengabdikan diri untuk negara dan melayani masyarakat. Serta untuk mengembangkan kemampuan profesionalisme. Sikap saya terhadap motivasi tersebut ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Anda wajib menjadi ASN profesional yang memiliki integritas, mampu bekerjasama, melayani publik, giat mengembangkan diri, komunikatif, dan bisa mengelola perubahan. Semua komptensi yang disyaratkan tersebut adalah dalam rangka pengabdian kepada negara sebaga seorang ASN.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (4)

Nilai-nilai Pancasila telah saya implementasikan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai tenaga honorer. Akan hal ini saya …

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Pancasila adalah dasar negara Indonesia, artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan negara, termasuk dalam bidang pendidikan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan salah satunya adalah dengan melaksanakan pekerjaan sebagai pendidik dan pengajar, dengan mengikuti ketentuan yang telah disusun dan diundangkan berlandaskan dasar negara Pancasila.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (5)

Lagu Indonesia Raya adalah sebuah gambaran dari perasaan nasional yang penuh semangat dan cita-cita bangsa Indonesia. Terhadap pernyataan ini saya ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Lagu Indonesia Raya adalah sebuah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna adanya semangat dan cita-cita bangsa Indonesia. Hal ini dituliskan dalam lirik demi lirik lagu Indonesia Raya.

Selain itu, Lagu Indonesia Raya adalah bentuk identitas nasional. Maka menyanyikan nya adalah bagian dari ekspresi cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (6)

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan pandangan hidup bangsa harus dijadikan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana menurut Anda ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Pancasila merupakan ideologi negara. Artinya harus dijadikan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Semua ideologi dasar ini adalah bagian dari tujuan berdirinya negara yang tercantum pada alinea ke-4 preambule (pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun Pancasila sebagai dasar negara, artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia, termasuk peraturan perundang-undangan merupakan pencerminan dari nilai-nilai Pancasila.

Sedangkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara, mengandung arti semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus berlandaskan Pancasila.

Soal Wawancara P3K Guru

Contoh soal tes wawancara yang kami sampaikan berikut lebih spesifik lagi untuk calon P3K guru. Silahkan Anda perkaya lagi pengetahuan teknis pedagogik sehingga bisa lebih mudah melewati soal wawancara P3K guru, seperti contoh soal tes wawancara yang kami sajikan berikut ini:

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (7)

Guru profesional adalah guru yang menguasai 4 (empat) kompetensi, yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Dengan pendapat ini sikap saya ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Guru profesional adalah guru yang memiliki 4 kompetensi jabatan guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Hal ini diatur dalam UU Guru dan Dosen.

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (8)

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar. Tetapi seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Pendapat Anda ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A
Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya; mengajar dan mendidik.

Guru juga menjadi seorang pendidik artinya harus menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Guru sebagai pengajar artinya bertanggungjawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu.

Khusus penjelasan dari pembahasan nomor 9 -12 kami serahkan kepada pembaca!

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (9)

Sekolah selalu menganalisis data dan informasi dengan menggunakan metode yang valid untuk keperluan proses pendidikan. Menurut Anda ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (10)

Sekolah melakukan perubahan dari sistem tradisional menjadi komputerisasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Menurut Anda ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (11)

Sekolah selalu melakukan studi banding terhadap kualitas pelayanan pesaing. Menurut Anda ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK (12)

Sekolah selalu menggunakan informasi objektif sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. Pendapat saya ….

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Ragu-ragu
D. Tidak setuju
E. Sangat tidak setuju

Jawaban: A

Tips Menjawab Pertanyaan Tes Wawancara P3K (PPPK)

Beberap tips menjawab pertanyaan tes wawancara P3K juga perlu Anda kuasai. Pada pokoknya Anda harus siap memberikan jawaban dengan luwes dan didukung oleh kecakapan berbicara.

Tips pertama, tentunya berkaitan dengan kesiapan fisik dan mental Anda. Maka pastikanlah Anda memiliki ketenangan yang baik pada saat tes wawancara P3K tersebut. Anda bisa berdoa atau pun berdzikir bagi seorang muslim, karena doa dan dzikir telah terbukti dapat meningkatkan ketenangan lahir batin seseorang.

Tips kedua, kuasai dengan baik jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul. Misalnya saat Anda diminta memperkenalkan diri, menjelaskan tentang status P3K dalam struktur kepegawaian, dan apa alasan Anda mau bergabung menjadi pegawai P3K.

Tips ketiga, bagi Anda yang sekarang sudah bekerja di tempat atau perusahaan, tidak menutup kemungkinan diberikan pertanyaan; “Mengapa mau pindah kerja?”

Tips keempat, persiapkan jawaban untuk menjawab pertanyaan jebakan, misal: “Apa yang bisa Anda berikan untuk instansi?”, maka untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus benar-benar riset tugas-tugas yang sesuai jabatan yang dilamar, kemudian sesuaikan jawaban dengan kompetensi yang sekarang benar-benar Anda kuasai. ini penting untuk mengantisipasi jika tiba-tiba Anda diminta mempraktekkan jawaban yang Anda berikan.

Tips kelima, riset lah mengenai jabatan yang Anda lamar, mengapa jabatan tersebut menarik dan diperebutkan banyak orang?

Tips keenam, presentasikan diri sebai sosok yang benar-benar sedang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan yang sering timbul di instansi dan jabatan yang Anda lamar.

Sekian! Semoga apa yang kami sampaikan benar-benar dapat membantu proses tes wawancara P3K yang akan Anda jalani. Tentunya masih banyak lagi contoh soal tes wawancara P3K lainnya yang perlu Anda kulik lebih dalam. Baik itu soal tes wawancara P3K non-guru maupun soal wawancara P3K guru. Selain itu, kami juga menyarankan bagi Anda untuk mempelajari materi lain yang telah kami bawakan sebelumnya, seperti; contoh soal P3K honorer dan jawaban, soal P3K guru SD 2021, Tes Kompetensi Sosio Kultural. Serta masih banyak materi lain yang kami sajikan di laman haidunia.com ini. Terakhir, kami doakan Anda sukses menjadi ASN di masa depan!

Related posts